Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISI-KISI PAT (PENILAIAN AKHIR TAHUN) BIDANG STUDI SKI KELAS XI TAHUN 2022

 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN

KISI-KISI PAT SKI KELAS XI

Jenjang Pendidikan   : Madrasah Aliyah                                                                 Kelas/Program          : XI (Sepuluh) / IPA/IPS

Nama Madrasah        : Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji                         Jenis Penilaian           : PAT (Penilaian Akhir Tahun)

Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam                                                Jumlah Soal                : 50 Soal Pilihan Ganda

No

Kompetensi dasar

IPK

Materi

Indikator

Level Kog.

No. Soal

Kunci

1.

Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Siswa dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Peradaban Islam Pada Masa Daulah Abbasiyyah

Siswa dapat mengidentifikasi Bapak dari pendiri Bani Abbasiyyah

 

Siswa dapat mengidentifikasi peperang yang melatarbelakangi berdirinya Daulah Abbasiyyah

L1

 

 

 

L1

1

 

 

 

2

C

 

 

 

E

 

 

Siswa dapat menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Abbasiyyah

 

Siswa dapat menganalisa fase pemerintahan berdasar narasi yang disajikan pada soal

L2

3

D

 

Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

Siswa dapat menjelaskan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

 

Siswa dapat menyebutkan salah satu ahli tafsir pada masa Daulah Abbasiyyah

 

Siswa dapat mengidentifikasi perpustakaan besar pada masa Daulah Abbasiyyah

L1

 

 

 

L1

4

 

 

 

5

C

 

 

 

C

 

Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani

Siswa dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Usmani

Peradaban Islam Pada Masa Daulah Usmani

Siswa dapat menyebutkan asal suku Daulah Usmani

Siswa dapat menyebutkan ibu kota Daulah Usmani

L1

 

L1

6

 

7

B

 

A

 

Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

Siswa dapat menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

 

Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang berhasil menjadikan Daulah Usmani mengalami perkembangan pesat

L1

8

C

 

 

Siswa dapat menjelaskan faktor penyebab kemunduran Daulah Usmani

 

Siswa dapat menjelaskan penyebab runtuhnya Daulah Usmani

L2

9

E

 

Mengevaluasi sejarah lahirnya Daulah Mughal

Siswa dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Mughal

Peradaban Islam Pada Masa Daulah Mughal

Siswa dapat menyebutkan pendiri Daulah Mughal

L1

10

D

 

Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

Siswa dapat menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan masa Dualah Mughal

 

Siswa dapat mengidentifikasi khalifah Daulah Mughal yang mencapai masa keemasan

 

Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang berjasa dalam pembangunan Taj Mahal dan Masjid Raya Delhi

 

Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang berhasil menguasai Kabul dan Kandahar

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi konsep beragama Pemerintahan Daulah Mughal yang diprokalmirkan oleh Akbar

L1

 

 

 

L1

 

 

 

 

L1

 

 

 

L1

11

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

14

 

 

 

 

A

 

 

 

C

 

 

 

 

C

 

 

 

A

 

 

 

 

 

 

 

Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Syafawi

Siswa dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Syafawi

Peradaban Islam pada Masa Daulah Syafawi

Siswa dapat mengidentifikasi negara, yang terbentuknya negara tersebut Daulah Syafawi menjadi salah satu peletak dasar

 

Siswa dapat menganalisa perubahan gerakan-gerakan keagamaan yang melatarbelakangi berdirinya Daulah Syafawi

L1

 

 

 

 

 

L2

15

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

 

E

 

Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi

Siswa dapat menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi

 

Siswa dapat mengidentifikasi masa pemerintahan Daulah Syafawi pada puncak kejayaan

 

Siswa dapat merumuskan kemajuan yang berhasil dicapai pada pmerintahan Daulah Syafawi

 

Siswa dapat menyebutkan ilmuwan yang muncul pada masa Daulah Syafawi sebagai generalis ilmu pengetahuan

 

Siswa dapat mengidentifikasi peninggalan Daulah Syafawi berupa hamparan taman yang terletak di Kota Isfahan

 

 

 

L1

 

 

 

 

L3

 

 

 

 

L1

 

 

 

 

L1

17

 

 

 

 

18

 

 

 

 

19

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

E

 

 

 

 

A

 

 

 

 

B

 

Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan Tajdid

Siswa dapat menjelaskan kemunduran Islam dan tiga kerajaan besar

Kemunduran Umat Islam

Siswa dapat menganlisis faktor penyebab kemunduran umat Islam

 

Siswa dapat mengidentifikasi salah satu metode dalam tradisi pembaruan Islam

L2

 

 

 

L2

21

 

 

 

23

E

 

 

 

E

 

 

Siswa dapat menjelaskan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam

 

Siswa dapat mengidentifikasi seorang tokoh yang berasal dari Prancis yang melakukan Penjajahan di Mesir

 

Siswa dapat merumuskan motivasi Ekspansi dan imperialism (penjajahan) bangsa Bart atas dunia Islam

L1

 

 

 

 

L3

24

 

 

 

 

26

C

 

 

 

 

D

 

Menganalisis tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali Pasha, Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridlo dan Muhammad Iqbal)

Siswa dapat menjelaskan pengertian pembaruan, latar belakang pembaruan Islam dan kebangkitan Islam di beberapa negara

Gerakan Pembaruan dalam Islam

Siswa dapat menyebutkan istilah pembaruan dalam Bahasa Arab

 

Siswa dapat menganisis faktor pendorong lahirnya gerakan pembaruan dan modernisasi Islam

 

Siswa dapat merumuskan ibrah/hikmah mempelajarai sejarah Islam pada abad pertengahan

L1

 

 

 

L2

 

 

 

 

L3

22

 

 

 

25

 

 

 

 

27

B

 

 

 

A

 

 

 

 

D

 

 

Siswa dapat menjelaskan biografi dan pemikiran tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam

 

Siswa dapat mengidentifikasi Salah satu upaya pembaruan yang dilakukan Muhammad Ali Pasha

 

Siswa dapat menyebutkan ide pemikiran Jamaluddin al-Afghani tentang system pemerintahan yang ideal

 

Siswa dapat mengidentifikasi seorang tokoh pembaru yang mengajarkan tentang filsafat kepada Muahhammad Abduh

 

Siswa dapat mengidentifikasi Seorang ulama besar dan guru dalam ilmu kesusastraan Persia dan Arab yang pertama kali menempa pelajaran agama ke dalam jiwa Muhammad Iqbal

 

Siswa dapat menyebutkan nama surat kabar yang diterbitkan oleh Jamaluddin al-Afgani dan Muhammad Abduh

 

Siswa dapat menjelaskan tujuan dibentuknya organisasi bernama al-Jami’at al-Khairiyyah al-Islamiyyah pada tahun 1892 oleh M.Abduh

 

Siswa dapat menjelaskan pemikiran Muhammad Abduh tentang pembaruan Islam

 

Siswa dapat menyebutkan Salah satu tujuan gerakan syeikh Muhammad Abduh

 

Siswa dapat menyebutkan salah satu ide pembaruan Muhammad Rasyid Ridha

 

Siswa dapat mengidentifikasi salah  satu majalah yang diterbitkan oleh Rasyid Ridlo

 

Siswa dapat menganalisis ide pemikiran Muhammad Iqbal adalah hokum Islam

L1

 

 

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

 

 

L1

 

 

 

 

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

L2

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

L3

28

 

 

 

 

29

 

 

 

30

 

 

 

 

31

 

 

 

 

 

 

32

 

 

 

33

 

 

 

 

 

34

 

 

35

 

 

 

36

 

 

 

37

 

 

38

B

 

 

 

 

A

 

 

 

D

 

 

 

 

E

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

A

 

 

 

 

 

C

 

 

C

 

 

 

C

 

 

 

B

 

 

A

 

 

 

Menganalisis nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam

Siswa dapat menjelaskan nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaruan dan modernisasi Islam

 

Siswa dapat merumuskan nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaruan dan modernisasi Islam

 

Siswa dapat menganalisis nilai perjuangan gerakan pembaruan dan modernisasi Islam yang dimaksud dalam sajian narasi pada soal.

 

Siswa dapat menganalisis penyebab peradaban Islam mengalami kemundurannya mulai abad klasik pertengahan bahkan hingga saat ini

 

Siswa dapat menganalisis faktor pendukung ubudiah dan campur aduknya adat istiadat,

tradisi, dan agama

 

Siswa dapat mengidentifikasi pencetus gerakan Pan-Islamisme

 

L3

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

L3

 

 

 

 

 

L2

 

 

 

L1

 

39

 

 

 

 

40

 

 

 

 

41

 

 

 

 

 

42

 

 

 

44

D

 

 

 

 

A

 

 

 

 

C

 

 

 

 

 

B

 

 

 

D

 

Menganalisis pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di Indonesia

Siswa dapat menjelaskan pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di Indonesia

Pengaruh Pembaruan Islam di Indonesia

Siswa dapat mengidentifikasi jalur masuknya ide-ide pembaruan Islam ke Indonesia

 

 

L1

 

 

 

 

43

 

 

 

 

E

 

 

Siswa dapat menjelaskan organisasi-organisasi Islam di Indonesia

 

Siswa dapat menunjukkan Oraganisasi Islam yang dibentuk pada masa sebelum kemerdekaan

 

Siswa dapat menyebutkan tokoh pembaruan Islam Indonesia yang merupakan pendiri dari Al-Irshad

 

Siswa dapat menyebutkan pendiri organisasi Nahdlotul Ulama

 

Siswa dapat menyebutkan pendiri organisasi Muhammadiyah

 

Siswa dapat mengidentifikasi corak gerakan menolak kecenderungan westernisasi (pembaratan) dengan mengatasnamakan Islam secara pemahaman dan pengalaman melestarikan tradisi-tradisi yang bercorak local

 

Siswa dapat merumuskan ibrah yang dapat diambil dari munculnya gerakan pembaruan Islam khususnya di Indonesia bagi generasi milineal

L1

 

 

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

L2

 

 

 

 

 

 

 

 

L3

45

 

 

 

 

46

 

 

 

47

 

 

 

48

 

 

49

 

 

 

 

 

 

 

 

50

D

 

 

 

 

C

 

 

 

B

 

 

 

E

 

 

A

 

 

 

 

 

 

 

 

D

 

 

 

 

 

 

KUSMIARSEH, M.Pd.I

DOWNLOAD JUGA:

Kumpulan Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)


Post a Comment for "KISI-KISI PAT (PENILAIAN AKHIR TAHUN) BIDANG STUDI SKI KELAS XI TAHUN 2022"