KISI-KISI PAT (PENILAIAN AKHIR TAHUN) BIDANG STUDI SKI KELAS XI TAHUN 2022
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN
KISI-KISI PAT SKI KELAS XI |
Jenjang Pendidikan :
Madrasah Aliyah Kelas/Program : XI (Sepuluh) / IPA/IPS
Nama Madrasah :
Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jenis
Penilaian : PAT (Penilaian Akhir
Tahun)
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam Jumlah
Soal : 50 Soal Pilihan
Ganda
No |
Kompetensi
dasar |
IPK |
Materi |
Indikator |
Level
Kog. |
No.
Soal |
Kunci |
1. |
Mengevaluasi
proses lahirnya Daulah Abbasiyyah |
Siswa
dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyyah |
Peradaban
Islam Pada Masa Daulah Abbasiyyah |
Siswa
dapat mengidentifikasi Bapak dari pendiri Bani Abbasiyyah Siswa
dapat mengidentifikasi peperang yang melatarbelakangi berdirinya Daulah
Abbasiyyah |
L1 L1 |
1 2 |
C E |
|
|
Siswa
dapat menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah
Daulah Abbasiyyah |
|
Siswa
dapat menganalisa fase pemerintahan berdasar narasi yang disajikan pada soal |
L2 |
3 |
D |
|
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah |
Siswa
dapat menjelaskan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah |
|
Siswa
dapat menyebutkan salah satu ahli tafsir pada masa Daulah Abbasiyyah Siswa
dapat mengidentifikasi perpustakaan besar pada masa Daulah Abbasiyyah |
L1 L1 |
4 5 |
C C |
|
Mengevaluasi
proses lahirnya Daulah Usmani |
Siswa
dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Usmani |
Peradaban
Islam Pada Masa Daulah Usmani |
Siswa
dapat menyebutkan asal suku Daulah Usmani Siswa
dapat menyebutkan ibu kota Daulah Usmani |
L1 L1 |
6 7 |
B A |
|
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani |
Siswa
dapat menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Daulah Usmani |
|
Siswa
dapat mengidentifikasi khalifah yang berhasil menjadikan Daulah Usmani
mengalami perkembangan pesat |
L1 |
8 |
C |
|
|
Siswa
dapat menjelaskan faktor penyebab kemunduran Daulah Usmani |
|
Siswa
dapat menjelaskan penyebab runtuhnya Daulah Usmani |
L2 |
9 |
E |
|
Mengevaluasi
sejarah lahirnya Daulah Mughal |
Siswa
dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Mughal |
Peradaban
Islam Pada Masa Daulah Mughal |
Siswa
dapat menyebutkan pendiri Daulah Mughal |
L1 |
10 |
D |
|
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal |
Siswa
dapat menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan masa Dualah
Mughal |
|
Siswa
dapat mengidentifikasi khalifah Daulah Mughal yang mencapai masa keemasan Siswa
dapat mengidentifikasi khalifah yang berjasa dalam pembangunan Taj Mahal dan
Masjid Raya Delhi Siswa
dapat mengidentifikasi khalifah yang berhasil menguasai Kabul dan Kandahar Siswa
dapat mengidentifikasi konsep beragama Pemerintahan Daulah Mughal yang
diprokalmirkan oleh Akbar |
L1 L1 L1 L1 |
11 12 13 14 |
A C C A |
|
Mengevaluasi
proses lahirnya Daulah Syafawi |
Siswa
dapat menjelaskan proses lahirnya Daulah Syafawi |
Peradaban
Islam pada Masa Daulah Syafawi |
Siswa
dapat mengidentifikasi negara, yang terbentuknya negara tersebut Daulah
Syafawi menjadi salah satu peletak dasar Siswa
dapat menganalisa perubahan gerakan-gerakan keagamaan yang melatarbelakangi
berdirinya Daulah Syafawi |
L1 L2 |
15 16 |
A E |
|
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi |
Siswa
dapat menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Daulah Syafawi |
|
Siswa
dapat mengidentifikasi masa pemerintahan Daulah Syafawi pada puncak kejayaan Siswa
dapat merumuskan kemajuan yang berhasil dicapai pada pmerintahan Daulah
Syafawi Siswa
dapat menyebutkan ilmuwan yang muncul pada masa Daulah Syafawi sebagai
generalis ilmu pengetahuan Siswa
dapat mengidentifikasi peninggalan Daulah Syafawi berupa hamparan taman yang
terletak di Kota Isfahan |
L1 L3 L1 L1 |
17 18 19 20 |
A E A B |
|
Menganalisis
kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan Tajdid |
Siswa
dapat menjelaskan kemunduran Islam dan tiga kerajaan besar |
Kemunduran
Umat Islam |
Siswa
dapat menganlisis faktor penyebab kemunduran umat Islam Siswa
dapat mengidentifikasi salah satu metode dalam tradisi pembaruan Islam |
L2 L2 |
21 23 |
E E |
|
|
Siswa
dapat menjelaskan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam |
|
Siswa
dapat mengidentifikasi seorang tokoh yang berasal dari Prancis yang melakukan
Penjajahan di Mesir Siswa dapat merumuskan
motivasi Ekspansi dan imperialism (penjajahan) bangsa Bart atas dunia Islam |
L1 L3 |
24 26 |
C D |
|
Menganalisis
tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali Pasha,
Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridlo dan Muhammad Iqbal) |
Siswa
dapat menjelaskan pengertian pembaruan, latar belakang pembaruan Islam dan
kebangkitan Islam di beberapa negara |
Gerakan
Pembaruan dalam Islam |
Siswa
dapat menyebutkan istilah pembaruan dalam Bahasa Arab Siswa
dapat menganisis faktor pendorong lahirnya gerakan pembaruan dan modernisasi
Islam Siswa
dapat merumuskan ibrah/hikmah mempelajarai sejarah Islam pada abad
pertengahan |
L1 L2 L3 |
22 25 27 |
B A D |
|
|
Siswa dapat
menjelaskan biografi dan pemikiran tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam |
|
Siswa
dapat mengidentifikasi Salah
satu upaya pembaruan yang dilakukan Muhammad Ali Pasha Siswa dapat menyebutkan ide
pemikiran Jamaluddin al-Afghani tentang system pemerintahan yang ideal Siswa dapat
mengidentifikasi seorang tokoh pembaru yang mengajarkan tentang filsafat
kepada Muahhammad Abduh Siswa dapat
mengidentifikasi Seorang ulama besar dan guru dalam ilmu kesusastraan Persia
dan Arab yang pertama kali menempa pelajaran agama ke dalam jiwa Muhammad
Iqbal Siswa dapat menyebutkan
nama surat kabar yang diterbitkan oleh Jamaluddin al-Afgani dan Muhammad
Abduh Siswa
dapat menjelaskan tujuan dibentuknya organisasi
bernama al-Jami’at al-Khairiyyah al-Islamiyyah pada tahun 1892 oleh M.Abduh Siswa dapat menjelaskan pemikiran
Muhammad Abduh tentang pembaruan Islam Siswa dapat menyebutkan Salah
satu tujuan gerakan syeikh Muhammad Abduh Siswa dapat menyebutkan salah
satu ide pembaruan Muhammad Rasyid Ridha Siswa dapat mengidentifikasi
salah satu majalah yang diterbitkan
oleh Rasyid Ridlo Siswa dapat menganalisis ide
pemikiran Muhammad Iqbal adalah hokum Islam |
L1 L1 L1 L1 L1 L2 L2 L1 L1 L1 L3 |
28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 |
B A D E A A C C C B A |
|
Menganalisis
nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam |
Siswa
dapat menjelaskan nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaruan dan
modernisasi Islam |
|
Siswa
dapat merumuskan nilai-nilai perjuangan
dari gerakan pembaruan dan modernisasi Islam Siswa dapat menganalisis nilai
perjuangan gerakan pembaruan dan modernisasi Islam yang dimaksud dalam sajian
narasi pada soal. Siswa dapat menganalisis
penyebab peradaban Islam mengalami kemundurannya mulai abad klasik
pertengahan bahkan hingga saat ini Siswa dapat menganalisis
faktor pendukung ubudiah dan campur aduknya adat istiadat, tradisi, dan agama Siswa dapat
mengidentifikasi pencetus gerakan Pan-Islamisme |
L3 L2 L3 L2 L1 |
39 40 41 42 44 |
D A C B D |
|
Menganalisis
pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
dapat menjelaskan pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di
Indonesia |
Pengaruh
Pembaruan Islam di Indonesia |
Siswa
dapat mengidentifikasi jalur masuknya
ide-ide pembaruan Islam ke Indonesia |
L1 |
43 |
E |
|
|
Siswa
dapat menjelaskan organisasi-organisasi Islam di Indonesia |
|
Siswa dapat menunjukkan Oraganisasi
Islam yang dibentuk pada masa sebelum kemerdekaan Siswa dapat menyebutkan tokoh
pembaruan Islam Indonesia yang merupakan pendiri dari Al-Irshad Siswa dapat menyebutkan
pendiri organisasi Nahdlotul Ulama Siswa dapat menyebutkan
pendiri organisasi Muhammadiyah Siswa dapat
mengidentifikasi corak gerakan menolak kecenderungan westernisasi
(pembaratan) dengan mengatasnamakan Islam secara pemahaman dan pengalaman
melestarikan tradisi-tradisi yang bercorak local Siswa dapat merumuskan ibrah yang dapat diambil dari
munculnya gerakan pembaruan Islam khususnya di Indonesia bagi generasi
milineal |
L1 L1 L1 L1 L2 L3 |
45 46 47 48 49 50 |
D C B E A D |
KUSMIARSEH,
M.Pd.I
DOWNLOAD JUGA:
Kumpulan Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)
Post a Comment for "KISI-KISI PAT (PENILAIAN AKHIR TAHUN) BIDANG STUDI SKI KELAS XI TAHUN 2022"