Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FORUM DISKUSI TENTANG PEMBELAJARAN SKI PPG 2019

pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah pelajaran dimana membahas tentang sejara-sejarah nabi, para umatnya, maupun sahabat-sahabat nya secara luas, yang saya lihat dan alami waktu proses pembelajaran ski siswa merasa bosan karena dengan banyaknya cerita dalam materi, dan siswa juga merasakan kesulitan pada pembelajaran ski dibandingkan dengan pelajaran agama lainya.

Pertanyaan saya bapak/ibu, bagaimana caranya agar siswa tersebut tidak merasa bosan dalam pembelajaran ski dengan banyak/luasnya cerita atau materi tersebut?

metode ceramah termasuk dalam pola pembelajaran teacher centered atau pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Pola pembelajaran ini sudah kuran relevan jika diterapkan pada saat ini. Seharusnya pada masa sekarang, sudah beralih ke pola pembelajaran student centered (berpusat pada siswa).

Pola pembelajaran student centered dalam aplikasinya di KBM haruslah dalah bentuk aktivitas belajar yang didesain sebagai aktivitas belajar siswa, karena siswa sebagai subyek belajar. Dalam kasus tersebut, siswa merasa bosan kalau cuma sekedar sebagai objek belajar atau pendengar setia cerita dari guru. Karena itu, desain pembelajaran khususnya dalam SKI harus diubah menjadi pembelajaran dengan keterlibatan siswa secara aktif. Misal, sisw yang ditunjuk untuk bercerita dan siswa lain mencermati dan kemudian mendiskusikannya

Pemilihan metode dan model pembelajaran tepat. Dalam hal ini seorang guru harus cerdas dalam menentukan metode/model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Misal model pembelajaran saintifik. Dengan model ini siswa akan terlibat secara aktif dalam KBM, mulai dari mengamati, menanya, mengkomunikasikan , menyajikan sampai menyimpulkan.

Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik. Ini penting bagi seorang guru, khususnya guru SKI yang sifat materinya lebih cenderung ke aspek kognitif. Karena itu guru harus mampu memilih dan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Misal dalm kasus tersebut, guru tidak perlu lagi bercerita. Guru cukup menggunakan media audio visual berupa video animasi tentang cerita para sahabat. 

pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah pelajaran dimana membahas tentang sejara-sejarah nabi, para umatnya, maupun sahabat-sahabat nya secara luas, yang saya lihat dan alami waktu proses pembelajaran ski siswa merasa bosan karena dengan banyaknya cerita dalam materi, dan siswa juga merasakan kesulitan pada pembelajaran ski dibandingkan dengan pelajaran agama lainya.  terus pertanyaan saya bapak/ibu, bagaimana caranya agar siswa tersebut tidak merasa bosan dalam pembelajaran ski dengan banyak/luasnya cerita atau materi tersebut?Sependapat dengan apa yang sudah diutarakan oleh bapak zaen, sekedar menambahkan saja bahwa:  metode ceramah termasuk dalam pola pembelajaran teacher centered atau pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Pola pembelajaran ini sudah kuran relevan jika diterapkan pada saat ini. Seharusnya pada masa sekarang, sudah beralih ke pola pembelajaran student centered (berpusat pada siswa). Pola pembelajaran student centered dalam aplikasinya di KBM haruslah dalah bentuk aktivitas belajar yang didesain sebagai aktivitas belajar siswa, karena siswa sebagai subyek belajar. Dalam kasus tersebut, siswa merasa bosan kalau cuma sekedar sebagai objek belajar atau pendengar setia cerita dari guru. Karena itu, desain pembelajaran khususnya dalam SKI harus diubah menjadi pembelajaran dengan keterlibatan siswa secara aktif. Misal, sisw yang ditunjuk untuk bercerita dan siswa lain mencermati dan kemudian mendiskusikannya Pemilihan metode dan model pembelajaran tepat. Dalam hal ini seorang guru harus cerdas dalam menentukan metode/model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Misal model pembelajaran saintifik. Dengan model ini siswa akan terlibat secara aktif dalam KBM, mulai dari mengamati, menanya, mengkomunikasikan , menyajikan sampai menyimpulkan. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik. Ini penting bagi seorang guru, khususnya guru SKI yang sifat materinya lebih cenderung ke aspek kognitif. Karena itu guru harus mampu memilih dan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Misal dalm kasus tersebut, guru tidak perlu lagi bercerita. Guru cukup menggunakan media audio visual berupa video animasi tentang cerita para sahabat.

Post a Comment for "FORUM DISKUSI TENTANG PEMBELAJARAN SKI PPG 2019"