Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOSIOLOGI SEBAGAI METODE

Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar tercapai tujuan seperti yang telah ditentukan dan diharapkan. Terdapat tiga ciri pokok yang menandai sebuah metode, yaitu sebagai berikut:

  • Ada permasalahan yang akan dikaji atau diteliti
  • Ada hipotesis, yaitu kesimpulan yang bersifat sementara yang harus dibuktikan terlebih dahulu kebenarannya
  • Ada usulan mengenai cara kerja atau cara penyelesaian permasalahan dan hipotesis yang ada
Terkait dengan metodologi dalam kajian ilmu sosiologi, Durkheim mengemukakan tentang adanya konsep bebas nilai (value free) bahwa seorang sosiolog dalam melakukan penelitian terhadap masyarakat perlu melakukan batasan antara yang diteliti dan yang meneliti sehingga hasil penelitian bersifat objektif.

Adapun langkah-langkah utama dalam sebuah penelitian sosiologi adalah sebagai berikut:
  1. Merumuskan masalah
  2. Meninjau Kepustakaan 
  3. Merumuskan Hipotesis
  4. Merencanakan Desain Penelitian
  5. Mengumpulkan data
  6. Menganalisis Data
  7. Menarik Kesimpulan
Sumber Refrensi:
Buku Belajar Praktis Sosiologi SMA/MA Kelas X Semester X terbitan CV VIVA PAKARINDO

Untuk lebih mempermudah pemahaman anda dalam memahami materi Sosiologi sebagai metode, berikut akan kami sajikan pula dalam bentuk power poin. Selain itu, semoga ini bermanfaat bagi para pendidik khususnya ketika melaksanakan pembelajaran di kelas. Materi dalam bentuk power point ini dapat anda download di link berikut ini:


Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar tercapai tujuan seperti yang telah ditentukan dan diharapkan. Terdapat tiga ciri pokok yang menandai sebuah metode, yaitu sebagai berikut:  Ada permasalahan yang akan dikaji atau diteliti Ada hipotesis, yaitu kesimpulan yang bersifat sementara yang harus dibuktikan terlebih dahulu kebenarannya Ada usulan mengenai cara kerja atau cara penyelesaian permasalahan dan hipotesis yang ada Terkait dengan metodologi dalam kajian ilmu sosiologi, Durkheim mengemukakan tentang adanya konsep bebas nilai (value free) bahwa seorang sosiolog dalam melakukan penelitian terhadap masyarakat perlu melakukan batasan antara yang diteliti dan yang meneliti sehingga hasil penelitian bersifat objektif.  Adapun langkah-langkah utama dalam sebuah penelitian sosiologi adalah sebagai berikut: Merumuskan masalah Meninjau Kepustakaan  Merumuskan Hipotesis Merencanakan Desain Penelitian Mengumpulkan data Menganalisis Data Menarik Kesimpulan Untuk lebih mempermudah pema


Post a Comment for "SOSIOLOGI SEBAGAI METODE"