MODUL PEDAGOGIK; TES MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 1 PPG TAHUN 2019
MODUL PEDAGOGIK
TES MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 1 (QUIZ)
Question 1 (1 point)
Teknologi dan media berperan
penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam
dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk
mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu
proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik
dari
Question 1 options:
|
Diterminisme budaya |
|
Diterminisme teknologi |
|
Diterminisme sosial |
|
Diterminisme teknologi dan efek media |
|
Diterminisme ICT |
Question 2 (1 point)
Guru menunjukkan pengetahuan,
keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam
masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar
Question 2 options:
|
Memfasilitasi pembelajar kekinian |
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan
Kreativitas Siswa |
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan
Kreativitas Siswa. |
|
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan
Tanggung Jawab |
|
Model Kerja dan Belajar Digital-Age |
Question 3 (1 point)
Sebagai sebuah karya peradaban
mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran.
TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
Question 3 options:
|
Media Berbasis web |
|
Media Berbasis TIK |
|
Media transformasi |
|
Media konvergensi |
|
Multimedia |
Question 4 (1 point)
Mediatisasi adalah sebuah proses
dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang
bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu
pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang
kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial
lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran
adalah?
Question 4 options:
|
Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah
dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran. |
|
Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi
guru guru |
|
Media menjadi insitusi otonom atau indipenden
terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan
institusi pendidikan. |
|
Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan
mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran. |
|
Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku
guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima
pesan media. |
Question 5 (1 point)
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong
lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang
begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi
sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar
terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan,
TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan
kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang
Anda anggap benar?
Question 5 options:
|
Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri
dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru
harus mengikuti kehendak teknologi dan media. |
|
Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa
menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu
guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini. |
|
Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan
tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu
diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru
dalam proses pembelajaran. |
|
Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara
frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling
mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan
problem pembelajaran. |
|
Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di
sekolah supaya tidak menimbilkan pengaruh buruk |
Question 6 (1 point)
Salah satu pemanfaatan utama
media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan
pada era digital ini adalah
Question 6 options:
|
Sebagai media promosi |
|
Sebagai media hibran |
|
Sebagai media sumber belajar |
|
Sebagai media komunikasi |
|
Sebagai media literasi |
Question 7 (1 point)
Peserta didik di era digital
dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media
peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan
salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan
media digital berbasis komputer yang disebut
Question 7 options:
|
Interactive tools |
|
Interacting with others |
|
Alternative tools |
|
Independent tools |
|
Situational tools |
Question 8 (1 point)
Berikut yang bukan situs media
interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai
sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
Question 8 options:
|
Proquest |
|
Podcast |
|
Wiki |
|
web |
|
blog |
Question 9 (1 point)
Berikut yang bukan termasuk
kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era
digital adalah
Question 9 options:
|
Community of Practice (Komunitas Praktik) |
|
Interacting with others |
|
Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif) |
|
Interactive Instruction and Personal Response System |
|
Personal Response System (PRS) |
Question 10 (1 point)
Ilustrasi dari pesatnya
penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21
ditandai dengan
Question 10 options:
|
Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam
kegiatan pembelajaran |
|
Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa |
|
Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan
interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru
dunia. |
|
Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam
kehidupan sehari-hari |
|
Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah
menggunakan media dan teknologi digital. |
Post a Comment for "MODUL PEDAGOGIK; TES MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 1 PPG TAHUN 2019"