Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH RPP MATA PELAJARAH SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MA PPG DALJAB TAHUN 2019

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(Disusun berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 tahun 2016 tentang Standar Proses dan SK Dirjen PAIS No. 5164 Tahun 2018 Tentang Penyusunan RPP serta Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI/KD atau Permendikbud  No. 37 Tahun 2018 tentang KI/KD)


 

Satuan Pendidikan

:

MAS ANNURIYYAH

Mata Pelajaran

:

Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Program/Semester

:

X (Sepuluh) / Agama / Ganjil

Materi Pokok

:

Sifat/Kepribadian Para Sahabat Assabiqunal Awwalun

Alokasi Waktu

:

2 x 45 menit

 

A.     Kompetensi Inti

No

Kompetensi Inti

1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2

Menghayati  dan  mengamalkan              perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung jawab,  peduli  (gotong  royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai  bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 

3

Memahami,   menerapkan,   menganalisis   pengetahuan   faktual,   konseptual,   prosedural berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  tehnologi,  seni,  budaya,  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

1.6 Menghayati sikap istiqamah perjuangan As-Sabiqunal Awwalun dalam berdakwah bersama Rasulullah saw

 1.6.1 Menghayati sikap istiqamah perjuangan As-Sabiqunal Awwalun dalam berdakwah bersama Rasulullah saw

 

2.6 Meneladani sifat mulia dari

para sahabat sahabat Assabiqunal

Awwalun

2.6.1 Meneladani sifat mulia dari para sahabat sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6 Memahami sifat/kepribadian

 dan peran para sahabat As-sabiqunal Awwalun

 

 

3.6.1  Mengidentifikasi pengertian As-sabiqunal Awwalun

3.6.2 Mengidentifikasi para sahabat yang termasuk As-sabiqunal Awwalun

3.6.3 Mengidentifikasi biografi para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah)

3.6.4 Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah)

3.6.5           Merumuskan ibrah dari memahami materi sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun

4.6 Menceritakan sikap-sikap utama dari As-Sabiqunal Awwalun

4.6.1 Menceritakan secara tertulis sikap-sikap utama dari As-Sabiqunal Awwalun

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran melalui mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi peserta didik dapat :

1.       Mengidentifikasi pengertian As-sabiqunal Awwalun

2.       Mengidentifikasi para sahabat As-sabiqunal Awwalun

3.       Mengidentifikasi biografi para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah)

4.       Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah  dan Bilal bin Rabah)

5.       Merumuskan ibrah dari memahami materi sifat/keprbadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun

6.       Menceritakan secara tertulis sikap-sikap utama dari As-Sabiqunal Awwalun

Karakter peserta didik yang diharapakan:

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki sikap/karakter jujur, peduli, dan bertanggung jawab serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C) dan berliterasi.

D.       Materi Pembelajaran

Pengetahuan

Materi

Faktual

Firman Allah swt dalam Q.S at-Taubah ayat 100 tentang As-sabiqunal Awwalun, baik dari golongan Muhajjirin maupun Anshar. Para sahabat nabi saw yang tergolong dalam As-Sabiqunal Awwalun sekitar kurang lebih 40 orang. Diantaranya adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah.

Konseptual

As-sabiqunal Awwalun merupakan orang-orang yang terdahulu atau yang pertama kali masuk agama Islam, baik dari golongan Muhajjirin maupun Anshar. As-sabiqunal Awwalun merupakan golongan yang luar biasa, sebab mereka segera beriman di saat yang lain masih bimbang bahkan menolak Islam.

Prosedural

Proses atau kronologi masuk Islamnya para sahabat yang termasuk dalam As-Sabiqunal Awwalun. Diantaranya, proses masuk Islamnya Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah. Merekalah orang yang pertama kalinya mengucap kalimat dua syahadat, lalu menyebar ke yang lainnya.

Metakognitif

Dengan memahami materi pemebelajaran tentang sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun, peserta didik dapat mengambil ibrah/nilai-nilai pembelajaran yang dapat diteladani dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sikap istiqomah (konsisten), keteguhan hati/pendirian dalam mempertahankan keimanan dan setia pada Rasulullah saw.

E.        Pendekatan dan Model Pembelajaran

1.       Pendekatan      : Scientific Learning

2.       Model                  : Cooperative Laerning

3.       Strategi               :  Information Search

4.       Metode               : Ceramah interaktif, diskusi dan tanya Jawab

F.        Media dan Alat Pembelajaran

1.                 Media :

1)       Media Cetak berupa teks tentang biografi dan sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun

2)       Media Visual berupa

Ø Power point gambaran umum tentang As-sabiqunal Awwalun

Ø Media audio visual : Video tentang kisah salah satu sahabat As-Sabiqunal Awwalun yaitu sahabat Bilal bin Rabah.

2.                 Alat :

1)       LCD dan Laptop

2)       Papan tulis/white board dan spidol

G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

No

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama

3 menit

2

Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.

3 menit

3

Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yaitu subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw periode Madinah dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Sifat/Kepribadian para sahabat As-Sabiqunal Awwalun.

6 menit

4

Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.

3      menit

 

  1. Kegiatan Inti (60 menit)

No

Sintak Model Pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Mengamati

1.1    Peserta didik sebelumnya telah membaca materi tentang sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun

1.2    Peserta didik menyimak penjelasan guru secara umum dengan menggunakan power point tentang As-sabiqunal Awwalun

1.3    Peserta didik mengamati video tentang kisah salah satu sahabat As-sabiqunal Awwalun yaitu Bilal bin Rabah

10 menit

2

Menanya

2.1       Peserta didik bertanya tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan mengamati

2.2       Peserta didik saling mengungkapkan pendapat tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan mengamati

2.3       Peserta didik saling bertanya dan menjawab tentang peristiwa materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan mengamati

10 menit

3

Mengumpul-kan Informasi

Information Search

3.1    Guru membagi peserta didik dalam 5 kelompok

3.2    Guru memberikan topik kepada setiap kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk mencari informasi tentang biografi dan sifat/kepribadian dari As-Sabiqunal Awwalun, yaitu:

1)                    Siti Khadijah

2)                    Abu Bakar

3)                    Ali bin Abi Thalib

4)                    Zaid bin Haristah

5)                    Bilal bin Rabah

3.3    Secara berkelompok, peserta didik menggali informasi dari berbagai refrensi terkait topic yang telah diberikan

3.4    Secara berkelompok peserta didik menuliskan informasi yang telah diperoleh dari berbagai refrensi terkait topiknya pada LKPD

15 menit

4

Mengasosiasi

4.1      Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan topik diskusinya masing-masing berdasarkan pada informasi yang telah diperoleh

4.2      Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi

15 menit

5

Mengkomuni-kasikan

5.1    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

5.2    Kelompok lain mencatat informasi yang dipresentasikan

5.3    Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya

10   menit

 

a.      Kegiatan Penutup (15 menit)

No

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.

5 menit

2

Peserta didik bersama pendidik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan melalui kegiatan post test.

5 menit

3

Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu peran para sahabat As-Sabiqunal Awwalun.

3 menit

4

Peserta didik bersama pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama

 

2 menit

5

Peserta didik merespon ucapan salam penutup dari pendidik

 

 

 

 

H. Bahan dan Sumber Belajar                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

1.     Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam:Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madarasah Aliyah Kelas X, Kementerian Agama RI, Halaman 31-34, 70-71 dan 78-80.

2.       Buku guru Sejarah Kebudayaan Islam: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madarasah Aliyah Kelas X, Kementerian Agama RI, Halaman 18.

3.       Ensiklopedia tematis dunia Islam 1 (akardanawal), PT Ichtiar Baru Van Hoeve. Jakarta. 2002. hal 94-96.

4.       Nurul Fajri.________. Buku Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Aliyah kelas X Berdasarkan kurikulum Madrasah 2013. Surakarta : Putra Nugraha, halaman 39-50.

5.       https://tafsirweb.com/3116-surat-at-taubah-ayat-100.html, diunduh hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 15.00 wib.

6.       https://id.wikipedia.org/wiki/Pemeluk_Islam_pertama, diunduh hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 15.00 wib.

7.       https://pptsirahnabawiyah.wordpress.com/file-ppt-sirah/, diunduh hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 15.00 wib.

8.       Berbagai artikel terkait materi pembelajaran dari internet

  1. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.      Penilaian Aspek Afektif/Sikap (Rubrik Penilaian terlampir)

a.     Teknik Penilaian                             : Non-tes

b.     Bentuk Instrumen                          :

1)       Penilaian diri Sikap Spiritual (Lampiran 1)

2)       Observasi Sikap Sosial (Lampiran 2)

2.      Penilaian Aspek kognitif/Pengetahuan (Rubrik Penilaian terlampir)

a.       Teknik Penilaian             : Tes Tulis

b.       Bentuk Instrumen          : Uraian jawaban pendek (Lampiran 3)

3.      Penilaian Aspek psikomotorik/keterampilan (Rubrik Penilaian terlampir)

a.       Teknik penilaian             : Non-tes

b.       Bentuk Instrumen          : Penilaian Unjuk Kerja (Lampiran 4)

J.        Rencana Tindak Lanjut Hasil Penilaian

a.      Remedial (Terlampir ; Lampiran 5)

v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

·         Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi”. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b.      Pengayaan (Terlampir ; Lampiran 6)

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

v  Direncanakan berdasarkan materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya:

·         Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

 

Catatan Guru

1.       Masalah                              :

………………………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………………….

2.       Ide Baru                             :

……………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………….

3.       Momen Spesial                               :

……………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………….

 

                                                                                                                    Jember,   November 2019

                                                                                                                    Guru Bidang Studi,

 

                     Kusmiarseh  

    


Post a Comment for "CONTOH RPP MATA PELAJARAH SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MA PPG DALJAB TAHUN 2019"