CONTOH RPP MATA PELAJARAH SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MA PPG DALJAB TAHUN 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Disusun
berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 tahun 2016 tentang Standar Proses dan SK
Dirjen PAIS No. 5164 Tahun 2018 Tentang Penyusunan RPP serta Permendikbud No.
24 Tahun 2016 tentang KI/KD atau Permendikbud
No. 37 Tahun 2018 tentang KI/KD)
Satuan Pendidikan |
: |
MAS ANNURIYYAH
|
Mata Pelajaran |
: |
Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Program/Semester |
: |
X (Sepuluh) /
Agama / Ganjil |
Materi Pokok |
: |
Sifat/Kepribadian
Para Sahabat Assabiqunal Awwalun |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 45 menit |
A.
Kompetensi Inti
No |
Kompetensi
Inti |
1 |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2 |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama,
toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
3 |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4 |
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan |
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
|
1.6
Menghayati sikap istiqamah perjuangan As-Sabiqunal Awwalun
dalam
berdakwah bersama Rasulullah saw |
1.6.1
Menghayati sikap istiqamah perjuangan As-Sabiqunal Awwalun
dalam
berdakwah bersama Rasulullah saw |
2.6 Meneladani sifat mulia dari para sahabat sahabat Assabiqunal Awwalun |
2.6.1
Meneladani sifat mulia dari para sahabat sahabat Assabiqunal Awwalun |
|
3.6 Memahami sifat/kepribadian dan peran para sahabat As-sabiqunal
Awwalun |
3.6.1 Mengidentifikasi pengertian As-sabiqunal
Awwalun 3.6.2 Mengidentifikasi
para sahabat yang termasuk As-sabiqunal Awwalun 3.6.3
Mengidentifikasi biografi para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti
Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin
Rabah) 3.6.4 Menganalisis
sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib,
Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah) 3.6.5
Merumuskan ibrah dari
memahami materi sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun |
|
4.6 Menceritakan sikap-sikap
utama dari As-Sabiqunal Awwalun |
4.6.1 Menceritakan secara
tertulis sikap-sikap utama dari As-Sabiqunal
Awwalun |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran melalui mencari
informasi, bertanya, dan berdiskusi peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi pengertian As-sabiqunal Awwalun
2. Mengidentifikasi para sahabat As-sabiqunal
Awwalun
3. Mengidentifikasi biografi para
sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi
Thalib Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah)
4. Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun (Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib,
Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah)
5. Merumuskan ibrah dari
memahami materi sifat/keprbadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun
6. Menceritakan secara tertulis sikap-sikap utama dari As-Sabiqunal Awwalun
Karakter peserta
didik yang diharapakan:
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan memiliki sikap/karakter jujur,
peduli, dan bertanggung jawab serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir
kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C) dan berliterasi.
D. Materi Pembelajaran
Pengetahuan |
Materi |
Faktual |
Firman
Allah swt dalam Q.S at-Taubah ayat 100 tentang As-sabiqunal Awwalun, baik dari golongan Muhajjirin maupun
Anshar. Para sahabat nabi saw yang tergolong dalam As-Sabiqunal Awwalun sekitar kurang lebih 40 orang. Diantaranya adalah
Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin
Rabah. |
Konseptual |
As-sabiqunal Awwalun merupakan orang-orang yang
terdahulu atau yang pertama kali masuk agama Islam, baik dari golongan
Muhajjirin maupun Anshar. As-sabiqunal
Awwalun merupakan golongan yang luar biasa, sebab mereka segera beriman
di saat yang lain masih bimbang bahkan menolak Islam. |
Prosedural |
Proses atau kronologi masuk Islamnya para sahabat
yang termasuk dalam As-Sabiqunal
Awwalun. Diantaranya, proses masuk Islamnya Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali
bin Abi Thalib, Zaid bin Haristah dan Bilal bin Rabah. Merekalah orang yang
pertama kalinya mengucap kalimat dua syahadat,
lalu menyebar ke yang lainnya. |
Metakognitif |
Dengan memahami materi
pemebelajaran tentang sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun, peserta didik dapat mengambil ibrah/nilai-nilai pembelajaran yang
dapat diteladani dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sikap
istiqomah (konsisten), keteguhan hati/pendirian dalam mempertahankan keimanan
dan setia pada Rasulullah saw. |
E.
Pendekatan dan
Model Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Scientific Learning
2.
Model :
Cooperative Laerning
3.
Strategi :
Information Search
4.
Metode :
Ceramah interaktif, diskusi dan tanya Jawab
F.
Media dan Alat
Pembelajaran
1.
Media :
1)
Media Cetak berupa teks tentang biografi dan sifat/kepribadian
para sahabat As-sabiqunal Awwalun
2)
Media Visual berupa
Ø
Power point gambaran umum tentang As-sabiqunal Awwalun
Ø
Media audio visual : Video tentang kisah salah satu
sahabat As-Sabiqunal Awwalun yaitu
sahabat Bilal bin Rabah.
2.
Alat :
1)
LCD dan Laptop
2) Papan tulis/white board dan
spidol
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
No |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta didik merespon salam guru dan berdoa secara
bersama-sama |
3 menit |
2 |
Peserta didik merespon pertanyaan tentang
kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran. |
3 menit |
3 |
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran
pada pertemuan sebelumnya yaitu subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw
periode Madinah dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari,
yaitu Sifat/Kepribadian para sahabat As-Sabiqunal
Awwalun. |
6 menit |
4 |
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan,
manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari. |
3 menit |
- Kegiatan
Inti (60 menit)
No |
Sintak Model Pembelajaran |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Mengamati |
1.1
Peserta didik
sebelumnya telah membaca materi tentang sifat/kepribadian para sahabat As-sabiqunal Awwalun 1.2
Peserta didik
menyimak penjelasan guru secara umum dengan menggunakan power point tentang As-sabiqunal
Awwalun 1.3
Peserta didik
mengamati video tentang kisah salah satu sahabat As-sabiqunal Awwalun yaitu Bilal bin Rabah |
10
menit |
2 |
Menanya |
2.1
Peserta didik
bertanya tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan
mengamati 2.2
Peserta didik
saling mengungkapkan pendapat tentang materi pembelajaran yang telah
dilakukan pada kegiatan mengamati 2.3
Peserta didik
saling bertanya dan menjawab tentang peristiwa materi pembelajaran yang telah
dilakukan pada kegiatan mengamati |
10 menit |
3 |
Mengumpul-kan Informasi |
Information
Search 3.1
Guru membagi
peserta didik dalam 5 kelompok 3.2
Guru memberikan topik
kepada setiap kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk mencari informasi tentang
biografi dan sifat/kepribadian dari As-Sabiqunal
Awwalun, yaitu: 1)
Siti Khadijah 2)
Abu Bakar 3)
Ali bin Abi
Thalib 4)
Zaid bin
Haristah 5)
Bilal bin Rabah 3.3
Secara
berkelompok, peserta didik menggali informasi dari berbagai refrensi terkait
topic yang telah diberikan 3.4
Secara
berkelompok peserta didik menuliskan informasi yang telah diperoleh dari berbagai
refrensi terkait topiknya pada LKPD |
15
menit |
4 |
Mengasosiasi |
4.1
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan topik diskusinya masing-masing
berdasarkan pada informasi yang telah diperoleh 4.2
Secara
berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi |
15
menit |
5 |
Mengkomuni-kasikan |
5.1
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya 5.2
Kelompok lain
mencatat informasi yang dipresentasikan 5.3
Kelompok lain
menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya |
10
menit |
a.
Kegiatan Penutup
(15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Peserta
didik bersama pendidik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah
dilaksanakan melalui kegiatan post test. |
5 menit |
3 |
Peserta didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu peran para
sahabat As-Sabiqunal Awwalun. |
3 menit |
4 |
Peserta didik bersama pendidik mengakhiri
pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
5 |
Peserta didik merespon ucapan salam penutup dari
pendidik |
1. Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam:Pendekatan
Saintifik Kurikulum 2013 Madarasah Aliyah Kelas X, Kementerian Agama RI,
Halaman 31-34, 70-71 dan 78-80.
2.
Buku guru Sejarah Kebudayaan Islam: Pendekatan
Saintifik Kurikulum 2013 Madarasah Aliyah Kelas X, Kementerian Agama RI,
Halaman 18.
3.
Ensiklopedia tematis dunia Islam 1
(akardanawal), PT Ichtiar Baru Van Hoeve. Jakarta. 2002. hal 94-96.
4.
Nurul Fajri.________. Buku Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Aliyah kelas X Berdasarkan
kurikulum Madrasah 2013. Surakarta : Putra Nugraha, halaman 39-50.
5.
https://tafsirweb.com/3116-surat-at-taubah-ayat-100.html,
diunduh hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 15.00 wib.
6.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemeluk_Islam_pertama,
diunduh hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 15.00 wib.
7.
https://pptsirahnabawiyah.wordpress.com/file-ppt-sirah/,
diunduh hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 15.00 wib.
8.
Berbagai artikel terkait materi pembelajaran dari
internet
- Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Penilaian Aspek
Afektif/Sikap (Rubrik Penilaian terlampir)
a.
Teknik Penilaian :
Non-tes
b.
Bentuk Instrumen :
1)
Penilaian diri Sikap Spiritual (Lampiran 1)
2)
Observasi Sikap Sosial (Lampiran 2)
2.
Penilaian Aspek kognitif/Pengetahuan (Rubrik Penilaian terlampir)
a.
Teknik Penilaian :
Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian jawaban pendek (Lampiran 3)
3.
Penilaian Aspek
psikomotorik/keterampilan (Rubrik Penilaian terlampir)
a.
Teknik penilaian :
Non-tes
b.
Bentuk Instrumen :
Penilaian Unjuk Kerja (Lampiran 4)
J.
Rencana Tindak
Lanjut Hasil Penilaian
a.
Remedial
(Terlampir ; Lampiran 5)
v
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang
belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM.
Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v
Guru memberi semangat kepada peserta didik yang
belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas
bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
misalnya sebagai berikut.
·
Peserta didik
yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi”. Guru
akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat
jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah
jam pelajaran selesai).
b.
Pengayaan
(Terlampir ; Lampiran 6)
v
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta
didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik
yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan,
sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v
Direncanakan berdasarkan materi pembelajaran yang
membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya:
·
Peserta didik
yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan
oleh guru berupa
pertanyaan-pertanyaan pilihan
ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
Catatan
Guru
1.
Masalah :
………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………….
2.
Ide Baru :
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
3.
Momen Spesial :
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
Jember, November 2019
Guru Bidang Studi,
Kusmiarseh
Post a Comment for "CONTOH RPP MATA PELAJARAH SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MA PPG DALJAB TAHUN 2019"