Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH STRATEGI PEMBELAJARAN KUIS

STRATEGI PEMBELAJARAN KUIS MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X (SEPULUH) SEMESTER GENAP

Sepertihalnya yang kita ketahui bahwa strategi pembelajaran merupakan hal yang penting dalam mengelola sebuah kegiatan belajar mengajar. Seorang guru seharusnyalah dapat menggunakan berbagai macam strategi belajar agar dapat mengelola pembelajaran dengan lebih aktif dan efektif.
Banyak ragam strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tentunya pemilihan strategi pembelajaran haruslah tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam menghidupkan suasana belajar agar menjadi lebih aktif dan komunikatif, yaitu "kuis". Kuis ini dapat didesain oleh guru dalam bentuk power point yang di dalamnya berisi beragam pertanyaan seputar materi pembelajaran.
Dalam menggunakan strategi kuis dalam sebuah proses pembelajaran, terlebih dahulu guru menjelaskan tahapan-tahapan atau rule of games nya. Semisal, guru meminta siswa untuk berhitung dan setiap bilangan ganjil, siswa harus menggantinya dengan kata "DOOR". Jika terdapat siswa yang salah dalam berhitung, maka dia akan diberikan pertanyaan dalam yang tersedia dalam slide. Jika siswa tersebut belum bisa menjawab, maka pertanyaan tersebut dapat dialihkan kepada siswa lain yang mau menjawab, dan disimak dengan baik oleh siswa lain. Kemudian, siswa dengan jawaban yang salah diminta untuk mengulang jawaban dari temannya. Begitu seterusnya.
Selain menggunakan cara berhitung, guru juga dapat mengombinasikannya dengan strategi talking stik. Jadi, guru memeutar musik dan siswa diminta untuk menyalurkan benda; misal kotak pensil di teman sampingnya, begitu seterusnya. Jika musik berhenti, maka siswa tersebut yang akan mendapatkan pertanyaan.
Agar strategi kuis ini dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran, berikut kami sajikan dalam bentuk power point yang dapat anda download dalam link berikut ini:




Sepertihalnya yang kita ketahui bahwa strategi pembelajaran merupakan hal yang penting dalam mengelola sebuah kegiatan belajar mengajar. Seorang guru seharusnyalah dapat menggunakan berbagai macam strategi belajar agar dapat mengelola pembelajaran dengan lebih aktif dan efektif. Banyak ragam strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tentunya pemilihan strategi pembelajaran haruslah tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam menghidupkan suasana belajar agar menjadi lebih aktif dan komunikatif, yaitu "kuis". Kuis ini dapat didesain oleh guru dalam bentuk power point yang di dalamnya berisi beragam pertanyaan seputar materi pembelajaran. Dalam menggunakan strategi kuis dalam sebuah proses pembelajaran, terlebih dahulu guru menjelaskan tahapan-tahapan atau rule of games nya. Semisal, guru meminta siswa untuk berhitung dan setiap bilangan ganjil, siswa harus menggantinya dengan kata "DOOR". Jika terdapat siswa yang salah dalam berhitung, maka dia akan diberikan pertanyaan dalam yang tersedia dalam slide. Jika siswa tersebut belum bisa menjawab, maka pertanyaan tersebut dapat dialihkan kepada siswa lain yang mau menjawab, dan disimak dengan baik oleh siswa lain. Kemudian, siswa dengan jawaban yang salah diminta untuk mengulang jawaban dari temannya. Begitu seterusnya. Selain menggunakan cara berhitung, guru juga dapat mengombinasikannya dengan strategi talking stik. Jadi, guru memeutar musik dan siswa diminta untuk menyalurkan benda; misal kotak pensil di teman sampingnya, begitu seterusnya. Jika musik berhenti, maka siswa tersebut yang akan mendapatkan pertanyaan. Agar strategi kuis ini dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran, berikut kami sajikan dalam bentuk power point yang dapat anda download dalam link berikut ini:   STR
Strategi kuis ini dapat diterapkan oleh guru dalam mengelola pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar yang aktif dan komunikatif. Strategi kuis yang disahre ini mencakup mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X, yang meliputi materi Khulafaurrasyidin dan Perkembangan Islam pada masa Dinasti Umyyah I di Damaskus. Strategi ini didesain untuk mereviem kembali pemahaman siswa terkait materi tersebut. Semoga strategi kuis yang telah didesain ini dapat bermanfaat bagi para pendidik, khususnya bagi guru Sejarah Kebudayaan Islam. Madrasah Hebat bermartabat.


Post a Comment for "CONTOH STRATEGI PEMBELAJARAN KUIS"