TES SUMATIF MODUL PEDAGOGIK 3 PPG
TES SUMATIF MODUL 3 PEDAGOGIK PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN
TAHUN 2019
1. Apakah
yang dimaksud dengan equblirasi?
o
Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam
situasi yang baru
o
Ketidakseimbangan antara apa yang telah diketahui
yang dilihat atau yang dialaminya sekarang
o
Proses
pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang
telah dimiliki oleh individu
o
Penyesuaian berkesinambungan
o
Proses modifikasi informasi agar cocok dengan
struktur kognitif yang telah dipunyai
2. Hubungan
antara stimulus dan respon menurut Skinner adalah…
o
Stimulus perlu sesering mungkin agar hubungan
stimulus dan respon bersifat lebih tetap
o
Belajar merupakan proses interaksi antara stimulus
dan respon
o
Stimulus dalam belajar pun hampir selalu dikaitkan
dengan dengan kebutuhan biologis walaupun respon yang akan muncul dapat
bermacam-macam
o
Stimulus dan respon yang berbentuk tingkah laku
yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur
o Interaksi antara stimulus dan respon
memiliki konsekuensi yang menjadi akibat munculnya perilaku
3. Ketika
siswa diberi tugas ketika tugasnya ditambahkan maka akan semakin giat
belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan teori…
o Behavioristic
o
Konstruktivistik
o
Ko-konstruktivistik
o
Humanistic
o
Kognitif
4. Tujuan
akhir pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru.
Pernyataan ini merupakan pemikiran dari…
o Ausebel
o
Skinner
o
Elliot
o
Guthrie
o
Pieget
5. Bu Ani
mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar
tinggi. Bagaimana seharusnya bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari
ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk? Sebaiknya Bu Ani menerapkan
strategi pembelajaran yang…
o
Memaksa siswa untuk memusatkan perhatiannya
o
Melibatkan kemampuan intelektual dan emosional
siswa
o
Dapat melibatkan kegiatan fisik siswa
o
Pembelajaran dilaksanakan di luar kelas
o Pembelajaran atraktif dan menyenangkan
siswa
6. Bu Dini
membagi siwa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa
yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan Bu
Dini sesuai dengan teori…
o
Kokonstruktivistik
o Kognitif
o
Konstruktivistik
o
Humanistic
o
Behavioristic
7. Anak
mampu menggunakan symbol atau Bahasa tanda, dan mulai berkembangnya
Bahasa-bahasa intuitif menunjukkan bahwa anak berada pada…
o
Tahap operasi formal
o
Tahap operasional
o
Tahap sensorimotor
o Tahap praoperasional
o
Tahap operasi konkrit
8. Perkembangan
intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan.
Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh…
o
Ausubel
o
Gardner
o Brunner
o
Mumfrod
o
Pieget
9. Apakah
yang dimaksud dengan akomodasi?
o
Proses modifikasi informasi agar cocok dengan
struktur kognitif yang telah dipunyai
o
Penyesuain berkesinambungan
o
Proses penyesuaian sturktur kognitif ke dalam
situasi yang baru
o Proses pengintegrasian atau penyatuan
informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki oleh individu
o
Ketidakseiambangan antara apa yang telah diketahui
dengan apa yang dilihat atau dialaminya sekarang
10. Perubahan
mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak beirnteraksi
dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari…
o
Behavioristic
o
Humanistic
o Kokonstruktivistik
o
Konstruktivistik
o
Kognitif
11. Teori
stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristic yaitu…
o
Operan condicioning
o
Clasicical condicioning
o
Moderat condicioning
o
Teori belajar social
o Koneksionisme
12. Siapapun
terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun merupakan bagian penting ide
pemikiran belajar yang disampaikan oleh…
o
Slavin
o
Skinner
o Watson
o
Carlk Hull
o
Thorndike
13. Guru
memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat
dilakukan dengan cara…
o
Individu maupun kelompok
o Bersifat informasi yang membangun
o
Menunjukkan kesalahannya
o
Memberikan hukuman bila siswa melakukan kesalahan
o
Meberikan nilai terhadap prestaisnya
14. Apabila
individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan
dimodifikasi sehingga cocok dengan strukttur kognitif yang telah dipunyainya.
Merupakan pengertian dari…
o
Akomodasi
o Asimilasi
o
Disequblirasi
o
Equiblirasi
o
Disequiblirium
15. Agar
pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksprensial
perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri berdasarkan teori…
o
Sibernetik
o
Behavioristic
o
Konstruktivistik
o Humanistic
o
Kokonstruktivistik
16. Setiap
siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur /sel otak baru dan jika
mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan membangun jalur-jalur yang telah ada.
Artinya…
o Kegiatan bereksperimen dan mencipta
sangat penting
o
Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar
o
Pengalaman belajar harus sesuai dengan teori
belajar
o
Belajar dengan menirkanu orang dewasa
o
Belajar mengetahui cara kerja sesuatu
17. Apakah
yang dimaksud dengan supsumptive sequence?
o
Keterkaitan diantara bagian-bagian bidang studi
yang dituangkan dalam bentuk prasyarat belajar
o Urutan pengajaran dimulai dengan
mengajarkan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci
o
Urutan isi pembelajaran yang dapat menjadikan
lebih bermakna bagi yang belajar
o
Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru
dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang
sudah ada
o
Urutan dalam menampilkan tugas-tugas belajar
18. Domain
tertinggi dalam domain afektik adalah…
o
Pengorganisasian
o
Penghargaan
o Pengalaman
o
Penerimaan
o
Pengenalan
19. Stimulus
dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis. Walaupun
bentuk respon yang muncul dapat bermacam-macam. Pernyataan ini merupakan
pemikiran yang disampaikan oleh…
o Carlk Hull
o
Skinner
o
Thorndike
o
Slavin
o
Watson
20. Anak
sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis. Menunjukkan bahwa
anak telah berada pada…
o
Tahap praoperasional
o
Tahap operasional
o
Tahap sensorimotor
o
Tahap
operasi konkrit
o
Tahap operasi formal
21. Ciri
utama dalam teori behavioristic adalah…
o
Evaluasi belajar tidak harus diberikan di akhir
pembelajaran
o
Evaluasi tidak menuntut satu jawaban benar
o Evaluasi belajar dipandang sebagai
bagian yang terpisah dari kegiatan pembelajaran
o
Evaluasi belajar bersifat terbuka
o
Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang
tidak terpisah dari proses belajar
22. Domain
tertinggi dalam domain psikomotorik adalah…
o
Imitasi
o
Manipulasi
o
Artikulasi
o Naturalisasi
o
Presisi
23. Hirarki
belajar dan analisis merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan
berdasarkan teori…
o
Humanistic
o
Sibernetik
o Kognitif
o
Behavioristic
o
Konstruktivistik
24. Salah
satu ciri dari pembelajaran tradisional adalah…
o
Kegiatan kurikuler lebih banyak mengandalkan pada
sumber-sumber data primer dan manipulasi bahan
o
Kurikulum disajikan mulai dari keseluruhan menuju
ke bagian-bagian dan lebih mendekatkan pada konsep-konsep yang lebih luas
o
Siswa-siswa banyak belajar dan bekerja di dalam group
process
o
Siswa dipandang sebagai pemikir-pemikir yang dapat
memunculkan teori-teori tentang dirinya
o Kurikulum disajikan dari bagian-bagian
menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar
25. Ciri
utama dari belajar kognitif adalah…
o
Belajar dapat dilihat dari tingkah laku yang
tampak
o
Penekanan belajar adalah pada hasil belajarnya
o Mementingkan proses belajar daripada
hasil belajarnya
o
Belajar adalah pelibatan hubungan stimulus dan
respon
o
Belajar menciptakan pemahaman yang sama antara guru
dan siswa
26. Apakah yang
dimaksud respon dalam teori behavioristic?
o
Cara-cara yang dilakukan siswa untuk belajar
o
Pedoman kerja dalam proses pembelajaran yang dapat
membantu siswa belajar
o
Apa saja yang diberikan oleh guru
o Reaksi atau tanggapan terhadap stimulus
o
Media atau alat peraga dalam pembelajaran
27. Salah satu
fungsi advance organizers yang dikembangkan oleh Ausubel adalah…
o
Sebagai kerangka informasi yang membantu siswa
memetakan informasi pembelajaran
o
Sebagai kerangka pengetahuan yang membantu siswa
memahami materi pembelajaran
o Sebagai kerangka isi akan dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru
o
Sebagai kerangka kerja yang membantu siswa membuat
sistematika meteri pembelajaran
o
Sebagai rambu-rambu belajar bagi siswa agar apa
yang diepajari menjadi lebih terarah
28. Bu Rani
sering membrikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya
stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan
pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa bu Rani menerapkan teori …
o
Humanistic
o Behavioristic
o
Konstruktivistik
o
Kognitif
o
Ko-konstruktivistik
29. Pak Sigit
memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah
dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka
amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Sigit telah menerapkan teori…
o
Behavioristic
o
Kognitif
o
Humanistic
o Konstruktivistik
o
Ko-konstruktivistik
30. Teori free
discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh…
o
Gardner
o
Ausubel
o
Pieget
o
Mumford
o Brunner
Post a Comment for "TES SUMATIF MODUL PEDAGOGIK 3 PPG "