Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TES SUMATIF MODUL PEDAGOGIK 3 PPG

 

TES SUMATIF MODUL 3 PEDAGOGIK PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN 

TAHUN 2019


1.      Apakah yang dimaksud dengan equblirasi?

o   Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru

o   Ketidakseimbangan antara apa yang telah diketahui yang dilihat atau yang dialaminya sekarang

o   Proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki oleh individu

o   Penyesuaian berkesinambungan

o   Proses modifikasi informasi agar cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyai

2.      Hubungan antara stimulus dan respon menurut Skinner adalah…

o   Stimulus perlu sesering mungkin agar hubungan stimulus dan respon bersifat lebih tetap

o   Belajar merupakan proses interaksi antara stimulus dan respon

o   Stimulus dalam belajar pun hampir selalu dikaitkan dengan dengan kebutuhan biologis walaupun respon yang akan muncul dapat bermacam-macam

o   Stimulus dan respon yang berbentuk tingkah laku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur

o   Interaksi antara stimulus dan respon memiliki konsekuensi yang menjadi akibat munculnya perilaku

3.      Ketika siswa diberi tugas ketika tugasnya ditambahkan maka akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan teori…

o   Behavioristic

o   Konstruktivistik

o   Ko-konstruktivistik

o   Humanistic

o   Kognitif

4.      Tujuan akhir pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari…

o   Ausebel

o   Skinner

o   Elliot

o   Guthrie

o   Pieget

5.      Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk? Sebaiknya Bu Ani menerapkan strategi pembelajaran yang…

o   Memaksa siswa untuk memusatkan perhatiannya

o   Melibatkan kemampuan intelektual dan emosional siswa

o   Dapat melibatkan kegiatan fisik siswa

o   Pembelajaran dilaksanakan di luar kelas

o   Pembelajaran atraktif dan menyenangkan siswa

6.      Bu Dini membagi siwa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan Bu Dini sesuai dengan teori…

o   Kokonstruktivistik

o   Kognitif

o   Konstruktivistik

o   Humanistic

o   Behavioristic

7.      Anak mampu menggunakan symbol atau Bahasa tanda, dan mulai berkembangnya Bahasa-bahasa intuitif menunjukkan bahwa anak berada pada…

o   Tahap operasi formal

o   Tahap operasional

o   Tahap sensorimotor

o   Tahap praoperasional

o   Tahap operasi konkrit

8.      Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh…

o   Ausubel

o   Gardner

o   Brunner

o   Mumfrod

o   Pieget

9.      Apakah yang dimaksud dengan akomodasi?

o   Proses modifikasi informasi agar cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyai

o   Penyesuain berkesinambungan

o   Proses penyesuaian sturktur kognitif ke dalam situasi yang baru

o   Proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki oleh individu

o   Ketidakseiambangan antara apa yang telah diketahui dengan apa yang dilihat atau dialaminya sekarang

10.  Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak beirnteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari…

o   Behavioristic

o   Humanistic

o   Kokonstruktivistik

o   Konstruktivistik

o   Kognitif

11.  Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristic yaitu…

o   Operan condicioning

o   Clasicical condicioning

o   Moderat condicioning

o   Teori belajar social

o   Koneksionisme

12.  Siapapun terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun merupakan bagian penting ide pemikiran belajar yang disampaikan oleh…

o   Slavin

o   Skinner

o   Watson

o   Carlk Hull

o   Thorndike

13.  Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara…

o   Individu maupun kelompok

o   Bersifat informasi yang membangun

o   Menunjukkan kesalahannya

o   Memberikan hukuman bila siswa melakukan kesalahan

o   Meberikan nilai terhadap prestaisnya

14.  Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan strukttur kognitif yang telah dipunyainya. Merupakan pengertian dari…

o   Akomodasi

o   Asimilasi

o   Disequblirasi

o   Equiblirasi

o   Disequiblirium

15.  Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksprensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri berdasarkan teori…

o   Sibernetik

o   Behavioristic

o   Konstruktivistik

o   Humanistic

o   Kokonstruktivistik

16.  Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur /sel otak baru dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan membangun jalur-jalur yang telah ada. Artinya…

o   Kegiatan bereksperimen dan mencipta sangat penting

o   Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar

o   Pengalaman belajar harus sesuai dengan teori belajar

o   Belajar dengan menirkanu orang dewasa

o   Belajar mengetahui cara kerja sesuatu

17.  Apakah yang dimaksud dengan supsumptive sequence?

o   Keterkaitan diantara bagian-bagian bidang studi yang dituangkan dalam bentuk prasyarat belajar

o   Urutan pengajaran dimulai dengan mengajarkan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci

o   Urutan isi pembelajaran yang dapat menjadikan lebih bermakna bagi yang belajar

o   Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada

o   Urutan dalam menampilkan tugas-tugas belajar

18.  Domain tertinggi dalam domain afektik adalah…

o   Pengorganisasian

o   Penghargaan

o   Pengalaman

o   Penerimaan

o   Pengenalan

19.  Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis. Walaupun bentuk respon yang muncul dapat bermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh…

o   Carlk Hull

o   Skinner

o   Thorndike

o   Slavin

o   Watson

20.  Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis. Menunjukkan bahwa anak telah berada pada…

o   Tahap praoperasional

o   Tahap operasional

o   Tahap sensorimotor

o   Tahap operasi konkrit

o   Tahap operasi formal

21.  Ciri utama dalam teori behavioristic adalah…

o   Evaluasi belajar tidak harus diberikan di akhir pembelajaran

o   Evaluasi tidak menuntut satu jawaban benar

o   Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang terpisah dari kegiatan pembelajaran

o   Evaluasi belajar bersifat terbuka

o   Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang tidak terpisah dari proses belajar

22.  Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah…

o   Imitasi

o   Manipulasi

o   Artikulasi

o   Naturalisasi

o   Presisi

23.  Hirarki belajar dan analisis merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori…

o   Humanistic

o   Sibernetik

o   Kognitif

o   Behavioristic

o   Konstruktivistik

24.  Salah satu ciri dari pembelajaran tradisional adalah…

o   Kegiatan kurikuler lebih banyak mengandalkan pada sumber-sumber data primer dan manipulasi bahan

o   Kurikulum disajikan mulai dari keseluruhan menuju ke bagian-bagian dan lebih mendekatkan pada konsep-konsep yang lebih luas

o   Siswa-siswa banyak belajar dan bekerja di dalam group process

o   Siswa dipandang sebagai pemikir-pemikir yang dapat memunculkan teori-teori tentang dirinya

o   Kurikulum disajikan dari bagian-bagian menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar

25.  Ciri utama dari belajar kognitif adalah…

o   Belajar dapat dilihat dari tingkah laku yang tampak

o   Penekanan belajar adalah pada hasil belajarnya

o   Mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya

o   Belajar adalah pelibatan hubungan stimulus dan respon

o   Belajar menciptakan pemahaman yang sama antara guru dan siswa

26.  Apakah yang dimaksud respon dalam teori behavioristic?

o   Cara-cara yang dilakukan siswa untuk belajar

o   Pedoman kerja dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar

o   Apa saja yang diberikan oleh guru

o   Reaksi atau tanggapan terhadap stimulus

o   Media atau alat peraga dalam pembelajaran

27.  Salah satu fungsi advance organizers yang dikembangkan oleh Ausubel adalah…

o   Sebagai kerangka informasi yang membantu siswa memetakan informasi pembelajaran

o   Sebagai kerangka pengetahuan yang membantu siswa memahami materi pembelajaran

o   Sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru

o   Sebagai kerangka kerja yang membantu siswa membuat sistematika meteri pembelajaran

o   Sebagai rambu-rambu belajar bagi siswa agar apa yang diepajari menjadi lebih terarah

28.  Bu Rani sering membrikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa bu Rani menerapkan teori …

o   Humanistic

o   Behavioristic

o   Konstruktivistik

o   Kognitif

o   Ko-konstruktivistik

29.  Pak Sigit memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Sigit telah menerapkan teori…

o   Behavioristic

o   Kognitif

o   Humanistic

o   Konstruktivistik

o   Ko-konstruktivistik

30.  Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh…

o   Gardner

o   Ausubel

o   Pieget

o   Mumford

o   Brunner


Apakah yang dimaksud dengan equblirasi?  o   Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru  o   Ketidakseimbangan antara apa yang telah diketahui yang dilihat atau yang dialaminya sekarang  o   Proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki oleh individu  o   Penyesuaian berkesinambungan  o   Proses modifikasi informasi agar cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyai  2.      Hubungan antara stimulus dan respon menurut Skinner adalah…  o   Stimulus perlu sesering mungkin agar hubungan stimulus dan respon bersifat lebih tetap  o   Belajar merupakan proses interaksi antara stimulus dan respon  o   Stimulus dalam belajar pun hampir selalu dikaitkan dengan dengan kebutuhan biologis walaupun respon yang akan muncul dapat bermacam-macam  o   Stimulus dan respon yang berbentuk tingkah laku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur  o   Interaksi antara stimulus dan respon memiliki konsekuensi yang menjadi akibat munculnya perilaku  3.      Ketika siswa diberi tugas ketika tugasnya ditambahkan maka akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan teori…  o   Behavioristic  o   Konstruktivistik  o   Ko-konstruktivistik  o   Humanistic  o   Kognitif  4.      Tujuan akhir pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari…  o   Ausebel  o   Skinner  o   Elliot  o   Guthrie  o   Pieget  5.      Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk? Sebaiknya Bu Ani menerapkan strategi pembelajaran yang…  o   Memaksa siswa untuk memusatkan perhatiannya  o   Melibatkan kemampuan intelektual dan emosional siswa  o   Dapat melibatkan kegiatan fisik siswa  o   Pembelajaran dilaksanakan di luar kelas  o   Pembelajaran atraktif dan menyenangkan siswa  6.      Bu Dini membagi siwa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan Bu Dini sesuai dengan teori…  o   Kokonstruktivistik  o   Kognitif  o   Konstruktivistik  o   Humanistic  o   Behavioristic  7.      Anak mampu menggunakan symbol atau Bahasa tanda, dan mulai berkembangnya Bahasa-bahasa intuitif menunjukkan bahwa anak berada pada…  o   Tahap operasi formal  o   Tahap operasional  o   Tahap sensorimotor  o   Tahap praoperasional  o   Tahap operasi konkrit  8.      Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh…  o   Ausubel  o   Gardner  o   Brunner  o   Mumfrod  o   Pieget  9.      Apakah yang dimaksud dengan akomodasi?  o   Proses modifikasi informasi agar cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyai  o   Penyesuain berkesinambungan  o   Proses penyesuaian sturktur kognitif ke dalam situasi yang baru  o   Proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki oleh individu  o   Ketidakseiambangan antara apa yang telah diketahui dengan apa yang dilihat atau dialaminya sekarang  10.  Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak beirnteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari…  o   Behavioristic  o   Humanistic  o   Kokonstruktivistik  o   Konstruktivistik  o   Kognitif  11.  Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristic yaitu…  o   Operan condicioning  o   Clasicical condicioning  o   Moderat condicioning  o   Teori belajar social  o   Koneksionisme  12.  Siapapun terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun merupakan bagian penting ide pemikiran belajar yang disampaikan oleh…  o   Slavin  o   Skinner  o   Watson  o   Carlk Hull  o   Thorndike  13.  Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara…  o   Individu maupun kelompok  o   Bersifat informasi yang membangun  o   Menunjukkan kesalahannya  o   Memberikan hukuman bila siswa melakukan kesalahan  o   Meberikan nilai terhadap prestaisnya  14.  Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan strukttur kognitif yang telah dipunyainya. Merupakan pengertian dari…  o   Akomodasi  o   Asimilasi  o   Disequblirasi  o   Equiblirasi  o   Disequiblirium  15.  Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksprensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri berdasarkan teori…  o   Sibernetik  o   Behavioristic  o   Konstruktivistik  o   Humanistic  o   Kokonstruktivistik  16.  Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur /sel otak baru dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan membangun jalur-jalur yang telah ada. Artinya…  o   Kegiatan bereksperimen dan mencipta sangat penting  o   Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar  o   Pengalaman belajar harus sesuai dengan teori belajar  o   Belajar dengan menirkanu orang dewasa  o   Belajar mengetahui cara kerja sesuatu  17.  Apakah yang dimaksud dengan supsumptive sequence?  o   Keterkaitan diantara bagian-bagian bidang studi yang dituangkan dalam bentuk prasyarat belajar  o   Urutan pengajaran dimulai dengan mengajarkan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci  o   Urutan isi pembelajaran yang dapat menjadikan lebih bermakna bagi yang belajar  o   Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada  o   Urutan dalam menampilkan tugas-tugas belajar  18.  Domain tertinggi dalam domain afektik adalah…  o   Pengorganisasian  o   Penghargaan  o   Pengalaman  o   Penerimaan  o   Pengenalan  19.  Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis. Walaupun bentuk respon yang muncul dapat bermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh…  o   Carlk Hull  o   Skinner  o   Thorndike  o   Slavin  o   Watson  20.  Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis. Menunjukkan bahwa anak telah berada pada…  o   Tahap praoperasional  o   Tahap operasional  o   Tahap sensorimotor  o   Tahap operasi konkrit  o   Tahap operasi formal  21.  Ciri utama dalam teori behavioristic adalah…  o   Evaluasi belajar tidak harus diberikan di akhir pembelajaran  o   Evaluasi tidak menuntut satu jawaban benar  o   Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang terpisah dari kegiatan pembelajaran  o   Evaluasi belajar bersifat terbuka  o   Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang tidak terpisah dari proses belajar  22.  Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah…  o   Imitasi  o   Manipulasi  o   Artikulasi  o   Naturalisasi  o   Presisi  23.  Hirarki belajar dan analisis merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori…  o   Humanistic  o   Sibernetik  o   Kognitif  o   Behavioristic  o   Konstruktivistik  24.  Salah satu ciri dari pembelajaran tradisional adalah…  o   Kegiatan kurikuler lebih banyak mengandalkan pada sumber-sumber data primer dan manipulasi bahan  o   Kurikulum disajikan mulai dari keseluruhan menuju ke bagian-bagian dan lebih mendekatkan pada konsep-konsep yang lebih luas  o   Siswa-siswa banyak belajar dan bekerja di dalam group process  o   Siswa dipandang sebagai pemikir-pemikir yang dapat memunculkan teori-teori tentang dirinya  o   Kurikulum disajikan dari bagian-bagian menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar  25.  Ciri utama dari belajar kognitif adalah…  o   Belajar dapat dilihat dari tingkah laku yang tampak  o   Penekanan belajar adalah pada hasil belajarnya  o   Mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya  o   Belajar adalah pelibatan hubungan stimulus dan respon  o   Belajar menciptakan pemahaman yang sama antara guru dan siswa  26.  Apakah yang dimaksud respon dalam teori behavioristic?  o   Cara-cara yang dilakukan siswa untuk belajar  o   Pedoman kerja dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar  o   Apa saja yang diberikan oleh guru  o   Reaksi atau tanggapan terhadap stimulus  o   Media atau alat peraga dalam pembelajaran  27.  Salah satu fungsi advance organizers yang dikembangkan oleh Ausubel adalah…  o   Sebagai kerangka informasi yang membantu siswa memetakan informasi pembelajaran  o   Sebagai kerangka pengetahuan yang membantu siswa memahami materi pembelajaran  o   Sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru  o   Sebagai kerangka kerja yang membantu siswa membuat sistematika meteri pembelajaran  o   Sebagai rambu-rambu belajar bagi siswa agar apa yang diepajari menjadi lebih terarah  28.  Bu Rani sering membrikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa bu Rani menerapkan teori …  o   Humanistic  o   Behavioristic  o   Konstruktivistik  o   Kognitif  o   Ko-konstruktivistik  29.  Pak Sigit memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Sigit telah menerapkan teori…  o   Behavioristic  o   Kognitif  o   Humanistic  o   Konstruktivistik  o   Ko-konstruktivistik  30.  Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh…  o   Gardner  o   Ausubel  o   Pieget  o   Mumford  o   Brunner
Tes Sumatif Pedagogik 3 ini berisi soal sekaligus jawaban tentang maeri pembelajaran khususnya tentang penerapan teori-teori belajar dalam proses belajar mengajar. Jawaban yang disajikan tentunya masih banyak kekurangan dan ketidaksesuaian yang sangat memerlukan koreksi dari para pembaca. Semoga bermanfaat,amin.


Post a Comment for "TES SUMATIF MODUL PEDAGOGIK 3 PPG "