CONTOH RPP MATA PELEJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama madrasah: MAS Annuriyyah
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester :XI/1
Materi Pokok : Daulah Abbasyiyyah
ALokasi waktu: 2 JP
A.
Kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi:
Kompetensi
Dasar 1.2 |
Kompetensi
Dasar 2.2 |
1.2.1 Menghayati bahwa Allah yang
memberikan karunia ilmu pengetahuan |
2.2.1 Mengamalkan perilaku inovatif
dalam kehidupan sehari-hari |
Kompetensi
Dasar 3.2 |
Kompetensi
Dasar 4.2 |
3.2.1 Menjelaskan perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah |
4.2.1 Menghargai perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah |
B. Tujuan
pembelajaran:
Peserta
didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Daualah Abbasiyyah serta meneladani para tokoh ilmuwan
C. Media/Alat/Sumber
Belajar:
1.
Video
dan power point/LCD, Laptop, Spidol, White
board, dan Kartu (Card Sort)
2.
Buku
siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester
1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait
D. Model/Strategi/metode
pembelajaran:
Cooperative learning/Card Sort/Ceramah, diskusi dan penugasan
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Siswa
menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran
b.
Siswa
mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)
c.
Siswa
merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya
d.
Siswa
menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru
2.
Kegitan
Inti
a.
Siswa
mengamati gambar/video/ppt tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan
dan para tokohnya pada masa Abbasiyyah
b.
Siswa
menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)
c.
Siswa
diberi potongan kertas yang berisi informasi dalam bentuk kategori berkaitan
dengan perkembangan dan peradaban ilmu
pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah
d.
Siswa
bergerak dan berekeliling untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama
e.
Siswa
bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa
Daulah Abbasiyyah
f.
Siswa
menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh
kelompok lain
3.
Kegiatan
Penutup
a.
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa
Daulah Abbasiyyah
b.
Siswa
bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan
melakukan kegiatan post test
c.
Siswa
menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
d.
Siswa
dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam
F. Penilaian
Pembelajaran
1.
Sikap :
Observasi sikap saat pembelajaran
2.
Pengetahuan : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda
3.
Keterampilan :Menuliskan ilmuwan pada masa Daulah
Abbasiyyah
Jember, 10 Juli 2021
Mengetahui,
Kepala
Madrasah, Guru
Mata Pelajaran,
ABABAL GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH, M.Pd.I
Link Terkait:
Kumpulan materi (bahan ajar), dan perangkat mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
CONTOH RPP MAPEL SKI |
Post a Comment for "CONTOH RPP MATA PELEJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM "