Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH RPP MATA PELEJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/1

Materi Pokok   : Daulah Abbasyiyyah

ALokasi waktu:  2 JP


A.   Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.2

Kompetensi Dasar 2.2

1.2.1 Menghayati bahwa Allah yang memberikan karunia ilmu pengetahuan

2.2.1 Mengamalkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 3.2

Kompetensi Dasar 4.2

3.2.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

4.2.1 Menghargai perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

B.   Tujuan pembelajaran:

Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daualah Abbasiyyah serta meneladani para tokoh ilmuwan

C.   Media/Alat/Sumber Belajar:

1.    Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, White board, dan Kartu (Card Sort)

2.    Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.   Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/Card Sort/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.    Kegiatan Pendahuluan

a.    Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.    Siswa merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya

d.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.    Kegitan Inti

a.    Siswa mengamati gambar/video/ppt tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Abbasiyyah

b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.    Siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi dalam bentuk kategori berkaitan dengan perkembangan dan  peradaban ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah

d.    Siswa bergerak dan berekeliling untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama

e.    Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah

f.     Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.    Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.    Sikap                     : Observasi sikap saat pembelajaran

2.    Pengetahuan         : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.    Keterampilan         :Menuliskan ilmuwan pada masa Daulah Abbasiyyah

Jember, 10 Juli 2021

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                                    Guru Mata Pelajaran,

 

ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                                  KUSMIARSEH, M.Pd.I


Link Terkait:

Kumpulan materi (bahan ajar), dan perangkat mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama madrasah: MAS Annuriyyah Mata Pelajaran   : SKI Kelas/Semester :XI/1 Materi Pokok	: Daulah Abbasyiyyah ALokasi waktu:  2 JP   A.	Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi: Kompetensi Dasar 1.2	Kompetensi Dasar 2.2 1.2.1 Menghayati bahwa Allah yang memberikan karunia ilmu pengetahuan	2.2.1 Mengamalkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar 3.2	Kompetensi Dasar 4.2 3.2.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah	4.2.1 Menghargai perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah B.	Tujuan pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daualah Abbasiyyah serta meneladani para tokoh ilmuwan C.	Media/Alat/Sumber Belajar: 1.	Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, White board, dan Kartu (Card Sort) 2.	Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait D.	Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/Card Sort/Ceramah, diskusi dan penugasan E.	Kegiatan Pembelajaran 1.	Kegiatan Pendahuluan a.	Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran b.	Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking) c.	Siswa merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya d.	Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru 2.	Kegitan Inti a.	Siswa mengamati gambar/video/ppt tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Abbasiyyah b.	Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat) c.	Siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi dalam bentuk kategori berkaitan dengan perkembangan dan  peradaban ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah  d.	Siswa bergerak dan berekeliling untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama  e.	Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah f.	Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain 3.	Kegiatan Penutup a.	Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Abbasiyyah b.	Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test c.	Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya d.	Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam F.	Penilaian Pembelajaran 1.	Sikap		: Observasi sikap saat pembelajaran 2.	Pengetahuan	: Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 3.	Keterampilan	:Menuliskan ilmuwan pada masa Daulah Abbasiyyah Jember, 10 Juli 2021 Mengetahui, Kepala Madrasah, 							Guru Mata Pelajaran,     ABABAL GHUSSOH, M.Pd 						KUSMIARSEH, M.Pd.I
CONTOH RPP MAPEL SKI 


Post a Comment for "CONTOH RPP MATA PELEJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM "