ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) BIDANG STUDI SKI KELAS X (SEPULUH) TAHUN AJARAN 2021/2022
ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) |
|||||||||||||||||
BERDASARKAN KI-3 (PENGETAHUAN) |
|||||||||||||||||
Nama
Madrasah |
: MA. ANNURIYYAH |
||||||||||||||||
Mata
Pelajaran |
: SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM |
||||||||||||||||
Tahun
Pelajaran |
: 2021 / 2022 |
||||||||||||||||
Kelas
/ Peminatan |
: X / MIA/IIS |
||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR / |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL |
RATA-RATA |
KKM |
||||||||||||||
KOMPLEKSITAS |
INTAKE PESERTA DIDIK |
GURU DAN DAYA DUKUNG |
IPK |
KD |
|||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||||||||
3.1 |
3.1 |
Memahami peradaban Masyarakat Makkah sebelum Islam |
|
|
|
|
77 |
75 |
|||||||||
|
3.1.1 |
Menjelaskan Agama
dan kepercayaan masyarakat Mekkah sebelum Islam |
78 |
78 |
80 |
78 |
|||||||||||
|
3.1.2 |
Menyebutkan Sesembahan
Masyarakat Makkah sebelum Islam |
80 |
80 |
80 |
80 |
|
||||||||||
|
3.1.3 |
Menjelaskan Budaya
masyarakat Makkah sebelum Islam |
70 |
75 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
3.1.4 |
Menjelaskan sosial
ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
70 |
75 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.1 |
75 |
77 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.2 |
3.2 |
Mengidentifikasi substansi
dan strategi dakwah Rasulullah
saw. periode Makkah |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.2.1 |
Menjelaskan
proses Ke-Rasulan Nabi Muhammad saw |
64 |
75 |
78 |
72 |
|
||||||||||
|
3.2.2 |
Mengidentifikasi
pola Kepemimpinan Rasulullah saw pada periode Mekkah |
70 |
76 |
79 |
75 |
|
|
|||||||||
|
3.2.3 |
Mengidentifikasi
subtansi dakwah Nabi Muhammad saw. Di Makkah |
75 |
80 |
80 |
78 |
|
|
|||||||||
|
3.2.4 |
Mengidentifikasi strategi dakwah Nabi
Muhammad saw. Di Makkah |
75 |
80 |
80 |
78 |
|
|
|||||||||
|
3.2.5 |
Mengidentifikasi
kesulitan-kesulitan yang dihadapi Nabi Muhammad saw pada peride Mekkah |
75 |
80 |
80 |
78 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.2 |
72 |
78 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.3 |
3.3. |
Menganalisis strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah saw. dan
para sahabat |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.3.1 |
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab hijrahnya RasulullahSaw. |
72 |
76 |
80 |
|
|
||||||||||
|
3.3.2 |
Mengidentifikasi
strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah dan para sahabat |
68 |
75 |
76 |
|
|
|
|||||||||
|
3.3.3 |
Menjelaskan
peristiwa hijrahnya sahabat Rasulullah saw ke Abseniyah |
73 |
78 |
80 |
|
|
|
|||||||||
|
3.3.4 |
Menuliskan
ibrah/pelajaran dari peristiwa hijrahnya Nabi beserta para sahabat |
72 |
78 |
80 |
|
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.3 |
71 |
77 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.4 |
3.4 |
Memahami peradaban
masyarakat Madinah sebelum Islam |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.4.1 |
Menyebutkan
agama dan kepercayaan masyarakat Madinah sebelum Islam |
75 |
78 |
79 |
77 |
|
||||||||||
|
3.4.2 |
Menjelaskan
keadaan sosial masyarakat Madinah sebelum Islam |
70 |
76 |
79 |
75 |
|
|
|||||||||
|
3.4.3 |
Menjelaskan
keadaan Ekonomi masyarakat Madinah sebelum Islam |
70 |
76 |
79 |
75 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.4 |
72 |
77 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.5 |
3.5 |
Menganalisa strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.5.1 |
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab hijrahnya Nabi Muhammad saw ke Madinah |
73 |
80 |
80 |
78 |
|
||||||||||
|
3.5.2 |
Mengidentifikasi
subtansi dakwah Nabi Muhammad saw pada
periode Madinah |
72 |
78 |
80 |
77 |
|
|
|||||||||
|
3.5.3 |
Menjelaskan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. Pada
periode Madinah |
68 |
75 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
3.5.4 |
Mendiskusikan
kebijakan Rasulullah saw pada periode Islam di Madinah |
70 |
76 |
80 |
75 |
|
|
|||||||||
|
3.5.5 |
Mengidentifikasi
peperangan yang terjadi di masa dakwah nabi Muhammad saw periode Madinah |
68 |
75 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
3.5.6 |
Menuliskan
Ibrah/pelajaran dari dakwah Nabi saw periode Madinah |
72 |
78 |
80 |
77 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.5 |
71 |
77 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.6 |
3.6 |
Mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan Fathu Makkah |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.6.1 |
Menyebutkan
pengertian Fathu Mekkah |
80 |
80 |
80 |
80 |
|
||||||||||
|
3.6.2 |
Mengidentifikasi
faktor penyebab terjadinya Fathu Mekkah |
70 |
80 |
80 |
77 |
|
|
|||||||||
|
3.6.3 |
Menjelaskan
proses terjadinya Fathu Mekkah |
64 |
70 |
77 |
70 |
|
|
|||||||||
|
3.6.4 |
Menentukan
faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah |
70 |
78 |
80 |
76 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.6 |
71 |
77 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.7 |
3.7 |
Menganalisis substansi dari Piagam Madinah (Dustur) |
|
|
|
|
72 |
|
|||||||||
|
3.7.1 |
Mengidentifikasi
latar belakang disusunnya piagam Madinah |
68 |
75 |
78 |
74 |
|
||||||||||
|
3.7.2 |
Menyebutkan
isi Piagam Madinah |
70 |
73 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
3.7.3 |
Menelaah
isi Piagam Madinah |
60 |
73 |
76 |
70 |
|
|
|||||||||
|
3.7.4 |
Mendiskusikan
subtansi Piagam Madinah |
60 |
73 |
78 |
70 |
|
|
|||||||||
|
3.7.5 |
Menuliskan
subtansi Piagam Madinah |
70 |
73 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.7 |
66 |
73 |
78 |
|
|
|
|||||||||
3.8 |
3.8 |
Menganalisis perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.8.1 |
Menyebutkan
pengertian Khulafaur Rasyidin |
80 |
80 |
80 |
80 |
|
||||||||||
|
3.8.2 |
Menyebutkan
nama sahabat dalam Khulafaur Rasyidin dengan urut |
80 |
80 |
80 |
80 |
|
|
|||||||||
|
3.8.3 |
Menjelaskan
biografi Khulafaur Rasyidin |
70 |
76 |
79 |
75 |
|
|
|||||||||
|
3.8.4 |
Menjelaskan proses pemilihanKhulafaur Rasyidin |
68 |
76 |
78 |
74 |
|
|
|||||||||
|
3.8.5 |
Mendiskusikan
kebijakan Khulafaur Rasyidin |
67 |
75 |
77 |
73 |
|
|
|||||||||
|
3.8.6 |
Menelaah
perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin |
65 |
72 |
77 |
71 |
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.8 |
72 |
77 |
79 |
|
|
|
|||||||||
3.9 |
3.9 |
Menganalisis subtansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin |
|
|
|
|
75 |
|
|||||||||
|
3.9.1 |
Menganalisis
subtansi dakwah Khulafaur Rasyidin |
75 |
75 |
75 |
|
|
||||||||||
|
3.9.2 |
Menganalisis
strategi dakwah Khulafaur Rasyidin |
75 |
75 |
75 |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.9 |
75 |
75 |
75 |
|
|||||||||||
3.1 |
3.1 |
Menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah di Damaskus |
|
|
|
|
76 |
|
|||||||||
|
3.10.1 |
Menganalisis
proses lahirnya Daulah Umayyah di Damaskus |
78 |
75 |
75 |
|
|
||||||||||
|
3.10.2 |
Menganalisis
khalifah-khalifah berprestasi Daulah Umayyah di Damaskus |
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.1 |
78 |
75 |
75 |
|
|||||||||||
3.11 |
3.11 |
Mengevaluasi perkembangan dan peradaban ilmu pengetahuan pada
masa Daulah Umayyah di Damaskus |
|
|
|
|
77 |
|
|||||||||
|
3.11.1 |
Menganalisis
perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus |
75 |
75 |
75 |
|
|
||||||||||
|
3.11.2 |
Menganalisis
kemunduran Daulah Umayyah di Damaskus |
80 |
75 |
80 |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.11 |
78 |
75 |
78 |
|
|||||||||||
3.12 |
3.12 |
Menganalisis sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia |
|
|
|
|
75 |
|
|||||||||
|
3.12.1 |
Menganalisis
sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia |
75 |
75 |
75 |
|
|
||||||||||
|
3.12.2 |
Menganalisis
peran Abdurrahman I dalam sejarah berdirinya Daulah Umayyah di Andalusia |
75 |
75 |
75 |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.12 |
75 |
75 |
75 |
|
|||||||||||
3.13 |
3.13 |
Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada
masa Daulah Umayyah di Andalusia |
|
|
|
|
75 |
|
|||||||||
|
3.13.1 |
Mengananalisis
perkembanagn peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di
Andalusia |
75 |
75 |
75 |
|
|
||||||||||
|
3.13.2 |
Menganalisis
kemunduran Daualah Umayyah di Andalusia |
75 |
75 |
75 |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
KD 3.13 |
75 |
75 |
75 |
|
|||||||||||
|
KKM = |
75 |
|||||||||||||||
INTERVAL |
8 |
||||||||||||||||
PREDIKAT NILAI |
|||||||||||||||||
A = |
92 |
- |
100 |
||||||||||||||
B = |
84 |
- |
91 |
||||||||||||||
C = |
75 |
- |
83 |
||||||||||||||
Mengetahui, |
Jember, 10 Juli
2021 |
||||||||||||||||
Kepala Madrasah, |
Guru Mata
Pelajaran, |
||||||||||||||||
ABABAL
GHUSSOH, M.Pd. |
KUSMIARSEH,
M.Pd.I |
||||||||||||||||
Kumpulan Perangkat Pembelajaran (Bahan Ajar, RPP, KKm dll) | |||||||||||||||||
Post a Comment for "ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) BIDANG STUDI SKI KELAS X (SEPULUH) TAHUN AJARAN 2021/2022"