CONTOH KISI-KISI SOAL PAS MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X (SEPULUH)
KISI-KISI SOAL PENIALAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X
NO |
KOMPETENSI DASAR |
IPK |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NOMOR SOAL |
KUNCI JAWABAN |
1. |
3.1 Menganalisis
kebudayaan masyarakat Mekkah sebelum Islam |
3.1.1 Menjelaskan
peradaban Arab sebelum Islam 3.1.2 Menganalisis
pengaruh kebudayaan Arab sebelum Islam terhadap perkembangan sosial dan
politik |
Perdaban Bangsa Arab
sebelum Islam |
1. Siswa dapat menyebutkan pelopor agama
Hanifiyyah (Tauhid) yang dianut awal permulaan bangsa Arab sebelum Islam 2. Siswa dapat menyebutkan pelopor
penyembahan berhala Bangsa Arab 3. Siswa dapat mengidentifikasi berhala
Bangsa Arab sebelum Islam 4. Siswa dapat mengiedntifikasi bentuk
pemujaan Bangsa Arab sebelum Islam 5. Siswa dapat menyebutkan istilah ilmu
perbintangan sebagai ilmu pengetahuan bangsa Arab pra Islam 6. Siswa dapat menganalisa pola hidup
masyarakat Arab ditinjau dari segi ekonomi 7. Siswa dapat menyebutkan istilah untuk
masyarakat Arab yang berprofesi sebagai pedagang 8. Siswa dapat menganalisa kondisi sosial
politik pemerintahan Bangsa Arab pra Islam 9. Siswa dapat menyebutkan istilah yang
diberikan kepada Bangsa Arab karena moral dan perilakunya yang buruk 10.
Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk perilaku dan kebiasaan buruk masayarakat Arab
pra Islam 11.
Siswa
dapat menganalisa pengaruh syair pada kehidupam masyarakat Arab |
L1
L1
L2
L2
L1
L3
L1
L3
L1
L2
L3 |
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11 |
C
B
D
A
D
A
C
B
A
C
E |
2. |
3.2 Menganalisis
subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw dan para sahabat |
3.2.1 Menjelaskan
subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 3.2.2 Menjelaskan
strategi dakwah Rasulullah saw di Mekkah |
Perkembangan Dakwah Nabi
Muhammad saw Periode Mekkah |
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian berkhalwat 2.
Siswa
dapat menyebutkan wahyu pertama yang turun 3.
Siswa
dapat menjelaskan tugas Nabi Muhammad berdasar pada Q.S Al Mudatsir ayat 1-7 4.
Siswa
dapat menjelaskan subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 5.
Siswa
dapat mengidentifikasi strategi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 6.
Siswa
dapat menyebutkan istilah untuk golongan orang yang pertama masuk Islam 7.
Siswa
dapat mengidentifikasi golongan anak-anak yang pertama masuk Islam 8.
Siswa
dapat menunjukkan wahyu perintah untuk berdakwah secara terang-terangan 9.
Siswa
dapat menganalisa faktor penyebab kaum Qurais menentang seruan agama Islam 10.
Siswa
dapat mengidentifikasi tindakan kaum Quraisy terhadap kaum muslimin |
L2
L1
L2
L2
L2
L1
L1
L1
L3
L2 |
12
13
14
15
16,17
18
19
20
21
22 |
C
D
B
A
C, A
C
C
D
A
D
|
3. |
3.3 Menganalisis
peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah saw dan para sahabat |
3.3.1 Menjelaskan peristiwa
hijrah Habasyah 3.3.2 Menjelaskan
peristiwa Hijrah ke Thaif |
|
1.
Siswa
dapat menyebutkan hijrah pertama kali Rasulullah saw 2.
Siswa
dapat menganalisa alasan Rasulullah saw memilih Habasyah sebagai tempeh
hijrah 3.
Siswa
dapat menjelaskan respon masyarakat Thaif terhadap kedatangan Rasulullah saw 4.
Siswa
dapat menyebutkan istilah tahun duka cita dalam Bahasa Arab 5.
Siswa
dapat mengidentifikasi peristiwa penting yang menyertai hijrahnya Rasullah sw 6.
Siswa
dapat merumuskan ibrah dari Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
L1
L3
L2
L1
L1
L3 |
23
24
25
26
27
28 |
A
B
B
B
E
A |
4. |
3.4 Menganalisis kebudayaan
Madinah sebelum Islam |
3.4.1 Menjelaskan
pengertian dan tujuan Rasulullah saw berhijrah 3.4.2 Menjelaskan kebudayaan
Madinah sebelum Islam |
Perkembangan Dakwah Nabi
Muhammad saw Periode Madinah |
1.
Siswa
dapat merumuskan pengertian hijrah di masa sekarang 2.
Siswa
dapat mengidentifikasi kelompok/suku dalam masyarakat Yasrib 3.
Siswa
dapat membedakan karakter masyarakat Mekkah dan Madinah |
L3
L1
L3 |
29
30
31 |
A
C
D |
5. |
3.5 Menganalisis
strategi dakwah Rasulullah saw pada periode Madinah |
3.5.1 Menjelaskan
perjuang-perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah 3.5.2 Menjelaskan
perjuangan nabi Muhammad saw dalam membangun peradaban Islam di Madinah |
|
1.
Siswa
dapat menyebutkan nama perjanjian antara Rasulullah saw dengan penduduk
Madinah 2.
Siswa
dapat menganalisa faktor penyebab masyarakat Madinah mudah menerima agama
Islam 3.
Siswa
dapat menganalisa strategi dakwah Rasulullah saw di Madinah 4.
Siswa
dapat menganalisa prinsip dasar kenegaraan yang dilakukan oleh Rasulullah saw
di Madinah |
L1
L3
L3
L3 |
32
33
34, 36, 37
35
|
D
C
D, C, B
D |
6. |
3.6 Menganalisis
subtansi dari piagam Madinah (Mitsaq al-Madinah) |
3.6.1 Menjelaskan
subtansi Piagam Madinah 3.6.2 Menjelaskan
penyiaran Islam di Madinah |
|
1.
Siswa
dapat menyebutkan istilah Perjanjian
menjamin kebebasan beragama kaumYahudi dan Masyarakat Madinah, menekankan
kerjasama sedekat mungkin di kalangan Islam (Muhajirin dan Anshar) 2.
Siswa
dapat menjelaskan isi piagam Madinah 3.
Siswa
dapat menganalisa tujuan piagam Madinah 4.
Siswa
dapat menyebutkan waktu terjadinya perang Badar 5.
Siswa
dapat merumuskan ibrah dari peristiwa pengkhianatan pada perang Uhud 6.
Siswa
dapat menyebutkan nama sahabat yang mengusulkan strategi dalam perang ahzab
|
L1
L2
L3
L1
L3
L1
|
38
39, 40
41
42
43
44
|
C
C, D
A
C
D
E |
7. |
3.7 Menganalisis
faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah |
3.7.1 Menjelaskan cara
dakwah Rasulullah saw di Madinah hingga peristiwa Fathu Mekkah 3.7.2 Menjelaskan
faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah |
|
1.
Siswa
dapat menyebutkan perjanjian kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy sebelum
fathu Mekkah 2.
Siswa
dapat menjelaskan salah satu isi perjanjian Hudaibiyyah 3.
Siswa
dapat menganalisa hal yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Fathu Mekkah 4.
Siswa
dapat menyebutkan wahyu terakhir Allah swt yang diturunkan kepada nabi
Muhammad saw 5.
Siswa
dapat menganalisa faktor keberhasilan dakwah Rasulullah saw |
L1
L2
L3
L1
L3 |
45
46
47
48
49,50 |
B
D
B
A
C, C |
Untuk instrumen penilaian dalam bentuk soal dan kunci jawaban dapat anda download di link berikut ini:
Post a Comment for "CONTOH KISI-KISI SOAL PAS MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X (SEPULUH)"