RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PUSAT PERADABAN DAN KEMUNDURAN DAULAH ABBASIYYAH
Nama madrasah: MAS
Annuriyyah
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester :XI/
Ganjil
Materi Pokok : Daulah Abbasiyyah
ALokasi waktu: 4 JP
A. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi:
Kompetensi Dasar 1.2 :
Menghayati karunia Allah dari perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan |
Kompetensi Dasar 2.2:
Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif |
Indikator Pencapaian
Kompetensi 1.2.2 Meyakini
pentingnya menimba ilmu pengetahuan demi perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan |
Indikator Pencapaian
Kompetensi 2.2.2 Mengamalkan
perilaku kreatif dalam kehidupan sehari-haru |
Kompetensi Dasar 3.2: |
Kompetensi Dasar 4.2: |
Indikator Pencapaian
Kompetensi 3.2.2 Menjelaskan
pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Daulah Abbasiyyah serta kemunduran Daulah Abbasiyyah |
Indikator Pencapaian
Kompetensi 4.2.2
Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Abbasiyyah |
B.
Tujuan
pembelajaran:
1. Peserta
didik mampu menjelaskan tentang pusat peradaban, tokoh-tokoh peradaban dan ilmu
pengetahuan serta kemunduran Daulah Abbasiyyah
2. Peserta
didik mampu mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada
masa Daulah Abbasiyyah
C.
Media/Alat/Sumber
Belajar:
1. Video
dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White
board
2. Buku
siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester
1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait
D.
Model/Strategi/metode
pembelajaran:
Cooperative
learning/information search/Ceramah,
diskusi dan penugasan
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Siswa
menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran
b. Siswa
mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)
c. Siswa
merespon kegiatan review yang dilaksanakan guru
d. Siswa
menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru
2. Kegitan
Inti
a. Siswa
mengamati video tentang pusat peradaban Daulah Abbasiyyah
b. Siswa
menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)
c. Siswa menyimak
penjelasan guru tentang perkembangan peradaban serta kemunduran Daulah
Abbasiyyah
d. Siswa
bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang perkembangan peradaban serta kemunduran
Daulah Abbasiyyah
e. Siswa menuliskan
dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain
3. Kegiatan
Penutup
a. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan
kemunduran Daulah Abbasiyyah
b. Siswa
bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan
melakukan kegiatan post test
c. Siswa
menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
d. Siswa
dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam
F.
Penilaian
Pembelajaran
1. Sikap :
Obsrevasi saat proses pembelajaran
2. Pengetahuan : Tes tulis dalam bentuk pilihan
ganda
3. Keterampilan : Presentasi perkembangan peradaban
dan kemunduran Daulah Abbasiyyah
Jember,
10 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
ABABAL
GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH, M.Pd.I
DOWNLOAD JUGA:
Kumpulan Perangkat Pembelajaran (RPP, Materi, Media dll)
Kumpulan kisi-kisi soal dan isntrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)
![]() |
RPP SKI KELAS XI MATERI PUSAT PERADABAN DAN KEMUNDURAN DAULAH ABBASIYYAH |
Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PUSAT PERADABAN DAN KEMUNDURAN DAULAH ABBASIYYAH"