Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AL GHAZALI ILMUWAN MUSLIM MASA BANI ABBASIYYAH SLIDE SHARE (PPT)

Nama lengkap Al Ghazali adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad at Tusi Al Ghazali. Ia lahir di kota Gazalah, sebuah kota kecil di dekat Tus, Provinsi Khurasan, Persia (Iran) pada tahun 1058 M/450 H dan meninggal pada tahun 1111 M, tepatnya tanggal 14 Jumadil Akhir. Al Ghazali adalah seorang pemikir, teolog, filusuf, dan sufi termasyhur sepanjang sejarah Islam. Di dunia Barat ia dikenal dengan nama Algazel.

Ia berasal dari keluarga sederhana dan taat beragama. Sejak kecil ia sudah belajar al Qur'an dari ayahnya. Setelah ayahnya meninggal, ia dititipkan kepada Ahmad bin Muhammad Ar Razikani, seorang sufi besar. Kepada Ar Razikani, Al Ghazali belajar Ilmu Fikih, riwayat hidup dan kehidupan spiritual para wali. Ia juga berguru kepada Imam Abu Nasr Al Isma'ili di Jurjan. Beberapa tahun kemadian, ia melanjutkan ke madrasah Nizamiyah di Nisabur. Pendiri madrasah ini adalah perdana menteri dari Dinasti Saljuk yang bernama Nizamul Mulk. Di Nisabur, Al Ghazali memperdalam ilmu Usul Fikih, Ilmu Mantik, dan ilmu Kalam kepada Imam Haramain Al Juwaini. Al Ghazali diangkat sebagai asisten untuk membantu Al Juwaini mengajar.

Di Nisabur ini Al Ghazali banya menulis buku, ia menulis hampir 100 buku tentang teologi Fikih, Tasawuf, Filsafat, Akhlak dan Autobiografi dalam Bahasa Arab dan Persia.
Karya-karya besar beliau meliputi berbagai bidang, antara lain:
  • Maqasid Al Falasifah
  • Tahafut Al Falasifah
  • Ihya Ulumuddin
  • Al Munqizd min al Dhalah
Beberapa karya tersebut mengupas pemikiran filusuf terdahulu dengan kritik dan komentar yang santun. Kini karya-karya beliau sudah banyak yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Berikut ini merupakan sajian materi tentang Al Ghazali yang dikemas dalam format PPT, yang merupakan buah karya anak didik kami kelas XI IIS MA. Annuriyyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. PPT tentang materi Al Ghazali ini dapat anda download di link berikut, Semoga bermanfaat.

https://docs.google.com/presentation/d/1_woe0Tcz8RFCmISjIdKWoruJ3sSJSWCVxhQztMz-ICQ/edit#slide=id.p1


1 comment for "AL GHAZALI ILMUWAN MUSLIM MASA BANI ABBASIYYAH SLIDE SHARE (PPT)"