Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IBNU SINA (ILMUWAN MUSLIM BIDANG KEDOKTERAN)

 Nama lengkap Ibnu Sina adalah Abu Ali Husein bin Abdillah bin Sina. Lahir di Afsyana, sebuah tempat di dekat kota Bukhara. Ibnu Sina adalah salah seorang ilmuwan dan filusuf muslim yang gemar mencari ilmu pengetahuan. Pengembaraan ilmiahnya melewati batas-batas tempat kelahirannya, sehingga Ibnu Sina menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan selain filsafat.


 Diantaranya bidang kedokteran, yang kemudian dituangkan dalam bentuk karya yang sangat menumental yaitu Al Qanun fi al Thibb (Ensiklopedia Kedokteran). karyanya ini menjadi bahan rujukan para ilmuwan dan dokter dunia hingga abad ke 18 M. Diantara pemikiran filsafat yang dikembangkannya adalah filsafat jiwa, filsafat wahyu dan Nabi serta filsafat wujud. Semua pemikiran itu menjadi bahan diskusi para filusuf muslim kemudian.

 Untuk memudahkan pemahaman tentang pembahasan materi Ibnu Sina, berikut kami sajikan dalam bentuk power point (PPT), yang merupakan buah karya anak didik kami kelas XI MIA MA. Annuriyyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Sajian PPT ini dapat didownload di link berikut ini:



Post a Comment for "IBNU SINA (ILMUWAN MUSLIM BIDANG KEDOKTERAN)"