Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FORUM DISKUSI MODUL 5 KB 4 TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Jelaskan dengan singkat dan padat, apa saja yang dilakukan dalam perencanaan pembelajaran?

Tahapan dalam melakukan perencanaan pembelajaran:

  1. Menuliskan identitas RPP, meliputi identitas satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, program, semester, waktu/pertemuan
  2. Mengembangkan standar kompetensi disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan peserta didik
  3. Mengembangkan komptensi dasar disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan peserta didik. dalam mengembangkan SK/KD tidak boleh mengurangi SK/KD yang telah ditentukan dalam standar isi
  4. merumuskan indikator ketercapaian kompetensi
  5. merumuskan tujuan pembelajaran
  6. menyusun materi pembelajaran;pokok bahasan dan sub pokok bahasan mengacu pada indikator ketercapaian kompetensi\menentukan metode/model pembelajaran yang tepatmenentukan media pembelajaran yang tepat dan sesuai
  7. menentukan/memilih sumber belajar yang relevan
  8. menyusun langkah-langkah pembelajaran;kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegitan inti mengacu pada sintak model pembelajaran yang dipilih
  9. memilih dan mengembangkan penilaian;kognitif,afektif dan psikomotorik



Komponen dalam RPP yang telah dijabarkan tersebut mengacu pada komponen RPP dalam Permendikbud nomor 22 tahun 2016. Pengembangan perencanaan pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara mandiri atau berkelompok. pengembangan RPP secara berkelompok dapat dilakukan melalui KKG (kelompok kerja guru) atau MGMP (musyawaroh guru mata pelajaran). 

Post a Comment for "FORUM DISKUSI MODUL 5 KB 4 TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN"