RPP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBARU
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA MADRASAH : MADRASAH ALIYAH ANNURIYYAH
MATA PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS / SEMESTER : XI / GENAP
WAKTU : 2 X 45 MENIT
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Peserta didik mampu menjelaskan proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad
- Peserta didik mampu menganalisis langkah-langkah pembentukan Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad
- Peserta didik mampu menganalisis ibrah dari proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad
- Peserta didik mampu menyajikan secara tertulis proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagadad
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Esensi |
Model/Metode |
Media
dan Sumber Bahan |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
1.1
Menyadari bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT. 2.1
Membiasakan sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai
inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya
Daulah Bani Abbasiyah 3.1 Menganalisis proses lahirnya Daulah Bani
Abbasiyah di Bagdad 4.1 Menceritakan proses berdirinya Daulah Bani
Abbasiyah |
1.1.1
Peserta didik mampu Menyadari
bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT. 2.1.1
Peserta didik mampu membiasakan sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai
inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya
Daulah Bani Abbasiyah 3.1.1.
Menjelaskan proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad 3.1.2
Menganalisis langkah-langkah pembentukan Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad 3.1.3
Menganalisis ibrah/pelajaran
tentang proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad 4.1.1
Menyajikan secara tertulis proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad |
Proses
Lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad |
Pendekatan:
Saintific Model: Cooperative
Learning Strategi pembelajaran: Puzzle Metode: 1.
Diskusi 2.
Tanya Jawab 3.
Penugasan |
Media: 1. Video proses lahirnya Bani Abbasiyyah 2. Power point tentang peta dan gambaran
umum proses lahirnya Bani Abbasiyyah 3. Lembar kerja peserta didik (LKPD) Alat : 1.
LCD, Laptop dan Sound aktif 2.
Papan tulis/white board dan spidol Sumber Belajar: 1.
Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI, 2014 2.
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI,
2014, halaman 45-49 3.
Media cetak dan
elektronik sesuai materi 4.
Internet 5.
Lingkungan
sekitar yang mendukung |
Kegiatan Pendahuluan: 1.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a 2.
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 3.
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran Kegiatan inti: 1.
Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok 2.
Peserta
didik mengamati video tentang lahirnya Daula Bani Abbasiyyah dan menyimak
penjelasan guru tentang gambaran umum proses lahirnya Bani Abbasiyyah (Mengamati) 3.
Peserta didik saling bertanya dan menjawab
tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (Menanya) 4.
Peserta didik dalam kelompoknya diberikan topic
dalam bentuk puzzle yang harus disusun secara berkelompok dan
menggali informasi sesuai topic dari berbagai refrensi serta menulisnya (Mengumpulkan informasi) 5.
Peserta
didik dalam kelompoknya mendiskusikan topic yang dibahas dan menuliskan hasil
diskusinya (Mengasosiasi) 6.
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusinya dan peserta didik lain menanggapinya (Mengkomunikasikan) Kegiatan
Penutup: 1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran 2.
Peserta didik melakukan refleksi
tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan 3.
Peserta
didik menerima informasi tentang materi pembelajaran pertemuan berikutnya 4.
Peserta
didik bersama guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a dan salam penutup |
Aspek Afektif: Tehnik: non-tes Instrumen: 1. Penilaian
diri Sikap Spiritual 2. Penilaian
antar teman sikap sosial Aspek
Kognitif: Tehnik: tes tulis Instrumen: Uraian jawaban pendek Aspek
Psikomotorik: Teknik: non-tes Insrumen: Unjuk Kerja |
|
||||||
|
||||||
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
ABABAL GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH, M.Pd.I
Post a Comment for "RPP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBARU"