Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUGAS AKHIR MODUL PROFESIONAL RENCANA PENGEMBANGAN MATERI SKI DALAM PROESES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KOMPETENSI KURIKULUM MADRASAH TAHUN 2013

 

TUGAS AKHIR MODUL 1

RENCANA PENGEMBANGAN MATERI SKI DALAM PROESES PEMBELAJARAN

BERDASARKAN KOMPETENSI KURIKULUM MADRASAH TAHUN 2013

PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019


 

 

 

 

 

 

Nama Peserta                    : KUSMIARSEH, M.Pd.I

NUPTK                               : 1042766666300013

Nomor Peserta                  : 1042766666300013

Bidang Studi Sertifikasi   : Sejarah Kebudayaan Islam

Sekolah Asal                     : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember


TUGAS AKHIR MODUL 1

 

Buatlah rencana pengembangan materi SKI dalam proeses pembelajaran bapak ibu berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum pusat dikirim dalam bentuk pdf!

 

PEMBAHASAN

Dalam menyusun rencana pengembangan materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), terlebih dahulu merujuk pada kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013. Setelah memetakan hubungan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar, dilanjutkan dengan pemetaan materi pokok pembelajaran SKI. Dengan pemetaan materi pokok SKI, akan lebih memudahkan untuk membuat rencana pengembangan materinya. Berikut ini tabel pemetaan materi pokok pembelajaran SKI tingkat Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.

 

TABEL PEMETAAN MATERI POKOK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

TINGKAT MADRASAH ALIYAH

NO

KD

MATERI POKOK

1.

1.1,2.1.3.1, 4.1

Kondisi Masyarakat Mekah sebelum Islam

2.

12, 2.2,3.2,4.2

Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw. periode Mekah

3.

1.3, 2.3, 3.3, 4.3

Faktor-faktor Penyebab Hijrah Rasulullah saw.

4.

1.4, 2.4 3.4, 4.4

Kondisi Masyarakat Madinah sebelum Islam

5.

1.5, 2.5, 3.5, 4.5

Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw. Periode
Madinah

6.

1.6, 2.6, 3.6, 4.6

Sifat/Kepribadian dan Peran para Sahabat as-sabiqunalawwalun

7.

1.7, 2.7, 3.7, 4.7

Faktor-faktor Keberhasilan Fathu Makkah tahun 9 Hijriyyah

 

Berdasarkan pada tabel pemetaan materi pokok tersebut, selanjutnya akan disusun rencana pengembangan materi SKI berdasarkan kompetensi pada Kurikulum 2013 berikut ini:


RENCANA PENGEMBANGAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

BERDASARKAN KOMPETENSI KURIKULUM 2013

 

Nama Satuan Pendidikan    : MAS. Annuriyyah Rambipuji Jember

Mata Pelajaran                      : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester/Program     : X / Ganjil / Umum

Kompetensi Inti                     :

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

TABEL RUMUSAN MATERI KOGNITIF DAN KETERAMPILAN (KI-3 DAN KI-4)

NO

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

MATERI PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

1.

3.1 Memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

 

3.1.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.4      Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

Kondisi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

1.   Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

2.   Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.   Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.   Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4x45 menit

(2 TM)

4.1 Menceritakan kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

 

4.1.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.1 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

2

3.2 Memahami substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah

3.2.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.2.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah

 

 

Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

1.   Subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

2.   Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah

4x45 menit

(2 TM)

 

4.2 Memetakan dalam Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

4.2.1 Membuat Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

4.2.2 Menyajikan Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

 

1.   Faktor internal keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

2.   Faktor eksternal keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.

3. 3 Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

3.1.1 Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

3.1.2 Menganalisis tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

3.1.3 Menganalisis para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

3.1.4 Menganalisis proses hijrahnya Rasulullah saw

Factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

1.   Factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

2.   tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

3.   para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

4.   proses hijrahnya Rasulullah saw

4x45 menit

(2 TM)

4.3 Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

4.1.1 Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

4.1.2 Memetakan tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

4.1.3 Memetakan para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

4.1.4 Memetakan proses hijrahnya Rasulullah saw

4

3.4 Memahami    kondisi masyarakat Madinah sebelum  Islam

 

3.4.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.4 Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

Kondisi Masyarakat Madinah Sebelum  Islam

1.   Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

2.   Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.   Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.   Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4x45 menit

(2 TM)

 

4.4 Menceritakan kondisi masyarakat Madinah sebelum  Islam

 

4.4.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.4 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

5.

3.5 Memahami substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah

3.5.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah

3.5.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Madinah

Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw periode Madinah

1.   Subtansi Dakwah Rasulullah saw di Madinah

2.   Strategi Dakwah Rasulullah saw di Madinah

4x45 menit

(2 TM)

4.5 Mempresentasikan hubungan antara kaum Anshar dan Muhajjirin

4.5.1 Mempresentasikan kaum Anshar di Madinah

4.5.2 Mempresentasikan kaum Muhajjirin di Madinah

4.5.3. Mempresentasikan hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin

Hubungan antara kaum Anshar dan Muhajjirin

1.   Kaum Anshar di Madinah

2.   Kaum Muhajjirin di Madinah

3.   Hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin

6.

3.6 Memahami sifat/kepribadian dan peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6.1 Menganalisis para sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun

3.6.2 Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6.3 Menganalisis peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

Sifat/kepribadian dan peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

1.   Para Sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun

2.   Sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.   Peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

4x45 menit

(2 TM)

4.6 Menceritakan sikap-sikap utama dari Assabiqunal Awwalun

4.6.1 Menceritakan sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.2 Menceritakan sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.3 Menceritakan sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.4 Menceritakan sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.5 Menceritakan sikap utama sikap Bilal bib Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun

 

 

Sikap-sikap Utama Assabiqunal Awwalun

1.   Sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun

2.   Sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun

3.   Sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun

4.   Sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun

5.   Sikap utama sikap Bilal bib Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun

7.

4.7 3. 7 Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

3.7.1 Mengidentifikasi para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

3.7.2 Mengidentifikasi proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah

3.7.3 Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah

 

 

Factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

1.   para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

2.   Proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah

3.   Factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah

4x45 menit

(2 TM)

4.7 Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

4.7.1 Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

4.7.2 Menyajikan peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

 

TABEL RUMUSAN MATERI SIKAP/NILAI (KI-1 dan KI-2)

NO

INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI SIKAP/PEMBELAJARAN

1.

1.1.1      Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah dalam masyarakat

1.   Sikap tegas dan istiqomah dalam Meneggakkan  kebenaran sebagai bentuk Berdakwah

2.   Sikap semangat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik

2.1.1 Memiliki semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

3.1.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.1 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

2.

1.2.1      Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah dalam masyarakat

1.   Sikap tegas dan istiqomah dalam Menegakkan kebenaran sebagai bentuk Berdakwah

2.   Sikap semangat dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik

2.2.1 Memiliki semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

3.2.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.2.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah

4.2.1 Membuat Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

4.2.2 Menyajikan Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.

1.3.1 Menghayati nilai-nilai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah saw

1.   Nilai-nilai Hijrah

2.   Semangat hijrah ke arah lebih baik

2.3.1 Memiliki semangat hijrah untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami peristiwa hijrah

3.1.1 Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

3.1.2 Menganalisis tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

3.1.3 Menganalisis para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

3.1.4 Menganalisis proses hijrahnya Rasulullah saw

4.1.1 Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

4.1.2 Memetakan tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

4.1.3 Memetakan para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

4.1.4 Memetakan proses hijrahnya Rasulullah saw

4.

1.4.1 Menghayati nilai-nilai positif yang dimiliki masyarakat Madinah

1.   Nilai-nilai positif

2.   Hidup tolong menolong

2.4.1 Membiasakan hidup tolong menolong sebagai implementasi dari memahami kondisi masyarakat Madinah sebelum Islam

3.4.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.4 Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.4 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

5.

1.5.1 Menghayati nilai-nilai perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah

1.      Nilai-nilai Perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah

2.      Hidup Rukun

3.      Tolong Menolong

2.5.1      Membiasakan hidup rukun sebagai implementasi dari memahami hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin di Madinah

2.5.2      Membiasakan hidup tolong menolong sebagai implementasi dari memahami hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin di Madinah

3.5.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah

3.5.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Madinah

4.5.1 Mempresentasikan kaum Anshar di Madinah

4.5.2 Mempresentasikan kaum Muhajjirin di Madinah

4.5.3. Mempresentasikan hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin

6.

1.6.1 Menghayati sikap istiqomah perjuangan Assabiqunal Awwalun dalam berdakwah bersama Rasulullah saw

  1. Sifat Istiqomah
  2. Meneladani  Sifat Mulia

2.6.1 Meneladani sifat mulia dari para sahabat Assabiqunal awwalun

3.6.1 Menganalisis para sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun

3.6.2 Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6.3 Menganalisis peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

4.6.1 Menceritakan sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.2 Menceritakan sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.3 Menceritakan sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.4 Menceritakan sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.5 Menceritakan sikap utama sikap Bilal bin Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun

7.

1.7.1 Menghayati nilai-nilai jihad yang dilakukan oleh Rasulullah saw dan para sahabat dalam Fathu Mekkah

1.      Nilai-nilai Jihad

2.      Sikap Tangguh

3.      Sikap semangat dalam menegakkan kebenaran

2.7.1      Memiliki sikap tangguh sebagai implementasi dari pemahaman peristiwa Fathu Mekkah

2.7.2      Memiliki sikap semangat dalam menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman peristiwa Fathu Mekkah

3.7.1 Mengidentifikasi para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

3.7.2 Mengidentifikasi proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah

3.7.3 Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah

4.7.1 Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

4.7.2 Menyajikan peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

 


Post a Comment for "TUGAS AKHIR MODUL PROFESIONAL RENCANA PENGEMBANGAN MATERI SKI DALAM PROESES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KOMPETENSI KURIKULUM MADRASAH TAHUN 2013"