CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Disusun berdasarkan Permendikbud Nomor:
22 tahun 2016 tentang Standar Proses dan SK Dirjen PAIS No. 5164 Tahun 2018
Tentang Penyusunan RPP serta Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI/KD atau
Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang
KI/KD)
Satuan
Pendidikan |
: |
MAS ANNURIYYAH |
Mata
Pelajaran |
: |
Sejarah Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester |
: |
XI (Sebelas) Bahasa /Ganjil |
Materi
Pokok |
: |
Masa Keruntuhan Bani Umayyah I
Damaskus |
Alokasi
Waktu |
: |
6 x 45 menit (3 JP) |
A. Kompetensi
Inti
No |
Kompetensi Inti |
1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
2 |
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerja sama,
toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
3 |
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4 |
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
7. |
1.7 Menyadari bahwa sebuah kekuasaan
yang dimiliki oleh manusia pada saatnya akan berakhir |
1.7.1 Menyadari bahwa sebuah kekuasaan yang
dimiliki oleh manusia pada saatnya akan berakhir |
2.7 Membiasakan sikap hati-hati dan
kontrol diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang faktor-faktor
penyebab runtuhnya bani Umayyah
Damaskus |
2.7.1 Membiasakan sikap hati-hati
sebagai implementasi dari pemahaman tentang faktor-faktor penyebab runtuhnya bani Umayyah Damaskus 2.7.2 Membiasakan sikap control diri
sebagai implementasi dari pemahaman tentang faktor-faktor penyebab runtuhnya bani Umayyah Damaskus |
|
3.7
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab runtuhnya Bani Umayyah di Damaskus |
3.7.1
Mengidentifikasi karakteristik dan kebijakan kepemimpinan para khalifah di
fase ketiga Dinasti Umayyah di Damaskus 3.7.2 Mengidentifikasi
faktor internal penyebab keruntuhan Bani Umayyah di Damaskus 3.7.3 Mengidentifikasi
factor eksternal penyebab keruntuhan Bani Umayyah di Damaskus 3.7.4 Mengidentifikasi
factor pemicu munculnya pemberontakan 3.7.5
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Bani Umayyah di Damaskus 3.7.6
Merumuskan ibrah/hikmah keruntuhan
Bani Umayyah di Damaskus |
|
4. 7 Menceritakan
proses berakhirnya Dinasti Umayyah di Damaskus |
4.7.1 Menceritakan
proses berakhirnya Dinasti Umayyah di Damaskus |
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran melalui mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi peserta
didik dapat:
- Mengidentifikasi karakteristik dan kebijakan kepemimpinan
para khalifah di fase ketiga Dinasti Umayyah di Damaskus
- Mengidentifikasi factor internal penyebab keruntuhan
Bani Umayyah di Damaskus
- Mengidentifikasi faktor eksternal penyebab keruntuhan
Bani Umayyah di Damaskus
- Mengidentifikasi factor pemicu munculnya pemberontakan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Bani Umayyah
di Damaskus
- Merumuskan ibrah/hikmah
keruntuhan Bani Umayyah di Damaskus
- Menceritakan proses berakhirnya Dinasti Umayyah di
Damaskus
Karakter peserta didik yang diharapakan:
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki
karakter/sikap sikap hati-hati dan kontrol diri sebagai implementasi dari
pemahaman tentang faktor-faktor penyebab
runtuhnya bani Umayyah Damaskus.
D.
Materi Pembelajaran (Lampiran 1)
Pengetahuan |
Materi |
Faktual |
Dinasti
Umayyah berkuasa kurang lebih selama 90 tahun, akhirnya mengalami keruntuhan
tepatnya pada tahun 132 H atau 750 M. |
Konseptual |
Sebuah
kekuasaan pada akhirnya akan berakhir pula. Sebagaimana keruntuhan yang
dialami oleh Dinasti Umayyah di Damaskus disebabkan oleh berbagai faktor,
baik internal maupun eksternal. |
Prosedural |
Proses
Runtuhnya Dinasti Umayyah di Damaskus disebabkan oleh sikap tidak senang
masyarakat terhadap sikap para khalifah Bani Umayyah dan terjadinya
peperangan melawan keturunan Abbasiyyah. Runtuhnya Dinasti Umayyah di
Damaskus disebabkan oleh factor internal dan eksternal. |
Metakognitif |
Dengan
memahami materi pemebelajaran tentang keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus,
kita dapat mengambil Ibrah atau
nilai pembelajaran untuk kemudian diteladani dan diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Adapun ibrah yang
dapat diambil adalah lebih bersikap hati-hati dan mengintrol diri dalam
bertindak sebagai pemahaman dari materi runtuhnya Dinasti Umayyah di
Damaskus. |
E.
Pendekatan dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model :
Cooperative Laerning
3. Strategi :
Group
Investigation (GI) (Pertemuan
Pertama)
Information Search (Pertemuan kedua)
Four
stay – Four Stray
(FS-FS) (Pertemuan ketiga)
4. Metode :
Ceramah interaktif, diskusi dan tanya Jawab
F.
Media dan Alat Pembelajaran
1.
Media
:
1)
Media
Cetak berupa Teks tentang masa kemunduran Dinasti Umayyah I Damaskus (Lampiran
1)
2)
Media
Visual berupa
Ø
Power
point gambaran umum Keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus
Ø
Gambar
tentang ilustrasi tentang keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus
Ø
Media
audio visual : Video tentang Perang Zab sebagai salah satu factor penyebab keruntuhan
Dinasti Umayyah di Damaskus
2.
Alat
:
1) LCD dan Laptop
2)
Papan tulis/white
board dan spidol
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama |
3 menit |
2 |
Peserta
didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal
pelajaran. |
3 menit |
3 |
Peserta
didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yaitu
Pusat-pusat peradaban Bani Umayyah I dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu Biografi/Karakteristik dan kebijakan para
khalifah fase ketiga Dinasti Umayyah. |
6 menit |
4 |
Peserta
didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dipelajari. |
3
menit |
- Kegiatan Inti (60 menit)
No |
Sintak Model Pembelajaran |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Mengamati |
1.1 Peserta didik sebelumnya telah membaca
teks materi tentang Khalifah pada fase ketiga Bani Umayyah Damaskus 1.2 Peserta didik menyimak penjelasan guru
secara umum dengan menggunakan power
point 1.3 Peserta didik mengamati ilustrasi
gambar tentang keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus |
10
menit |
2 |
Menanya |
2.1 Peserta didik bertanya tentang materi
pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan mengamati 2.2 Peserta didik saling mengungkapkan
pendapat tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan
mengamati 2.3 Peserta didik saling bertanya dan
menjawab tentang peristiwa materi pembelajaran yang telah dilakukan pada
kegiatan mengamati |
10 menit |
3 |
Mengumpulkan Informasi |
Group
Investigation: 3.1 Guru membagi peserta didik dalam 6
kelompok 3.2 Guru memberikan pertanyaan/topic
kepada setiap kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk mencari informasi
tentang pertanyaan/topic yang diberikan 3.3 Secara berkelompok, peserta didik
menggali informasi dari berbagai refrensi terkait topic yang telah diberikan 3.4 Secara berkelompok peserta didik
menuliskan informasi yang telah diperoleh dari berbagai refrensi terkait
topic/pertanyaan pada LKPD |
15
menit |
4 |
Mengasosiasi |
4.1
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan materinya masing-masing berdasarkan
pada informasi yang telah diperoleh 4.2 Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan
hasil diskusi |
15
menit |
5 |
Mengkomunikasikan |
5.1 Setiap kelompok melakukan kegiatan investigasi kepada kelompok lain
untuk menggali informasi dengan topic yang berbeda dan menulisnya dalam LKPD 5.2 Kelompok lain menanggapi, mengajukan
pertanyaan terhadap hasil kerja temannya dan saling memberikan informasi |
10 menit |
c. Kegiatan
Penutup (15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Bersama
pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah
dilaksanakan. |
5 menit |
3 |
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu
Faktor penyebab keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus |
3 menit |
4 |
Peserta didik bersama pendidik mengakhiri
pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
5 |
Peserta didik merespon ucapan salam
penutup dari pendidik |
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama |
3 menit |
2 |
Peserta
didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal
pelajaran. |
3 menit |
3 |
Peserta
didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yaitu
karakteristik dan kebijakan para khalifah Bani Umayyah fase ketiga dan
mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu factor penyebab
keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus |
6 menit |
4 |
Peserta
didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dipelajari. |
3
menit |
- Kegiatan Inti (60 menit)
No |
Sintak Model Pembelajaran |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Mengamati |
1.1 Peserta didik sebelumnya telah membaca
teks materi tentang factor penyebab keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus 1.2 Peserta didik menyimak penjelasan guru
secara umum dengan menggunakan power
point 1.3 Peserta didik mengamati video tentang perang
Zab penyebab keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus |
10
menit |
2 |
Menanya |
2.1
Peserta
didik bertanya tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan
mengamati 2.2
Peserta
didik saling mengungkapkan pendapat tentang materi pembelajaran yang telah
dilakukan pada kegiatan mengamati 2.3
Peserta
didik saling bertanya dan menjawab tentang peristiwa materi pembelajaran yang
telah dilakukan pada kegiatan mengamati |
10 menit |
3 |
Mengumpulkan Informasi |
Information
Search 3.1 Guru membagi peserta didik dalam 6
kelompok 3.2 Guru memberikan topic kepada setiap
kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk mencari informasi tentang topic
yang diberikan 3.3 Secara berkelompok, peserta didik
menggali informasi dari berbagai refrensi terkait topic yang telah diberikan 3.4 Secara berkelompok peserta didik
menuliskan informasi yang telah diperoleh dari berbagai refrensi terkait
topiknya pada LKPD |
15
menit |
4 |
Mengasosiasi |
3.1
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan materinya masing-masing berdasarkan
pada informasi yang telah diperoleh 3.2
Secara
berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi berupa point-point
temuan dan menyajikannya dalam sebuah kartu 3.3
Setiap
kelompok mengidentifikasi topic diskusi termasuk dalam bagian factor internal
atau eksternal keruntuhan Bani Umayyah 3.4
Setelah
mengidentifikasi, setiap kelompok menempelkan topic diskusi dan temuannya di papan
karton yang telah disedikan. |
15
menit |
5 |
Mengkomunikasikan |
5.1 Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya 5.2 Kelompok lain menanggapi dan
mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya |
10
menit |
c. Kegiatan
Penutup (15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Bersama
pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah
dilaksanakan. |
5 menit |
3 |
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu factor
pemicu pemberontakan, kelebihan dan kekurangan Dinasti Umayyah di Damaskus |
3 menit |
4 |
Peserta didik bersama pendidik
mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
5 |
Peserta didik merespon ucapan salam
penutup dari pendidik |
Pertemuan Ketiga
d. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama |
3 menit |
2 |
Peserta
didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal
pelajaran. |
3 menit |
3 |
Peserta
didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yaitu
factor penyebab keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus dan mengaitkannya
dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu factor pemicu pemberontakan,
kelebihan dan kekurangan Dinasti Umayyah di Damaskus |
6 menit |
4 |
Peserta
didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dipelajari. |
3
menit |
- Kegiatan Inti (60 menit)
No |
Sintak Model Pembelajaran |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Mengamati |
1.1
Peserta
didik sebelumnya telah membaca teks materi tentang factor pemicu
pemberontakan, kelebihan dan kekurangan Dinasti Umayyah di Damaskus 1.2
Peserta
didik menyimak penjelasan guru secara umum dengan menggunakan power point 1.3
Peserta
didik mengamati video tentang Dinasti Umayyah di Damaskus |
10
menit |
2 |
Menanya |
2.1
Peserta
didik bertanya tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan pada kegiatan
mengamati 2.2
Peserta
didik saling mengungkapkan pendapat tentang materi pembelajaran yang telah
dilakukan pada kegiatan mengamati 2.3
Peserta
didik saling bertanya dan menjawab tentang peristiwa materi pembelajaran yang
telah dilakukan pada kegiatan mengamati |
10 menit |
3 |
Mengumpulkan Informasi |
3.1 Guru membagi peserta didik dalam 5
kelompok 3.2 Guru memberikan pertanyaan/topic
kepada setiap kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk mencari informasi
tentang topic yang diberikan 3.3 Secara berkelompok, peserta didik
menggali informasi dari berbagai refrensi terkait topic yang telah diberikan 3.4 Secara berkelompok peserta didik
menuliskan informasi yang telah diperoleh dari berbagai refrensi terkait
topiknya |
15
menit |
4 |
Mengasosiasi |
Four
stay – Four Stray (FS-FS): 4.1 Secara berkelompok, peserta didik
mendiskusikan materinya masing-masing berdasarkan pada informasi yang telah
diperoleh 4.2
Kemudian
empat dari delapan anggota dari masing-masing kelompok
meninggalkan kelompoknya dan bertamu ke kelompok yang lain secara terpisah,
sementara empat
anggota yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan
informasi mereka ke tamu mereka 4.3
Setelah
memperoleh informasi dari tiga
anggota yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing
dan melaporkan temuan dari kelompok lain serta mencocokkan hasil kerja mereka
untuk dipresentasikan di depan kelompok lain 4.4
Secara
berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi |
15
menit |
5 |
Mengkomunikasikan |
5.1 Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya 5.2 Kelompok lain menanggapi dan
mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya |
10
menit |
c. Kegiatan
Penutup (15 menit)
No |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Bersama
pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah
dilaksanakan. |
5 menit |
3 |
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu
kegiatan evaluasi keruntuhan Dinasti Umayyah di Damaskus |
3 menit |
4 |
Peserta didik bersama pendidik
mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
5 |
Peserta didik merespon ucapan salam
penutup dari pendidik |
- Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI, 2015, Halaman 40
2. Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA,
Kemenag RI, 2015, Halaman 38 - 42
3.
Buku
Pendekatan Saintifik dan Autentik SKI untuk MA berdasar KMA 165 tahun 2014,
Saiful Huda dkk, Ladunni Press, halaman 53-57.
4.
LKS
SKI untuk MA kelas XI Semester 1, M. Fathul Rahman, PT. Pratama Mitra Aksara,
halaman 67-80
5.
Internet
- Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Penilaian
Aspek Afektif/Sikap (Rubrik Penilaian terlampir;Lampiran 2 dan 3)
a.
Teknik
Penilaian : Non-tes
b.
Bentuk Instrumen :
1)
Pedoman
penilaian diri Sikap Spiritual (Lampiran 2)
2)
Pedoman
penilaian diri sikap sosial (Lampiran 3)
2. Penilaian
Aspek kognitif/Pengetahuan
(Rubrik Penilaian terlampir: 4)
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Soal Pilihan Ganda
(Lampiran 4)
3. Penilaian
Aspek psikomotorik/keterampilan (Rubrik Penilaian terlampir: 5)
a.
Teknik
penilaian : Tes Lisan
b.
Bentuk
Instrumen : Pedoman Observasi (Lampiran 5)
J. Rencana
Tindak Lanjut Hasil Penilaian
a.
Remedial (Terlampir
; Lampiran 6)
v
Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v
Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
·
Peserta didik yang belum menguasai
materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi”. Guru akan melakukan penilaian
kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada
waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan (Terlampir
; Lampiran 7)
v
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v
Direncanakan
berdasarkan materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
misalnya
·
Peserta didik yang sudah menguasai
materi mengerjakan soal pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru
berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan.
Catatan Guru
1.
Masalah :……………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………
2.
Ide
Baru :……………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………
3.
Momen
Spesial :……………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………
Malang, Oktober 2019
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
Post a Comment for "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"