Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH LAPORAN AKTIVITAS AKADEMIK DALAM KBM TUGAS PPG DALJAB TAHUN 2019

 

LAPORAN AKTIVITAS AKADEMIK DALAM KBM


 

No

Hari/

Tanggal

AKTIVITAS AKADEMIK DALAM KBM

Perncanaan dan pelaksanaan

Kendala dan Solusi

Evaluasi

Paraf Guru Pamong

1.

Selasa,

29 Oktober 2019

·       Pada kegiatan perencanaan, rencana awal yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran adalah membagi siswa dalam 4 kelompok. Ini disesuaikan dengan jumlah topic materi yang tersedia di Buku.

·      Kendala yang dihadapi dalam kegiatan perencanaan tersebut, kelompok diskusi terlalu besar. Ini mengingat jumlah siswa kelas XI. Bahasa sejumlah 40 anak. Jika hanya dibagi dalam 4 kelompok saja, maka terlalu gemuk dan diskusi akan berjalan kurang efektif.

·      Solusi yang dilakukan adalah menambah topic menjadi beberapa bagian. Karena materi yang akan dibahas adalah masa kemunduran Dinasti Umayyah, maka sub topic diambil dari para khalifah Bani Umayyah yang termasuk dalam fase ketiga/fase runtuh, yaitu mulai dari khalifah ke 9 sampai ke 14. Dengan demikian, sub topiknya sejumlah 6 topik yang nantinya akan didiskusikan secara berkelompok.

Kegiatan perencanaan merupakan suatu desain perencanaan yang harus diperhitungkan secara matang oleh seorang guru selaku perencana. Termasuk di dalamnya aktivitas belajar yang akan dilakukan oleh siswa, salah satunya kegitan diskusi. Dalam kegiatan diskusi, seorang guru perlu memperhatikan jumlah siswa dan jumlah materi yang akan didiskusikan sehingga proses pembelajaran melalui kegiatan diskusi dapat berjalan secara efektif dan efesien. Dengan demikian, tujuan pembelajaran akan berjalan secara optimal.

 

 

 

Pada kegiatan pelaksanaan kendala yang dihadapi:

·      Guru mengalami kendala ketika menyiapkan peserta didik baik secara mental dan fisik ketika mau memulai proses pembelajaran.

·      LCD Proyektor tidak dapat digunakan karena terkendala dengan jaringan wifi.

·      Pada kegiatan pembagian kelompok untuk diskusi, sedikit kurang efesien dari segi waktu karena siswa masih bingung mencari teman sekelompok dan posisi kelompoknya.

·      Awalanya, solusi yang akan dilakukan adalah mengajak siswa bermain tes konsentrasi. Namun, terkendala dengan jaringan wifi sehingga LCD Proyektor tidak dapat digunakan/dikoneksikan.

·      Untuk mengatasi masalah ini, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari secara lisan.

·      Guru segera mengarahkan siswa untuk segera berkumpul dengan kelompoknya.

 

 

·   Dalam menyiapkan kesiapan siswa khususnya siswa kelas XI Bahasa dapat dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan yang variatif.

·   Untuk mengatasi kendala yang kedua, terkait dengan LCD proyektor seharusnya guru itu harus menyiapkan alternative media pembelajaran yang lain. Semisal, guru dapat menuliskan tujuan dan materi yang akan dipelajari dengan menuliskannya di papan. Disamping itu, guru dapat memanfaatkan Buku/LKS yang sudah dipegang oleh setiap siswa pada kegiatan mengamati gambar. Karena, di dalam buku/LKS tersebut juga telah tersedia gambar. Atau dapat juga guru menyediakan gambar dalam bentuk ukuran besar dan kemudian di tempel di papan.

·   Dalam pembagian kelompok diskusi, guru dapat menggunakan kertas berwana sesuai dengan jumlah kelompok. Sehingga, siswa dapat secara mudah menditeksi kelompoknya berdasarkan kertas berwarna yang dipegang. Solusi ini diberikan agar waktu lebih efesien.

 

2.

Selasa,

5 Novemver 2019

·      Pada kegiatan perencanaan, awalnya guru akan menggunakan strategi FS-FS (four stray-four sta)y. Ini diasumsikan sesuai dengan jumlah keseluruhan peserta didik dalam satu kelas.

·       Stretagi yang telah direncakan diawal kemudian, direncanakan ulang dengan menggunakan strategi yang berbeda, yairu strategi information search. Pertimbangannya dengan menggunakan strategi information search peserta didik dapat secara aktif dan terbuka dalam mengakses informasi dari berbagai sumber. Dan startegi ini lebih fleksibel dalam pembagian jumlah anggota kelompok. Strategi FS-FS yang direncanakan di awal dikhawatirkan kurang dapat berjalan optimal karena strategi ini sangat bergantung pada keseimbangan jumlah siswa. Selain itu, sintak strategi ini hamper sama dengan strategi GI yang sebelumnya telah dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.

·       Dalam menyusun kegiatan perencanaan terutama dalam memilih model dan strategi belajar banyak hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya jumlah siswa dengan topic yang akan dibahas. Selain itu, metode dan startegi yang dipilih haruslah variatif agar proses pembelajaran dapat berjalan optimal dan menyenangkan.

 

 

 

Pada kegiatan pelaksanaan kendala yang dihadapi:

·      Sebagaimana kendala di pertemuan pertama, pada pertemuan kedua juga mengalami kendala dengan LCD proyektor. Karena memang di kelas tersebut koneksi wifinya terdapat gangguan.

·      Keterlambatan memulai kegiatan pembelajaran berkaiatan dengan permasalahan di awal.

·      solusi yang dilakukan pada saat itu adalah berpindah ruangan atas saran guru pamong. Ruangan yang dipakai adalah ruang kelas XII, dimana pada saat itu peserta didik kelas XII ada kegiatan di luar kelas sehingga ruangan kosong dan bisa dipakai.

·      Mengoptimalkan waktu yang tersedia sebaik mungkin.

 

 

·      Berkaiatan dengan masalah yang terjadi di kelas, baik masalah LCD proyektor dan keterlambatan waktu memulai pembelajaran, merupakan suatu permasalahan yang tidak direncanakan.

 

 

 

Malang,      November 2019

Mengetahui,

Dosen Pembimbing Lapangan,                                                                       Ketua Kelompok,

                                                                                                                                                         

 

 

Dr. Hj. SULALAH, M. Ag                                                                                 ILHAM MUTTAQIN

NIP. 196511121994032002




                                                                                                           

Post a Comment for "CONTOH LAPORAN AKTIVITAS AKADEMIK DALAM KBM TUGAS PPG DALJAB TAHUN 2019"