KUNCI DAN PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MAPEL SKI KELAS XI (SEBELAS) TINGKA MA T.P 2020/2021
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT MA KELAS XI (SEBELAS)
1.
Adapun faktor-faktor penyebab kemunduran umat
Islam antara lain sebagai berikut:
ü Perpecahan
umat Islam
ü Penyimpangan-penyimpangan
ajaran Islam
ü Kurangnya
kesadaran umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan
ü Lunturnya
nilai-nilai Islami dalam diri umat Islam
ü Kerusakan
budi pekerti
2.
Beberapa sebab Kerajaan Turki Usmani mengalami
kemunduran antara lain sebagai berikut:
ü Wilayah
kekuasaan yang sangat luas
ü Heterogenitas
penduduk
ü Kelemahan
para penguasa
ü Pemberontakan
tentara Jenissari
ü Terjadinya
stagnasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
3.
Tujuan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam
antara lain sebagai berikut:
ü Gold
(mencari kekayaan)
ü Glory
(mencari kejayaan)
ü Gospel
(menyebarkan agama Kristen)
4.
Dua bentuk kegiatan perjuangan kemerdekaan
negara-negara Islam dari penjajahan, yaitu:
ü Gerakan
politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata
ü Pendidikan
serta propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat dalam menyambut dan
mengisi kemerdekaan
5.
Pembaruan dalam Islam adalah upaya-upaya untuk
menyesuaikan paham keagamaan Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan
oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern
6.
Latar belakang munculnya pembaruan dalam Islam
antara lain sebagai berikut:
ü Paham
tauhid yang dianut kaum muslimin telah bercampur dengan kebiasaan-kebiasaan
yang dipengaruhi oleh tarekat-tarekat, pemujaan terhadap orang-orang yang suci,
dan hal lain yang membawa kepada kekufuran
ü Sifat
jumud (stagnan) membuat umat Islam berhenti berpikir dan berusaha, umat Islam
maju di zaman klasik karena mereka mementingkan ilmu pengetahuan
ü Umat
Islam sudah terpecah belah
ü Hasil
dari kontak yang terjadi antara dunia Islam dengan Barat. Dengan adanya kontak
ini, umat Islam sadar bahwa mereka mengalami kemunduran dibandingkan dengan
Barat
7.
Pembaruan dalam Islam berbeda dengan renaisans
Barat. Jika renaisans Barat muncul dengan menyingkirkan agama, maka pembaruan
Islam adalah sebaliknya, yaitu untuk memperkuat prinsip dan ajaran-ajaran Islam
kepada pemeluknya. Memperbarui dan menghidupkan kembali prinsip-prinsip Islam
yang dilalaikan umatnya. Karena itu, pembaruan dalam Islam bukan hanya mengajak
maju ke depan untuk melawan segala kebodohan dan kemelaratan tetapi juga untuk
kemajuan ajaran Islam itu sendiri
8.
Tokoh pembaru Islam yang berpengaruh terhadap
kebangkitan Islam di beberapa negara:
a.
Arab Saudi
ü Muhammad
bin Abdul Wahab
ü Jamaluddin
al-Afghani
ü Muhammad
Abduh
ü Rasyid
Ridlo
b.
Mesir
ü Hasan
al-Banna
ü Sayyid
Qutub
ü Yusuf
Qardawi
ü Sai Hawwa
ü Muhammad
al-Ghazali. Mustafa Mansur dan Abdullah Azzam
c.
Turki
ü Tevfik
Fikret
ü Mehmed
Akif
ü Ziya
Gokalp
ü Mustafa
Kemal Ataturk
d.
Paskistan
ü Syah
Waliyullah
ü Sir
Sayyid Ahmad Jhan
ü Sayyid
Amir Ali
ü Muhammad
Iqbal
ü Muhammad
Ali Jinnah
9.
Muhammad Abduh lahir di pedusunan delta Sungai
Nil, Mesir tahun 1849. Keluarganya terkenal berpegang teguh kepada ilmu dan
agama. Pada usia 12 tahun Abduh telah hafal al-Qur’an. Pada usia 13 tahun ia dibawa ke Tanta untuk
belajar di masjid al Hamidi. Pada usia 16 tahun beliau menikah dan bekerja
sebagai petani. Tahun 1866 Muhammad Abduh meninggalkan istri dan keluarganya
untuk belajar di al Azhar Kairo. Beliau meninggal pada tanggal 11 Juli 1905.
10. Dalam
rangka upaya membangkitkan semangat umat Islam serta pengembalian keutuhan umat
Islam, al Afghani menganjurkan pembentukan suatu ikatan politik yang
mempersatukan seluruh umat Islam berupa gerakan Pan-Islamisme. Pan-Islamisme
mengehendaki persatuan umat Islam sebagai kekuatan bersama untuk membebaskan
diri dari penjajahan dan membangun kekuatan bersama
11. Muhammad
rasyid Ridlo sangat antusias memandang kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan
peradaban Barat yang modern. Oleh Rasyid Ridlo ilmu-ilmu pengetahuan umum
dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan milik umat Islam. untuk mencapai
tujuannya dibentuklah lembaga pendidikan ad-Dakwah wal-Irsyad pada tahun 1912
Masehi di Kairo Mesir
12. Bidang-bidang
pembaruan yang dilakukan oleh Muhammad Ali Pasha:
ü Bidang
militer
ü Bidang
ekonomi dan sosial
ü Bidang
pendidikan
13. Dinamisme
Islam menurut Muhammad Iqbal adalaj dorongannya terhadap umat Islam supaya
bergerak dan jangan tinggal diam. Inti sari hidup adalah gerak, sedang hokum
hidup adalah menciptakan, maka Iqbal menyeru kepada umat Islam agar
bangun/bangkit dan menciptakan dunia baru. Dinamisme dapat didefiniskan sebagai
suatu aktivitas yang didasarkan pada kesadaran untuk selalu berubah secara
positif untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, dinamisme sebagai
tuntutan untuk memberdayakan umat agar tidak mengalami kemunduran yang akan
berdampak pada kesengsaraan hidup.
14. Adapun nilai-nilai
positif dari gerakan pembaruan dalam dunia Islam antara lain sebagai berikut:
ü Nilai
persatuan, mempunyai nilai dasar untuk menjalin persatuan dan kesatuan umat
Islam yang selama ini terpecah karena perbedaan paham dan aliran
ü Nilai
solidaritas, mengandung nilai ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan berdasarkan
rasa senasib seperjuangan untuk membela Islam dalam suka dan duka
ü Nilai
pembaruan, nilai-nilai tajdid yang meliputi aspek agama yang bebas dari
takhayul, bid’ah , khurafat, aspek ekonomi dan aspek politik
ü Nilai
jihad, mengandung nilai perjuangan karena ingin menemukankembali ajaran Islam
yang penuh dengan dinamika perjuangan
ü Nilai
kemerdekaan, mengandung nilai kemerdekaan
terutama kemerdekaan berpikir
15. Ibrah
atau himkah yang dapat dipetik dari munculnya gerakan pembaruan dalam Islam,
antara lain sebagai berikut:
ü Pembaruan
akan memberi manfaat berupa inspirasi untuk mengadakan perubahan-perubahan
sehingga suatu pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien
ü Pembaruan
mempunyai pengaruh besar pada setiap pemerintahan
ü Melalui
sejarah, kita dapat mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan
kegagalan di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang, dan sebagainya
(sesuai kebijakan guru).
Post a Comment for "KUNCI DAN PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MAPEL SKI KELAS XI (SEBELAS) TINGKA MA T.P 2020/2021"