Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUNCI DAN PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MAPEL SKI KELAS XI (SEBELAS) TINGKA MA T.P 2020/2021

 

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT MA KELAS XI (SEBELAS)


 

1.      Adapun faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam antara lain sebagai berikut:

ü  Perpecahan umat Islam

ü  Penyimpangan-penyimpangan ajaran Islam

ü  Kurangnya kesadaran umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan

ü  Lunturnya nilai-nilai Islami dalam diri umat Islam

ü  Kerusakan budi pekerti

2.      Beberapa sebab Kerajaan Turki Usmani mengalami kemunduran antara lain sebagai berikut:

ü  Wilayah kekuasaan yang sangat luas

ü  Heterogenitas penduduk

ü  Kelemahan para penguasa

ü  Pemberontakan tentara Jenissari

ü  Terjadinya stagnasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi

3.      Tujuan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam antara lain sebagai berikut:

ü  Gold (mencari kekayaan)

ü  Glory (mencari kejayaan)

ü  Gospel (menyebarkan agama Kristen)

4.      Dua bentuk kegiatan perjuangan kemerdekaan negara-negara Islam dari penjajahan, yaitu:

ü  Gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata

ü  Pendidikan serta propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat dalam menyambut dan mengisi kemerdekaan

5.      Pembaruan dalam Islam adalah upaya-upaya untuk menyesuaikan paham keagamaan Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern

6.      Latar belakang munculnya pembaruan dalam Islam antara lain sebagai berikut:

ü  Paham tauhid yang dianut kaum muslimin telah bercampur dengan kebiasaan-kebiasaan yang dipengaruhi oleh tarekat-tarekat, pemujaan terhadap orang-orang yang suci, dan hal lain yang membawa kepada kekufuran

ü  Sifat jumud (stagnan) membuat umat Islam berhenti berpikir dan berusaha, umat Islam maju di zaman klasik karena mereka mementingkan ilmu pengetahuan

ü  Umat Islam sudah terpecah belah

ü  Hasil dari kontak yang terjadi antara dunia Islam dengan Barat. Dengan adanya kontak ini, umat Islam sadar bahwa mereka mengalami kemunduran dibandingkan dengan Barat

7.      Pembaruan dalam Islam berbeda dengan renaisans Barat. Jika renaisans Barat muncul dengan menyingkirkan agama, maka pembaruan Islam adalah sebaliknya, yaitu untuk memperkuat prinsip dan ajaran-ajaran Islam kepada pemeluknya. Memperbarui dan menghidupkan kembali prinsip-prinsip Islam yang dilalaikan umatnya. Karena itu, pembaruan dalam Islam bukan hanya mengajak maju ke depan untuk melawan segala kebodohan dan kemelaratan tetapi juga untuk kemajuan ajaran Islam itu sendiri

8.      Tokoh pembaru Islam yang berpengaruh terhadap kebangkitan Islam di beberapa negara:

a.       Arab Saudi

ü  Muhammad bin Abdul Wahab

ü  Jamaluddin al-Afghani

ü  Muhammad Abduh

ü  Rasyid Ridlo

b.      Mesir

ü  Hasan al-Banna

ü  Sayyid Qutub

ü  Yusuf Qardawi

ü  Sai Hawwa

ü  Muhammad al-Ghazali. Mustafa Mansur dan Abdullah Azzam

c.       Turki

ü  Tevfik Fikret

ü  Mehmed Akif

ü  Ziya Gokalp

ü  Mustafa Kemal Ataturk

d.      Paskistan

ü  Syah Waliyullah

ü  Sir Sayyid Ahmad Jhan

ü  Sayyid Amir Ali

ü  Muhammad Iqbal

ü  Muhammad Ali Jinnah

9.      Muhammad Abduh lahir di pedusunan delta Sungai Nil, Mesir tahun 1849. Keluarganya terkenal berpegang teguh kepada ilmu dan agama. Pada usia 12 tahun Abduh telah hafal al-Qur’an.  Pada usia 13 tahun ia dibawa ke Tanta untuk belajar di masjid al Hamidi. Pada usia 16 tahun beliau menikah dan bekerja sebagai petani. Tahun 1866 Muhammad Abduh meninggalkan istri dan keluarganya untuk belajar di al Azhar Kairo. Beliau meninggal pada tanggal 11 Juli 1905.

10.  Dalam rangka upaya membangkitkan semangat umat Islam serta pengembalian keutuhan umat Islam, al Afghani menganjurkan pembentukan suatu ikatan politik yang mempersatukan seluruh umat Islam berupa gerakan Pan-Islamisme. Pan-Islamisme mengehendaki persatuan umat Islam sebagai kekuatan bersama untuk membebaskan diri dari penjajahan dan membangun kekuatan bersama

11.  Muhammad rasyid Ridlo sangat antusias memandang kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan peradaban Barat yang modern. Oleh Rasyid Ridlo ilmu-ilmu pengetahuan umum dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan milik umat Islam. untuk mencapai tujuannya dibentuklah lembaga pendidikan ad-Dakwah wal-Irsyad pada tahun 1912 Masehi di Kairo Mesir

12.  Bidang-bidang pembaruan yang dilakukan oleh Muhammad Ali Pasha:

ü  Bidang militer

ü  Bidang ekonomi dan sosial

ü  Bidang pendidikan

13.  Dinamisme Islam menurut Muhammad Iqbal adalaj dorongannya terhadap umat Islam supaya bergerak dan jangan tinggal diam. Inti sari hidup adalah gerak, sedang hokum hidup adalah menciptakan, maka Iqbal menyeru kepada umat Islam agar bangun/bangkit dan menciptakan dunia baru. Dinamisme dapat didefiniskan sebagai suatu aktivitas yang didasarkan pada kesadaran untuk selalu berubah secara positif untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, dinamisme sebagai tuntutan untuk memberdayakan umat agar tidak mengalami kemunduran yang akan berdampak pada kesengsaraan hidup.

14.  Adapun nilai-nilai positif dari gerakan pembaruan dalam dunia Islam antara lain sebagai berikut:

ü  Nilai persatuan, mempunyai nilai dasar untuk menjalin persatuan dan kesatuan umat Islam yang selama ini terpecah karena perbedaan paham dan aliran

ü  Nilai solidaritas, mengandung nilai ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan berdasarkan rasa senasib seperjuangan untuk membela Islam dalam suka dan duka

ü  Nilai pembaruan, nilai-nilai tajdid yang meliputi aspek agama yang bebas dari takhayul, bid’ah , khurafat, aspek ekonomi dan aspek politik

ü  Nilai jihad, mengandung nilai perjuangan karena ingin menemukankembali ajaran Islam yang penuh dengan dinamika perjuangan

ü  Nilai kemerdekaan, mengandung  nilai kemerdekaan terutama kemerdekaan berpikir

15.  Ibrah atau himkah yang dapat dipetik dari munculnya gerakan pembaruan dalam Islam, antara lain sebagai berikut:

ü  Pembaruan akan memberi manfaat berupa inspirasi untuk mengadakan perubahan-perubahan sehingga suatu pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien

ü  Pembaruan mempunyai pengaruh besar pada setiap pemerintahan

ü  Melalui sejarah, kita dapat mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan kegagalan di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang, dan sebagainya (sesuai kebijakan guru).

Adapun faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam antara lain sebagai berikut:  ü  Perpecahan umat Islam  ü  Penyimpangan-penyimpangan ajaran Islam  ü  Kurangnya kesadaran umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan  ü  Lunturnya nilai-nilai Islami dalam diri umat Islam  ü  Kerusakan budi pekerti  2.      Beberapa sebab Kerajaan Turki Usmani mengalami kemunduran antara lain sebagai berikut:  ü  Wilayah kekuasaan yang sangat luas  ü  Heterogenitas penduduk  ü  Kelemahan para penguasa  ü  Pemberontakan tentara Jenissari  ü  Terjadinya stagnasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi  3.      Tujuan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam antara lain sebagai berikut:  ü  Gold (mencari kekayaan)  ü  Glory (mencari kejayaan)  ü  Gospel (menyebarkan agama Kristen)  4.      Dua bentuk kegiatan perjuangan kemerdekaan negara-negara Islam dari penjajahan, yaitu:  ü  Gerakan politik, baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata  ü  Pendidikan serta propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat dalam menyambut dan mengisi kemerdekaan  5.      Pembaruan dalam Islam adalah upaya-upaya untuk menyesuaikan paham keagamaan Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern  6.      Latar belakang munculnya pembaruan dalam Islam antara lain sebagai berikut:  ü  Paham tauhid yang dianut kaum muslimin telah bercampur dengan kebiasaan-kebiasaan yang dipengaruhi oleh tarekat-tarekat, pemujaan terhadap orang-orang yang suci, dan hal lain yang membawa kepada kekufuran  ü  Sifat jumud (stagnan) membuat umat Islam berhenti berpikir dan berusaha, umat Islam maju di zaman klasik karena mereka mementingkan ilmu pengetahuan  ü  Umat Islam sudah terpecah belah  ü  Hasil dari kontak yang terjadi antara dunia Islam dengan Barat. Dengan adanya kontak ini, umat Islam sadar bahwa mereka mengalami kemunduran dibandingkan dengan Barat  7.      Pembaruan dalam Islam berbeda dengan renaisans Barat. Jika renaisans Barat muncul dengan menyingkirkan agama, maka pembaruan Islam adalah sebaliknya, yaitu untuk memperkuat prinsip dan ajaran-ajaran Islam kepada pemeluknya. Memperbarui dan menghidupkan kembali prinsip-prinsip Islam yang dilalaikan umatnya. Karena itu, pembaruan dalam Islam bukan hanya mengajak maju ke depan untuk melawan segala kebodohan dan kemelaratan tetapi juga untuk kemajuan ajaran Islam itu sendiri  8.      Tokoh pembaru Islam yang berpengaruh terhadap kebangkitan Islam di beberapa negara:  a.       Arab Saudi  ü  Muhammad bin Abdul Wahab  ü  Jamaluddin al-Afghani  ü  Muhammad Abduh  ü  Rasyid Ridlo  b.      Mesir  ü  Hasan al-Banna  ü  Sayyid Qutub  ü  Yusuf Qardawi  ü  Sai Hawwa  ü  Muhammad al-Ghazali. Mustafa Mansur dan Abdullah Azzam  c.       Turki  ü  Tevfik Fikret  ü  Mehmed Akif  ü  Ziya Gokalp  ü  Mustafa Kemal Ataturk  d.      Paskistan  ü  Syah Waliyullah  ü  Sir Sayyid Ahmad Jhan  ü  Sayyid Amir Ali  ü  Muhammad Iqbal  ü  Muhammad Ali Jinnah  9.      Muhammad Abduh lahir di pedusunan delta Sungai Nil, Mesir tahun 1849. Keluarganya terkenal berpegang teguh kepada ilmu dan agama. Pada usia 12 tahun Abduh telah hafal al-Qur’an.  Pada usia 13 tahun ia dibawa ke Tanta untuk belajar di masjid al Hamidi. Pada usia 16 tahun beliau menikah dan bekerja sebagai petani. Tahun 1866 Muhammad Abduh meninggalkan istri dan keluarganya untuk belajar di al Azhar Kairo. Beliau meninggal pada tanggal 11 Juli 1905.  10.  Dalam rangka upaya membangkitkan semangat umat Islam serta pengembalian keutuhan umat Islam, al Afghani menganjurkan pembentukan suatu ikatan politik yang mempersatukan seluruh umat Islam berupa gerakan Pan-Islamisme. Pan-Islamisme mengehendaki persatuan umat Islam sebagai kekuatan bersama untuk membebaskan diri dari penjajahan dan membangun kekuatan bersama  11.  Muhammad rasyid Ridlo sangat antusias memandang kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan peradaban Barat yang modern. Oleh Rasyid Ridlo ilmu-ilmu pengetahuan umum dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan milik umat Islam. untuk mencapai tujuannya dibentuklah lembaga pendidikan ad-Dakwah wal-Irsyad pada tahun 1912 Masehi di Kairo Mesir  12.  Bidang-bidang pembaruan yang dilakukan oleh Muhammad Ali Pasha:  ü  Bidang militer  ü  Bidang ekonomi dan sosial  ü  Bidang pendidikan  13.  Dinamisme Islam menurut Muhammad Iqbal adalaj dorongannya terhadap umat Islam supaya bergerak dan jangan tinggal diam. Inti sari hidup adalah gerak, sedang hokum hidup adalah menciptakan, maka Iqbal menyeru kepada umat Islam agar bangun/bangkit dan menciptakan dunia baru. Dinamisme dapat didefiniskan sebagai suatu aktivitas yang didasarkan pada kesadaran untuk selalu berubah secara positif untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, dinamisme sebagai tuntutan untuk memberdayakan umat agar tidak mengalami kemunduran yang akan berdampak pada kesengsaraan hidup.  14.  Adapun nilai-nilai positif dari gerakan pembaruan dalam dunia Islam antara lain sebagai berikut:  ü  Nilai persatuan, mempunyai nilai dasar untuk menjalin persatuan dan kesatuan umat Islam yang selama ini terpecah karena perbedaan paham dan aliran  ü  Nilai solidaritas, mengandung nilai ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan berdasarkan rasa senasib seperjuangan untuk membela Islam dalam suka dan duka  ü  Nilai pembaruan, nilai-nilai tajdid yang meliputi aspek agama yang bebas dari takhayul, bid’ah , khurafat, aspek ekonomi dan aspek politik  ü  Nilai jihad, mengandung nilai perjuangan karena ingin menemukankembali ajaran Islam yang penuh dengan dinamika perjuangan  ü  Nilai kemerdekaan, mengandung  nilai kemerdekaan terutama kemerdekaan berpikir  15.  Ibrah atau himkah yang dapat dipetik dari munculnya gerakan pembaruan dalam Islam, antara lain sebagai berikut:  ü  Pembaruan akan memberi manfaat berupa inspirasi untuk mengadakan perubahan-perubahan sehingga suatu pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien  ü  Pembaruan mempunyai pengaruh besar pada setiap pemerintahan  ü  Melalui sejarah, kita dapat mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan kegagalan di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang, dan sebagainya (sesuai kebijakan guru).
bagian ini berisi kunci jawaban dan pembahasan tentang soal-soal penilaian tengah semester genap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI yang telah dipublish pada bagian sebelumnya. Semoga bermanfaat


Post a Comment for "KUNCI DAN PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MAPEL SKI KELAS XI (SEBELAS) TINGKA MA T.P 2020/2021"