Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI (SEBELAS)

 KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BIDANG STUDI SKI KELAS XI

DOWNLOAD JUGA:

NO

KD

IPK

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

1.

3.1 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

3.1.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

3.1.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Abbasiyyah

Daulah Abbasiyyah

1.  Siswa dapat menyebutkan nama pendiri Daulah Abbasiyyah

2.  Siswa dapat menganalisa faktor eksternal penyebab lahirnya Daulah Abbasiyyah

3.  Siswa dapat menyebutkan tokoh pergerakan di Kuffah

4.  Siswa dapat menyebutkan ibu kota pertama Daulah Abbasiyyah

5.  Siswa dapat menyebutkan propogandis kekhalifahan Daulah Abbasiyyah

6.  Siswa dapat mengidentifikasi fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

7.  Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang menyandang gelar Khalifatullah

2.

3.2 Mengevaluasi perkembangan  peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

3.2.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

3.2.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah

3.2.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Abbasiyyah

Daulah Abbasiyyah

1.  Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang menjadi pelopor kebijakan bagi kemajuan ilmu pengetahuan

2.  Siswa dapat menganalisa faktor pendukung kemajuan Daulah Abbasiyyah

3.  Siswa dapat mengidentifikasi ilmuwan yang ahli dalam bidang Tafsir

4.  Siswa dapat menyebutkan salah satu al-Musnad terkenal masa Abbasiyyah

5.  Siswa dapat menyebutkan karya ilmuwan pada masa Daulah Abbasiyyah

6.  Siswa dapat menyebutkan salah satu sastrawan dan budayawan terkenal pada masa Abbasiyyah

7.  Siswa dapat menjelaskan tujuan Al-Mansur dalam membangun kota Bagdad sebagi pusat peradaban

8.  Siswa dapat mengidentifikasi pusat ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyyah

9.  Siswa dapat mengidentifikasi aliran madzhab yang berkembang pada masa Daulah Abbasiyyah

10.         Siswa dapat menyebutkan ilmuwan yang menulis kitab Sirah an-Nabawiyyah

11.         Siswa dapat mengidentifikasi kota-kota yang menopang kemajuan Daulah Abbasiyyah

12.         Siswa dapat mengenalisa faktor pemicu keruntuhan Daulah Abbasiyyah

13.         Siswa dapat menyebutkan khalifah terakhir Daulah Abbasiyyah

3.

3.3 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani

3.3.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Usmani

3.3.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

Daulah Usmani

1.  Siswa dapat menyebutkan suku pendiri Daulah Usmani

2.  Siswa dapat menyebutkan ibu kota pertama Daulah Usmani

3.  Siswa dapat menyebutkan tentara khusus yang dibentuk pada masa pemerintahan Orkhan

4.  Siswa dapat menjelaskan arti kata “Yaldrum” sebagai julukan Sultan Bayazid I

5.  Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang berhasil mencapai puncak kejayaan Daulah Usmani

4.

3.4 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

3.4.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

3.4.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

3.4.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Usmani

Daulah Usmani

1.  Siswa dapat menyebutkan khalifah yang berhasil menaklukkan kota Konstatinopel

2.  Siswa dapat menjelaskan pengaruh bangsa Bizantium pada bidang ilmu pengetahuan dan budaya kerajaan Turki Usmani

3.  Siswa dapat menganalisa faktor penyebab kajian ilmu keagamaan masa Daulah Usmani kurang berkembang

4.  Siswa dapat menganalisa faktor penyebab kemunduran Daulah Usmani

5.

3.5 Mengevaluasi sejarah lahirnya Daulah Mughal

3.5.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Mughal

3.5.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Mughal

Daulah Mughal

1.  Siswa dapat menyebutkan pendiri Daulah Mughal

2.  Siswa dapat mengidentifikasi khalifah Daulah Mughal yang berhasil mencapai puncak keemasan

3.  Siswa dapat mengidentifikasi masa pemerintahan yang dikenal sebagai masa pengembalian kedaulatan umat Islam (periode konsolidasi II)

6.

3.6 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

3.6.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

3.6.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

3.6.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Mughal

Daulah Mughal

1.      Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang telah berhasil membangun Taj Mahal dan Masjid Raya Delhi sebagai bangunan dengan nilai seni arsitektur tinggi

2.      Siswa dapat mengidentifikasi khalifah yang telah berhasil menguasai Kabul dan Kandahar sebagai dua gerbang kota India

3.      Siswa dapat menyebutkan tokoh yang telah berhasil memunculkan beberapa karya sastra tinggi seperti padmavat

4.      Siswa dapat menjelaskan faktor penyebab kemunduran Daulah Mughal di India

5.      Siswa dapat mengidentifikasi peninggalan Daulah Mughal di India

7.

3.7 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Syafawi

3.7.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Syafawi

3.7.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Syafawi

Daulah Syafawi

1.     Siswa dapat mengidentifikasi negara yang dibentuk oleh Daulah Sayafawi

2.     Siswa dapat mengidentifikasi gerakan yang menjadi latarbelakang berdirinya Daulah Syafawi

3.     Siswa dapat menjelaskan system pemerintahan yang dianut oleh Daulah Syafawi

8.

3.8 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi

3.8.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi

3.8.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi

3.8.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Syafawi

Daulah Syafawi

1.      Siswa dapat mengidentifikasi kemajuan Daulah Syafawi dalam bidang pertanian

2.      Siswa dapat merumuskan keunggulan Daulah Syafawi dibanding kerajaan besar Islam lainnya

3.      Siswa dapat mengidentifikasi peningggalan bersejarah yang mendukung sarana pendidikan masa Daulah Syafawi

4.      Siswa dapat menyebutkan Ilmuwan termasyhur ahli sejarah dan teolog pada masa pemerintahan Daulah  Syafawi di Persia

5.      Siswa dapat mengidentifikasi kemajuan Daulah Syafawi dalam bidang pendidikan

6.      Siswa dapat menyebutkan kepemimpinan Daulah Usmani yang berhasil mencapai puncak keemasan

7.      Siswa dapat merumuskan Persamaan faktor penyebab kemunduran Daulah Syafawi dengan Daulah Usmani dan Mughal




Post a Comment for "CONTOH KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI (SEBELAS)"