KISI-KISI SOAL PENIALAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BIDANG STUDI SKI KELAS XI
KISI-KISI SOAL PAS SKI XI |
Satuan Pendidikan : MA. Annuriyyah Rambipuji Jember
Program : MIA/IPS
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Kelas/Semester : XI (Sebelas)/ Ganjil
Jumlah Soal : 50 Butir Soal
Penyusun : Kusmiarseh, M.Pd.I
NO |
KD |
IPK |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NOMOR SOAL |
KUNCI JAWABAN |
1. |
3.1 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah |
3.1.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyyah 3.1.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan
khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Abbasiyyah |
Daulah Abbasiyyah |
1.
Siswa dapat
menyebutkan nama pendiri Daulah Abbasiyyah 2.
Siswa dapat
menganalisa faktor eksternal penyebab lahirnya Daulah Abbasiyyah 3.
Siswa dapat
menyebutkan tokoh pergerakan di Kuffah 4.
Siswa dapat
menyebutkan ibu kota pertama Daulah Abbasiyyah 5.
Siswa dapat
menyebutkan propogandis kekhalifahan Daulah Abbasiyyah 6.
Siswa dapat
mengidentifikasi fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah 7.
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah yang menyandang gelar Khalifatullah |
L1 L3 L1 L1 L1 L1 L1 |
1 3 4 7 5 2,6 8 |
B D A B D A, D D |
2. |
3.2 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Daulah Abbasiyyah |
3.2.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah 3.2.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyyah 3.2.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Abbasiyyah |
Daulah Abbasiyyah |
1.
Siswa
dapat mengidentifikasi khalifah yang menjadi pelopor kebijakan bagi kemajuan
ilmu pengetahuan 2.
Siswa
dapat menganalisa faktor pendukung kemajuan Daulah Abbasiyyah 3.
Siswa
dapat mengidentifikasi ilmuwan yang ahli dalam bidang Tafsir 4.
Siswa
dapat menyebutkan salah satu al-Musnad terkenal masa Abbasiyyah 5.
Siswa
dapat menyebutkan karya ilmuwan pada masa Daulah Abbasiyyah 6.
Siswa
dapat menyebutkan salah satu sastrawan dan budayawan terkenal pada masa
Abbasiyyah 7.
Siswa
dapat menjelaskan tujuan Al-Mansur dalam membangun kota Bagdad sebagi pusat
peradaban 8.
Siswa
dapat mengidentifikasi pusat ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyyah 9.
Siswa
dapat mengidentifikasi aliran madzhab yang berkembang pada masa Daulah
Abbasiyyah 10.
Siswa
dapat menyebutkan ilmuwan yang menulis kitab Sirah an-Nabawiyyah 11.
Siswa
dapat mengidentifikasi kota-kota yang menopang kemajuan Daulah Abbasiyyah 12.
Siswa
dapat mengenalisa faktor pemicu keruntuhan Daulah Abbasiyyah 13.
Siswa
dapat menyebutkan khalifah terakhir Daulah Abbasiyyah |
L1 L3 L1 L1 L1 L1 L2 L1 L1 L1 L1 L3 L1 |
9 10 11 12 13, 14 15 16 17 18 19 20 21,22 23 |
A A C B E, D C C C C B B A, E D |
3. |
3.3 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani |
3.3.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Usmani 3.3.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah
yang memerintah Daulah Usmani |
Daulah Usmani |
1.
Siswa dapat
menyebutkan suku pendiri Daulah Usmani 2.
Siswa dapat
menyebutkan ibu kota pertama Daulah Usmani 3.
Siswa dapat menyebutkan tentara khusus yang dibentuk pada masa pemerintahan
Orkhan 4.
Siswa dapat
menjelaskan arti kata “Yaldrum” sebagai julukan Sultan Bayazid I 5.
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah yang berhasil mencapai puncak kejayaan Daulah
Usmani |
L1 L1 L1 L2 L1 |
24 25 26 27 28 |
B D B B C |
4. |
3.4 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Usmani |
3.4.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Usmani 3.4.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani 3.4.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Usmani |
Daulah Usmani |
1.
Siswa dapat
menyebutkan khalifah yang berhasil menaklukkan kota Konstatinopel 2.
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh bangsa Bizantium pada bidang ilmu pengetahuan dan budaya
kerajaan Turki Usmani 3.
Siswa dapat
menganalisa faktor penyebab kajian ilmu keagamaan masa Daulah Usmani kurang
berkembang 4.
Siswa dapat
menganalisa faktor penyebab kemunduran Daulah Usmani |
L1 L2 L3 L3 |
29 30 31 32 |
D E D C |
5. |
3.5 Mengevaluasi sejarah lahirnya Daulah Mughal |
3.5.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Mughal 3.5.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan
khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Mughal |
Daulah Mughal |
1.
Siswa dapat
menyebutkan pendiri Daulah Mughal 2.
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah Daulah Mughal yang berhasil mencapai puncak
keemasan 3.
Siswa dapat
mengidentifikasi masa pemerintahan yang dikenal sebagai masa pengembalian
kedaulatan umat Islam (periode konsolidasi II) |
L1 L1 L1 |
33 34 35 |
D A C |
6. |
3.6 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Mughal |
3.6.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Mughal 3.6.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal 3.6.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Mughal |
Daulah Mughal |
1.
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah yang telah berhasil membangun Taj Mahal dan Masjid
Raya Delhi sebagai bangunan dengan nilai seni arsitektur tinggi 2.
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah yang telah berhasil menguasai Kabul
dan Kandahar sebagai
dua gerbang kota India 3.
Siswa dapat menyebutkan tokoh yang telah berhasil
memunculkan beberapa karya sastra tinggi seperti padmavat 4.
Siswa dapat menjelaskan faktor penyebab kemunduran
Daulah Mughal di India 5.
Siswa dapat mengidentifikasi peninggalan Daulah
Mughal di India |
L1 L1 L1 L2 L1 |
36 37 38 39 40 |
C C C A E |
7. |
3.7 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Syafawi |
3.7.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Syafawi 3.7.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan
khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Syafawi |
Daulah Syafawi |
1.
Siswa dapat
mengidentifikasi negara yang dibentuk oleh Daulah Sayafawi 2.
Siswa dapat
mengidentifikasi gerakan yang menjadi latarbelakang berdirinya Daulah Syafawi 3.
Siswa dapat
menjelaskan system pemerintahan yang dianut oleh Daulah Syafawi |
L1 L1 L2 |
41 42 43 |
A B E |
8. |
3.8 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Syafawi |
3.8.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Syafawi 3.8.2 Menjelaskan pusat peradaban dan tokoh-tokoh
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi 3.8.3 Menjelaskan kemunduran Daulah Syafawi |
Daulah Syafawi |
1.
Siswa dapat
mengidentifikasi kemajuan Daulah Syafawi dalam bidang pertanian 2.
Siswa dapat
merumuskan keunggulan Daulah Syafawi dibanding kerajaan besar Islam lainnya 3.
Siswa dapat
mengidentifikasi peningggalan bersejarah yang mendukung sarana pendidikan
masa Daulah Syafawi 4.
Siswa dapat
menyebutkan Ilmuwan termasyhur ahli sejarah dan teolog
pada masa pemerintahan Daulah Syafawi
di Persia 5.
Siswa dapat
mengidentifikasi kemajuan Daulah Syafawi dalam bidang pendidikan 6.
Siswa dapat
menyebutkan kepemimpinan Daulah Usmani yang berhasil mencapai puncak keemasan 7.
Siswa dapat
merumuskan Persamaan
faktor penyebab kemunduran Daulah Syafawi dengan Daulah Usmani dan Mughal |
L1 L3 L1 L1 L1 L1 L3 |
44 45 46 47 48 49 50 |
D A E B A A C |
Penyusun :
Kusmiarseh, M.Pd.I
Post a Comment for "KISI-KISI SOAL PENIALAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BIDANG STUDI SKI KELAS XI"