RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI GERAKAN PEMBARUAN ISLAM
RPP BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PEMBARUAN ISLAM |
Nama madrasah: MAS Annuriyyah
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester :XI/ Genap
Materi Pokok :Gerakan Pembaharuan
ALokasi waktu: 2 JP
A.
Kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi:
Kompetensi
Dasar 1.10 |
Kompetensi
Dasar 2.10 |
1.10.1 Memahami bahwa lahirnya tokoh
pembaharu Islam adalah kehendak dari Allah swt |
2.10.1 Mengamalkan sikap responsive terhadap
pembaharuan |
Kompetensi
Dasar 3.10 |
Kompetensi
Dasar 4.10 |
3.10.1 Menjelaskan pengertian pembaruan 3.10.2 Menjelaskan kebangkitan Islam
di beberapa negara |
4.10.1 Mengidentifikasi pengertian
pembaruan Islam dan kebangkitan Islam di beberapa negara |
B. Tujuan
pembelajaran:
1.
Peserta
didik mampu menjelaskan tentang pengertian pembaruan Islam dan kebangkitan
Islam di beberapa negara
2.
Peserta
didik mampu mengidentifikasi pengertian pembaruan Islam dan kebangkitan Islam
di beberapa negara
C. Media/Alat/Sumber
Belajar:
1.
Video
dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White
board
2.
Buku
siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester
2 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait
D. Model/Strategi/metode
pembelajaran:
Cooperative learning/kuis/Ceramah, diskusi dan penugasan
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Siswa
menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran
b.
Siswa
mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)
c.
Siswa
merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya
d.
Siswa
menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru
2.
Kegitan
Inti
a.
Siswa
mengamati video berkaitan dengan salah satu tokoh pembaru Islam
b.
Siswa
menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)
c.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pengertian pembaruan Islam
d.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangku secara kritis mengidentifikasi kebangkitan
Islam di beberapa negara
e.
Siswa
menuliskan hasil identifikasi kebangkitan Islam di beberapa negara
3.
Kegiatan
Penutup
a.
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang pengertian pembaruan dan
kebangkitan Islam di beberapa negara
b.
Siswa
bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan
melakukan kegiatan post test
c.
Siswa
menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
d.
Siswa
dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam
F. Penilaian
Pembelajaran
1.
Sikap :
Observasi siswa mengenai sikap resposif
2.
Pengetahuan : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda
3.
Keterampilan :Menuliskan hasil identifikasi tentang
definisi pembaruan dan kebangkitan Islam di beberapa negara
Jember, 10 Juli 2021
Mengetahui,
Kepala
Madrasah, Guru
Mata Pelajaran,
ABABAL GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH, M.Pd.I
DOWNLOAD JUGA:
Kumpulan Perangkat Pembelajaran
Kumpulan kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (soal dan kunci jawaban)
Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI GERAKAN PEMBARUAN ISLAM"