Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI GERAKAN TAJDID

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/ Genap

Materi Pokok   : Kemunduran Umat Islam

ALokasi waktu:  2 JP


A.   Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.9

Kompetensi Dasar 2.9

1.9.1 Memahami bahwa kemunduran umat Islam disebabkan menjauhnya umat Islam dari petunjuk Allah swt

2.9.1 Mengamalkan sikap intropeksi

2.9.2 Mengamalkan sikap selalu belajar dari pengalaman

Kompetensi Dasar 3.9

Kompetensi Dasar 4.2

3.9.2 Menganalisis latar belakang munculnya gerakan tajdid

4.9.2 Menyajikan latar belakang munculnya gerakan tajdid

B.   Tujuan pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menganalisis latar belakang munculnya gerakan tajdid

2.    Peserta didik mampu menyajikan latar belakang munculnya gerakan tajdid

C.   Media/Alat/Sumber Belajar:

1.   Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board

2.   Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 2 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.   Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/Information Search/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan

a.           Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.   Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.   Siswa merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya

d.   Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.      Kegitan Inti

a.   Siswa mengamati ppt dan menyimak penjelasan guru tentang gambaran umum latar belakang munculnya gerakan tajdid

b.   Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.   Siswa bekerjasama dalam kelompok menemukan informasi tentang latar belakang munculnya gerakan tajdid

d.   Siswa secara berkelompok mendiskusikan hasil temuan informasi tentang latar belakang munculnya gerakan tajdid

a.    Siswa menyajikan secara tertulis hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas kemudian ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.      Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang latar belakang munculnya gerakan tajdid

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

a.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.    Sikap               : Observasi sikap saat pembelajaran

2.    Pengetahuan   : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.    Keterampilan   :Menuliskan latar belakang munculnya gerakan tajdid

Jember, 10 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                                    Guru Mata Pelajaran,

 

ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                                  KUSMIARSEH, M.Pd.I


DOWNLOAD JUGA:

Kumpulan perangkat pembelajaran (RPP, Materi, Media dll)

Kumpulan kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)    Nama madrasah: MAS Annuriyyah Mata Pelajaran   : SKI Kelas/Semester :XI/ Genap Materi Pokok	: Kemunduran Umat Islam ALokasi waktu:  2 JP   A.	Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi: Kompetensi Dasar 1.9	Kompetensi Dasar 2.9 1.9.1 Memahami bahwa kemunduran umat Islam disebabkan menjauhnya umat Islam dari petunjuk Allah swt	2.9.1 Mengamalkan sikap intropeksi 2.9.2 Mengamalkan sikap selalu belajar dari pengalaman Kompetensi Dasar 3.9	Kompetensi Dasar 4.2 3.9.2 Menganalisis latar belakang munculnya gerakan tajdid	4.9.2 Menyajikan latar belakang munculnya gerakan tajdid B.	Tujuan pembelajaran: 1.	Peserta didik mampu menganalisis latar belakang munculnya gerakan tajdid 2.	Peserta didik mampu menyajikan latar belakang munculnya gerakan tajdid C.	Media/Alat/Sumber Belajar: 1.	Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board 2.	Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 2 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait D.	Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/Information Search/Ceramah, diskusi dan penugasan E.	Kegiatan Pembelajaran 1.	Kegiatan Pendahuluan a.	Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran b.	Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking) c.	Siswa merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya d.	Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru 2.	Kegitan Inti a.	Siswa mengamati ppt dan menyimak penjelasan guru tentang gambaran umum latar belakang munculnya gerakan tajdid b.	Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat) c.	Siswa bekerjasama dalam kelompok menemukan informasi tentang latar belakang munculnya gerakan tajdid d.	Siswa secara berkelompok mendiskusikan hasil temuan informasi tentang latar belakang munculnya gerakan tajdid f.	 Siswa menyajikan secara tertulis hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas kemudian ditanggapi langsung oleh kelompok lain 3.	Kegiatan Penutup a.	Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang latar belakang munculnya gerakan tajdid b.	Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test c.	Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya e.	Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam F.	Penilaian Pembelajaran 1.	Sikap		: Observasi sikap saat pembelajaran 2.	Pengetahuan	: Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 3.	Keterampilan	:Menuliskan latar belakang munculnya gerakan tajdid Jember, 10 Juli 2022 Mengetahui, Kepala Madrasah, 							Guru Mata Pelajaran,     ABABAL GHUSSOH, M.Pd 						KUSMIARSEH, M.Pd.I
RPP SKI KELAS XI MATERI GERAKAN TAJDID

Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI GERAKAN TAJDID"