Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PERADABAN MASA DAULAH MUGHA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/1

Materi Pokok     : Daulah Mughal

ALokasi waktu:  2 JP


A.    Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.6: Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar 2.6: Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif

1.6.1 Menghayati bahwa Allah yang memberikan karunia ilmu pengetahuan

2.6.1 Mengamalkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 3.6: Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Mughal

Kompetensi Dasar 4.6: Mengapresiasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

3.6.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

4.6.1 Membuat info grafis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

B.    Tujuan pembelajaran:

Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal serta meneladani para tokoh ilmuwan

C.    Media/Alat/Sumber Belajar:

1.     Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, White board, dan Kartu (Card Sort)

2.     Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.    Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/Card Sort/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.     Kegiatan Pendahuluan

a.     Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.     Siswa merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya

d.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.     Kegitan Inti

a.     Siswa mengamati gambar/video/ppt tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal

b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.     Siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi dalam bentuk kategori berkaitan dengan perkembangan dan  peradaban ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal

d.    Siswa bergerak dan berekeliling untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama

e.     Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal

f.     Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.     Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.     Sikap                      : Observasi sikap saat pembelajaran

2.     Pengetahuan           : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.     Keterampilan        :Info grafis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

Jember, 10 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                             Guru Mata Pelajaran,


ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                             KUSMIARSEH, M.Pd.I


DOWNLOAD JUGA:

Kumpulan Perangkat Pembelajaran (RPP, Bahan Ajar, Media dll)

Kumpulan kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)


Nama madrasah: MAS Annuriyyah  Mata Pelajaran   : SKI  Kelas/Semester :XI/1  Materi Pokok     : Daulah Mughal  ALokasi waktu:  2 JP   A.    Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:  Kompetensi Dasar 1.6: Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan  Kompetensi Dasar 2.6: Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif  1.6.1 Menghayati bahwa Allah yang memberikan karunia ilmu pengetahuan  2.6.1 Mengamalkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari  Kompetensi Dasar 3.6: Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Mughal  Kompetensi Dasar 4.6: Mengapresiasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal  3.6.1 Menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal  4.6.1 Membuat info grafis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal  B.    Tujuan pembelajaran:  Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal serta meneladani para tokoh ilmuwan  C.    Media/Alat/Sumber Belajar:  1.     Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, White board, dan Kartu (Card Sort)  2.     Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait  D.    Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/Card Sort/Ceramah, diskusi dan penugasan  E.    Kegiatan Pembelajaran  1.     Kegiatan Pendahuluan  a.     Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran  b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)  c.     Siswa merespon apersepsi melalui kegiatan review materi pertemuan sebelumnya  d.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru  2.     Kegitan Inti  a.     Siswa mengamati gambar/video/ppt tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal  b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)  c.     Siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi dalam bentuk kategori berkaitan dengan perkembangan dan  peradaban ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal  d.    Siswa bergerak dan berekeliling untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama  e.     Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal  f.     Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain  3.     Kegiatan Penutup  a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan  ilmu pengetahuan dan para tokohnya pada masa Daulah Mughal  b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test  c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya  d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam  F.    Penilaian Pembelajaran  1.     Sikap                      : Observasi sikap saat pembelajaran  2.     Pengetahuan           : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda  3.     Keterampilan        :Info grafis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal  Jember, 10 Juli 2022  Mengetahui,  Kepala Madrasah,                                                                             Guru Mata Pelajaran,    ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                             KUSMIARSEH, M.Pd.I
RPP SKI KELAS XI MATERI PERADABAN DAULAH MUGHAL


Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PERADABAN MASA DAULAH MUGHA"