Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH KISI-KISI PAT BIDANG STUDI SKI KELAS XI (SEBEAS) TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KISI-KISI PAT 


Jenjang Pendidikan     : Madrasah Aliyah                                                      

Kelas/Program             : X (Sepuluh) / IPA/IPS

Nama Madrasah           : Madrasah Aliyah Annuriyyah                          

Jenis Penilaian               : PAT (Penilaian Akhir Tahun)

Mata Pelajaran              : Sejarah Kebudayaan Islam                                

Jumlah Soal                   : 50 soal Pilihan Ganda

No

Kompetensi dasar

IPK

Materi

Indikator Soal

No. Soal

1.

3.1 Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekkah sebelum Islam

3.1.1 Siswa dapat menjelaskan peradaban bangsa Arab sebelum Islam

Peradaban Bangsa Arab sebelum Islam

Siswa dapat mengidentifikasi sebutan bangsa Arab yang bermata pencaharian berdagang khususnya yang berada di perkotaan

1

3.1.2 Siswa dapat menganalisis pengaruh kebudayaan Arab sebelum Islam terhadap perkembangan sosial dan politik

Peradaban Bangsa Arab sebelum Islam

Siswa dapat menganalisis budaya positif bangsa Arab yang dapat diterapkan di masa sekarang

2

2.

3.2 Menganalisis subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw Periode Mekkah

3.2.1 Siswa dapat menjelaskan subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

Perkembangan dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekkah

Siswa dapat menjelaskan subtansi dakwah nabi saw periode Mekkah

3

3.2.1 Siswa dapat menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

Perkembangan dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekkah

Siswa dapat menyebutkan firman Allah swt tentang dakwah secara terang-terangan pada periode Mekkah

4

3.

3.3 Menganalisis peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah saw dan para sahabat

3.3.1 Siswa dapat merumuskan makna peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Nabi saw dan para sahabat

Perkembangan dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekkah

Siswa dapat merumuskan makna hijrah pada masa sekarang

5

4.

3.4 Menganalisis kebudayaan masyarakat Madinah sebelum Islam

3.4.1 Siswa dapat mengidentifikasi latar belakang dilakukan hijrah ke Madinah

 

Perkembangan dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah

Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa yang melatarbelakangi hijrah ke Madinah

6

3.4.2 Siswa dapat menjelaskan sruktur sosial dan budaya masyarakat Arab sebelum Islam

Perkembangan dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah

Siswa dapat mengidentidikasi kelompok masyarakat Arab di Madinah sebelum Islam

7

5.

3.5 Menganalisis strategi dakwah Rasulullah saw pada periode Madinah

3.5.1 Siswa dapat menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw periode Madinah

Perkembangan dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah

Siswa dapat menganalisis kebijakan rasulullah saw periode Madinah

8

6.

3.6 Menganalisis subtansi dari Piagam Madinah (Mitsaq al-Madinah)

3.6.1 Menjelaskan subtansi Piagam Madinah

Perkembangan dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah

Siswa dapat menganalisis subtansi piagam Madinah

9

7.

3.7 Menganalisis faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah

3.7.1 Siswa dapat menganaisis faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah

Perkembangan dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah

Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah

10

8.

3.8 Menganalisis proses pemilihan khulafaur rasyidin

3.8.1 Siswa dapat menjelaskan arti kata khuafaurrasyidin

Perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin

Siswa dapat menjelaskan arti kata khulafa secara harfiah

11

3.8.2 Siswa dapat menjelaskan proses pemilihan Khulafaur Rasyidin

Perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin

Siswa dapat menjelaskan proses pengangkatan khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq

12

Perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin

Siswa dapat membedakan proses pemilihan khalifah Umar bin Khattab dan khalifah Usman bin Affan

13

9.

3.9 Menganalisis subtansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin

3.9.1 Siswa dapat menjelaskan strategi dakwah khulafaur rasyidin

Perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin

Siswa dapat menjelaskan kebijakan khalifah Abu Bakar semasa menjabat sebagai khalifah

14

Siswa dapat menganalisis fator yang melatarbelakangi standarisasi al Qur’an pada masa khalifah Usman bin Affan

15

Siswa dapat mengidentifikasi kota yang awalnya dibangun oleh khalifah Ali bin Abi Thalib sebagai basis pertahanan kemudian berubah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan

16

10.

3.10 Menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah di Damaskus

3.10.1 Siswa dapat menjelaskan berdirinya Bani Umayyah di Damaskus

Perkembangan Islam Daulah Umayyah di Damaskus

Siswa dapat mengidentifikasi wilayah awal berdirinya daulah Umayyah di Damaskus

17

Siswa dapat mengidentifikasi pusat pemerintahan daulah Umayyah di Damaskus

18

Siswa dapat mengidentifikasi siasat/strategi Muawiyah bin Abi Sufyan dalam mengalahkan Ali bin Abi Thalib

19

11.

3.11 Mengevaluasi perkembagan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus

3.11.1 Menjelaskan fase-fase pemerintahan Bani Umayyah di Damaskus

Perkembangan Islam Daulah Umayyah di Damaskus

Siswa dapat menjelaskan pendekatan Arabisasi (Arab oriented) yang diterapkan pada Fase pertama pemerintahan Daulah Umayyah di Damakus

21

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berhasil masuk ke Eropa atau Andalusia pada fase pertama

21

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk peradaban yang tumbuh pada masa kemajuan Bani Umayyah I Damaskus

22

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi system pemerintahan Daulah Umayyah yang menjadi penyebab keruntuhan daulah tersebut

23

 

 

3.11.2 Siswa dapat menyebutkan kebijakan-kebijakan pemerintahan Bani Umayyah I di Damaskus

Perkembangan Islam Daulah Umayyah di Damaskus

Siswa dapat menyebutkan Salah satu prestasi yang berhasil ditorehkan oleh khalifah Umar bin Abdul Aziz

24

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan Tiga wilayah yang akan ditaklukkan Muawiyah bin Abi Sufyan setelah menjadi khalifah

25

 

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi khalifah memiliki kebijakan mencetak mata uang dan dijadikan sebagai alat barter dalam masyarakat

26

 

 

3.11. 3 Menjelaskan masa kemajuan Bani Umayyah

 

Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan dan kemajuan berbagai bidang dalam pemerintahan dinasti Umayyah

27

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan Fasilitas pendidikan yang tumbuh pada masa Bani Umayyah I

28

 

 

3.11.4 Menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah

 

Siswa dapat menyebutkan bentuk peradaban dalam bidang ilmu pengetahuan yang tumbuh pada masa kejayaan Bani Umayyah I

29

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan salah satu tokoh dalam bidang tafsir yang muncul pada masa Dinasti Umayyah I

30

 

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi kemajuan dalam bidang seni budaya

31

 

 

3.11.5 Menjelaskan masa keruntuhan dan kehancuran Dinasti Umayyah I

 

Siswa dapat mengidentifikasi factor internal penyebab runtuhnya Bani Umayyah Damaskus

32

12

3.12 Menganalisis sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia

3.12.1 Siswa dapat menjelaskan pendirian Daulah Umayyah di Andalusia

Peradaban Islam Daulah Umayyah di Andalusia

Siswa dapat menyebutkan istilah pada periode muslim Andalusia yang berkaitan dengan terpecahnya pemerintahan menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil, negara-negara tersebut di bawah pemerintahan raja-raja kelompok kecil

33

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan nama pendiri Daulah Umayyah Andalusia

34

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan jumlah periode pemerintahan Islam Daulah Umayyah Andalusia

35

 

 

 

 

Siswa dapat menjelaskan profil Abdurrahman al-Ausat

36

 

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh penyebaran Islam masa Daulah Umayyah Andalusia

37

13

3.13 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Andalusia

3.13. 1 Siswa dapat menjelaskan perkembangan kota dan seni budaya

Peradaban Islam Daulah Umayyah di Andalusia

Siswa dapat menyebutkan wilayah yang berhasil ditaklukkan oleh Musa bin Nusair

38

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan kota-kota penting yang berhasil ditaklukkan oleh Thariq bin Ziyad dan pasukannya pada masa-masa awal masuknya Islam di Andalusia

39

 

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi khalifah daulah Umayyah Andalusia

40

 

 

 

 

Dinasti yang merupakan pertahanan terakhir kejayaan Islam di Andalusia

41

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan Panglima perang Islam yang sangat terkenal dalam penaklukan Andalusia

42

 

 

3.13.2 Siswa dapat menjelaskan perkembangan ilmu-ilmu agama dan ilmu pengetahuan masa Daulah Umayyah Andalusia

Peradaban Islam Daulah Umayyah di Andalusia

Siswa dapat menyebutkan nama Tokoh utama pertama dalam sejarah filsafat Arab Spanyol

43

 

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi ilmu-ilmu dalam bidang sains yang berkembang pada masa Islam

44

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan para tokoh yang ahli dalam bidang kedokteran pada masa Islam di Spanyol

45

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan tokoh yang pertama kai memperkenalkan madzhab Maliki di Spanyol

46

 

 

 

 

Siswa dapat mengidentifikasi istana yang berada di Granada yang merupakan pusat pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol

47

 

 

3.13.3 Siswa dapat menjelaskan runtuhnya Daulah Umayyah di Andalusia

Peradaban Islam Daulah Umayyah di Andalusia

Siswa dapat menunjukkan Faktor penyebab runtuhnya Daulah Umayyah di Spanyol

48

 

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan waktu (tahun) Andalusia mengalami kehancuran ditandai dengan jatuhnya Kerajaan Bani Ahmar

49

 

 

 

 

Siswa dapat merumuskan Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari kekhalifahan Daulah Umayyah di Andalisia (Spanyol)

50


DOWNLOAD JUGA:

KISI-KISI PAT KEAS XI


Post a Comment for "CONTOH KISI-KISI PAT BIDANG STUDI SKI KELAS XI (SEBEAS) TAHUN PELAJARAN 2022/2023"