KISI-KISI SOAL PAT SKI KELAS X (SEPULUH) TAHUN 2023
KISI-KISI
UJIAN MADRASAH
Jenjang Pendidikan :
Madrasah Aliyah Kelas/Program : X (Sepuluh) / IPA/IPS
Nama Madrasah :
Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jenis
Penilaian : PAT (Penilaian
Akhir Tahun)
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam Jumlah
Soal : 50
No |
Kompetensi
dasar |
IPK |
Materi |
Indikator
Soal |
No. Soal |
|
1. |
3.1
Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekkah sebelum Islam |
3.1.1 Siswa
dapat menjelaskan peradaban bangsa Arab sebelum Islam |
Peradaban
Bangsa Arab sebelum Islam |
Siswa dapat
mengidentifikasi sebutan bangsa Arab yang bermata pencaharian berdagang
khususnya yang berada di perkotaan |
1 |
|
3.1.2 Siswa
dapat menganalisis pengaruh kebudayaan Arab sebelum Islam terhadap
perkembangan sosial dan politik |
Peradaban
Bangsa Arab sebelum Islam |
Siswa dapat
menganalisis budaya positif bangsa Arab yang dapat diterapkan di masa
sekarang |
2 |
|
||
2. |
3.2
Menganalisis subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw Periode Mekkah |
3.2.1 Siswa
dapat menjelaskan subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
Perkembangan
dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekkah |
Siswa dapat
menjelaskan subtansi dakwah nabi saw periode Mekkah |
3 |
|
3.2.1 Siswa
dapat menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
Perkembangan
dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekkah |
Siswa dapat
menyebutkan firman Allah swt tentang dakwah secara terang-terangan pada
periode Mekkah |
4 |
|
||
3. |
3.3
Menganalisis peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah saw dan para sahabat |
3.3.1 Siswa
dapat merumuskan makna peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Nabi saw dan para
sahabat |
Perkembangan
dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekkah |
Siswa dapat
merumuskan makna hijrah pada masa sekarang |
5 |
|
4. |
3.4
Menganalisis kebudayaan masyarakat Madinah sebelum Islam |
3.4.1 Siswa
dapat mengidentifikasi latar belakang dilakukan hijrah ke Madinah |
Perkembangan
dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah |
Siswa dapat
mengidentifikasi peristiwa yang melatarbelakangi hijrah ke Madinah |
6 |
|
3.4.2 Siswa
dapat menjelaskan sruktur sosial dan budaya masyarakat Arab sebelum Islam |
Perkembangan
dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah |
Siswa dapat
mengidentidikasi kelompok masyarakat Arab di Madinah sebelum Islam |
7 |
|
||
5. |
3.5
Menganalisis strategi dakwah Rasulullah saw pada periode Madinah |
3.5.1 Siswa
dapat menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw periode Madinah |
Perkembangan
dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah |
Siswa dapat
menganalisis kebijakan rasulullah saw periode Madinah |
8 |
|
6. |
3.6
Menganalisis subtansi dari Piagam Madinah (Mitsaq al-Madinah) |
3.6.1
Menjelaskan subtansi Piagam Madinah |
Perkembangan
dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah |
Siswa dapat
menganalisis subtansi piagam Madinah |
9 |
|
7. |
3.7
Menganalisis faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah |
3.7.1 Siswa
dapat menganaisis faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah |
Perkembangan
dakwah nabi Muhammad saw Periode Madinah |
Siswa dapat
mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah |
10 |
|
8. |
3.8
Menganalisis proses pemilihan khulafaur rasyidin |
3.8.1 Siswa
dapat menjelaskan arti kata khuafaurrasyidin |
Perkembangan
Islam masa Khulafaur Rasyidin |
Siswa dapat
menjelaskan arti kata khulafa secara harfiah |
11 |
|
3.8.2 Siswa
dapat menjelaskan proses pemilihan Khulafaur Rasyidin |
Perkembangan
Islam masa Khulafaur Rasyidin |
Siswa dapat
menjelaskan proses pengangkatan khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq |
12 |
|
||
Perkembangan
Islam masa Khulafaur Rasyidin |
Siswa
dapat membedakan proses pemilihan khalifah Umar bin Khattab dan khalifah
Usman bin Affan |
13 |
|
|||
9. |
3.9
Menganalisis subtansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin |
3.9.1 Siswa
dapat menjelaskan strategi dakwah khulafaur rasyidin |
Perkembangan
Islam masa Khulafaur Rasyidin |
Siswa dapat
menjelaskan kebijakan
khalifah Abu Bakar semasa menjabat sebagai khalifah |
14 |
|
Siswa
dapat menganalisis fator yang melatarbelakangi standarisasi al Qur’an pada
masa khalifah Usman bin Affan |
15 |
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi kota yang awalnya dibangun oleh khalifah Ali bin Abi Thalib
sebagai basis pertahanan kemudian berubah menjadi pusat pengembangan ilmu
pengetahuan |
16 |
|
||||
10. |
3.10
Menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah di Damaskus |
3.10.1
Siswa dapat menjelaskan berdirinya Bani Umayyah di Damaskus |
Perkembangan
Islam Daulah Umayyah di Damaskus |
Siswa dapat
mengidentifikasi wilayah awal berdirinya daulah Umayyah di Damaskus |
17 |
|
Siswa dapat
mengidentifikasi pusat pemerintahan daulah Umayyah di Damaskus |
18 |
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi siasat/strategi Muawiyah bin Abi Sufyan dalam mengalahkan
Ali bin Abi Thalib |
19 |
|
||||
11. |
3.11
Mengevaluasi perkembagan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Umayyah di Damaskus |
3.11.1
Menjelaskan fase-fase pemerintahan Bani Umayyah di Damaskus |
Perkembangan
Islam Daulah Umayyah di Damaskus |
Siswa dapat
menjelaskan pendekatan Arabisasi (Arab
oriented) yang diterapkan pada Fase pertama pemerintahan Daulah Umayyah
di Damakus |
21 |
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan tokoh yang berhasil masuk ke Eropa atau Andalusia pada fase
pertama |
21 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi bentuk peradaban yang tumbuh pada masa kemajuan Bani Umayyah
I Damaskus |
22 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi system pemerintahan Daulah Umayyah yang menjadi penyebab
keruntuhan daulah tersebut |
23 |
|
|
|
|
3.11.2
Siswa dapat menyebutkan kebijakan-kebijakan pemerintahan Bani Umayyah I di
Damaskus |
Perkembangan
Islam Daulah Umayyah di Damaskus |
Siswa dapat
menyebutkan Salah satu prestasi yang berhasil ditorehkan oleh khalifah Umar
bin Abdul Aziz |
24 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan Tiga wilayah yang akan ditaklukkan Muawiyah bin Abi Sufyan
setelah menjadi khalifah |
25 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah memiliki kebijakan mencetak mata uang dan dijadikan
sebagai alat barter dalam masyarakat |
26 |
|
|
|
3.11. 3
Menjelaskan masa kemajuan Bani Umayyah |
|
Siswa dapat
mengidentifikasi perkembangan dan kemajuan berbagai bidang dalam pemerintahan
dinasti Umayyah |
27 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan Fasilitas pendidikan yang tumbuh pada masa Bani Umayyah I |
28 |
|
|
|
3.11.4
Menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah |
|
Siswa dapat
menyebutkan bentuk peradaban dalam bidang ilmu pengetahuan yang tumbuh pada
masa kejayaan Bani Umayyah I |
29 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan salah satu tokoh dalam bidang tafsir yang muncul pada masa
Dinasti Umayyah I |
30 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi kemajuan dalam bidang seni budaya |
31 |
|
|
|
3.11.5
Menjelaskan masa keruntuhan dan kehancuran Dinasti Umayyah I |
|
Siswa dapat
mengidentifikasi factor internal penyebab runtuhnya Bani Umayyah Damaskus |
32 |
|
12 |
3.12
Menganalisis sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia |
3.12.1
Siswa dapat menjelaskan pendirian Daulah Umayyah di Andalusia |
Peradaban
Islam Daulah Umayyah di Andalusia |
Siswa dapat
menyebutkan istilah pada periode muslim Andalusia yang berkaitan dengan
terpecahnya pemerintahan menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil,
negara-negara tersebut di bawah pemerintahan raja-raja kelompok kecil |
33 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan nama pendiri Daulah Umayyah Andalusia |
34 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan jumlah periode pemerintahan Islam Daulah Umayyah Andalusia |
35 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menjelaskan profil Abdurrahman al-Ausat |
36 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi pengaruh penyebaran Islam masa Daulah Umayyah Andalusia |
37 |
|
13 |
3.13
Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Umayyah di Andalusia |
3.13. 1
Siswa dapat menjelaskan perkembangan kota dan seni budaya |
Peradaban
Islam Daulah Umayyah di Andalusia |
Siswa dapat
menyebutkan wilayah yang berhasil ditaklukkan oleh Musa bin Nusair |
38 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan kota-kota penting yang berhasil ditaklukkan oleh Thariq bin Ziyad
dan pasukannya pada masa-masa awal masuknya Islam di Andalusia |
39 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi khalifah daulah Umayyah Andalusia |
40 |
|
|
|
|
|
Dinasti
yang merupakan pertahanan terakhir kejayaan Islam di Andalusia |
41 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan Panglima perang Islam yang sangat terkenal dalam penaklukan
Andalusia |
42 |
|
|
|
3.13.2
Siswa dapat menjelaskan perkembangan ilmu-ilmu agama dan ilmu pengetahuan
masa Daulah Umayyah Andalusia |
Peradaban
Islam Daulah Umayyah di Andalusia |
Siswa dapat
menyebutkan nama Tokoh utama pertama dalam sejarah filsafat Arab Spanyol |
43 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi ilmu-ilmu dalam bidang sains yang berkembang pada masa Islam |
44 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan para tokoh yang ahli dalam bidang kedokteran pada masa Islam di
Spanyol |
45 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan tokoh yang pertama kai memperkenalkan madzhab Maliki di Spanyol |
46 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi istana yang berada di Granada yang merupakan pusat
pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol |
47 |
|
|
|
3.13.3
Siswa dapat menjelaskan runtuhnya Daulah Umayyah di Andalusia |
Peradaban
Islam Daulah Umayyah di Andalusia |
Siswa dapat
menunjukkan Faktor penyebab runtuhnya Daulah Umayyah di Spanyol |
48 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan waktu (tahun) Andalusia mengalami kehancuran ditandai dengan
jatuhnya Kerajaan Bani Ahmar |
49 |
|
|
|
|
|
Siswa dapat
merumuskan Ibrah atau pelajaran
yang dapat diambil dari kekhalifahan Daulah Umayyah di Andalisia (Spanyol) |
50 |
|
Post a Comment for "KISI-KISI SOAL PAT SKI KELAS X (SEPULUH) TAHUN 2023"