Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL PAS BIDANG STUDI SKI KELAS XII MADRASAH ALIYAH DAN KUNCI JAWABAN

1. Gerakan pembaharuan Islam adalah suatu upaya untuk menyesuaikan (kontekstualisasi) ajaran
Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dalam bahasa Arab, gerakan pembaharuan disebut dengan…
a. Tahdid
b. Taklid
c. Tajdid
d. Ta’dhid
e. Ta’alid

2. Tradisi pembaharuan dalam Islam sebenarnya telah berlangsung lama sejak masa-masa awal sejarah Islam. Karena dalam setiap kali terjadi masalah baru yang belum ada ketentuan hokum sbekumnya, maka kaum muslim segera akan mencari jawabannya (berijtihad) melalui metode…
a. Ijma’
b. Qiyas
c. Ijma’ dan ijtihad
d. Istinbat dan ijtihad
e. Ijma’ dan qiyas

3. Pembaharuan Isalm mengandung maksud mengembalikan sikap dan pandangan hidup umat Islam agar sejalan dengan semangat al Qur’an dan as-Sunnah sebagaimana yang dicontohkan ulama salafus shalih terdahulu. Pemikiran pembaharuan atau modernisasi dunia Islam timbul karena adanya kontak yang terjadi antara dunia Islam dan Barat. Dengan adanya kontak tersebut, umat Islam pada abad XIX mulai menyadari bahwa mereka telah mengalami…
a. Kemajuan dibandingkan dunia Barat
b. Kemunduran dibandingkan dunia Barat
c. Perkembangan peradaban seperti halnya dunia Barat
d. Kemajuan kebudayaan dan peradaban dibanding dunia barat
e. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dibandingkan dunia Barat

4. Sebelum periode modern, hubungan antara Islam dan Barat sebenarnya sudah terjadi, terlebih antara kerajaan Ustmani (yang menguasai daerah kekuasaan di darata Eropa) dengan beberapa negara Barat. Namun dengan kebudayaan Barat ini semakin intens saat jatuhnya kekuatan Mesir dan kemudian disusul dengan imperialisasi Barat terhadap negara-negara muslim lainnya. Penjajahan Mesir dilakukan oleh seorang  tokoh yang berasal dari Perancis yang bernama…
a. Cristoper Columbus
b. Vasco d agama
c. Napoleon Bonaparte
d. Leonardo Davinci
e. Amerigo Vespuci

5. Gerakan pembaharuan dalam Islam yang oleh beberapa pakar disebut juga gerakan modeniasasi atau gerakan reformasi Islam, adalah gerakan yang dilakukan untuk menyesuaikan ajaran Islam dengan tatanan dunia baru yang diakibatkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Berkkut ini yang bukan termasuk factor pendorong lahirnya gerakan pembaharuan dan modernisasi Islam yaitu…
a. Penaklukkan dunia Barat oleh negara Islam secara besar-besaran pada masa khalifah Umar bin Khattab
b. Adanya sifat jumud (stagnan) yang telah membuat umat Islam berhenti berpikir dan berusaha
c. Persatuan di kalangan umat Islam mulai terpecah belah
d. Hasil adanya kontak yang terjadi antara dunia Islam dan barat
e. Pembaharuan dalam Islam berbeda dengan renaissance dalam dunia Barat

6. Salah satu yang menjadi factor pendukung kemajuan bangsa Barat adalah aplikasi dari teori-teori baru dan hasil penelitian dalam bentuk mesin-mesin pendukung industry hingga muncul revolusi industry. Revolusi industry menimbulkan terjadinya perubahan secara besar-besaran di di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan terkonologi. Ekspansi dan imperialism (penjajahan) Bangsa Barat atas dunia Islam didasarkan pada 3 motivasi yaitu………
a. Motivasi ekspedisi dan ilmu pengetahuan
b. Motivasi industri, sosial dan ekspedisi
c. Motivasi ekonomi, politik dan budaya
d. Motivasi ekonomi, politik dan agama
e. Motivasi ekspedisi, sosial dan agama

7. Penjajahan yang dilakukan oleh Bangsa barat terhadap negara Islam tentunya telah meninggalkan beberapa dampak, baik dalam segi politik, sosial, ekonomi dan budaya. Beriku ini yang merupakan bahaya serius sebagai dampak peninggalan kolonisme dalam bidang politik yaitu…
a. Penghalalan segala jenis makanan dan minuman
b. Penghalalan segala bentuk dan jenis perjudian
c. Penghalalan segala bentuk kesenangan duniawi
d. Penghalalan segala cara untuk meraih tujuan
e. Penghalalan segala jenis pergaulan lawan jenis

8. Muhammad Ali Pasya adalah seorang keturunan Turki yang lahir pada bulan Januaru 1765 M di Kawalla, bagian uatara Yunani dan wafat di Mesir pada tahun 1849. Beliau merupakan seorang pembaharu Islam pada abad 19 hingga abad 20 M. Beliau merupakan orang yang pertama kali meletakkan landasan kebangkitan modern di Mesir. Muhammad Ali Pasya merupakan salah satu tokoh modernisasi Islam keturunan…
a. Kawalla
b. Iran
c. Turki
d. Yunani
e. Mesir

9. Muhammad Abduh adalah tokoh pembaharu Islam yang berasal dari Mesir. Pemikiran-pemikiran cemerlangnya mulai muncul ketika beliau dikirim belajar secara formal oleh ayahnya ke perguruan di Masjid Ahmadi yang terletak di desa Thanta di Mesir. Sebagai seorang pembaharu dalam dunia Islam, beliau melahirkan 3 agenda pembaharuan yaitu purifikasi, reformasi pendidikan Islam dan pembelaan atas Islam. Yang dimaksu “Purifikasi” dalam pemikiran Abduh adalah…
a. Pemurnian ajaran Islam dari bid’ah dna khurafat yang masuk dalam kehidupan beragama kaum muslim
b. Pembebasan negara Islam dari penjajahan bangsa barat baik dalam bidang ekonomi, agama dan politik
c. Pemurnian ajaran Islam dari pengaruh agama lain di luar Islam
d. Pemantapan Islam sebagai agama yang bersifat kontekstualisasi
e. Pembinaan peradaban Islam dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya

10. Salah satu pemikiran Muhammad Abduh adalah menyerukan kepada umat Islam agar kembali pada al-Qur;an dan al Hadits serta kehidupan….
a. Sahabat
b. Salafus sholeh
c. Rasulullah saw
d. Tabi’in
e. Tabiut tabi’in

11. Untuk menentang penjajah terutama Inggris, Muhammad Abduh bersama al Afghani menerbitkan sebuah majalah yaitu…
a. Al Waqiul Wutsqo
b. Al Urwatul Wutsqo
c. Al Urwatul Mishiriyah
d. Al Waqiul Mishiriyah
e. Al Waqiul Nadhoriyah

12. Jamaluddin al Afghani merupakan salah satu tokoh pembaharu Islam yang berasal dari Afganistan. Beliau berpendapat bahwa kemunduran umat Islam disebabkan antara lain karena umat Islam telah meninggalkan ajaran-ajaran Islam Islam sebenarnya. Selain itu, menurut beliau mundurnya umat Islam juga disebabkan oleh kondisi umat Islam yang terpecah belah. Al Afghani mengingkan adanya persatuan umat Islam baik yang negarnya sudah merdeka maupun yang masih dalam jajahan bangsa barat. Gagasannya ini terkenal dengan sebutan…
a. Tajdid fil Islam
b. Modernisasi Islam
c. Purifikasi
d. Pan Islamisme
e. Ukhuwah Islamiyah

13. Sebelum kedatangan Islam, bangsa Indonesia sudah menganut berbagai macam kepercayaan seperti animisme (kepercayaan kepada roh-roh yang mendiami benda-benda seperti pohon, batu dan sebagainya) dan dinamisme (kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup). Kepercayaan inilah yang kemudian mulai hilang sejak datangnya Islam ke Indonesia. Agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui…
a. Jawa
b. Sumatera
c. Sulawesi
d. Kalimantan
e. Papua

14. Proses masuknya Islam ke Indonesia sampai sekarang masih dalam perdebatan. Salah satu yang menjadi focus perdebatan adalah tentang para pembawa agama Islam ke Indonesia. Teori ini dipopulerkan oleh seorang orientalis Belanda yang meneliti tentang Islam di Indonesia bernama Snouck Hurgronje. Ia menyatakan bahwa agama Islam baru masuk nusantara pada abad ke 13 M yang dibawa oleh para pedagang dari…
a. India
b. Persia
c. Arab
d. China
e. Mesir

15. Teori Arab dalam sejarah masuknya Islam ke Indonesia mengatakan bahwa Islam datang ke Indonesia secara langsung dari Arab, tidak melalui perantara bangsa lain. Beberapa bukti sejarah dikemukakan untuk menguatkan teori ini. Teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah (Arab) sebagai pusat agama Islam sejak abad ke…
a. 7 M
b. 9 M
c. 11 M
d. 13 M
e. 15 M

16. Selain  teori Gujarat dan Arab, terdapat pula teori Persia. Pencetus teori ini adalah Hoesein Djajaningrat. Teori Persia lebih menitikberatkan tinjauannya pada aspek kebudayaan di kalangan masyarakat Islam Indonesia yang dianggap memiliki persamaan dengan Persia. Berikut ini yang bukan termasuk kebudayaan masyarakat Islam Indonesia yang dianggap memiliki persamaan dengan Persia, yaitu…
a. Peringatan 10 Muharram atau ‘Asyura
b. Kesamaan konsep jaran sufisme yang dianut Syeikh Siti Jenar dengan al Hajjaj, seorang sufi besar dari Persia
c. Penggunaan istilah bahasa Iran (Persia) dalam system mengeja huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi harakat
d. Ditemukannya makam Raja Malik al Saleh 
e. Adanya perkampungan Leren/Leran Gresik

17. Menurut teori China, proses kedatangan Islam ke Indonesia (khususnya di Jawa) berasal dari para perantau China. Menurut teori ini, orang China telah berhubungan dengan masyarakat Indonesia jauh sebelum Islam dikenal di Indonesia. Pada masa Hindu-Budha, etnis China atau Tiongkok telah berbaur dengan penduduk Indonesia terutama melalui hubungan…
a. Perkawinan
b. Pendikakan
c. Perdagangan
d. Pertanian
e. Kebudayaan

18. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia dengan cara damai dan persuasive berkat kegigihan para ulama. Paling tidak terdapat beberapa strategi atau cara yang dipergunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia. Berikut ini yang merupakan strategi penyebaran Islam di Indonesia adalah…
a. Perdagangan, perkawinan dan penaklukkan
b. Perkawinan, pendidikan dan kesenian
c. Pendidikan, penaklukkan dan tasawuf
d. penaklukkan, tasawuf dan kesenian
e. Kesenian, perkwainan dan penaklukkan

19. Berdasarkan data sejarah, perdagangan merupakan media dakwah yang paling banyak dilakukan oleh para penyebar Islam di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat dari adanya kesibukan lalu lintas perdagangan pada abad ke 7 hingga 16 M.  Jalur ini dimungkinkan karena orang-orang Melayu telah lama menjalin kontak dagang dengan orang Arab. Apalagi setelah berdirinya kerajaan Islam seperti kerajaan…
a. Samudera Pasai
b. Demak
c. Ternate
d. Tidore
e. Cirebon

20. Proses penyebaran Islam di Indonesia banyak dilakukan melalui pernikahan antara para pedagang muslim dengan wanita Indonesia. Melalui pernikahan ini tidak hanya menjadikan penganut agama Islam semakin banyak, namun juga mengukuhkan generas-generasi Islam di Indonesia. Dari pernikahan ini kemudian terbentuklah komunitas-komunitas muslim di Indonesia. Sebagai contoh yang dapat dikemukakan adalah pernikahan antara Raden Rahmat atau Sunan Ampel dengan…
a. Putri Campa
b. Nyai Manila
c. Putri Ayu
d. Nyai Roro
e. Putri Jayawijaya

21. Proses masuknya Islam juga dilakukan melalui jalur pendidikan.  Para ulama banyak yang mendirikan lembaga pendidikan Islam. Di lembaga inilah para ulama semakin menguatkan posisi agama Islam dengan pengajaran-pengajaran ke-Islaman. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang menjadi ciri awal penyebaran Islam adalah…
a. Madrasah diniyyah
b. Madrasah Ibtida’iyah
c. Madrasah Tsanawiyah
d. Madrasah Aliyah
e. Pesantren

22. Sistem pendidikan pesantren merupakan adaptasi dari bentuk pendidikan biara dan asrama yang dikembangkan pendeta atau biksu dalam agama hindu dan Budha. Sistem pendidikan pesantren pertama kali diprakarsai oleh….
a. Sunan Muria
b. Sunan Gresik
c. Sunan Giri
d. Sunan Bonang
e. Sunan Gunung Jati

23. Salah satu strategi penyebaran Islam di Indonesia adalah melalui tasawuf. Para sufi memiliki sifat dan budi pekerti yang luhur sehingga memudahkan mereka bergaul dan memahami masyarakat. Dengan tasawuf, bentuk ajaran Islam yang disampaikan kepada penduduk pribumi dapat dengan mudah masuk kea lam pikiran mereka. Diantara para sufi yang memberikan ajaran Islam kepada masyarakat adalah…
a. Syaikh Nawawi al Bantani
b. Syaikh Yufuf al Makasari
c. Syaikh Lemah Abang
d. Syaikh Hasanuddin
e. Syaikh Amirullah

24. Penyebaran Islam melalui kesenian atau budaya termasuk yang paling banyak mempengaruhi masyarakat, seperti wayang, sastra dan berbagai kesenian lainnya. Pendekatan jalur kesenian dilakukan para penyebar Islam untuk menarik perhatian masyarakat sehingga tanpa terasa mereka pun tertarik pada ajaran-ajaran Islam. Diantara wali songo yang dikenal sebagai seniman wayang adalah Sunan…
a. Giri
b. Ampel
c. Bonang
d. Kalijaga
e. Gunung Jati

25. Di Kerajaan Banjar, dengan masuknya sang raja dalam agama Islam, perkembangan Islam menjadi semakin mudah karena raja menunjangnya dengan fasilitas dan kemudahan-kemudahan lain, hingga membawa masyarakat Banjar kepada kehidupan yang benar-benar bersendikan Islam. Secara konkrit, kehidupan keagamaan di kerajaan Banjar ini diwujudkan dengan adanya mufti dan qadhi (hakim) atas jasa Muhammad Arsyad al Banjari yang ahli dalam bidang…
a. Fikih dan tauhid
b. Tauhid dan tasawuf
c. Tasawuf dan Fikih
d. Tauhid dan kalam
e. Fikih dan kalam

26. Di tengah proses transformasi sosial yang relative damai antara penyebar agama Islam dengan para penguasa dan masyarakat local, datanglah pedagang-pedagang barat. Berikut ini yang bukan termasuk pedagang Barat yang dimaksud dalam konteks ini adalah…
a. Jerman
b. Potugis
c. Spanyol
d. Belanda 
e. Inggris

27. Selama masa penjajahan Jepang, pihak Jepang rupanya lebih memihak kepada kaum muslim dari pada kelompok nasionalis, karena mereka berusaha menggunakan doktrin-doktrin agama untuk tujuan perang mereka. Di bawah ini yang merupakan perangkat politik hasil bentukan Jepang yang dianggap menguntungkan kaum muslim yaitu…
a. Masyumi (Majelis Syura Muslimin Indonesia)
b. Nahdhatul Ulama
c. Muhammadiyah
d. Boedi Utomo
e. Nadhdiyyin

28. Sejak abad ke 7 M, kawasan Asia tenggara telah bersentuhan dengan tradisi Islam. Ini terjadi karena para pedagang muslim yang berlayar di kawasan ini singgah untuk beberapa waktu. Di Indonesia, kehadiran Islam secara lebih nyata terjadi sekitar akhir abad ke 13 M, yakni dengan bukti adanya makam penguasa pertama kerajaan Samudera Pasai, yaitu…
a. Maulana Makhdum Ibrahim
b. Raja Barwijaya
c. Malik As Shaleh
d. Hasanuddin
e. Syarif Hidayatullah

29. Penduduk asli pulau Kalimantan disebut masyarakat Dayak. Orang Dayak yang mendiami Pulau Kalimantan terdiri dari beberapa suku. Masing-masing suku mempunyai system kepercayaan sendiri. Tetapi pada dasarnya antar kepercayaan mereka itu mempunyai banyak kesamaan. Istilah paling popular untuk menyebut aliran kepercayaan mereka adalah kepercayaan…
a. Kaharingan
b. Animisme
c. Dinamisme
d. Paganisme
e. Fatalisme

30. Menurut catatan perusahaan dagang Portugis yang datang pada tahun 1540, saat mereka datang ke Sulawesi di pulau itu sudah bisa ditemui pemukiman muslim di beberapa daerah. Meski belum terlalu besar, namun jalan dakwah tersu berlanjut hingga menyentuh raja-raja di Kerajaan Goa di Makasar. Raja Goa pertama yang memeluk Islam adalah…
a. Sultan Hasanuddin
b. Sultan Alaudi  al Awwal
c. Sultan Muhammad
d. Sultan Malik As Shalih
e. Sultan Syarif Hidayatullah

31. Kepulauan Maluku yang terkenal kaya dengan hasil bumi yang melimpah membuat wilayah ini sejak zaman dulu dikenal dan dikunjungi para pedagang dari seantero dunia. Karena status itu pula Islam lebih dulu mampir ke Maluku sebelum datang ke Makasar dan kepulauan-kepualaun lainnya. Kerajaan terbesar di pulau ini adalah kerajaan…
a. Tidore
b. Cirebon
c. Ternate
d. Maluku
e. Banjar

32. Beberapa kerajaan di kepualauan Maluku yang wilayah teritorialnya sampai ke pulau Cendrawasih ini menjadikan Islam masuk pula di pulau ini. Banyak kepala suku di wilayah Waigeo, Misoo dan beberapa daerah lain yang di bawah administrasi pemerintahan Kerajaan Bacan. Namun dibanding wilayah lain, perkembangan Islam di pulau Cendrawasih ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Pulau cendrawasih yang dimaksud dalam konteks ini adalah…
a. Nusa Tenggara Barat
b. Nusa Tenggara Timur
c. Lombok
d. Papua
e. Ambon

33. Hubungan Sumbawa yang baik dengan kerajaan Makasar membuat Islam turut berlayar pula ke Nusa Tenggara. Sampai kini jejak Islam bisa dilacak dengan meneliti makam seorang mubaligh asal Makasar yang terletak di kota Bima. Begitu juga dengan makam Sultan Bima yang pertama kali memeluk Islam. Islam masuk ke wilayah Nusa Tenggara sejak awal abad…
a. 13 M
b. 14 M
c. 15 M
d. 16 M
e. 17 M

34. Para ulama penyebar agama Islam di pulai Jawa sejak abad ke 14, tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya, Gresik, Lamongan di Jawa Timur, Demak, Kudus, Muria di jawa Tengah dan Cirebon di Jawa barat. Para Ulama tersebut lebih popular dikenal dengan sebutan…
a. Salafus Sholih
b. Ulama Nusantara
c. Masyayikh 
d. Wali Sanga
e. Ulama Nahdhiyyin

35. Jauh sebelum Maulana Malik Ibrahim datang ke Pulau Jawa sebenarnya sudah ada masyarakat Islam di daerah-daerah Pantai Utara, termasuk di Leran. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya makam seorang wanita bernama…
a. Fatimah Az Zahra
b. Fatimah binti Maimun
c. Siti Fatimah
d. Fatimah binti Ahmad
e. Fatimah binti Syarifuddin

36. Maulana Malik Ibrahim adalah keturunan ke 22 dari Nabi Muhammad saw. Beliau mengajarkan cara0cara baru bercocok tanam dan banyak merangkul rakyak kebanykan, yaitu golongan masyarakat Jawa yang tersisihkan di akhir kekuasaan Majapahit. Maulana Malik Ibrahim lebih dikenal dengan sebutan Sunan…
a. Giri
b. Gresik
c. Bonang
d. Ampel
e. Muria

37. Sunan Ampel bernama asli raden Rahmat. Pesantrenya bertempat di Ampel Denta, Surabaya dan merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam tertua di Jawa. Ajaran raden Rahmat yang terkenal adalah Falsafah Moh Limo. Berikut ini yang bukan termasuk ajaran falsafah Moh Limo yang diajarkan oleh Raden Rahmat adalah…
a. Moh Maen
b. Moh Maling
c. Moh Mucal
d. Moh Madat
e. Moh Madon

38. Sunan Giri lahir pada tahun 1412 M. Beliau memerintah kerajaan Giri kurang lebih 20 tahun. Sewaktu memerintah Giri Kedaton beliau bergelar Parbu Satmata. Pengaruh Sunan Giri sangat besar terhadap kerajaan Islam di Jawa maupun luar Jawa. Sebagai buktinya adalah adanya kebiasaan bahwa apabila seorang hendak dinobatkan menjadi raja haruslah mendapat pengesahan dari Sunan Giri. Nama asli Sunan Giri adalah…
a. Raden Rahmat
b. Sultan Syarif Hidayatullah
c. Raden Qasim
d. Raden Paku
e. Maulana Malik Ibrahim

39. Diantara para ulama penyebara Islam di Pulau Jawa (Wali Sanga), yang dikenal sebagai seorang wali yang berdakwah sering mempergunakan kesenian rakyat untuk menarik simpati mereka dengan memainkan seperangkan gamelan adalah Sunan…
a. Kalijaga
b. Bonang
c. Muria
d. Kudus
e. Giri

40. Para wali mengadopsi struktur atap masjid yang bersusun tiga, dari peninggalan tradisi lama (Hindu), kemudian memberikan makna baru bahwa bentuk atap susun tersebut melambangkan….
a. Jawa, Sumatra dan Kalimantan
b. Iman, islam dan ihsan
c. Arab, India dan Persia
d. Islam, Hindu dan Budha
e. Aqidah, Syari’ah dan tasawuf

41. Proses penyebaran Islam di wilayah Nusantara tidak dapat dilepas dari peran aktif para ulama. Melalui merekalah Islam dapat diterima dengan baik di kalangan masyarakat. Berikut ini yang bukan termasuk ulama penyebar Islam pasca wali songo adalah…
a. Hamzah Fansuri
b. Syaikh Muhammad Arsyad al Banjari
c. Syaikh Yusuf al Makassari
d. Syaikh Nawawi al Bantani
e. Syaik Syarifuddin Hiadayatullah

42. Salah satu ulama penyebar Islam pasca wali songo, dalam kaitan dengan konteks keindonesiaan beliau dikenal dengan Bapak Pesantren Indonesia meskipun bukanlah pendiri pesantren pertama, namu karena tulisan-tulisannya yang berjumlah sekitar 115 buah kitab hamper seluruhnya diadopsi di pesantren-pesantren di Indonesia. Salah satu karya beliau adalah “Sullam al Munajat”. Ulama yang dimaksud adalah…
a. Hamzah Fansuri
b. Syaikh Muhammad Arsyad al Banjari
c. Syaikh Yusuf al Makassari
d. Syaikh Nawawi al Bantani
e. Syaik Syarifuddin Hiadayatullah

43. Syaikh Kholil (biasa disebut Mbah kholil) merupakan salah satu ulama pasca wali songo yang mengawali pengembaraannya sekitar tahun 1850-an, ketika usianya menjelang 30 tahun. Mbah Kholil muda belajar kepada Kyai Muhammad Nur di Pondok Pesantren Langitan, Tuban Jawa Timur. Secara silsilah, Syaikh Kholil masih mempunyai pertalian darah dengan salah satu Wali Songo yaitu Sunan…
a. Ampel
b. Giri
c. Kalijaga
d. Gunung Jati
e. Muria

44. KH Shaleh Darat merupakan seorang ulama besar pada zamannya. Ia disebut Kiai Shalih Darat karena ia tinggal di kawasan yang bernama Darat, suatu daerah yang berada di Pantai Utara…
a. Surabaya
b. Semarang
c. Solo
d. Lamongan
e. Kudus

45. Ulama penyebar Islam pasca Wali Songo yang dikenal dengan resolusi jihadnya dan merupakan pendiri oragnisasi Islam terbesar di Indonesia adalah…
a. KH Shaleh Darat
b. KH Ahmad Dahlan
c. KH Hasyim Asy’ari
d. Syaikh Kholil
e. KH Wahab Hasbullah

46. Penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia tidak terlepas dari keberadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan…
a. Banjar
b. Demak
c. Ternate
d. Cirebon
e. Samudera Pasai

47. Sebuah kesultanan Islam ternama di Jawa Barat pada abad ke 15 dan 16 Masehi, dan merupakan pangkalan penting dalam jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau adalah kesultanan…
a. Demak Bintoro
b. Cirebon
c. Banten
d. Ternate
e. Tidore

48. Menurut sumber Portugis, sebelumnya Banten  merupakan salah satu pelabuhan kerajaan Sunda. Kesultanan Banten berawal ketika Kesultanan Demak memperluas pengaruhnya ke daerah Barat. Pendiri Kesultanan Banten adalah…
a. Sultan Hasanuddin
b. Sunan Gunung Jati
c. Sultan Demak Bintoro
d. Sunan Muria
e. Sunan Kalijaga

49. Dalam perkembangannya, kerajaan Islam ini memiliki peran yang sangat besar dalam proses penyebaran agama Islam di tanah air. Berikut ini yang bukan termasuk peran dari kerajaan Islam adalah…
a. Mengenalkan ajaran Islam kepada penduduk di kerajaan tersebut
b. Mengubah budaya upeti yang banyak digunakan di zaman kerajaan sebelumnya
c. Menciptakan tata kehidupan baru yang lebih sesuai dengan apa yang ada pada ajaran Islam
d. Kerajaan Islam memiliki kewajiban untuk menciptkana kedamaian kepada seluruh rakyat
e. Memudahkan transaksi perdagangan sehingga mudah untuk memonopolinya

50. Penyebaran agama Islam di Nusantara (Indonesia) memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan penyebaran Islam di negara-negara lain. Kekhasan penyebaran agama Islam di Nusantara adalah…
a. Islam disebarkan melalui jalan damai tanpa paksaan
b. Islam disebarkan melalui ekspansi wilayah
c. Penyebaran Islam dilakukan melalui penaklukkan 
d. Masuknya Islam di Nusantara melalui jalan peperangan
e. Islam di Nusantara disebarkan melalui para imigran

KUNCI JAWABAN
 
1. C
2. E
3. B
4. C
5. A
6. D
7. D
8. C
9. A
10. B
11. B
12. D
13. B
14. A
15. A
16. D
17. C
18. B
19. A
20. B
21. E
22. B
23. C
24. D
25. C
26. A
27. A
28. C
29. A
30. B
31. C
32. D
33. D
34. D
35. B
36. B
37. C
38. D
39. B
40. B
41. E
42. D
43. D
44. B
45. C
46. E
47. B
48. B
49. E
50. A


SOAL UAS SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN SKI KELAS XII 1. Gerakan pembaharuan Islam adalah suatu upaya untuk menyesuaikan (kontekstualisasi) ajaran Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dalam bahasa Arab, gerakan pembaharuan disebut dengan… a. Tahdid b. Taklid c. Tajdid d. Ta’dhid e. Ta’alid 2. Tradisi pembaharuan dalam Islam sebenarnya telah berlangsung lama sejak masa-masa awal sejarah Islam. Karena dalam setiap kali terjadi masalah baru yang belum ada ketentuan hokum sbekumnya, maka kaum muslim segera akan mencari jawabannya (berijtihad) melalui metode… a. Ijma’ b. Qiyas c. Ijma’ dan ijtihad d. Istinbat dan ijtihad e. Ijma’ dan qiyas 3. Pembaharuan Isalm mengandung maksud mengembalikan sikap dan pandangan hidup umat Islam agar sejalan dengan semangat al Qur’an dan as-Sunnah sebagaimana yang dicontohkan ulama salafus shalih terdahulu. Pemikiran pembaharuan atau modernisasi dunia Islam timbul karena adanya kontak yang terjadi antara dunia Islam dan Barat. Dengan adanya kontak tersebut, umat Islam pada abad XIX mulai menyadari bahwa mereka telah mengalami… a. Kemajuan dibandingkan dunia Barat b. Kemunduran dibandingkan dunia Barat c. Perkembangan peradaban seperti halnya dunia Barat d. Kemajuan kebudayaan dan peradaban dibanding dunia barat e. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dibandingkan dunia Barat  4. Sebelum periode modern, hubungan antara Islam dan Barat sebenarnya sudah terjadi, terlebih antara kerajaan Ustmani (yang menguasai daerah kekuasaan di darata Eropa) dengan beberapa negara Barat. Namun dengan kebudayaan Barat ini semakin intens saat jatuhnya kekuatan Mesir dan kemudian disusul dengan imperialisasi Barat terhadap negara-negara muslim lainnya. Penjajahan Mesir dilakukan oleh seorang  tokoh yang berasal dari Perancis yang bernama… a. Cristoper Columbus b. Vasco d agama c. Napoleon Bonaparte d. Leonardo Davinci e. Amerigo Vespuci 5. Gerakan pembaharuan dalam Islam yang oleh beberapa pakar disebut juga gerakan modeniasasi atau gerakan reformasi Islam, adalah gerakan yang dilakukan untuk menyesuaikan ajaran Islam dengan tatanan dunia baru yang diakibatkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Berkkut ini yang bukan termasuk factor pendorong lahirnya gerakan pembaharuan dan modernisasi Islam yaitu… a. Penaklukkan dunia Barat oleh negara Islam secara besar-besaran pada masa khalifah Umar bin Khattab b. Adanya sifat jumud (stagnan) yang telah membuat umat Islam berhenti berpikir dan berusaha c. Persatuan di kalangan umat Islam mulai terpecah belah d. Hasil adanya kontak yang terjadi antara dunia Islam dan barat e. Pembaharuan dalam Islam berbeda dengan renaissance dalam dunia Barat 6. Salah satu yang menjadi factor pendukung kemajuan bangsa Barat adalah aplikasi dari teori-teori baru dan hasil penelitian dalam bentuk mesin-mesin pendukung industry hingga muncul revolusi industry. Revolusi industry menimbulkan terjadinya perubahan secara besar-besaran di di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan terkonologi. Ekspansi dan imperialism (penjajahan) Bangsa Barat atas dunia Islam didasarkan pada 3 motivasi yaitu……… a. Motivasi ekspedisi dan ilmu pengetahuan b. Motivasi industri, sosial dan ekspedisi c. Motivasi ekonomi, politik dan budaya d. Motivasi ekonomi, politik dan agama e. Motivasi ekspedisi, sosial dan agama 7. Penjajahan yang dilakukan oleh Bangsa barat terhadap negara Islam tentunya telah meninggalkan beberapa dampak, baik dalam segi politik, sosial, ekonomi dan budaya. Beriku ini yang merupakan bahaya serius sebagai dampak peninggalan kolonisme dalam bidang politik yaitu… a. Penghalalan segala jenis makanan dan minuman b. Penghalalan segala bentuk dan jenis perjudian c. Penghalalan segala bentuk kesenangan duniawi d. Penghalalan segala cara untuk meraih tujuan e. Penghalalan segala jenis pergaulan lawan jenis 8. Muhammad Ali Pasya adalah seorang keturunan Turki yang lahir pada bulan Januaru 1765 M di Kawalla, bagian uatara Yunani dan wafat di Mesir pada tahun 1849. Beliau merupakan seorang pembaharu Islam pada abad 19 hingga abad 20 M. Beliau merupakan orang yang pertama kali meletakkan landasan kebangkitan modern di Mesir. Muhammad Ali Pasya merupakan salah satu tokoh modernisasi Islam keturunan… a. Kawalla b. Iran c. Turki d. Yunani e. Mesir 9. Muhammad Abduh adalah tokoh pembaharu Islam yang berasal dari Mesir. Pemikiran-pemikiran cemerlangnya mulai muncul ketika beliau dikirim belajar secara formal oleh ayahnya ke perguruan di Masjid Ahmadi yang terletak di desa Thanta di Mesir. Sebagai seorang pembaharu dalam dunia Islam, beliau melahirkan 3 agenda pembaharuan yaitu purifikasi, reformasi pendidikan Islam dan pembelaan atas Islam. Yang dimaksu “Purifikasi” dalam pemikiran Abduh adalah… a. Pemurnian ajaran Islam dari bid’ah dna khurafat yang masuk dalam kehidupan beragama kaum muslim b. Pembebasan negara Islam dari penjajahan bangsa barat baik dalam bidang ekonomi, agama dan politik c. Pemurnian ajaran Islam dari pengaruh agama lain di luar Islam d. Pemantapan Islam sebagai agama yang bersifat kontekstualisasi e. Pembinaan peradaban Islam dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya 10. Salah satu pemikiran Muhammad Abduh adalah menyerukan kepada umat Islam agar kembali pada al-Qur;an dan al Hadits serta kehidupan…. a. Sahabat b. Salafus sholeh c. Rasulullah saw d. Tabi’in e. Tabiut tabi’in 11. Untuk menentang penjajah terutama Inggris, Muhammad Abduh bersama al Afghani menerbitkan sebuah majalah yaitu… a. Al Waqiul Wutsqo b. Al Urwatul Wutsqo c. Al Urwatul Mishiriyah d. Al Waqiul Mishiriyah e. Al Waqiul Nadhoriyah 12. Jamaluddin al Afghani merupakan salah satu tokoh pembaharu Islam yang berasal dari Afganistan. Beliau berpendapat bahwa kemunduran umat Islam disebabkan antara lain karena umat Islam telah meninggalkan ajaran-ajaran Islam Islam sebenarnya. Selain itu, menurut beliau mundurnya umat Islam juga disebabkan oleh kondisi umat Islam yang terpecah belah. Al Afghani mengingkan adanya persatuan umat Islam baik yang negarnya sudah merdeka maupun yang masih dalam jajahan bangsa barat. Gagasannya ini terkenal dengan sebutan… a. Tajdid fil Islam b. Modernisasi Islam c. Purifikasi d. Pan Islamisme e. Ukhuwah Islamiyah 13. Sebelum kedatangan Islam, bangsa Indonesia sudah menganut berbagai macam kepercayaan seperti animisme (kepercayaan kepada roh-roh yang mendiami benda-benda seperti pohon, batu dan sebagainya) dan dinamisme (kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup). Kepercayaan inilah yang kemudian mulai hilang sejak datangnya Islam ke Indonesia. Agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui… a. Jawa b. Sumatera c. Sulawesi d. Kalimantan e. Papua 14.  Proses masuknya Islam ke Indonesia sampai sekarang masih dalam perdebatan. Salah satu yang menjadi focus perdebatan adalah tentang para pembawa agama Islam ke Indonesia. Teori ini dipopulerkan oleh seorang orientalis Belanda yang meneliti tentang Islam di Indonesia bernama Snouck Hurgronje. Ia menyatakan bahwa agama Islam baru masuk nusantara pada abad ke 13 M yang dibawa oleh para pedagang dari… a. India b. Persia c. Arab d. China e. Mesir 15. Teori Arab dalam sejarah masuknya Islam ke Indonesia mengatakan bahwa Islam datang ke Indonesia secara langsung dari Arab, tidak melalui perantara bangsa lain. Beberapa bukti sejarah dikemukakan untuk menguatkan teori ini. Teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah (Arab) sebagai pusat agama Islam sejak abad ke… a. 7 M b. 9 M c. 11 M d. 13 M e. 15 M 16. Selain  teori Gujarat dan Arab, terdapat pula teori Persia. Pencetus teori ini adalah Hoesein Djajaningrat. Teori Persia lebih menitikberatkan tinjauannya pada aspek kebudayaan di kalangan masyarakat Islam Indonesia yang dianggap memiliki persamaan dengan Persia. Berikut ini yang bukan termasuk kebudayaan masyarakat Islam Indonesia yang dianggap memiliki persamaan dengan Persia, yaitu… a. Peringatan 10 Muharram atau ‘Asyura b. Kesamaan konsep jaran sufisme yang dianut Syeikh Siti Jenar dengan al Hajjaj, seorang sufi besar dari Persia c. Penggunaan istilah bahasa Iran (Persia) dalam system mengeja huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi harakat d. Ditemukannya makam Raja Malik al Saleh  e. Adanya perkampungan Leren/Leran Gresik 17. Menurut teori China, proses kedatangan Islam ke Indonesia (khususnya di Jawa) berasal dari para perantau China. Menurut teori ini, orang China telah berhubungan dengan masyarakat Indonesia jauh sebelum Islam dikenal di Indonesia. Pada masa Hindu-Budha, etnis China atau Tiongkok telah berbaur dengan penduduk Indonesia terutama melalui hubungan… a. Perkawinan b. Pendikakan c. Perdagangan d. Pertanian e. Kebudayaan 18. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia dengan cara damai dan persuasive berkat kegigihan para ulama. Paling tidak terdapat beberapa strategi atau cara yang dipergunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia. Berikut ini yang merupakan strategi penyebaran Islam di Indonesia adalah… a. Perdagangan, perkawinan dan penaklukkan b. Perkawinan, pendidikan dan kesenian c. Pendidikan, penaklukkan dan tasawuf d. penaklukkan, tasawuf dan kesenian e. Kesenian, perkwainan dan penaklukkan 19. Berdasarkan data sejarah, perdagangan merupakan media dakwah yang paling banyak dilakukan oleh para penyebar Islam di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat dari adanya kesibukan lalu lintas perdagangan pada abad ke 7 hingga 16 M.  Jalur ini dimungkinkan karena orang-orang Melayu telah lama menjalin kontak dagang dengan orang Arab. Apalagi setelah berdirinya kerajaan Islam seperti kerajaan… a. Samudera Pasai b. Demak c. Ternate d. Tidore e. Cirebon 20. Proses penyebaran Islam di Indonesia banyak dilakukan melalui pernikahan antara para pedagang muslim dengan wanita Indonesia. Melalui pernikahan ini tidak hanya menjadikan penganut agama Islam semakin banyak, namun juga mengukuhkan generas-generasi Islam di Indonesia. Dari pernikahan ini kemudian terbentuklah komunitas-komunitas muslim di Indonesia. Sebagai contoh yang dapat dikemukakan adalah pernikahan antara Raden Rahmat atau Sunan Ampel dengan… a. Putri Campa b. Nyai Manila c. Putri Ayu d. Nyai Roro e. Putri Jayawijaya 21. Proses masuknya Islam juga dilakukan melalui jalur pendidikan.  Para ulama banyak yang mendirikan lembaga pendidikan Islam. Di lembaga inilah para ulama semakin menguatkan posisi agama Islam dengan pengajaran-pengajaran ke-Islaman. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang menjadi ciri awal penyebaran Islam adalah… a. Madrasah diniyyah b. Madrasah Ibtida’iyah c. Madrasah Tsanawiyah d. Madrasah Aliyah e. Pesantren 22. Sistem pendidikan pesantren merupakan adaptasi dari bentuk pendidikan biara dan asrama yang dikembangkan pendeta atau biksu dalam agama hindu dan Budha. Sistem pendidikan pesantren pertama kali diprakarsai oleh…. a. Sunan Muria b. Sunan Gresik c. Sunan Giri d. Sunan Bonang e. Sunan Gunung Jati 23. Salah satu strategi penyebaran Islam di Indonesia adalah melalui tasawuf. Para sufi memiliki sifat dan budi pekerti yang luhur sehingga memudahkan mereka bergaul dan memahami masyarakat. Dengan tasawuf, bentuk ajaran Islam yang disampaikan kepada penduduk pribumi dapat dengan mudah masuk kea lam pikiran mereka. Diantara para sufi yang memberikan ajaran Islam kepada masyarakat adalah… a. Syaikh Nawawi al Bantani b. Syaikh Yufuf al Makasari c. Syaikh Lemah Abang d. Syaikh Hasanuddin e. Syaikh Amirullah 24. Penyebaran Islam melalui kesenian atau budaya termasuk yang paling banyak mempengaruhi masyarakat, seperti wayang, sastra dan berbagai kesenian lainnya. Pendekatan jalur kesenian dilakukan para penyebar Islam untuk menarik perhatian masyarakat sehingga tanpa terasa mereka pun tertarik pada ajaran-ajaran Islam. Diantara wali songo yang dikenal sebagai seniman wayang adalah Sunan… a. Giri b. Ampel c. Bonang d. Kalijaga e. Gunung Jati 25. Di Kerajaan Banjar, dengan masuknya sang raja dalam agama Islam, perkembangan Islam menjadi semakin mudah karena raja menunjangnya dengan fasilitas dan kemudahan-kemudahan lain, hingga membawa masyarakat Banjar kepada kehidupan yang benar-benar bersendikan Islam. Secara konkrit, kehidupan keagamaan di kerajaan Banjar ini diwujudkan dengan adanya mufti dan qadhi (hakim) atas jasa Muhammad Arsyad al Banjari yang ahli dalam bidang… a. Fikih dan tauhid b. Tauhid dan tasawuf c. Tasawuf dan Fikih d. Tauhid dan kalam e. Fikih dan kalam 26. Di tengah proses transformasi sosial yang relative damai antara penyebar agama Islam dengan para penguasa dan masyarakat local, datanglah pedagang-pedagang barat. Berikut ini yang bukan termasuk pedagang Barat yang dimaksud dalam konteks ini adalah… a. Jerman b. Potugis c. Spanyol d. Belanda  e. Inggris 27. Selama masa penjajahan Jepang, pihak Jepang rupanya lebih memihak kepada kaum muslim dari pada kelompok nasionalis, karena mereka berusaha menggunakan doktrin-doktrin agama untuk tujuan perang mereka. Di bawah ini yang merupakan perangkat politik hasil bentukan Jepang yang dianggap menguntungkan kaum muslim yaitu… a. Masyumi (Majelis Syura Muslimin Indonesia) b. Nahdhatul Ulama c. Muhammadiyah d. Boedi Utomo e. Nadhdiyyin 28. Sejak abad ke 7 M, kawasan Asia tenggara telah bersentuhan dengan tradisi Islam. Ini terjadi karena para pedagang muslim yang berlayar di kawasan ini singgah untuk beberapa waktu. Di Indonesia, kehadiran Islam secara lebih nyata terjadi sekitar akhir abad ke 13 M, yakni dengan bukti adanya makam penguasa pertama kerajaan Samudera Pasai, yaitu… a. Maulana Makhdum Ibrahim b. Raja Barwijaya c. Malik As Shaleh d. Hasanuddin e. Syarif Hidayatullah 29. Penduduk asli pulau Kalimantan disebut masyarakat Dayak. Orang Dayak yang mendiami Pulau Kalimantan terdiri dari beberapa suku. Masing-masing suku mempunyai system kepercayaan sendiri. Tetapi pada dasarnya antar kepercayaan mereka itu mempunyai banyak kesamaan. Istilah paling popular untuk menyebut aliran kepercayaan mereka adalah kepercayaan… a. Kaharingan b. Animisme c. Dinamisme d. Paganisme e. Fatalisme 30. Menurut catatan perusahaan dagang Portugis yang datang pada tahun 1540, saat mereka datang ke Sulawesi di pulau itu sudah bisa ditemui pemukiman muslim di beberapa daerah. Meski belum terlalu besar, namun jalan dakwah tersu berlanjut hingga menyentuh raja-raja di Kerajaan Goa di Makasar. Raja Goa pertama yang memeluk Islam adalah… a. Sultan Hasanuddin b. Sultan Alaudi  al Awwal c. Sultan Muhammad d. Sultan Malik As Shalih e. Sultan Syarif Hidayatullah 31. Kepulauan Maluku yang terkenal kaya dengan hasil bumi yang melimpah membuat wilayah ini sejak zaman dulu dikenal dan dikunjungi para pedagang dari seantero dunia. Karena status itu pula Islam lebih dulu mampir ke Maluku sebelum datang ke Makasar dan kepulauan-kepualaun lainnya. Kerajaan terbesar di pulau ini adalah kerajaan… a. Tidore b. Cirebon c. Ternate d. Maluku e. Banjar 32. Beberapa kerajaan di kepualauan Maluku yang wilayah teritorialnya sampai ke pulau Cendrawasih ini menjadikan Islam masuk pula di pulau ini. Banyak kepala suku di wilayah Waigeo, Misoo dan beberapa daerah lain yang di bawah administrasi pemerintahan Kerajaan Bacan. Namun dibanding wilayah lain, perkembangan Islam di pulau Cendrawasih ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Pulau cendrawasih yang dimaksud dalam konteks ini adalah… a. Nusa Tenggara Barat b. Nusa Tenggara Timur c. Lombok d. Papua e. Ambon 33. Hubungan Sumbawa yang baik dengan kerajaan Makasar membuat Islam turut berlayar pula ke Nusa Tenggara. Sampai kini jejak Islam bisa dilacak dengan meneliti makam seorang mubaligh asal Makasar yang terletak di kota Bima. Begitu juga dengan makam Sultan Bima yang pertama kali memeluk Islam. Islam masuk ke wilayah Nusa Tenggara sejak awal abad… a. 13 M b. 14 M c. 15 M d. 16 M e. 17 M 34. Para ulama penyebar agama Islam di pulai Jawa sejak abad ke 14, tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya, Gresik, Lamongan di Jawa Timur, Demak, Kudus, Muria di jawa Tengah dan Cirebon di Jawa barat. Para Ulama tersebut lebih popular dikenal dengan sebutan… a. Salafus Sholih b. Ulama Nusantara c. Masyayikh  d. Wali Sanga e. Ulama Nahdhiyyin 35. Jauh sebelum Maulana Malik Ibrahim datang ke Pulau Jawa sebenarnya sudah ada masyarakat Islam di daerah-daerah Pantai Utara, termasuk di Leran. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya makam seorang wanita bernama… a. Fatimah Az Zahra b. Fatimah binti Maimun c. Siti Fatimah d. Fatimah binti Ahmad e. Fatimah binti Syarifuddin 36. Maulana Malik Ibrahim adalah keturunan ke 22 dari Nabi Muhammad saw. Beliau mengajarkan cara0cara baru bercocok tanam dan banyak merangkul rakyak kebanykan, yaitu golongan masyarakat Jawa yang tersisihkan di akhir kekuasaan Majapahit. Maulana Malik Ibrahim lebih dikenal dengan sebutan Sunan… a. Giri b. Gresik c. Bonang d. Ampel e. Muria 37. Sunan Ampel bernama asli raden Rahmat. Pesantrenya bertempat di Ampel Denta, Surabaya dan merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam tertua di Jawa. Ajaran raden Rahmat yang terkenal adalah Falsafah Moh Limo. Berikut ini yang bukan termasuk ajaran falsafah Moh Limo yang diajarkan oleh Raden Rahmat adalah… a. Moh Maen b. Moh Maling c. Moh Mucal d. Moh Madat e. Moh Madon 38. Sunan Giri lahir pada tahun 1412 M. Beliau memerintah kerajaan Giri kurang lebih 20 tahun. Sewaktu memerintah Giri Kedaton beliau bergelar Parbu Satmata. Pengaruh Sunan Giri sangat besar terhadap kerajaan Islam di Jawa maupun luar Jawa. Sebagai buktinya adalah adanya kebiasaan bahwa apabila seorang hendak dinobatkan menjadi raja haruslah mendapat pengesahan dari Sunan Giri. Nama asli Sunan Giri adalah… a. Raden Rahmat b. Sultan Syarif Hidayatullah c. Raden Qasim d. Raden Paku e. Maulana Malik Ibrahim 39. Diantara para ulama penyebara Islam di Pulau Jawa (Wali Sanga), yang dikenal sebagai seorang wali yang berdakwah sering mempergunakan kesenian rakyat untuk menarik simpati mereka dengan memainkan seperangkan gamelan adalah Sunan… a. Kalijaga b. Bonang c. Muria d. Kudus e. Giri 40. Para wali mengadopsi struktur atap masjid yang bersusun tiga, dari peninggalan tradisi lama (Hindu), kemudian memberikan makna baru bahwa bentuk atap susun tersebut melambangkan…. a. Jawa, Sumatra dan Kalimantan b. Iman, islam dan ihsan c. Arab, India dan Persia d. Islam, Hindu dan Budha e. Aqidah, Syari’ah dan tasawuf 41. Proses penyebaran Islam di wilayah Nusantara tidak dapat dilepas dari peran aktif para ulama. Melalui merekalah Islam dapat diterima dengan baik di kalangan masyarakat. Berikut ini yang bukan termasuk ulama penyebar Islam pasca wali songo adalah… a. Hamzah Fansuri b. Syaikh Muhammad Arsyad al Banjari c. Syaikh Yusuf al Makassari d. Syaikh Nawawi al Bantani e. Syaik Syarifuddin Hiadayatullah 42. Salah satu ulama penyebar Islam pasca wali songo, dalam kaitan dengan konteks keindonesiaan beliau dikenal dengan Bapak Pesantren Indonesia meskipun bukanlah pendiri pesantren pertama, namu karena tulisan-tulisannya yang berjumlah sekitar 115 buah kitab hamper seluruhnya diadopsi di pesantren-pesantren di Indonesia. Salah satu karya beliau adalah “Sullam al Munajat”. Ulama yang dimaksud adalah… a. Hamzah Fansuri b. Syaikh Muhammad Arsyad al Banjari c. Syaikh Yusuf al Makassari d. Syaikh Nawawi al Bantani e. Syaik Syarifuddin Hiadayatullah 43. Syaikh Kholil (biasa disebut Mbah kholil) merupakan salah satu ulama pasca wali songo yang mengawali pengembaraannya sekitar tahun 1850-an, ketika usianya menjelang 30 tahun. Mbah Kholil muda belajar kepada Kyai Muhammad Nur di Pondok Pesantren Langitan, Tuban Jawa Timur. Secara silsilah, Syaikh Kholil masih mempunyai pertalian darah dengan salah satu Wali Songo yaitu Sunan… a. Ampel b. Giri c. Kalijaga d. Gunung Jati e. Muria 44. KH Shaleh Darat merupakan seorang ulama besar pada zamannya. Ia disebut Kiai Shalih Darat karena ia tinggal di kawasan yang bernama Darat, suatu daerah yang berada di Pantai Utara… a. Surabaya b. Semarang c. Solo d. Lamongan e. Kudus 45. Ulama penyebar Islam pasca Wali Songo yang dikenal dengan resolusi jihadnya dan merupakan pendiri oragnisasi Islam terbesar di Indonesia adalah… a. KH Shaleh Darat b. KH Ahmad Dahlan c. KH Hasyim Asy’ari d. Syaikh Kholil e. KH Wahab Hasbullah 46. Penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia tidak terlepas dari keberadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan… a. Banjar b. Demak c. Ternate d. Cirebon e. Samudera Pasai 47. Sebuah kesultanan Islam ternama di Jawa Barat pada abad ke 15 dan 16 Masehi, dan merupakan pangkalan penting dalam jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau adalah kesultanan… a. Demak Bintoro b. Cirebon c. Banten d. Ternate e. Tidore 48. Menurut sumber Portugis, sebelumnya Banten  merupakan salah satu pelabuhan kerajaan Sunda. Kesultanan Banten berawal ketika Kesultanan Demak memperluas pengaruhnya ke daerah Barat. Pendiri Kesultanan Banten adalah… a. Sultan Hasanuddin b. Sunan Gunung Jati c. Sultan Demak Bintoro d. Sunan Muria e. Sunan Kalijaga 49. Dalam perkembangannya, kerajaan Islam ini memiliki peran yang sangat besar dalam proses penyebaran agama Islam di tanah air. Berikut ini yang bukan termasuk peran dari kerajaan Islam adalah… a. Mengenalkan ajaran Islam kepada penduduk di kerajaan tersebut b. Mengubah budaya upeti yang banyak digunakan di zaman kerajaan sebelumnya c. Menciptakan tata kehidupan baru yang lebih sesuai dengan apa yang ada pada ajaran Islam d. Kerajaan Islam memiliki kewajiban untuk menciptkana kedamaian kepada seluruh rakyat e. Memudahkan transaksi perdagangan sehingga mudah untuk memonopolinya 50. Penyebaran agama Islam di Nusantara (Indonesia) memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan penyebaran Islam di negara-negara lain. Kekhasan penyebaran agama Islam di Nusantara adalah… a. Islam disebarkan melalui jalan damai tanpa paksaan b. Islam disebarkan melalui ekspansi wilayah c. Penyebaran Islam dilakukan melalui penaklukkan  d. Masuknya Islam di Nusantara melalui jalan peperangan e. Islam di Nusantara disebarkan melalui para imigran


Post a Comment for "SOAL PAS BIDANG STUDI SKI KELAS XII MADRASAH ALIYAH DAN KUNCI JAWABAN"