SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X (SEPULUH) TINGKAT MADRASAH ALIYAH PROGRAM UMUM T.P 19/20 BARU
1. Pada permulaannya bangsa Arab Quraisy telah mengikuti dan meyakini agama Hanifiyah yang artinya benar dan lurus. Karena itu, sejak dulu ajaran tauhid sudah mengakar di hati masyarakat Arab. Pelopor dari agama Hanifiyyah yaitu…
a. Nabi Isa a.s
b. Nabi Musa a.s
c. Nabi Ibrahim a.s
d. Nabi Ayub a.s
e. Nabi Yahya a.s
2. Selain menyembah berhala, masyarakat Arab sebelum Islam datang juga telah mengenal agama Yahudi dan Nasrani. Agama Yahudi dan Nasrani merupakan agama yang datang lebih dulu sebelum datangnya agama Islam. Agama Yahudi mulai masuk ke Jazirah Arab tahun 1491 SM. Sedangkan agama Nasrani masuk ke Jazirah Arab sekitar abad ke 4 M. Agama Nasrani berkembang di Jazirah Arab karena mendapat bantuan dari kerajaan …
a. Romawi
b. Habsyi
c. Byzantium
d. Persia
e. Jawaban a dan b benar
3. Tata sosial bangsa Arab sebelum Islam terkenal pemberani di dalam membela pendirian. Mereka tidak mau mengubah pendirian serta tata cara hidup yang sudah menjadi kebiasaannya. Moral dan prilaku bangsa Arab sebelum Islam sangat rusak sehingga disebut sebagai kaum….
a. Jahiliyyah
b. Makiyyah
c. Madaniyyah
d. Misniyyah
e. Kaisaniyyah
4. Pada malam bertepatan dengan malam Jum’at tanggal 17 Ramadhan, yaitu ketika beliau sedang bertafakkur di dalam Gua Hira’ dan telah berusia 40 tahun, beliau didatangi malaikat Jibril seraya berkata kepadanya: “Bacalah!”, ya Muhammad, beliau menjawab: “Saya tidak bisa membaca”. Malaikat Jibril memeluk Nabi Muhammad saw mengulangi perintah ini untuk kedua kalinya. Dan pada yang ketiga kalinya, Nabi Muhammad saw berkata apa yang harus saya baca, lalu Jibril berkata kepadanya, dengan membawa wahyu pertama dari Allah swt yaitu…
a. Q.S Al Ikhlas ayat 1-4
b. Q.S Al Muddatsir ayat 1-7
c. Q.S Al Baqarah ayat 1-5
d. Q.S al ‘Alaq ayat 1-5
e. Q.S Al-Maidah ayat 3
5. Dengan melihat kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam datang, baik dari system peribadatan dan tata sosial maka subtansi dakwah Islam periode Mekkah yang dilakukan oleh Rasulullah saw lebih menekankan pada aspek…
a. Akidah dan Akhlak
b. Akhlak dan Syari’ah
c. Syariah dan Mu’ammalah
d. Mu’ammalah dan Akidah
e. Akidah dan Syari’ah
6. Pada fase permulaan dakwah di Mekkah Rasulullah saw menyerukan dakwah Islam secara sembunyi-sembunyi kepada keluarga dan sahabat dekatnya. Pada fase ini terdapat sejunlah orang yang menyatakan diri masuk Islam. Golongan orang-orang yang pertama kali masuk Islam dikenal dengan sebutan…
a. Assabiqunal Akhirun
b. Assabiqunal Jamilun
c. Assabiqunal Awwalun
d. Assabiqunal Muslimun
e. Assabiqunal Jahidun
7. Setelah Rasulullah saw melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi, kemudian beliau melanjutkan dakwah secara terang-terangan setelah Allah swt menurunkan firman-Nya yaitu…
a. Q.S Al ‘Alaq ayat 1-5
b. Q.S Al Muddatsir ayat 1-7
c. Q.S Asyu’ara ayat 214
d. Q.S Al Hijr Ayat 94
e. Q.S Al Maidah ayat 3
8. Nabi Muhammad saw telah melaksanakan dakwah di Mekkah selama kurang lebih 13 tahun, akan tetapi yang beriman diantara mereka hanya beberapa saja, mereka masih tetap musyrik dan selalu mengganggu jalan dakwah Islan dengan berbagai cara, bahkan mereka juga berusaha membunuh nabi Muhammad saw serta para pengikutnya. Beberapa tempat sudah pernah dicoba untuk berhijrah dan apada akhirnya Yatsrib (Madinah) merupakan alternative yang paling baik untuk dijadikan pusat kegiatan dakwah Islam. Kondisi sosial kultural masyarakat Madinah sebelum datangnya Islam sangat beragam. Inilah yang menyebabkan sering terjadinya perselisihan antar suku. Dua suku yang sering berselisih yaitu…
a. Aus dan Khazraj
b. Khazraj dan Nadhir
c. Aus dan Nadhir
d. Khazraj dan khainuqo’
e. Aus dan Khainuqo’
9. Seiring dengan hijrah Nabi Muhammad saw ke Madinah, perkembangan Islam dan peradaban nmengalami kemajuan. Kesuksesan Nabi Muhammad saw dalam mengembangkan Islam dan peradaban di Madinah tidak terlepas dari upaya beliau dalam melakukan beberapa kebijakan. Berikut ini yang bukan termasuk kebijakan Rasullullah saw di Madinah yaitu…
a. Mempersaudarakan antara kaum Muhajjrin dan Anshar
b. Meletakkan dasar-dasar politik dan tatanan sosial masyarakat dalam Piagam Madinah
c. Mendirikan masjid Nabawi
d. Membuat perjanjian Aqabah
e. Mengembangkan pendidikan dan dakwah
10. Berbeda dengan masyarakat Mekkah pra Islam, dalam soal ketuhanan masyarakat Madinah lebih dulu mengenal agama Islam. Karena itu, subtansi dakwah antara periode Mekkah dan Madinah juga berbeda. Subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah lebih menekankan pada aspek…
a. Akidah dan Akhlak
b. Akhlak dan Syari’ah
c. Syariah dan Mu’ammalah
d. Mu’ammalah dan Akidah
e. Akidah dan Syari’ah
11. Fathul Makkah artinya penaklukkan kota Mekkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke delapan Hijrinyyah. Rsulullah saw memutuskan untuk menaklukkan kota mekkah dengan membawa pasukan sejumlah 10.000 orang menuju Mekkah. Kaum muslimin memasuki kota Mekkah tanpa terjadi peperangan, dimana kaum kafir Quraisy menyerah dan tidak melakukan perlawanan. Hal yang melatar belakangi terjadinya Fathul Mekkah adalah…
a. Kekalahan kaum kafir Quraisy dalam beberapa peperangan diantaranya perang Uhud
b. Kaum Kafir Quraisy telah mengkhianati perjanjian Hudaibiyah
c. Penyerangan kaum kafir Quraisy pada perang Ahzab
d. Pemberontakan yang dilakukan oleh kaum kafir terhadap kaum muslimin
e. Kaum kafir Quraisy masih tetap pada pendiriannya dalam menyembah berhala
12. Pada waktu pelaksanaan haji wada’ tahun ke 10 Hijriyyah turunlah wahyu terakhir yang menunjukkan bahwa agama Islam pada saat itu telah dinyatakan sempurna oleh Allah. Begitu pula tugas Rasulullah saw dalam menyampaikan dakwah telah selesai. Wahyu terkahir yang dimaksud adalah…
a. Q. S Al Maidah ayat 5
b. Q. S An-Nas ayat 1-6
c. Q. S Al Isro’ ayat 3
d. Q.S Al Hijr ayat 98
e. Q.S Al A’raf ayat 12
13. Khalifah merupakan jabatan tertinggi dalam kepeminpinan Islam pasca Rasulullah saw wafat. Mereka dipilih oleh umat Islam melalui musyawaroh. Seorang khalifah wajib menjalankan kepemimpinan sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunna Nabi saw. Para khalifah yang terdiri dari empat sahabat nabi, yang memimpin umat Islam pasca Rasulullah saw dikenal dengan sebutan…
a. Khalifah Ar-Rasyid
b. Khulafa Ar-Rasyid
c. Khulfaurrasyid
d. Khulafaurrasyidin
e. Khalifaturrasyidin
14. Perhatikan beberapa nama sahabat berikut ini:
- Usman bin Affan
- Umar bin Khattab
- Abu Bakar Ash-Shiddiq
- Ali bin Abi Thalib
Dalam sejarah, tugas Nabi Muhammad saw sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara diemban oleh empat sahabat terdekatnya secara berurutan. Termasuk dalam tugas tersebut adalah mengurus masalah keagamaan. Keempat khalifah tersebut secara beurutan ditunjukkan oleh nomor…
a. 3, 1, 2 dan 4
b. 3, 2, 1 dan 4
c. 3, 4, 2 dan 1
d. 3, 4, 2 dan 1
e. 1, 2, 3 dan 4
15. Abu Bakar lahir pada tahun 572 M di Mekkah, tidak berapa lama setelah Nabi Muhammad saw lahir. Karena kedekatan usia inilah Abu Bakar seja kecil bersahabat dengan nabi. Persahabatan keduanya tak terpisahkan, baik sebelum maupun sesudah Islam datang. Nama Asli Abu Bakar Adalah…
a. Abdullah ibnu Abi Sufyan
b. Abdul Ka’bah
c. Abdulah ibnu Abi Quhafah at-Tamimi
d. Abdullah ibnu Walid
e. Abdullah bin Musa at-Tamimi
16. Abu Bakar sering kali dipanggil Atiq atau yang tampan, karena ketampanannya. Sementara itu, Rasulullah saw sendiri memberikan gelar Abu Bakar dengan Ash-Shiddiq. Gelar tersebut diberikan kepada Abu Bakar karena Abu Bakar…
a. telah membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj nabi ketika pendudukan Mekkah Banyak yang mengingkarinya
b. merupakan sahabat yang jujur dalam perkataan dan perbuatan semenjak kecil
c. terkenal akan kedermawanannya dalam membela kepentingan Islam
d. termasuk salah satu sahabat Rasulullah saw dari golongan As-sabiqunal Awwalun
e. sahabat terdekat Rasulullah saw seja kecil hingga dewasa yang setia mendampingi dan membela Rasulullah saw
17. Abu Bakar adalah seorang sahabat nabi yang terkenal akan kedermawanannya. Demi mebela kaum muslimin yang tertindas di Mekkah, Abu Bakar tak segan-segan mengeluarkan hartanya. Salah satu kisah terkena yang menggambarkan kedermawanannya ketika ia menebus seorang budak yang bernama…
a. Sumayyah bin Khilaf
b. Bilal bin Walid
c. Zaid bin Haristah
d. Bilal bin Rabah
e. Umayyah bin Khallaf
18. Peran Abu bakar dalam dakwah Islam sangatlah besar. Melalui Abu Bakar banya penduduk Mekkah yang menyatakan diri masuk Islam, yang kemudian mereka dikena dengan sebutan As-sabiqunal Awwalun. Berikut ini yang bukan termasuk para sahabat yang masuk Islam atas ajakan Abu Bakar adalah…
a. Umar bin Khattab
b. Usman bin Affan
c. Abdurrahman bin Auf
d. Thalhah bin Ubaidillah
e. Sa’ad bin Abi Waqash
19. Setela masuk Islam, Abu Bakar menjadi pembela Nabi saw yang paing kukuh, baik ketika di Mekkah maupun di Madinah. Abu Bakar yang menemani nabi saw melakukan hijrah ke Yatsrib (Madina). Setela tiba di Madinah, Abu Bakar tinggal di Sunh, daerah pinggiran kota Madinah. Di kota tersebut, Abu Bakar dipersaudarakan dengan seorang dari suku Khazraj yang bernama…
a. Sa’aad bin Ubadah
b. Kharijah bin Zaid
c. Khalid bin Walid
d. Thalhah bin Ubaidillah
e. Zubair bin Awwam
20. Setelah Rasulullah saw wafat, kaum muslimin dihadapkan sesuatu problema yang berat, karena nabi saw sebelum wafat tidak meninggalkan pesan apa dan siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin umat. Di tengah kekosongan pemimpin tersebut, ada golongan sahabat dari Anshar yang berkumpul di suatu tempat yang bernama…
a. Sa’idah Bani Saqifah
b. Saqifah Bani Sa’diyah
c. Saqifah Bani Sa’idah
d. Sa’idah Bani Saqfiyah
e. Saqifa Bani Sa’dah
21. Pertemuan golongan Anshar tersebut dipimpin oleh seoranf sahabat yang sangat dekat dengan Rasulullah saw, yang merupakan tokoh terkemuka suku Khazraj yang bernama…
a. Sa’ad bin Ubaidillah
b. Thalhah bin Ubaidillah
c. Sa’ad bin ABi Waqash
d. Sa’ad bin Ubadah
e. Ubaidah bin Jarrah
22. Pertemuan yang dilakukan oleh golongan Anshar tersebut, juga dihadiri para sahabat dari golonngan Muhajjirin. Pada akhirnya kedua golongan tersebut bersepakat untuk membaiat Abu Bakar sebagai khalifah, menggantikan Rasulullah saw dalam memimpin umat. Dengan demikian, proses pemilihan khaifah Abu Bakar dilakukan melalui…
a. Vooting
b. Musyawarah
c. Penunjukan langsung
d. Dewan Syuro
e. Diplomasi
23. Khalifah kedua setela Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah Umar bin Khattab. Umar bin Khattab merupakan putera dari Khattab bin Nufail a –Quraisy dari suku Bani…
a. Quraisy
b. Aus
c. Adi
d. Khazraj
e. Haristah
24. Keislaman Umar bin Khattab terbukti membawa kemajuan pesat bagi Islam. Kaum muslimin menjadi terang-terangan melakukan Shalat dan Thawaf. Umar juga tidak takut menentang pamannya sendiri, Abu Jahal seorang yang paing membenci Islam. Karena ketegasannya, Umar mendapat julukan “Al-Faruq” yang berarti…
a. Jujur dalam berkata dan bertindak
b. Dermawan dalam membela agama Islam
c. Singa Allah swt
d. Setia dalam memperjuangkan Islam
e. Pembeda antara yang baik dan buruk
25. Ketika Nabi saw memutuskan untuk hijrah ke Yatsrib, Umar bin Khattab bersama kaum muhajjirin lainnya berangkat mendahului Rasulullah saw dan Abu Bakar. Di kota Madinah, Umar dipersaudarakb dengan sahabat Anshar, yaitu…
a. Sa’ad bin Ubadah
b. Thalhah bin Ubaidillah
c. Utban bin Malik
d. Malik bin Utbah
e. Zubair bin Awwam
26. Pada tahun 634 M, ketika pasukan muslim sedang bergerak menaklukkan Syam, Abu Bakar jatuh sakit. Ketika itulah, Abu Bakar berpikir untuk menunjuk satu orang penggantinya. Pilihannya jatuh kepada Umar bin Khattab. Pandangannya yang jauh membuat Abu Bakar yain bahwa Umarlah pemimpin yang tepat untuk menggantikannya. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat diketahui bahwa proses pemilihan Umar bin Khattab sebagai khalifah kedua melaui…
a. Musyawaroh
b. Vooting
c. Penunjukkan langsung khalifah terdahulu
d. Dewan Syuro
e. Pemilu
27. Sebelum menentukan orang yang akan menjadi penggantinya, Abu Bakar meminta pertimbangan dan penilaian dari para sahabat mengenai Umat. Berikut ini yang bukan termasuk sahabat yang dimintai penilaian tentang Umar bin Khattab adalah…
a. Abdurrahman bin Auf
b. Usman bin Affan
c. Asid bin Hudhair
d. Said bin Zaid
e. Sa’ad bin Ubadah
28. Umar bin Khattab dibaiat sebagai khalifa kedua, menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq pada tahun…
a. 634 M
b. 635 M
c. 636 M
d. 637 M
e. 638 M
29. Di hadapan Rasulullah saw Usman bin Afan mempunyai kedudukan mulia. Nabi saw sangat mengagumi ketampanan dan kemuliaan budi pekertinya. Karena itulah setelah Ruqayah wafat, Nabi saw menikahkan Usman dengan Ummu Kulsum salah satu putri Rasulullah saw. Pernikahannya dengan dua putri Rasulullah saw inilah yang menjadikan Usman dijuluki…
a. Dzun Nurain
b. Ash-Shiddiq
c. Al Faruq
d. Asadullah
e. Al-Amin
30. Kedudukan Usman bin Affan yang begitu mulia di sisi Nabi saw membuatnya dihormati oleh kaum muslimin. Pada masa Abu Bakar dan Umar, pendapat Usman senantiasa didengarkan dan diperhatikan. Tidaklah mengeharankan juka Umar bin Khattab menunjuknya sebagai slah satu anggota dari…
a. As-Sabiqunal Awwalun
b. Muhajjirin
c. Anshar
d. Dewan Syuro
e. Dewan Syurthah
31. Perhatikan beberapa nama sahabat berikut ini:
- Abdurrahman bin Auf
- Zubair bin Awwam
- Sa’ad bin Abi Waqash
- Ubaidillah bin Jarrah
- Thalhah bin Ubaidillah
- Ali bin ABi Thalib
- Usman bin Affan
Setelah ditikam oleh Abu Lu’luah fairuz, Umar bin Khattab masih bertahan selama beberapa hari. dalam keadaan sakit, beliau membentuk sebuah dewan yang beranggotakan enam orang. Keenam sahabat yang dimaksud ditunjukkan oleh nomor…
a. 1,2,3,4,5 dan 6
b. 2,3,4,5,6, dan 7
c. 3,4,5,6,7, dan 1
d. 4,5,6,7,1 dan 2
e. 5,6,7,1,2 dan 3
32. Salah satu yang menjadi pertimbangan terpilihnya Usman bin Affan sebagai khalifah ketiga menggantikan Umar bin Khattab adalah factor usia. Pada saat dibaiat sebagai khalifah ketiga, Usman bin Affan berusia…
a. 60 tahun
b. 65 tahun
c. 70 tahun
d. 75 tahun
e. 80 tahun
33. Ali bin Abi Thalib lahir pada hari Jum’at tanggal 13 Rajab di kota Mekkah sekitar tahun 600 M. Beliau lahir dari pasangan Abu Thalib dan ibunya yang bernama…
a. Fatimah binti Khuwailid
b. Fatimah binti Asad
c. Fatimah binti Abdullah
d. Fatimah binti Khillaf
e. Fatimah binti Hasyim
34. Ali bin Abi Thalib adalah seorang perwira yang tangkas, cerdas, tegas, teguh pendirian dan pemberani. Tidak ada yang meragukan keperwiraannya. Berkat keperwiraannya tersebut Ali bin ABi Thalib mendapat julukan…
a. Dzun Nurain
b. Ash-Shiddiq
c. Al Faruq
d. Asadullah
e. Al-Amin
35. Beberapa sahabat terkemuka seperti Zubair bin Awwam dan Thalhah bin Ubaidillah, ingin membaiat Ali sebagai khalifah keempat menggantikan Usman bin Affan. Namun Ali belum mengambil tindakan apapun. Setelah terus didesak, Ali akhirnya bersedia dibaiat menjadi khalifah pada tanggal 24 Juni 656 M bertempat di…
a. Masjidil Haram
b. Masjid Nabawi
c. Masjid Quba
d. Saqifah Bani Sa’idah
e. Makkah
36. Abu Bakar menjadi khalifah hanya dua tahun.Selama dua tahun menjabat khalifah Abu bakar mempunyai beberapa kebijakan, yang salah satunya adalah pembukuan al Qur’an. Pembukuan al-Qur’an pada masa khalifah Abu bakar Ash-Shiddiq ini sangat perlu unuk dilakukan karena…
a. Banyak para penghafal al-Quran yang gugur dan menjadi korban dalam perang riddah, akibatnya al-Qur’an bisa hilang dengan gugurnya para huffadz
b. Banyaknya para penghafal al-Quran yang memiliki perbedaan dialektika dalam membaca al-Qur’an
c. Untuk menyeragamkan bacaan al-Qur’an sehingga dapat dijadikan acuan bagi seluruh umat muslim di dunia
d. Dijadikan sebagai standarisasi mushaf bagi seluruh umat muslim dan dapat diwariskan kepada generasi mendatang
e. Melihat banyaknya para penghafal al-Qur’an yang gugur dalam perang Siffin melawan kekuasaan Muawiyyah bin Abi Sufyan
37. Pembukuan al-Qur’an yang dilakukan pada masa khalifah Abu BakarAsh-Shiddiq merupakan usulan dari salah satu sahabat nabi Muhammad saw. Sahabat yang dimaksud adalah…
a. Umar bin Khattab
b. Ali bin Abi Thalib
c. Abdurrahman bin Auf
d. Sa’ad bin Abi Waqash
e. Thalhah bin Ubaidillah
38. Salah satu yang menjadi tantangan terbesar khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah memerangi kaum murtad dan para pembangkang yang enggan membayar zakat. Perang pada masa Abu Bakar dikena dengan sebutan perang…
a. Tabuk
b. Badar
c. Riddah
d. Siffin
e. Jamal
39. Ketika Abu Bakar menjabat sebagai khalifa pertama, beliau juga melakukan upaya memperluas wilayah kekuasaan Islam ke daerah Syiria. Untuk keperluan tersebut, Abu Bakar Ash-Shiddiq menugaskan empat orang panglima perang. Berikut ini yang bukan termasuk panglima perang yang mendapat tugas dari khalifah Abu bakar dalam upaya perluasan wilayah ke Syiria adalah…
a. Yazid bin Abu Sufyan yang ditugaskan di Damaskus
b. Abu Ubaidah bin Jarrah ditugaskan di Hims
c. Amru bin Ash ditugaskan di Palestina
d. Surahbil bin Hasanah ditugaskan di Yordania
e. Walid bin Utbah di Yaman
40. Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, usaha pengembangan wilayah Islam terus dilanjutkan. Khlifah Umar juga mengembangkan kekuasaan Islam ke Mesir di bawah pimpinan…
a. Khalid bin Walid
b. Amr bin Ash
c. Yazid bin Abu Sufyan
d. Abu Ubaidah bin Jrrah
e. Surahbil bin Hasanah
41. Ketika Khalifah Umar bin Khattab mengembangkan kekuasaan Islam di Mesir, pada saat itu penduduk Mesir, yaitu suku bangsa Qibti sedang mengalami penganiayaan dari Bangsa Romawi dan sangat mengharapkan bantuan dari orang-orang Islam. Sasaran pertama dalam mengembangkan Islam di Mesir adalah menghancurkan pintu gerbang…
a. Al-Arisy
b. Al-Farma
c. Bilbis
d. Tendonius
e. Ain Sams
42. Diantara jasa dan peninggalan Umar bin Khattab selama menjabat sebagai khalifah adalah menertibkan pemerintahan dengan mengeluarkan undang-undang. Sala satunya adalah diadakannya kebijakan peraturan perundangan mengenai…
a. Baitul Maal
b. Baitul Hikmah
c. Ketertiban pasar
d. Perluasan wilayah
e. Departemen pemerintahan
43. Semasa menjabat sebagai khalifah, Umar bin Khattab juga membentuk beberapa dewan, diantaranya Dewan Perbendaharaan Negara, Dewan Militer dan Kehakiman. Hakim yang terkenal pada masa ini adalah…
a. Zubair bin Awwam
b. Thalhah bin Ubaidillah
c. Ali bin Abi Thalib
d. Abu Ubaidah bin Jarrah
e. Sa’ad bin Abi Waqash
44. Pada masa khalifah Usman bin Affan terdapat juga beberapa upaya perluasan daerha kekuasaan Islam diantaranya adala melanjutkan usaha penakluan Persia. Usaha perluasan daerah kekuasaan Islam tersebut lebih lancer lagi setelah dibentuknya armada laut. Berikut ini yang bukan termasuk wilayah yang berhasil ditalukkan pada masa khalifah Usman bin Affan adalah…
a. Asia Kecil
b. Pesisir Laut Hitam
c. Tunisia
d. Mesir
e. Rhodes
45. Pada dasarnya al-Qur’an diturunkan dengan beragam cara baca. Pada masa khalifah Usman, terjadi perselisihan di tengah kaum muslimin perihal cara baca al-Qur’an (qira’at). Karena peselisihan ini, hampir saja terjadi perang saudara. Kondisi inilah yang melatarbelakangi khalifah Usman memutuskan untuk melakukan penyeragaman cara baca al-Qur’an (standarisasi al-Qur’an). Kebijakan standarisasi al-Qur’an pada masa khalifah Usman ini dilakukan atas laporan salah satu sahabat yang bernama…
a. Hudzaifah al Yamani
b. Thalhah bin Ubaidillah
c. Ali bin Abi Thalib
d. Zubair bin Awwam
e. Zaid bin Tsabit
46. Perhatikan beberapa beberapa wilayah berikut ini!
- Mesir
- Syam
- Yaman
- Andalusia
- Kuffah
- Basrah
- Mekkah
Dalam menyusun car abaca al-Qur’an resmi ini, Khalifah Usman melakukannya berdasarkan cara baca yang dipakai dalam al-Qur’an yang disusun oleh Abu Bakar. Setelah pembukuan selesai, dibuatlah beberapa salinannya untuk dikirim ke beberapa wilayah yang ditunjukkan pada nomor…
a. 1,2,3,4,5 dan 6
b. 2,3,4,5,6, dan 7
c. 3,4,5,6,7, dan 1
d. 4,5,6,7,1 dan 2
e. 5,6,7,1,2 dan 3
47. Setelah dilakukan standarisasi al-Qur’an pada masa khalifah Usman, kemudian dibuat beberapa salinan untuk dikirim ke beberapa wilayah. Satu mushaf kemudian disimpan di…
a. Mekkah
b. Madinah
c. Irak
d. Iran
e. Yaman
48. Khalifah Ali bin Thalib memerintah hanya enam tahun. Selama masa pemerintahannya, ia menghadapi berbagai pergolakan. Tidak ada masa sedikir pun dalam pemerintahannya yang dapat dikatakan stabil. Setelah menduduku jabatan khalifah terdapat beberapa kebijakan yang dilakukan beliau. Berikut ini yang bukan termasuk kebijakan khalifah Ali bin Abi Thalib adalah…
a. Memecat para gubernur yang diangkat oleh khalifah Usman bin Affan
b. Penarikan kembali tanah hadiah
c. Perluasan wilayah secara besar-besaran (Futuhat Islamiyah)
d. Menghadapi para pemberontak dalam perang jamal
e. Menghadapi perlawanan Muawiyah bin Abi Sufyan dan pendukungnya
49. Pada masa khalifah Ali bin Thalib terjadi pemberontakan dan perlawanan dari Thalhah, Zubair dan Aisyah. Pemberontakan inilah yang kemudian berujung pada terjadinya sebuah peperangan yang dikenal dengan perang Jamal. Adapun alasan yang mendasari terjadinya pemberontakan ini adalah…
a. Ketidaksepakatan mereka atas pembaiatan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah keempat menggantikan Usman bin Affan
b. Ali bin Abi Thalib tidak mau menghukum para pembunuh Usman dan mereka menuntut bela terhadap darah Usman yang telah ditumpahkan secara Dzalim
c. Ali bin Abi Thalib tidak mau melakukan perluasan wilayah sebagaimana yang telah dilakukan khalifa sebelumnya
d. Para pejabat yang diangkat oleh khalifah Ali bin Abi Thalib berasal dari keluarga dan kerabat sendiri
e. Jabatan khalifah pada masa Ali bin Abi Thalib hanya bersifat symbol dan khalifah tidak memiliki peran sebagai seorang pemimpin negara
50. Bersamaan dengan itu, beberapa kebijakan yang dilakukan oleh kalifah Ali bin Abi Thalib juga mengakibatkan timbulnya perlawanan dari Gubernur di Damaskus, yaitu Muawiyah bin Abi Sufyan, yang didukung oleh sejumlah mantan pejabat tinggi yang merasa kehilangan kedudukan dan kejayaan. Perlawanan inilah yang kemudian memunculkan peperangan yang dikenal dengan perang…
a. Yarmuk
b. Tabuk
c. Jamal
d. Siffin
e. Riddah
KUNCI JAWABAN
- C (Nabi Ibrahim a.s)
- E (Romawi dan Habsyi)
- A (Jahiliyyah)
- D (Q.S al ‘Alaq ayat 1-5)
- A (Akidah dan Akhlak)
- C (Assabiqunal Awwalun)
- D (Q.S Al Hijr Ayat 94)
- A (Aus dan Khazraj)
- D (Membuat perjanjian Aqabah)
- C (Syariah dan Mu’ammalah)
- B (Kaum Kafir Quraisy telah mengkhianati perjanjian Hudaibiyah)
- A (Q. S Al Maidah ayat 5)
- D (Khulafaurrasyidin)
- B (3, 2, 1 dan 4 : Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib)
- C (Abdulah ibnu Abi Quhafah at-Tamimi)
- A (telah membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj nabi ketika pendudukan Mekkah Banyak yang mengingkarinya)
- D (Bilal bin Rabah)
- A (Umar bin Khattab)
- B (Kharijah bin Zaid)
- C (Saqifah Bani Sa’idah)
- D (Sa’ad bin Ubadah)
- B (Musyawarah)
- C (Adi)
- E (Pembeda antara yang baik dan buruk)
- C (Utban bin Malik)
- C (Penunjukkan langsung khalifah terdahulu)
- E (Sa’ad bin Ubadah)
- A (634 M)
- A (Dzun Nurain)
- D (Dewan Syuro)
- E (5,6,7,1,2 dan 3)
- C (70 tahun)
- B (Fatimah binti Asad)
- D (Asadullah)
- B (Masjid Nabawi)
- A (Banyak para penghafal al-Quran yang gugur dan menjadi korban dalam perang riddah, akibatnya al-Qur’an bisa hilang dengan gugurnya para huffadz)
- A (Umar bin Khattab)
- C (Riddah)
- E (Walid bin Utbah di Yaman)
- B (Amr bin Ash)
- A (Al-Arisy)
- C (Ketertiban pasar)
- C (Ali bin Abi Thalib)
- D (Mesir)
- A (Hudzaifah al Yamani)
- E (5,6,7,1,2 dan 3)
- B (Madinah)
- C (Perluasan wilayah secara besar-besaran (Futuhat Islamiyah)
- B (Ali bin Abi Thalib tidak mau menghukum para pembunuh Usman dan mereka menuntut bela terhadap darah Usman yang telah ditumpahkan secara Dzalim)
- D (Siffin)
Terimakasih banyak,sangat membantu bagi saya sebagai referensi soal. semoga Allah membalas atas kebaikannya.
ReplyDelete