Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUGAS AKHIR MODUL 6 PEDAGOGIK PPG 2019 DALAM JABATAN

 

 

TUGAS AKHIR MODUL 6

PENILAIAN HASIL BELAJAR

PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019

 

 

 

 

Nama Peserta                    : KUSMIARSEH, M.Pd.I

NUPTK                               : 1042766666300013

Nomor Peserta                  : 1042766666300013

Bidang Studi Sertifikasi   : Sejarah Kebudayaan Islam

Sekolah Asal                     : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember


TUGAS MODUL 6 : PENILAIAN HASIL BELAJAR

Setelah Bapak/Ibu mendalami Kegiatan Belajar 1 sampai dengan Kegiatan Belajar 4, tentunya Bapak/Ibu memiliki keinginan bagaimana menerapkan konsep-konsep tersebut kan? Bersama tugas ini, Bapak/Ibu diharapkan melakukan sebagai berikut:

Pilihlah dua Kompetensi Dasar sesuai mata pelajaran yang Anda ajarkan. Kembangkan soal tes tertulis bentuk pilihan ganda (lima alternatif jawaban) untuk mengukur penguasaan kognitif siswa terhadap materi kedua KD tersebut

 KISI-KISI SOAL PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

 

Satuan Pendidikan      : MAS. Annuriyyah Rambipuji Jember

Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester          : X (Sepuluh) / Ganjil

Program                      : Umum

Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

Jumlah Soal                : 20 Butir Soal

Penyusun                    : Kusmiarseh, M.Pd.I

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

NOMOR SOAL

1.

Memahami  peradaban Masyarakat Makkah  sebelum Islam

Peradaban Masyarakat Mekkah sebelum Islam

1.   Siswa dapat menyebutkan agama masyarakat Mekkah Sebelum Islam

L1

1

2.   Siswa dapat mengidentifikasi system peribadatan masyarakat Mekkah Sebelum Islam

L2

2

3.   Siswa dapat mengidentifikasi sesembahan masyarakat Mekkah Sebelum Islam

L1

3

4.   Siswa dapat mengidentifikasi  kepercayaan masyarakat Mekkah Sebelum Islam

L3

4

5.         Siswa dapat menjelaskan kondisi social ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam

L2

5

 

 

 

6.   Siswa dapat menjelaskan kondisi social budaya masyarakat Mekkah sebelum Islam

L3

6

 

 

 

 

 

7.   Siwa dapat mengidentifikasi bentuk kejahiliyaan masyarakat Mekkah sebelum Islam

L3

7

 

 

 

8.   Siswa dapat menunjukkan kebiasaan positif masyarakat Mekkah sebelum Islam

L2

8

 

 

 

9.   Siswa dapat menentukan kondisi social politik masyarakat Mekkah sebelum Islam

L1

9

 

 

 

10.         Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan ilmu pengetahuan masyarakat Mekkah sebelum Islam

L3

10

2.

Mengidentifikasi substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah

Subtansi dan Dakwah Rasulullah saw Periode Mekkah

1.   Siswa dapat Menjelaskan proses Ke-Rasulan Nabi Muhammad saw

L2

11

2.   Siswa dapat menyebutkan wahyu tentang diangkatnya nabi Muhammad saw sebagai seorang nabi

L1

12

3.   Siswa dapat menyebutkan wahyu tentang diangkatkannya nabi Muhammad saw sebagai seorang Rasul

L1

13

4.   Siswa dapat mengidentifikasi pola Kepemimpinan Rasulullah saw pada periode Mekkah

 

L3

 

 

14

 

 

5.   Siswa dapat mengidentifikasi subtansi dakwah Nabi Muhammad saw. Mekkah

L3

15

 

 

 

6.   Siswa dapat mengidentifikasi strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Mekkah

L3

16

 

 

 

7.   Siswa dapat menyebutkan wahyu tentang strategi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

L1

17

 

 

 

8.   Siswa dapat menunjukkan para sahabat yang termasuk dalam Assabiqunal Awwalun

L1

18

 

 

 

9.   Siswa dapat mengidentifikasi factor yang mendorong kaum Quraisy menentang dakwah Islam

L3

19

 

 

 

10.         Siswa dapat mengidentifikasi upaya kaum kafir Quraisy dalam menentang dakwah nabi saw di Mekkah

L3

20

 

 

 

 

SOAL TES PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

 

Kompetensi Dasar:

Ø  3.1. Memahami  peradaban masyarakat Makkah  sebelum islam

Ø  3.2. Mengidentifikasi substansi  dan  strategi dakwah rasulullah saw. Periode Makkah

 

Pilihlahsatu jawaban yang paling benar dan tepat dengan cara memberi tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c, d atau e!

 

1.    Pada awalnya masyarakat Arab di Mekkah telah mengikuti dan meyakini ajaran beberapa agama, salah satunya adalah agama yang dipelopori oleh Nabi Ibarahim a.s dan Nabi Islamail a.s, yang kemudian dikenal dengan agama…

a.    Majusi

b.    Watsani

c.    Yahudi

d.    Hanif

e.    Nasrani

2.    Perhatikan pernyataan berikut ini:

1)     Menyembah Malaikat

2)     Menyembah jin

3)     Menyembah Berhala

4)     Menyembah bintang-bintang

5)     Menyembah ruh

Pernyataan di atas merupakan bentuk system peribadatan masyarakat Arab di Mekkah sebelum Islam. Dari pernyataan tersebut, system peribadatan yang paling banyat dianut oleh masyarakat Arab di Mekkah sebelum Islam ditunjukkan pada nomor…

a.    1

b.    2

c.    3

d.    4

e.    5

 

 

3.    Berhala yang terbuat dari batu akik berwarna merah berbentuk patung manusia, yang ditempatkan di sisi Ka’bah adalah…

a.    Latta

b.    Hubal

c.    Uzza

d.    Mana

e.    Zeus

4.    Di dalam perut setiap orang ada ular, perasaan lapar timbul karena ular menggigit usus manusia merupakan kepercayaan bangsa Arab yang disebut…

a.    Tahayul

b.    Syirik

c.    Kufur

d.    Riddah

e.    Bid’ah

5.    Keadaan social ekonomi masyarakat Arab sangat dipengaruhi oleh kondisi
dan letak geografisnya. Bagian tengah Jazirah Arab terdiri dari tanah pegunungan yang tandus. Oleh sebab itu banyak penduduk yang hidupnya tidak menetap,
mereka tinggal di pedalaman, yaitu masyarakat Badui. Dari segi social ekonomi, mata pencaharian masyarakat Badui adalah…

a.    Bertani

b.    Berkebun

c.    Beternak

d.    Berdagang

e.    Berwirausaha

6.    Dalam segi social budaya, masyarakat Mekkah dikenal dengan sebutan masyarakat jahiliyyah, karena Masyarakat Mekkah …

a.    Mayoritas tidak bisa membaca

b.    Mayoritas tidak bisa menulis

c.    Bodoh dalam ilmu pengetahuan

d.    Sangat tertutup dengan ilmu pengetahuan

e.    Cenderung memiliki moral dan kebiasaan yang buruk

 

 

 

7.    Berikut ini yang yang termasuk bentuk kejahiliyaan masyarakat Mekkah sebelum Islam adalah…

a.    Mengubur bayi perempuan hidup-hidup

b.    Melakukan perjalanan dagang di dua musim

c.    Berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain (nomaden)

d.    Berperang dengan penuh keberanian

e.    Berkumpul di pasar untuk bersyair dan bersajak

8.    Tata sosial bangsa Arab sebelum Islam terkenal pemberani di dalam membela
pendirian. Mereka tidak mau mengubah pendirian serta tata cara hidup yang sudah menjadi kebiasaannya, namun masyarakat Arab memiliki kebiasaan baik yaitu…

a.    Berperang dengan penuh keberanian

b.    Suka menghormati dan memuliakan Tamu

c.    Teguh pendirian dalam mempertahankan pendapat

d.    Berlaku adil sesama manusia, termasuk budak

e.    Senang bermusyawaroh dalam menyelesaikan masalah

9.    Dalam bidang politik, Masyarakat Mekkah pada masa jahiliyah tidak memiliki system pemerintahan yang mapan dan teratur. Mereka hanya mempunyai pemimpin yang disebut…

a.    Ustadz

b.    Kyai

c.    Habib

d.    Syarif

e.    Syeikh

10.  Bangsa Arab sebelum Islam juga telah mampu mengembangkan ilmu pengetahuan. Hal ini misalnya dapat dilihat dari berbagai ilmu pengetahuan yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat Arab pada waktu itu. Di antara ilmu pengetahuan yang mereka kembangkan adalah…

a.    Filsafat

b.    Kedokteran

c.    Matematika

d.    Astronomi

e.    Astrologi

11.  Proses ke Rasulan Nabi Muhammad saw, diawali dengan kebiasaan yang dilakukan oleh beliau dalam berkhalwat atau bertahannus di Gua Hira’. Berkhalwat atau bertahannus dapat diartikan sebagai…

a.    Merenungkan kembali kejadian masa lalu

b.    Menyendiri untuk menghindari pergaulan dengan sesama

c.    Menyendiri untuk beribadah kepada Allah SWT

d.    Menyendiri untuk bertapa agar mendapat kelebihan

e.    Menyendiri untuk menunggu datangnya wahyu Allah SWT

12.  Berikut ini yang merupakan wahyu yang menunjukkan bukti diangkatnya Nabi Muhammad saw sebagai seorang nabi adalah…

a.    Q.S Al Quraisy ayat 1-5

b.    Q. S Al Alaq ayat 1-5

c.    Q.S Al Anfal ayat 5-7

d.    Q. S Al Muddatsir ayat 1-5

e.    Q.S Al Lahab ayat 1-6

13.  Sedangkan wahyu yang menunjukkan bukti diangkatnya Nabi Muhammad saw sebagai seorang rasul adalah…

a.    Q.S Al Quraisy ayat 1-5

b.    Q.S Al Anfal ayat 5-7

c.    Q. S Al Muddatsir ayat 1-5

d.    Q. S Al Alaq ayat 1-5

e.    Q.S Al Lahab ayat 1-6

14.  Nabi Muhammad saw merupakan sosok pemimpin yang mampu mengubah masayarakat jahiliyyah menjadi masyarakat yang memiliki peradaban. Berikut ini yang termasuk pola kepemimpinan nabi Muhammad saw di Mekkah adalah…

a.    Menyerukan agama Islam dengan penuh toleransi dan akhlak mulia

b.    Mengajak secara paksa masyarakat Arab untuk memeluk Islam

c.    Menghasut masyarakat Mekkah agar mau menerima Islam

d.    Menebar fitnah terhadap agama nenek moyang masyarakat Arab

e.    Mendakwahkan agama Islam dengan berbagai cara

 

 

 

  1. Nabi Muhammad saw berdakwah di Mekkah kurang lebih selama 12 tahun. Subtansi dakwah nabi pada periode ini lebih ditekankan pada permasalahan…

A.    Social

B.    Budaya

C.   Politik

D.   Ekonomi

E.    Ketauhidan/Ketuhanan

  1. Dalam melakukan kegiatan dakwah Islam di Mekkah,  Rasulullah SAW menggunakan srategi dakwah…

A.    Secara syiriyyah/sembunyi-sembunyi dan Jahriyyah/terang-terangan

B.    Secara syiriyyah saja

C.   Langsung berdakwah secara terang-terangan

D.   Berdakwah dengan persuasive dan memaksa

E.    Hijrah ke Thaif dan Habsyi

17.  Pada fase kedua dakwah Islam di Mekkah, Nabi Muhammad saw melakukan dakwah secara terang-terangan. Dakwah secara terang-terangan ini dilakukan oleh nabi saw setelah turunnya wahyu Allah SWT, yaitu…

a.    Q. S Al Alaq ayat 1-5

b.    Q.S Al Muddatsir ayat 1-5

c.    Q. S As-Syu’aro’ ayat 214

d.    Q. S Al Hijr ayat 94

e.    Q. S Al Maidah Ayat 5

  1. Perhatikan nama para sahabat berikut ini:

1)    Abu bakar Ash Shiddiq

2)    Zubair bin Awwam

3)    Marwan bin Hakam

4)    Sa’ad bin Abi Waqash

5)    Thoriq bin Ziyad

6)    Al arqom bin Abil Arqom

Dari beberapa nama sahabat di atas, yang termasuk dalam golongan Assabiqunal Awwalun adalah nomor…

 

 

a.    1, 2, 3 dan 4

b.    3, 4, 5 dan 6

c.    2, 3, 4 dan 5

d.    1, 2, 4, dan 6

e.    2, 3, 4 dan 5

19.  Nabi Muhammad saw mengalami berbagai kesulitan ketika mendakwahkan Islam di Mekkah. Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh Nabi saw adalah respon masyarakat Quraisy yang selalu menentang dakwah beliau. Salah satu factor yang mendorong Bangsa Quraisy menentang Dakwah Islam adalah…

a.    Islam dainggap sebagai agama yang tidak menyukai syair dan sajak, padahal mayoritas masyarakat Arab adalah penyair

b.    Masyarakat Arab enggan meyakini agama Islam, karena dalam Islam tidak diperbolehkan menyembah berhala padahal membuat patung adalah salah satu mata pencaharian mereka

c.    Islam memegang prinsip penyamaan hak antara kaum bangsawan dengan rakyat biasa, padahal tradisi Arab mengenal kasta, mulai kasta Brahmana, Kesatria, Waisya dan Sudra

d.    Masyarakat Arab di perkotaan mayoritas berdagang, sementara dalam Islam memiliki atauran yang sangat ketat dalam soal perdagangan. Mereka kahwatir tidak diperlehkan lagi berdagang di dua musim

e.    Masyarakat Arab menganggap Islam sebagai suatu agama yang saklek dan kaku, sehingga kurang terbuka dalam berbagai ilmu pengetahuan, termasuk bahasa. Padahal masyarakat Arab senang bersyair dan bersajak

20.  Dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah selama 12 tahun kurang membuahkan hasil yang maksimal. Masyarakat Mekkah selalu berupaya untuk menghalangi dakwah nabi saw. Salah satu upaya yang dilakukan oleh bangsa Arab dalam menghalangi dakwah nabi saw adalah….

a.    Mengadakan sebuah kesepakatan yang disebut dengan Perjanjian Aqabah

b.    Menganiaya sahabat nabi saw, yaitu Hamzah dan Umar bin Khattab

c.    Memerangi Nabi saw beserta pengikutnya, yang dikenal dengan perang Riddah

d.    Mengajak nabi saw untuk berdamai, yang kemudian disebut dengan perdamaian Daumatul Jandal

e.    Menawarkan kepada Muhammad apa saja yang diinginkan baik harta, wanita, kedudukan, atau dokter kalau memang beliau memiliki kelainan jiwa

KUNCI JAWABAN :

 

1.    D (Hanif)

2.    C Nomor 3 (Menyembah Berhala)

3.    B (Hubal)

4.    A (Tahayul)

5.    C (Beternak)

6.    E (Cenderung memiliki moral dan kebiasaan buruk)

7.    A (Mengubur bayi perempuan hidup-hidup)

8.    B (Suka menghohrmati dan memuliakan tamu)

9.    E (Syeikh)

10.  D (Astronomi)

11.  C (Menyendiri untuk beribadah kepada Allah SWT)

12.  B (Q. S Al Alaq ayat 1-5)

13.  C (Q.S Al Muddatsir ayat 1-5)

14.  A (Menyerukan agama Islam dengan penuh toleransi dan akhlak mulia)

15.  E (Ketauhidan/ketuhanan)

16.  A (Secara Syiriyyah/sembunyi-sembunyi dan Jahriyyah/terang-terangan)

17.  D (Q.S al Hijr ayat 94)

18.  D (1,2,4, dan 6; Abu Bakar Ash Shiddiq, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqash dam al Arqam bin Abil Arqam)

19.  B (Masyarakat Arab enggan meyakini agama Islam, karena dalam Islam tidak diperbolehkan menyembah berhala padahal membuat patung adalah salah satu mata pencaharian mereka)

20.  E (Menawarkan kepada Muhammad apa saja yang diinginkan baik harta, wanita, kedudukan, atau dokter kalau memang beliau memiliki kelainan jiwa)


TUGAS MODUL 6 PEDAGOGIK


 

Post a Comment for "TUGAS AKHIR MODUL 6 PEDAGOGIK PPG 2019 DALAM JABATAN"