Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DALAM KMA NO. 165 TAHUN 2014

TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 4

PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARANSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DALAM KMA NO. 165 TAHUN 2014 PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019 

 

Nama Peserta                    : KUSMIARSEH, M.Pd.I

NUPTK                               : 1042766666300013

Nomor Peserta                  : 1042766666300013

Bidang Studi Sertifikasi   : Sejarah Kebudayaan Islam

Sekolah Asal                     : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember


TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 4

 Lakukanlah Pengembangan Materi Pembelelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013 secara lebih khusus pada KMA No. 165 Tahun 2014!

 PEMBAHASAN

Sebelum mengembangkan materi pembelajaran Sejarah Kebudan Islam (SKI), terlebih dahulu kami tampilkan standar isi berdasarkan keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum Madrasah Tahun 2013 Pada Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab.

Dalam Peraturan Menteri Agama Nomer 165 Tahun 2014 dikatakan bahwa Struktur kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah meliputi: 1) Al-Qur’an Hadis, 2) Akidah Akhlak, 3) Fikih, 4)

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan 5) Bahasa Arab. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait dan melengkapi. (PMA 165 Tahun 2014).

Secara umum, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam beribadah, bermuamalah dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi oleh akidah.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diajarkan pada semua Peminatan secara sama. Baik Peminatan IPA, IPS Bahasa, Keagamaan maupun MA kejuruan dan di ajarkan pada kelas X - XII dengan beban belajar 2 jam perminggu. Berangkat dari Latar belakang di atas, maka muncullah tujuan dan ruang lingkup mata pelajaran Sejarah

Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah (Modul 1 KB 4, hal 1).

Pengembangan materi pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahapan, yang meliputi: Pertama, mengidentifikasi hubungan antar kompetensi. Kedua, melakukan pemetaan berdasar hasil identifikasi hubungan antar kompetensi dasar. Ketiga, merumuskan materi pokok berdasar pada hasil pemetaan. Keempat, merumuskan indicator ketercapaian kompetensi berdasar pada kompetensi dasar KI-1,2,3 dan 4. Kelima, merumuskan materi pembelajaran. Keenam, merumuskan nilai/sikap yang akan dicapai pada KD 1 (sikap spiritual) dan KD 2 (sikap social).

Berikut ini merupakan hasil pengembangan materi pembelajaran SKI tingkat madrasah aliyah berdasarkan standar isi kurikulum madrasah tahun 2013, yang secara khusus telah diatur oleh KMA nomor 165 tahun 2014. Pengembangan materi pembelajaran SKI, kami lakukan melalui enam tahapan yang telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya.


TABEL I KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH ALIYAH KELAS X (SEPULUH)


Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya

1.1 Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban
berdakwah terhadap masyarakat
1.2 Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban
setiap muslim
1.3 Menghayati nilai-nilai hijrah yang dilakukan oleh
Rasulullah saw. dan para sahabat
1.4 Menghayati nilai-nilai positif yang dimiliki oleh
masyarakat Madinah
1.5 Menghayati nilai-nilai perjuangan dakwah
Rasulullah saw. pada periode Madinah

1.6 Menghayati sikap istiqamah perjuangan as
sabiqunal awwalun
dalam berdakwah bersama
Rasulullah saw.
1.7 Menghayati nilai-nilai jihad yang lakukukan oleh
Rasullah saw dan para sahabat dalam Fathu Makkah

 

2 Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia

2.1 Memiliki semangat melakukan perubahan ke arah
yang baik sebagai impelementasi dari hikmah
memahami kondisi masyarakat Mekah sebelum Islam.
2.2 Memiliki semangat berdakwah sebagai
implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Rasulullah saw. di Mekah.
2.3 Memiliki semangat hijrah ke arah yang lebih baik
sebagai implementasi dari hikmah memahami peristiwa
hijrah
2.4 Membiasakan hidup tolong menolong sebagai
impelementasi dari memahami kondisi masyarakat
Madinah sebelum Islam
2.5 Membiasakan hidup rukun dan tolong menolong
sebagai implemantasi dari memahami hubungan kaum
Anshar dan Muhajirin di Madinah
2.6 Meneladani sifat mulia dari para sahabat sahabat
as-sabiqunal awwalun
2.7.Memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan
kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman
peristiwa Fathu Makkah

3 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah

3.1 Memahami kondisi Masyarakat Mekah sebelum
Islam
3.2 Memahami substansi dan strategi dakwah
Rasulullah saw. periode Mekah
3.3 Menganalisis faktor-faktor penyebab hijrah
Rasulullah saw.
3.4 Memahami kondisi Masyarakat Madinah sebelum
Islam
3.5 Memahami subtansi dan strategi dakwah Rasulullah
saw. periode Madinah
3.6 Memahami sifat/kepribadian dan peran para
sahabat as-sabiqunal
awwalun
3.7 Mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan Fathu
Makkah
tahun 9 Hijriyah

4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai  kaidah keilmuan

4.1 Menceritakan kondisi masyarakat Mekah sebelum
Islam 4.2 Menyajikan dalam peta konsep mengenai
faktor-faktor keberhasilan dakwah Rasulullah saw.
periode Mekah
4.3 Memetakan faktor-faktor penyebab hijrahnya
Rasulullah saw.
4.4 Menceritakan kondisi masyarakat Madinah sebelum

Islam
4.5 Mempresentasikan hubungan antara kaum Anshor
dan Muhajirin
4.6 Menceritakan sikap-sikap utama dari assabiqunal
awwalun
4.7. Membuat peta konsep mengenai kunci
keberhasilan Fathu Makkah

 

Kompetensi dasar tersebut, akan menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok dan materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, khususnya tingkat madrsah aliyah kelas X (sepuluh).

Setelah memetakan hubungan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar, dilanjutkan dengan pemetaan materi pokok SKI. Dengan pemetaan materi pokok SKI, akan lebih memudahkan untuk mengembangkan materi pembelajaran SKI. Berikut ini tabel pemetaan materi pokok pembelajaran SKI tingkat Madrasah Aliyah Kelas X Kurikulum Madrasah Tahun 2013.

 

TABEL PEMETAAN MATERI POKOK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAMTINGKAT MADRASAH ALIYAH KELAS X (SEPULUH)


NO

KD

MATERI POKOK

1.

1.1,2.1.3.1, 4.1

Kondisi Masyarakat Mekah sebelum Islam

2.

12, 2.2,3.2,4.2

Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw. periode Mekah

3.

1.3, 2.3, 3.3, 4.3

Faktor-faktor Penyebab Hijrah Rasulullah saw.

4.

1.4, 2.4 3.4, 4.4

Kondisi Masyarakat Madinah sebelum Islam

5.

1.5, 2.5, 3.5, 4.5

Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw. Periode
Madinah

6.

1.6, 2.6, 3.6, 4.6

Sifat/Kepribadian dan Peran para Sahabat as-sabiqunalawwalun

7.

1.7, 2.7, 3.7, 4.7

Faktor-faktor Keberhasilan Fathu Makkah tahun 9 Hijriyyah


Berdasarkan pada tabel pemetaan materi pokok tersebut, selanjutnya akan dikembangkan menjadi materi pembelajaran, dengan merujuk pada indicator ketercapaian kompetensi yang sebelumnya telah dirumuskan berdasarkan kompetensi pada Kurikulum Madrasah Tahun 2013. Pengembangan materi pembelajaran SKI tingkat Madrasah Aliyah ini, mencakup materi pembelajaran pada aspek kognitif/pengetahuan dan psikomotorik/keterampilan (KI-3 dan KI-4) serta materi pembelajaran pada aspek afektif/sikap (KI-1 dan KI-2).

PENGEMBANGAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN KOMPETENSI KURIKULUM MADRASAH 2013

 Nama Satuan Pendidikan    : MAS. Annuriyyah Rambipuji Jember

Mata Pelajaran                      : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester/Program     : X / Ganjil / Umum

Kompetensi Inti                     :


1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

TABEL RUMUSAN MATERI PEMBELAJARAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN (KI-3 DAN KI-4)

NO

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

MATERI PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

1.

3.1 Memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

 

3.1.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.4      Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

Kondisi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

1.   Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

2.   Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.   Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.   Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4x45 menit

(2 TM)

4.1 Menceritakan kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

 

4.1.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.1 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

2

3.2 Memahami substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah

3.2.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.2.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah

 

 

Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

1.   Subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

2.   Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah

4x45 menit

(2 TM)

 

4.2 Memetakan dalam Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

4.2.1 Membuat Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

4.2.2 Menyajikan Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

 

1.   Faktor internal keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

2.   Faktor eksternal keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.

3. 3 Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

3.1.1 Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

3.1.2 Menganalisis tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

3.1.3 Menganalisis para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

3.1.4 Menganalisis proses hijrahnya Rasulullah saw

Factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

1.   Factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

2.   tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

3.   para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

4.   proses hijrahnya Rasulullah saw

4x45 menit

(2 TM)

4.3 Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

4.1.1 Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

4.1.2 Memetakan tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

4.1.3 Memetakan para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

4.1.4 Memetakan proses hijrahnya Rasulullah saw

4

3.4 Memahami    kondisi masyarakat Madinah sebelum  Islam

 

3.4.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.4 Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

Kondisi Masyarakat Madinah Sebelum  Islam

1.   Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

2.   Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.   Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.   Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4x45 menit

(2 TM)

 

4.4 Menceritakan kondisi masyarakat Madinah sebelum  Islam

 

4.4.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.4 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

5.

3.5 Memahami substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah

3.5.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah

3.5.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Madinah

Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw periode Madinah

1.   Subtansi Dakwah Rasulullah saw di Madinah

2.   Strategi Dakwah Rasulullah saw di Madinah

4x45 menit

(2 TM)

4.5 Mempresentasikan hubungan antara kaum Anshar dan Muhajjirin

4.5.1 Mempresentasikan kaum Anshar di Madinah

4.5.2 Mempresentasikan kaum Muhajjirin di Madinah

4.5.3. Mempresentasikan hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin

Hubungan antara kaum Anshar dan Muhajjirin

1.   Kaum Anshar di Madinah

2.   Kaum Muhajjirin di Madinah

3.   Hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin

6.

3.6 Memahami sifat/kepribadian dan peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6.1 Menganalisis para sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun

3.6.2 Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6.3 Menganalisis peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

Sifat/kepribadian dan peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

1.   Para Sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun

2.   Sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.   Peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

4x45 menit

(2 TM)

4.6 Menceritakan sikap-sikap utama dari Assabiqunal Awwalun

4.6.1 Menceritakan sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.2 Menceritakan sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.3 Menceritakan sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.4 Menceritakan sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.5 Menceritakan sikap utama sikap Bilal bib Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun

 

 

Sikap-sikap Utama Assabiqunal Awwalun

1.   Sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun

2.   Sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun

3.   Sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun

4.   Sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun

5.   Sikap utama sikap Bilal bib Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun

7.

4.7 3. 7 Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

3.7.1 Mengidentifikasi para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

3.7.2 Mengidentifikasi proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah

3.7.3 Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah

 

 

Factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

1.   para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

2.   Proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah

3.   Factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah

4x45 menit

(2 TM)

4.7 Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

4.7.1 Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

4.7.2 Menyajikan peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

 

TABEL RUMUSAN MATERI PEMBELAJARAN SIKAP/NILAI (KI-1 dan KI-2)

NO

INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI SIKAP/PEMBELAJARAN

1.

1.1.1      Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah dalam masyarakat

1.   Sikap tegas dan istiqomah dalam Meneggakkan  kebenaran sebagai bentuk Berdakwah

2.   Sikap semangat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik

2.1.1 Memiliki semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

3.1.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

3.1.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

4.1.1 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam

2.

1.2.1      Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah dalam masyarakat

1.   Sikap tegas dan istiqomah dalam Menegakkan kebenaran sebagai bentuk Berdakwah

2.   Sikap semangat dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik

2.2.1 Memiliki semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam

3.2.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.2.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah

4.2.1 Membuat Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

4.2.2 Menyajikan Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah

3.

1.3.1 Menghayati nilai-nilai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah saw

1.   Nilai-nilai Hijrah

2.   Semangat hijrah ke arah lebih baik

2.3.1 Memiliki semangat hijrah untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami peristiwa hijrah

3.1.1 Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

3.1.2 Menganalisis tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

3.1.3 Menganalisis para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

3.1.4 Menganalisis proses hijrahnya Rasulullah saw

4.1.1 Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw

4.1.2 Memetakan tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw

4.1.3 Memetakan para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw

4.1.4 Memetakan proses hijrahnya Rasulullah saw

4.

1.4.1 Menghayati nilai-nilai positif yang dimiliki masyarakat Madinah

1.   Nilai-nilai positif

2.   Hidup tolong menolong

2.4.1 Membiasakan hidup tolong menolong sebagai implementasi dari memahami kondisi masyarakat Madinah sebelum Islam

3.4.1 Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.2 Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.3 Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3.4.4 Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.1 Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.2 Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.3 Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4.4.4 Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam

5.

1.5.1 Menghayati nilai-nilai perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah

1.      Nilai-nilai Perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah

2.      Hidup Rukun

3.      Tolong Menolong

2.5.1      Membiasakan hidup rukun sebagai implementasi dari memahami hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin di Madinah

2.5.2      Membiasakan hidup tolong menolong sebagai implementasi dari memahami hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin di Madinah

3.5.1 Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah

3.5.2 Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Madinah

4.5.1 Mempresentasikan kaum Anshar di Madinah

4.5.2 Mempresentasikan kaum Muhajjirin di Madinah

4.5.3. Mempresentasikan hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin

6.

1.6.1 Menghayati sikap istiqomah perjuangan Assabiqunal Awwalun dalam berdakwah bersama Rasulullah saw

  1. Sifat Istiqomah
  2. Meneladani  Sifat Mulia

2.6.1 Meneladani sifat mulia dari para sahabat Assabiqunal awwalun

3.6.1 Menganalisis para sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun

3.6.2 Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun

3.6.3 Menganalisis peran para sahabat Assabiqunal Awwalun

4.6.1 Menceritakan sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.2 Menceritakan sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.3 Menceritakan sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.4 Menceritakan sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun

4.6.5 Menceritakan sikap utama sikap Bilal bin Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun

7.

1.7.1 Menghayati nilai-nilai jihad yang dilakukan oleh Rasulullah saw dan para sahabat dalam Fathu Mekkah

1.      Nilai-nilai Jihad

2.      Sikap Tangguh

3.      Sikap semangat dalam menegakkan kebenaran

2.7.1      Memiliki sikap tangguh sebagai implementasi dari pemahaman peristiwa Fathu Mekkah

2.7.2      Memiliki sikap semangat dalam menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman peristiwa Fathu Mekkah

3.7.1 Mengidentifikasi para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

3.7.2 Mengidentifikasi proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah

3.7.3 Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah

4.7.1 Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

4.7.2 Menyajikan peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah

 

Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah (Modul 1 KB 4, hal 1).  Pengembangan materi pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahapan, yang meliputi: Pertama, mengidentifikasi hubungan antar kompetensi. Kedua, melakukan pemetaan berdasar hasil identifikasi hubungan antar kompetensi dasar. Ketiga, merumuskan materi pokok berdasar pada hasil pemetaan. Keempat, merumuskan indicator ketercapaian kompetensi berdasar pada kompetensi dasar KI-1,2,3 dan 4. Kelima, merumuskan materi pembelajaran. Keenam, merumuskan nilai/sikap yang akan dicapai pada KD 1 (sikap spiritual) dan KD 2 (sikap social).
Pengembangan Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013 Dalam Kma No. 165 Tahun 2014 Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019 

Post a Comment for "PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DALAM KMA NO. 165 TAHUN 2014"