PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DALAM KMA NO. 165 TAHUN 2014
TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 4
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARANSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DALAM KMA NO.
165 TAHUN 2014 PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN
TAHUN 2019
Nama
Peserta : KUSMIARSEH,
M.Pd.I
NUPTK :
1042766666300013
Nomor
Peserta :
1042766666300013
Bidang
Studi Sertifikasi : Sejarah Kebudayaan
Islam
Sekolah
Asal : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember
TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 4
Sebelum mengembangkan materi pembelajaran Sejarah Kebudan Islam (SKI), terlebih dahulu kami tampilkan standar isi berdasarkan keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum Madrasah Tahun 2013 Pada Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab.
Dalam Peraturan Menteri Agama Nomer 165 Tahun 2014 dikatakan bahwa Struktur kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah meliputi: 1) Al-Qur’an Hadis, 2) Akidah Akhlak, 3) Fikih, 4)
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan 5) Bahasa Arab. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait dan melengkapi. (PMA 165 Tahun 2014).
Secara umum, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam beribadah, bermuamalah dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi oleh akidah.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diajarkan pada semua Peminatan secara sama. Baik Peminatan IPA, IPS Bahasa, Keagamaan maupun MA kejuruan dan di ajarkan pada kelas X - XII dengan beban belajar 2 jam perminggu. Berangkat dari Latar belakang di atas, maka muncullah tujuan dan ruang lingkup mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah (Modul 1 KB 4, hal 1).
Pengembangan materi pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahapan, yang meliputi: Pertama, mengidentifikasi hubungan antar kompetensi. Kedua, melakukan pemetaan berdasar hasil identifikasi hubungan antar kompetensi dasar. Ketiga, merumuskan materi pokok berdasar pada hasil pemetaan. Keempat, merumuskan indicator ketercapaian kompetensi berdasar pada kompetensi dasar KI-1,2,3 dan 4. Kelima, merumuskan materi pembelajaran. Keenam, merumuskan nilai/sikap yang akan dicapai pada KD 1 (sikap spiritual) dan KD 2 (sikap social).
Berikut ini merupakan hasil
pengembangan materi pembelajaran SKI tingkat madrasah aliyah berdasarkan
standar isi kurikulum madrasah tahun 2013, yang secara khusus telah diatur oleh
KMA nomor 165 tahun 2014. Pengembangan materi pembelajaran SKI, kami lakukan
melalui enam tahapan yang telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya.
TABEL I KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH ALIYAH KELAS X (SEPULUH)
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
1.
Menghayati dan mengamalkan |
1.1 Meyakini
bahwa setiap muslim memiliki kewajiban 1.6
Menghayati sikap istiqamah perjuangan as |
2 Menghayati dan
mengamalkan |
2.1 Memiliki semangat
melakukan perubahan ke arah |
3 Memahami, menerapkan, |
3.1 Memahami kondisi
Masyarakat Mekah sebelum |
4. Mengolah, menalar, dan |
4.1 Menceritakan kondisi
masyarakat Mekah sebelum Islam |
Kompetensi dasar tersebut, akan menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok dan materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, khususnya tingkat madrsah aliyah kelas X (sepuluh).
Setelah memetakan hubungan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar, dilanjutkan dengan pemetaan materi pokok SKI. Dengan pemetaan materi pokok SKI, akan lebih memudahkan untuk mengembangkan materi pembelajaran SKI. Berikut ini tabel pemetaan materi pokok pembelajaran SKI tingkat Madrasah Aliyah Kelas X Kurikulum Madrasah Tahun 2013.
TABEL PEMETAAN MATERI POKOK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAMTINGKAT MADRASAH ALIYAH KELAS X (SEPULUH)
NO |
KD |
MATERI POKOK |
1. |
1.1,2.1.3.1, 4.1 |
Kondisi Masyarakat Mekah sebelum Islam |
2. |
12, 2.2,3.2,4.2 |
Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw. periode Mekah |
3. |
1.3, 2.3, 3.3, 4.3 |
Faktor-faktor Penyebab Hijrah Rasulullah saw. |
4. |
1.4, 2.4 3.4, 4.4 |
Kondisi Masyarakat Madinah sebelum Islam |
5. |
1.5, 2.5, 3.5, 4.5 |
Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw. Periode |
6. |
1.6, 2.6, 3.6, 4.6 |
Sifat/Kepribadian dan Peran para Sahabat as-sabiqunalawwalun |
7. |
1.7, 2.7, 3.7, 4.7 |
Faktor-faktor Keberhasilan Fathu Makkah tahun 9 Hijriyyah |
Berdasarkan pada tabel pemetaan materi pokok tersebut, selanjutnya akan dikembangkan menjadi materi pembelajaran, dengan merujuk pada indicator ketercapaian kompetensi yang sebelumnya telah dirumuskan berdasarkan kompetensi pada Kurikulum Madrasah Tahun 2013. Pengembangan materi pembelajaran SKI tingkat Madrasah Aliyah ini, mencakup materi pembelajaran pada aspek kognitif/pengetahuan dan psikomotorik/keterampilan (KI-3 dan KI-4) serta materi pembelajaran pada aspek afektif/sikap (KI-1 dan KI-2).
PENGEMBANGAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN KOMPETENSI KURIKULUM MADRASAH 2013
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester/Program : X / Ganjil / Umum
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
TABEL RUMUSAN MATERI PEMBELAJARAN
KOGNITIF DAN KETERAMPILAN (KI-3 DAN KI-4)
NO |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
MATERI POKOK |
MATERI PEMBELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
1. |
3.1
Memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
3.1.1
Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 3.1.2
Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 3.1.3
Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 3.1.4
Menganalisis
Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
Kondisi Masyarakat Mekkah
Sebelum Islam |
1.
Kondisi
Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 2.
Kondisi
Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 3.
Kondisi
Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.
Kondisi
Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
4x45 menit (2 TM) |
4.1
Menceritakan kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
4.1.1
Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.1.2
Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.1.3
Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.1.1
Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
||||
2 |
3.2 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. periode
Makkah |
3.2.1
Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 3.2.2
Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah |
Subtansi dan Strategi
Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
1.
Subtansi
dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 2.
Strategi
dakwah Rasulullah periode Mekkah |
4x45 menit (2 TM) |
4.2 Memetakan dalam Peta
Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
4.2.1
Membuat Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode
Mekkah 4.2.2
Menyajikan Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw
periode Mekkah |
Faktor-faktor
keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
1.
Faktor
internal keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 2.
Faktor
eksternal keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode Mekkah |
||
3. |
3. 3
Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw |
3.1.1 Menganalisis
factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw 3.1.2
Menganalisis tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw 3.1.3
Menganalisis para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw 3.1.4
Menganalisis proses hijrahnya Rasulullah saw |
Factor-faktor penyebab
hijrahnya Rasulullah saw |
1.
Factor-faktor
penyebab hijrahnya Rasulullah saw 2.
tujuan/tempat
hijrahnya Rasulullah saw 3.
para
sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw 4.
proses
hijrahnya Rasulullah saw |
4x45 menit (2 TM) |
4.3 Memetakan
factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw |
4.1.1
Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw 4.1.2
Memetakan tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw 4.1.3
Memetakan para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw 4.1.4
Memetakan proses hijrahnya Rasulullah saw |
||||
4 |
3.4
Memahami kondisi masyarakat Madinah
sebelum Islam |
3.4.1
Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.4.2
Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.4.3
Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.4.4
Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam |
Kondisi Masyarakat Madinah
Sebelum Islam |
1.
Kondisi
Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam 2.
Kondisi
Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.
Kondisi
Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.
Kondisi
Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam |
4x45 menit (2 TM) |
4.4
Menceritakan kondisi masyarakat Madinah sebelum Islam |
4.4.1
Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.4.2
Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.4.3
Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.4.4
Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam |
||||
5. |
3.5 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. periode
Madinah |
3.5.1
Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah 3.5.2
Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Madinah |
Subtansi dan Strategi
Dakwah Rasulullah saw periode Madinah |
1.
Subtansi
Dakwah Rasulullah saw di Madinah 2.
Strategi
Dakwah Rasulullah saw di Madinah |
4x45 menit (2 TM) |
4.5 Mempresentasikan
hubungan antara kaum Anshar dan Muhajjirin |
4.5.1
Mempresentasikan kaum Anshar di Madinah 4.5.2
Mempresentasikan kaum Muhajjirin di Madinah 4.5.3.
Mempresentasikan hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin |
Hubungan antara kaum
Anshar dan Muhajjirin |
1.
Kaum
Anshar di Madinah 2.
Kaum
Muhajjirin di Madinah 3.
Hubungan
kaum Anshar dan Muhajjirin |
||
6. |
3.6 Memahami
sifat/kepribadian dan peran para sahabat Assabiqunal Awwalun |
3.6.1
Menganalisis para sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun 3.6.2 Menganalisis
sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun 3.6.3
Menganalisis peran para sahabat Assabiqunal Awwalun |
Sifat/kepribadian dan
peran para sahabat Assabiqunal Awwalun |
1.
Para
Sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun 2.
Sifat/kepribadian
para sahabat Assabiqunal Awwalun 3.
Peran
para sahabat Assabiqunal Awwalun |
4x45 menit (2 TM) |
4.6 Menceritakan
sikap-sikap utama dari Assabiqunal Awwalun |
4.6.1
Menceritakan sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.2
Menceritakan sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.3
Menceritakan sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.4
Menceritakan sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.5
Menceritakan sikap utama sikap Bilal bib Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun |
Sikap-sikap Utama
Assabiqunal Awwalun |
1.
Sikap
utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun 2.
Sikap
utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun 3.
Sikap
utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun 4.
Sikap
Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun 5.
Sikap
utama sikap Bilal bib Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun |
||
7. |
4.7 3. 7 Mengidentifikasi
factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah |
3.7.1
Mengidentifikasi para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9
Hijriyyah 3.7.2
Mengidentifikasi proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah 3.7.3
Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah |
Factor-faktor keberhasilan
Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah |
1.
para
sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah 2.
Proses
terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah 3.
Factor-faktor
keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah |
4x45 menit (2 TM) |
4.7 Membuat peta konsep
keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah |
4.7.1
Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah 4.7.2
Menyajikan peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah |
TABEL RUMUSAN MATERI PEMBELAJARAN SIKAP/NILAI
(KI-1 dan KI-2)
NO |
INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI SIKAP/PEMBELAJARAN |
1. |
1.1.1
Meyakini
bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah dalam masyarakat |
1.
Sikap
tegas dan istiqomah dalam Meneggakkan
kebenaran sebagai bentuk Berdakwah 2.
Sikap
semangat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik |
2.1.1
Memiliki semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai
implementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
||
3.1.1
Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 3.1.2
Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 3.1.3
Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam Menganalisis
Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
||
4.1.1
Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.1.2
Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.1.3
Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Mekkah Sebelum Islam 4.1.1
Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
||
2. |
1.2.1
Meyakini
bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah dalam masyarakat |
1.
Sikap
tegas dan istiqomah dalam Menegakkan kebenaran sebagai bentuk Berdakwah 2.
Sikap
semangat dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik |
2.2.1
Memiliki semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sebagai
implementasi dari hikmah memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
||
3.2.1
Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah 3.2.2
Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Mekkah |
||
4.2.1
Membuat Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw periode
Mekkah 4.2.2
Menyajikan Peta Konsep Faktor-faktor keberhasilan Dakwah Rasulullah saw
periode Mekkah |
||
3. |
1.3.1
Menghayati nilai-nilai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah saw |
1.
Nilai-nilai
Hijrah 2.
Semangat
hijrah ke arah lebih baik |
2.3.1
Memiliki semangat hijrah untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik
sebagai implementasi dari hikmah memahami peristiwa hijrah |
||
3.1.1
Menganalisis factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw 3.1.2
Menganalisis tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw 3.1.3
Menganalisis para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw 3.1.4
Menganalisis proses hijrahnya Rasulullah saw |
||
4.1.1
Memetakan factor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah saw 4.1.2
Memetakan tujuan/tempat hijrahnya Rasulullah saw 4.1.3
Memetakan para sahabat yang hijrah bersama Rasulullah saw 4.1.4
Memetakan proses hijrahnya Rasulullah saw |
||
4. |
1.4.1
Menghayati nilai-nilai positif yang dimiliki masyarakat Madinah |
1.
Nilai-nilai
positif 2.
Hidup
tolong menolong |
2.4.1
Membiasakan hidup tolong menolong sebagai implementasi dari memahami kondisi
masyarakat Madinah sebelum Islam |
||
3.4.1
Menganalisis Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.4.2
Menganalisis Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.4.3
Menganalisis Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam 3.4.4
Menganalisis Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam |
||
4.4.1
Menceritakan Kondisi Agama Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.4.2
Menceritakan Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.4.3
Menceritakan Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam 4.4.4
Menceritakan Kondisi Politik Masyarakat Madinah Sebelum Islam |
||
5. |
1.5.1
Menghayati nilai-nilai perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah |
1.
Nilai-nilai
Perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah 2.
Hidup
Rukun 3.
Tolong
Menolong |
2.5.1
Membiasakan
hidup rukun sebagai implementasi dari memahami hubungan kaum Anshar dan
Muhajjirin di Madinah 2.5.2
Membiasakan
hidup tolong menolong sebagai implementasi dari memahami hubungan kaum Anshar
dan Muhajjirin di Madinah |
||
3.5.1
Menganalisis subtansi dakwah Rasulullah saw periode Madinah 3.5.2
Menganalis Strategi dakwah Rasulullah periode Madinah |
||
4.5.1
Mempresentasikan kaum Anshar di Madinah 4.5.2
Mempresentasikan kaum Muhajjirin di Madinah 4.5.3.
Mempresentasikan hubungan kaum Anshar dan Muhajjirin |
||
6. |
1.6.1
Menghayati sikap istiqomah perjuangan Assabiqunal Awwalun dalam berdakwah
bersama Rasulullah saw |
|
2.6.1
Meneladani sifat mulia dari para sahabat Assabiqunal awwalun |
||
3.6.1
Menganalisis para sahabat yang termasuk Assabiqunal Awwalun 3.6.2
Menganalisis sifat/kepribadian para sahabat Assabiqunal Awwalun 3.6.3
Menganalisis peran para sahabat Assabiqunal Awwalun |
||
4.6.1
Menceritakan sikap utama Abu Bakar sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.2
Menceritakan sikap utama Siti Khadijah sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.3
Menceritakan sikap utama Ali bin Abi Thalib sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.4
Menceritakan sikap Zaid bin Haristah sebagai Assabiqunal Awwalun 4.6.5
Menceritakan sikap utama sikap Bilal bin Rabah sebagai Assabiqunal Awwalun |
||
7. |
1.7.1
Menghayati nilai-nilai jihad yang dilakukan oleh Rasulullah saw dan para
sahabat dalam Fathu Mekkah |
1.
Nilai-nilai
Jihad 2.
Sikap
Tangguh 3.
Sikap
semangat dalam menegakkan kebenaran |
2.7.1
Memiliki
sikap tangguh sebagai implementasi dari pemahaman peristiwa Fathu Mekkah 2.7.2
Memiliki
sikap semangat dalam menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman
peristiwa Fathu Mekkah |
||
3.7.1
Mengidentifikasi para sahabat yang terlibat dalam Fathu Mekkah tahun 9
Hijriyyah 3.7.2
Mengidentifikasi proses terjadinya Fathu Mekkah tahu 9 Hijriyyah 3.7.3
Mengidentifikasi factor-faktor keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 HIjriyyah |
||
4.7.1
Membuat peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah 4.7.2
Menyajikan peta konsep keberhasilan Fathu Mekkah tahun 9 Hijriyyah |
Pengembangan Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013 Dalam Kma No. 165 Tahun 2014 Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019
Post a Comment for "PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DALAM KMA NO. 165 TAHUN 2014"