Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUGAS AKHIR MODUL 5 PEDAGOGIK PPG DALAM JABATAN 2019

TUGAS AKHIR MODUL 5
STRATEGI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019


Nama Peserta                    : KUSMIARSEH, M.Pd.I

NUPTK                               : 1042766666300013

Nomor Peserta                  : 1042766666300013

Bidang Studi Sertifikasi   : Sejarah Kebudayaan Islam

Sekolah Asal                     : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember


TUGAS AKHIR MODUL 5: STRATEGI PEMBELAJARAN

Setelah Saudara mendalami materi mata kegiatan: model-model pembelajaran, media pembelajaran,pengembangan bahan ajar, dan terakhir perencanaan pembelajaran, kemampuan memahami kompetensi pedagogik hampir purna. Untuk mengukur tingkat kepurnaan tersebut, kerjakan tugas berikut:

  1. Susun perangkat pembelajaran mata pelajaran yang Saudara ampu untuk satu kompetensi dasar. Adapun perangkat pembelajaran yang dimaksud terdiri dari:

a.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik

b.   Mendesain atau membuat media pembelajaran yang relevan (minimal media presentasi dengan powerpoint)

  1. Anda telah mempelajari beberapa model pembelajaran berbasis SCL yang juga relevan dengan pendekatan saintifik. Silakan Anda memilih satu model (misalnya model kooperatif Jigsaw) dan catatlah sintaknya (langkah-langkah pembelajarannya). Kemudian, bukalah YouTube dan temukan video tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Amati dengan cermat bagaimana sintak model kooperatif Jigsaw tersebut dilaksanakan, Kemudian jelaskan apakah sintak model kooperatif Jigsaw dalam video tersebut sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran kooperatif Jigsaw Anda? Kerjakan secara mandiri tugas ini, kemudian kirimkan hasilnya dalam bentuk file PDF atau Ms Word.

 

PEMBAHASAN

  1. Perangkat Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

a.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan

:

Madrasah Aliyah Annuriyyah

Mata Pelajaran

:

Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester

:

XI (sebelas) / 2

Materi Pokok

:

Berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

Waktu

:

4 x 45 menit / 2 JTM

A.   Kompetensi Inti

No

Kompetensi Inti

1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2

Menghayati  dan  mengamalkan        perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (gotong  royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai  bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 

3

Memahami,   menerapkan,   menganalisis   pengetahuan   faktual,   konseptual,   prosedural berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  tehnologi,  seni,  budaya,  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3

3.8 Menganalisis proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad

 

 3.8.1 Mengidentifikasi peristiwa yang melatar belakangi lahirnya Daulah Bani Abbasiyyahh di Bagdad

3.8.2 Mengidentikasi Strategi Proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

3.8.3 Menjelaskan kronologi proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

4

4.8 Menceritakan proses berdirinya Bani Abbasiyah

4.8.1 Menceritakan tentang factor internal proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah

4.8.2 Menceritakan tentang factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

4.8.3 Menceritakan ibrah/pelajaran tentang proses berdirinya Daulah  Bani Abbasiyyah

 

C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I :

Setelah proses pembelajaran melalui mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi peserta didik dapat:

1.    Mengidentifikasi peristiwa yang melatar belakangi lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

2.    Mengidentifikasi strategi proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

3.    Menjelaskan kronologi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

Pertemuan II : 

Setelah proses pembelajaran melalui mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi peserta didik dapat:

1.    Menceritakan tentang factor internal proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

2.    Menceritakan tentang factor eksternal proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

3.    Memaparkan ibrah/pelajaran tentang proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

D.     Materi Pembelajaran (Terlampir)

Pertemuan Pertama

1.           Peritiwa Penting Yang Melatar Belakangi Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

2.           Strategi Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

3.           Sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

Pertemuan Kedua

1.           Faktor Penyebab Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

2.           Ibrah dari Proses Berdirinya Bani Abbasiyyah di bagdad

E.     Metode Pembelajaran

Pertemuan Pertama        : Model Pendekatan Saintifik

Pertemuan Kedua            : Model Pendekatan SAVI (Somatic, Audio, Visual dan Intelektual)

F.     Media, Alat dan Sumber Belajar

1.           Media :

1)     Media Cetak berupa buku siswa

2)     Media Audio Visual berupa video Pembelajaran tentang Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagad

3)     Media Visual berupa power point tentang Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

2.           Alat :

1)     LCD, Laptop dan Sound aktif

2)     Papan tulis/white board dan spidol

3.           Sumber Belajar;

1)     Buku Pedoman Guru Mapel SKI  MA, Kemenag RI

2)    
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI

3)     Buku penunjang lainnya yang relevan

4)     Media cetak dan elektronik sesuai materi.

5)    
Laman Blogg: nderesmaningblogspot.com

6)     Lingkungan sekitar yang mendukung. 

 

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

a.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama

3 menit

2

Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.

3 menit

3

Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya (Runtuhnya Dinasti Umayyah di Damaskus) dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah

6 menit

4

Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.

3 menit

 b.    Kegiatan Inti (60 menit)

No

Langkah Kegiatan

Uraian

Alokasi Waktu

1




Mengamati

1.1.Peserta didik membaca teks materi tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (membaca, rasa ingin tahu, critical Thingking dan mengidentifikasi/C2)

1.2.Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan menggunakan power point tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menyimak, cermat,communicative dan menganalisa/C4)

1.3.Peserta didik mengamati tayangan video tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (media, rasa ingin tahu, critical thingking dan mencermati/C5)

5 menit

2

Menanya

2.1   Peserta didik bertanya Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, berani, Creativity dan menyebutkan/C2)

2.2  Peserta didik saling mengungkapkan pendapat tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, percaya diri, communicative dan menjelaskan/C2)

2.3  Peserta didik saling bertanya dan menjawab tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, menyimak, percaya diri, mandiri, communicative, dan mencermati/C5)

5 menit

3

Mengumpulkan Informasi

3.1  Secara berkelompok, peserta didik menggali informasi dari buku bacaan tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (membaca, rasa ingin tahu, collaborative dan mengumpulkan/C5)

3.2  Secara berkelompok peserta didik menuliskan informasi yang telah diperoleh dari buku tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, mandiri, collaborative dan mengkaji ulang/C5)

15 menit

4

Mengasosiasi

1.1 Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan materi Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, menyimak, cermat, collaborative dan merumuskan/C5)

1.2  Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi (menulis, teliti, collaborative dan menyimpulkan/C4)

20 menit

5

Mengkomunikasikan

5.1  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas (membaca, berani, communicative dan menghasilkan C6)

5.2  Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya (menyimak, cermat, communicative dan menelaah/C5)

15 menit

 · Dalam kegiatan Pembelajaran sudah memunculkan 4C (Critical Thingking, Communicative, Collaborative & Creativity)

 c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.

5 menit

2

Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

5 menit

3

Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu Karakteristik umum sistem pemerintahan Bani Abbasiyah

 

3 menit

4

Peserta didik bersama pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama

 

2 menit

5

Peserta didik merespon ucapan salam penutup dari pendidik

 

Pertemuan Kedua

 a.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama

3 menit

2

Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.

3 menit

3

Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya (Berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah) dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Faktor Penyebab Berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah

6 menit

4

Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.

3      menit

 

  1. Kegiatan Inti ; 60 Menit

No

Langkah-langkah

Kegiatan Pesdik

Literasi

PPK

4C

HOTS

Alokasi Waktu

1.

Somatis

Peserta didik membuat ringkasan materi yang akan dibahas yaitu Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

Membaca

 

Rasa ingin tahu

Creative

Mengidentifikasi tentang materi Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

15 Menit

2.

Auditory

Pesdik menceritakan factor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad berdasar pada konsep;ringkasan yang telah dibuat

Membaca

Menyimak

Berani

Collabora-tive

Mencoba menceritakan menceritakan factor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad

15 menit

3.

Visual

Pesdik mengamati tayangan materi dalam bentuk slide ppt tentang Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

Membaca

Cermat

Critical Thingking

Menganalis materi tentang Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

10 menit

4.

Intelektual

Pesdik mengkaji materi dan merenungkan tentang penugasan materi Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad secara berkelompok. Dalam kegiatan ini setiap kelompok mendiskusikan materi yang sudah dibagi oleh guru tentang materi Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

Menulis

Teliti

Communi-

cative

Mengkaji materi tentang Faktor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

20 menit

 

 c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.

5 menit

2

Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

5 menit

3

Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu Fase-fase Pemerintahan Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

3 menit

4

Peserta didik bersama pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama

 

2 menit

5

Peserta didik merespon ucapan salam penutup dari pendidik

 

  

H.     Penilaian


Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan keterampilan. Nilai yang terkumpul akan direkap ke dalam Microsoft exel untuk mempermudah penilaian. Adapun rubric penilaian sebagai berikut:



1.    Aspek Penilaian Afektif

a.    Teknik Penilaian               : Nontes

b.    Bentuk Instrumen             : Lembar Penilaian Diri

                                                   

SIKAP JUJUR

 

Nama Peserta Didik   :………………….

Kelas                           :………………….

Materi Pokok              :………………….

Tanggal                       :………………….

Petunjuk :

          Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

          berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

No

Pernyataan

TP

KD

SR

SL

1

Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan

2

Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas

3

Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang

4

Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan

5

Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

 

Keterangan :

SL

=

Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataa Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan n

SR

=

Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

KD

=

Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

TP

=

Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

RUBRIK PENILAIAN IMAJINATIF

NO.

PERNYATAAN

SKOR

0-25

26-50

51-75

76-100

1.     

Menemukan ide baru

 

 

 

 

2.     

Ingin tahu

 

 

 

 

3.     

Melihat masalah sebagai hal yang menarik

 

 

 

 

4.     

Tidak mudah putus asa/pantang menyerah

 

 

 

 

5.     

Memecahkan masalah

 

 

 

 

Skor Maksimal

100

 Petunjuk penyekoran:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

N=Jumlah Skor yang Diperoleh x 100

                        5

 

 


2.    Pengetahuan/kognitif

a.    Teknik Penilaian   : Tes Tulis

b.    Bentuk Instrumen : Uraian

c.    Kisi-kisi 

Indikator

Instrumen Penilaian

1.    Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu Mengidentifikasi peristiwa yang melatar belakangi lahirnya Daulah Bani Abbasiyyahh di Bagdad

2.    Setelah Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengidentikasi strategi proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

3.    Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengidentifikasi kronologi proses lahirnya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

4.    Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menceritakan factor internal penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

5.    Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menceritakan factor eksternal penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

6.    Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menjelaskan ibrah dari proses berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

1.    Identifikasilah peristiwa penting yang melatar belakangi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyahdi Bagdad!

 

2.    Jelaskan strategi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

 

3.    Jelaskan kronologi proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

4.    Jelaskan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

5.    Jelaskan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

 

6.    Jelaskan ibrah yang dapat diambil dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 

 

 

PEDOMAN PENSKORAN

No.

Aspek atau Kriteria yang dinilai

Skor

1

Mengidentifikasi peristiwa penting yang melatar belakangi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyahdi Bagdad

 

Jika peserta didik mengidentifikasi peristiwa penting yang melatar belakangi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik mengidentifikasi peristiwa penting yang melatar belakangi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik hanya mengidentifikasi salah satu saja peristiwa penting yang melatar belakangi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

1

2

Menjelaskan strategi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik menjelaskan strategi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik menjelaskan strategi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang sempurna

2

Jika peserta didik strategi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan semestinya.

1

3

Menjelaskan kronologi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Menjelaskan kronologi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik Menjelaskan kronologi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik Menjelaskan kronologi berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan semestinya

1

4

Menjelaskan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Bani Abbasiyyah Menjelaskan factor internal berdirinya Daulah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik Menjelaskan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik Menjelaskan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

5

Menjelaskan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Menjelaskan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik Menjelaskan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik Menjelaskan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

6

Menjelaskan ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Peserta didik Menjelaskan ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap

3

Peserta didik Menjelaskan ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap

2

Peserta didik Menjelaskan ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

Skor Maksimal

18

 

N=Jumlah Skor yang diperoleh x 100

                          18

 


3.    Keterampilan

a.    Teknik Penilaian   : Tes Lisan

b.    Bentuk Instrumen : Uraian

No

Indikator

Butir Instrumen

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah mengamati dan memahami factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah peserta didik dapat menceritakan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

Setelah mengamati dan memahami factor penyebab eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah, peserta didik mampu memetakan factor penyebab eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

Setelah mengamati dan memahami proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad, peserta didik mampu menjelaskan ibrah dari sejarah berdrinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

1)    Ceritakan factor internal berdirinya Daulah  Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

 

 

2)    Ceritakan factor penyebab berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 

 

 

3)   Ceritakan ibrah yang dapat diambil dari proses berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 

 

 

PEDOMAN PENSKORAN

No.

Aspek atau Kriteria yang dinilai

Skor

   1.

Menceritakan menceritakan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik dapat menceritakan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan jelas dan lengkap

3

Jika peserta didik dapat menceritakan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang jelas dan lengkap

2

Jika peserta didik dapat menceritakan factor internal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang jelas dan kurang lengkap

1

2

Menceritakan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Menceritakan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap

3

Jika peserta didik Menceritakan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap

2

Jika peserta didik Menceritakan factor eksternal berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah di Bagdad tida sesuai dengan semestinya

1

3

Menceritakan Ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad

 

Jika peserta didik Ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad dengan jelas dan lengkap

3

Menceritakan Ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad namun kurang jelas dan lengkap

2

Menceritakan Ibrah dari berdirinya Daulah Bani Abbasiyya di Bagdad namun tidak tersampaikan dengan jelas dan lengkap

1

Skor Maksimal

 

 

N=Jumlah Skor yang Diperoleh x 100

                           9

 

 
 

 

 

 


                                                                                                   Jember,  14 Juli  2019

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                    Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                    KUSMIARSEH, M.Pd.I

NIP:-                                                                                           NIP: -

Lampiran:

TEKS MATERI SEJARAH BERDIRINYA DINASTI ABBAIYYAH DI BAGDAD

Abbasiyyah berasal dari kata al Abbas, yaitu salah satu keturunan dari Bani Hasyim yang termasuk paman dari nabi Muhammad saw. Bani Hasyim merupakan mitra politik Bani Umayyah sejak zaman jahiliyyah sampai kelahiran Islam, juga pada saat Bani Umayyah berkuasa.

Posisi Bani Hasyim tersingkir dalam pemerintahan setelah berakhirnya masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Pemerintahan Islam kemudian dikuasai oleh keluarga Bani Umayyah. Bani Umayyah adalah kelompok keluarga besar atau Bani yang didirikan oleh Muawiyah bin Abi Sufyan.

Sementara itu keluarga Bani hasyim berada pada posisi di bawah dan tidak berperan sedikit pun dalam pemerintahan Bani Umayyah. Keluarga Bani Hastim merasakan keadilan ketika pemerintahan Bani Umayyah dipimpin oleh khalifah ke delapan, yaitu Umar bin Abdul Aziz. Beliau memang adil dan menghargai hak asasi manusia bagi rakyatnya.

Pada masa itu, tidak boleh seorang pun keluar dari garis undang-undang atau hokum Negara. Kebiasaan mencela keluarga Ali dilarang. Para pejabat yang melakukan keslahan harus segera dilaporkan kepada Mahkamah Tinggi yang diberi hak penuh untuk menghukum siapa pun yang bersalah.

Langkah-langka kebijakan khalifah Umar bin Abdul Aziz, yang memberlakukan persamaan hak bagi seluruh warganya, ternyata merupakan kesempatan bagi Bani Abbasiyyah menyusun kekuatan untuk merebut kekuasaan dari Bani Umayyah.

Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, kelompok yang paling gigih menentang adalah kaum khawarij dan kelompok Syi’ah yaitu kelompok pendukung keluarga Ali bin Abi Thalib. Kelompok Syi’ah bekerjasama dengan keturunan Abbas, karena kedua kelompok ini merupakan keturunan Hasyim. Perubahan sikap politik Bani Abbas ini dimotori oleh Muhammad bin Ali pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Abdul Aziz pada tahun 104 H/723 M. Dari Muhammad bin Ali lahirlah putra pertama bernama Muhammad bin Abdullah yang kemudian hari terkenal dengan nama Abu Abbas Ash Shaffah, sebagai khalifah pertama dari Daulah Bani Abbasiyyah.

Bani Abbasiyyah lahir pada tahun 750 M atau 132 H. Proses lahirnya Dinasti Abbasiyyah dimulai dari kemenangan Abu Abbas Ash Shaffah dalam sebuah perang terbuka (al Zab) melawan khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad. Abu Abbas diberi gelar Ash Shaffah karena dia pemberani dan dia mampu memainkan mata pedangnya kepada lawan politiknya. Semua lawan politiknya diperangi dan dikejar-kejar, diusir keluar wilayah kekuasaan Abbasiyyah yang baru direbut dari Bani Umayyah I.

Berdirinya Bani Abbasiyyah pada tahun 750 M berarti secara formal semua wilayah kekuasaan Islam berada di bawah pemerintahan Abbasiyyah termasuk semua bekas wilayah Bani Umayyah I kecuai wilayah Bani Umayyah yang ada di Andalusia.

Proses pengembangan peradaban yang dibangun oleh Bani Abbasiyyah begitu cepat membawa perubahan besar bagi perkembangan peradaban ilmu pengetahuan selanjutnya. Bani Abbasiyyah berdiri selama 505 tahun diperintah ileh 37 khalifah dengan mampu menciptakan peradaban yang menjadi kiblat dunia pada saat itu, peradaban yang dikenang sepanjang masa. Pada waktu itu suasana belajar kondusif, fasilitas belajar disediakan pemerinta dengan lengkap. Motivasi belajar menjadi pendorong gairahnya masyarakat untuk belajar. Masyarakat mendatangi tempat-tempat belajar seperti kuttab, madrasah maupun perguruan tinggi seperti universitas.

Universitas yang terkenal pada masa itu adalah Nizamiyah yang dibangun oleh perdana menteri Nizamul Muluk dari khalifah Harun Ar Rasyid. Khalifah Harun Ar Rasyid terkenal sebagai khaifah yang sangat cinta pada ilmu pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas belajar seperti; sekolah, perpustakaan, menyediakan guru dan gerakan terjemahan.

Abu Abbas Ash Shaffah sebagai pendiri Bani Abbasiyyah memerintah pemerintahan dengan waktu yang sangat singkat, hanya 4 tahun beliau memerintah, akan tetapi mampu menciptakan suasan dan kondisi Abbasiyyah yang steril dari keturunan Bani Umayyah sebagai lawan politik yang baru dikalahkan dan dikuasainya. Sikap tegas dan berani yang ditunjukkan oleh khalifah Abu Abbas Ash Shaffah ketika membuat kebijakan pada saat berdirinya Bani Abbasiyyah dengan berani memberantas semua keturunan Umayyah dari wilayah yang dikuasainya. Dampak dari kebijakan tersebut dapat dilihat dari suasana pusat wilayah Abbasiyyah yang baru menjadi kondusif dan perkembangan peradaban dapat dikendalikan oleh khaifah Abu Abbas Ash Shaffah.

Keberhasilan Abu Abbas menaklukkan Daulah Umayyah I ternyata mendapat dukungan besar dari tentara bayaran yang sengaja didatangkan oleh Abu Abbas, seperti Abu Muslim al Khurasani. Abu Muslim adalah relawan berkebangsaan Persia yang sengaja disewa oleh keluarga Abbasiyyah untuk membantu menaklukkan kekuasaan Bani Umayyah I.

Sumber :

https://nderesmaning.blogspot.com/2019/05/sejarah-berdirinya-dinasti-bani-abbasiyyah.html

b.      Mendesain atau membuat media pembelajaran yang relevan (minimal media presentasi dengan powerpoint)

Berikut ini merupakan hasil desain media pembelajaran yang sudah saya buat, dalam bentuk presentasi powerpoint pada Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI tentang Materi Sejarah Berdirinya Daulah Bani Abbasiyyah. Untuk tampilan desain powerpoint ini secara utuh akan kami lampirkan.


  1. Perbandingan Sintak Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
  1. Tabel 1. Sintak Model PBL (Arends, 1996; 2004 dalam Modul 5 KB 1, hal; 11)

NO

LANGKAH
LANGKAH POKOK

KEGIATAN GURU

KEGIATAN SISWA

1

Tahap 1
Orientasikan
siswa pada
masalah aktual
dan otentik

Menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyiapkan dan
memotivasi siswa untuk terlibat
aktif dalam pemecahan masalah,
Guru mendiskusikan rubric
asesmen
yang akan digunakan
dalam menilai kegiatan/hasil karya siswa

Memperhatikan tujuan yang
harus dikuasai, menerima dan memahami masalah yang dipresentasikan guru, siswa berada dalam kelompoknya sampai semua jelas terhadap penyelesaiannya.

2

Tahap 2:
Mengorganisasikan siswa untuk
belajar

Guru membantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar
yang berhubungan dengan masalah tersebut

Membatasi permasalahan yang
akan dikaji

3

Tahap 3:
Membimbing
penyelidikan
individu maupun
kelompok

Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang
sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.

Melakukan inkuiri, investigasi,
dan bertanya untuk
mendapatkan jawaban atas
permasalahan yang dihadapi

4

Tahap 4:
Mengembangkan
dan menyajikan
hasil karya

Guru membantu siswa dalam
merencanakan dan menyiapkan
karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.

Menyusun laporan dalam
kelompok dan menyajikannya
dalam diskusi kelas

5

Tahap 5:
Menganalisis dan
mengevaluasi
proses pemecahan
masalah

Guru membantu siswa untuk
melakukan refleksi atau evaluasi
terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

Mengikuti tes dan menyerahkan
tugas-tugas sebagai bahan
evaluasi proses belajar

 

  1. Sintak Model Pembelajaran PBL Berdasarkan Tayangan Video di Youtobe

Pembelajaran dengan model problem based learning (PBL) telah kami amati pada tayangan video di youtobe dengan link https://youtu.be/Zao0rXW7vmg. Adapun kegiatan pembelajaran pada video tersebut meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dalam tayangan video tersebut khususnya dalam kegiatan inti terlihat sintak (tahapan) model pembelajaran PBL yang meliputi beberapa tahapan. Untuk lebih jelasnya, akan dideskripsikan pada bagian di bawah ini:

Tabel 2. Hasil Pengamatan video Sintak Model Pembelajaran PBL

NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN GURU

KEGIATAN SISWA

1.

Pendahuluan

1)   Guru membuka proses KBM dengan mengucapkan salam dan memulai KBM dengan berdo’an (guru meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a)

2)   Guru mengajak siswa untuk memeriksa kebersihan kelas/sekitar tempat duduk; Penumbuhan karakter, kebersihan dan kerapian

3)   Guru memeriksa kehadiran siswa, dengan menanyakan siswa yang tidak hadir

4)   Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran ; Guru menampilkan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran

5)   Guru melakukan pre test dengan menanyakan materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya

1)   Siswa menjawab salam guru dan berdo’a bersama untuk memulai KBM

 

 

2)   Siswa memeriksa kebersihan sekitar tempat duduk dan membuang sampah jika menemukan sampah

3)   Siswa menjawab pertanyaan guru terkait ketidakhadiran teman-temannya dalam KBM

4)   Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan cermat tentang materi dan tujuan pembelajaran

5)   Siswa menjawab pertanyaan guru seputar materi pada pertemuan sebelumnya secara bergantian

2.

Inti

1)   Guru meminta siswa untuk duduk secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi pada pertemuan sebelumnya

2)   Guru memutarkan tayangan video tentang materi tekait

3)   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjawab tentang tayangan video tersebut

1)   Siswa duduk secara berkelompok sesuai dengan kelompoknya masing-masing

2)   Siswa mengamati dengan seksama tayangan video yang telah diputar oleh guru

3)   siswa saling bertanya dan menjawab seputar tayangan video yang telah diputar

 

 

Sintak PBL;

1)  Mengidentifikasi masalah

 

 

 

2)  Menetapkan masalah

 

 

3)  Kolaborasi mengembangkan solusi

 

4)  Melakukan tindakan strategis

 

 

 

 

5)  Melihat ulang dan mengevaluasi

 

4)  Guru mendorong siswa untuk mengidentifikasi masalah berdasar pada tayangan video yang diputar

5)  Guru membantu siswa menetapkan masalah

 

 

6)  Guru memberikan penilaian pada proses diskusi kelompok kecil

 

7)  Guru membantu siswa dalam
merencanakan dan menyiapkan
karya yang sesuai

 

8)  Guru membantu siswa untuk
melakukan refleksi atau evaluasi
terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

 

4)   Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk mengidentifikasi masalah

 

5)   Siswa berdiskusi untuk menetapkan masalah yang akan dipecahkan

 

6)   Siswa berkolaborasi untuk menemukan pemecahan masalah yang dihadapi

7)   Menyusun laporan dalam
kelompok dan menyajikannya
dalam diskusi kelas

 

 

8)   Memberikan tanggapan pada presentasi kelompok lain dan menyerahkan
tugas-tugas sebagai bahan
evaluasi proses belajar

3.

Penutup

1)  Guru memberikan kesempatan kepada siswa  untuk menyampaikan kesimpulan terkait materi pembelajaran yang telah dibahas

2)  Guru memberikan pertanyaan seputar materi yang telah dibahas (Post Test)

3)  Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

 

4)  Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a dan mengucapkan salam

1)   Siswa menyampaikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas

 

 

2)   Siswa secara bergantian menjawab pertanyaan dari guru

 

3)   Siswa mendengarkan informasi guru tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

4)   Siswa bersama guru berdo’a dan menjawab salam guru

  

Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL)
menurut Arends (1997: 2001; 2004: 406) dalam bukunya yang berjudul Learning to
Teach
, sering disebut sebagai model Anchored Instruction dan Authentic Learning.

Arends selanjutnya memaparkan bahwa model PBL merupakan model pembelajaran yang
memberikan berbagai situasi permasalahan kepada siswa dan dapat berfungsi sebagai
batu loncatan dalam penyelidikan. Model PBL menyuguhkan situasi atau berbagai
masalah otentik yang mendorong siswa untuk melakukan investigasi dan penyelidikan (Modul 5 Kegiatan Belajar 1 tentang Model Pembelajaran, Hal: 9).


Berdasarkan hasil pengamatan tentang video proses pembelajaran dengan model pembelajaran Problem based learning (PBL), dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya sintak model pembelajaran PBL menurut Arends dengan sintak model PBL dalam tayangan video tersebut sudah sesuai. Perbedaannya di sini hanya pada nama tiap tahapannya, namun secara konten atau subtansi kegiatannya sama Kalau versi Arends, model pembelajaran PBL dimulai dengan orientasikan siswa pada masalah actual dan otentik, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis serta mengevaluasi pemecahan masalah. Sedangkan model PBL dalam tayangan video tersebut juga terdiri dari lima sintak, mulai dari tahapan mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, kolaborasi mengembangkan solusi, melakukan tindakan strategis dan melihat ulang serta mengvaluasi pemecahan masalah. Jadi, model pembelajaran PBL versi dalam video lebih  dikemas dengan bahasa yang cukup sederhana dan lebih operasional.


TUGAS AKHIR MODUL 5: STRATEGI PEMBELAJARAN  Setelah Saudara mendalami materi mata kegiatan: model-model pembelajaran, media pembelajaran,pengembangan bahan ajar, dan terakhir perencanaan pembelajaran, kemampuan memahami kompetensi pedagogik hampir purna. Untuk mengukur tingkat kepurnaan tersebut, kerjakan tugas berikut:  Susun perangkat pembelajaran mata pelajaran yang Saudara ampu untuk satu kompetensi dasar. Adapun perangkat pembelajaran yang dimaksud terdiri dari: a.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik  b.   Mendesain atau membuat media pembelajaran yang relevan (minimal media presentasi dengan powerpoint)  Anda telah mempelajari beberapa model pembelajaran berbasis SCL yang juga relevan dengan pendekatan saintifik. Silakan Anda memilih satu model (misalnya model kooperatif Jigsaw) dan catatlah sintaknya (langkah-langkah pembelajarannya). Kemudian, bukalah YouTube dan temukan video tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Amati dengan cermat bagaimana sintak model kooperatif Jigsaw tersebut dilaksanakan, Kemudian jelaskan apakah sintak model kooperatif Jigsaw dalam video tersebut sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran kooperatif Jigsaw Anda? Kerjakan secara mandiri tugas ini, kemudian kirimkan hasilnya dalam bentuk file PDF atau Ms Word.
Tugas Akhir Modul 5 Pedagogik Ppg Dalam Jabatan 2019


Pada model PBL versi Arends, kegiatan guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran dimasukkan dalam tahapan yang pertama yaitu orientasikan siswa pada masalah actual dan otentik. Sedangkan pada tayangan video tersebut, penyampaian tujuan pembelajaran masuk dalam kegiatan pendahuluan. Namun, pada intinya, sintak model pembelajaran PBL dalam tayangan video tersebut (https://youtu.be/Zao0rXW7vmg.) sudah sesuai dengan sintak menurut Arends (1996; 2004 dalam Modul 5 KB 1, hal; 11). Karena kedua versi tersebut sudah mencakup inti pembelajaran PBL. Adapun inti dari model pembelajaran PBL yang dimaksud adalah memulai aktivitas belajar dengan menyajikan masalah actual dan otentik, kemudian siswa mengidentifikasi dan menetapkan masalah, selanjutnya siswa mengumpulkan informasi(gerakan literasi) untuk mengembangkan solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi, selanjutnya disajikan dalam bentuk prsentasi dan diakhiri dengan menganalisa ulang dan mengevaluasi pemecahan masalah yang telah disajikan dalam diskusi kelas.

Post a Comment for "TUGAS AKHIR MODUL 5 PEDAGOGIK PPG DALAM JABATAN 2019"