Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INSTRUMEN EVALUASI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

TUGAS AKHIR / E3
INSTRUMEN EVALUASI
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019


Nama Peserta                 : KUSMIARSEH, M.Pd.I

NUPTK                             : 1042766666300013

Nomor Peserta               : 1042766666300013

Bidang Studi Sertifikasi: Sejarah Kebudayaan Islam

Sekolah Asal                   : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember

 

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

(SOAL UNTUK MENGUKUR TINGKAT BERPIKIR TINGGI/HOTS)

 

  1. KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Satuan Pendidikan      : MAS. Annuriyyah Rambipuji Jember

Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester          : XI (Sebelas) / Genap

Bentuk Soal                : Uraian

Jumlah Soal                : 5 soal

Penyusun                    : Kusmiarseh, M.Pd.I

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

LEVEL

NOMOR SOAL

1.

 

Menganalisis proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad

 

Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

Disajikan informasi tentang sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad, peserta didik dapat menganalisis factor penyebab yang melatarbelakangi lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad

L3/C4

1

Peserta didik dapat menganalis strategi pendirian Bani Abbasiyyah di Bagdad

L3/C4

2

Disajikan informasi tentang kota Bagdad, peserta didik dapat menunjukkan kelebihan kota Bagdad sehingga menjadi dasar pertimbangan pemilihan Bagdad sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah

L3/C5

3

Peserta didik dapat menganalisis ibrah atau nilai pembelajaran yang dapat diambil dari materi sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

L3/C4

4

Peserta didik dapat merencanakan aktivitas yang akan dilakukan (di rumah, sekolah dan masyarakat) dari nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad

L3/C6

5

B.   BENTUK SOAL URAIAN

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat!

1.    Cermatilah informasi berikut ini!

Rounded Rectangle: Timbulnya pemberontakan terhadap kekhalifahan Umayyah didasari oleh ketidakpuasan rakyat terhadap perilaku korupsi yang ditunjukan oleh para Gubernur yang ditunjuk oleh khalifah. Para gubernur ini dianggap korup dan hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja. Kenyataan bahwa Dinasti Umayyah bukan merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW adalah salah satu isu yang dipakai oleh Dinasti Abbasiyah untuk mendapatkan dukungan rakyat menggulingkan kekuasaan khalifah dinasti Umayyah. Diansti Abbasiyah merasa mereka adalah kerabat dekat dari sang Nabi (mereka merupakan keturunan dari paman nabi Muhammad yang bernama Abbas) dan lebih berhak memegang tampuk kekuasaan.
(Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Zab).
 

 


Berdasarkan pada informasi tersebut, analisislah factor penyebab yang melatarbelakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad!.

2.    Bagaimana strategi pendirian Bani Abbasiyyah di Bagdad?

3.    Bacalah dengan cermat informasi berikut ini!

Rounded Rectangle: Bagdad merupakan kota yang terletak di pinggir sungai Eufrat dan Tigris ini sebelumnya merupakan kota kuno yang dibangun oleh orang-orang Persia. Kota ini merupakan kota pusat perdagangan yang ramai didatangi para pedagang dari berbagai pelosok dunia, termasuk para pedagang dari India dan Cina turut meramaikan kota ini.
Kota Baghdad dibangun oleh khalifah kedua yaitu Abu Ja’far al Mansur. Tujuan al Mansur membangun kota ini adalah untuk steril dari kelompok Syi’ah maupun kelompok Bani Umayyah yang baru saja dikalahkan.  Di dalam kota Baghdad sendiri dibangun berbagai peradaban seperti istana, masjid, madrasah, kuttab dan perpustakaan, darul hikmah ataupun fasilitas lainnya.
(Sumber:https://nderesmaning.blogspot.com/2019/05/sejarah-berdirinya-dinasti-bani-abbasiyyah.html).
 

 

Berdasar pada informasi tersebut, mengapa Kota Bagdad dijadikan sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah?

4.    Jelaskan nilai pembelajaran/ibrah yang dapat dipetik setelah memahami materi Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad!

5.    Susunlah rencana yang akan kalian lakukan baik di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai pembelajaran/ibrah dari materi Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad!

C.   PEDOMAN PENSEKORAN/RUBRIK PENILAIAN

No.

Aspek atau Kriteria yang dinilai

Skor

1

Menganalisa faktor penyebab lahirnya Bani Abbasiyyahdi Bagdad

 

Jika peserta didik menganalisa faktor penyebab lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik menganalisa faktor penyebab lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik menganalisa faktor penyebab lahirnya tidak sesuai dengan semestinya

1

2

Menganalisa strategi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik menganalisa strategi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik menganalisa strategi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang sempurna

2

Jika peserta didik menganalisa strategi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan semestinya.

1

3

Menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah

 

Jika peserta didik menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah dengan tepat

3

Jika peserta didik menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah namun kurang tepat

2

Jika peserta didik menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah tetapi tidak sesuai dengan semestinya

1

4

Menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

5.

Merencanakan aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik dapat Merencanakan aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap

3

Jika peserta didik dapat Merencanakan aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap

2

Jika peserta didik dapat Merencanakan aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

Skor Maksimal

15

N=Jumlah Skor yang diperoleh x 100

                          15

 

 





D. KUNCI JAWABAN

1.    Berdasarkan informasi yang tersaji, dapat dianalisa bahwa faktor penyebab yang melatar belakangi Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad antara lain:

Ø Kekacauan bernegara Dinasti Umayyah, yang ditunjukkan dengan perilaku korupsi yang dilakukan oleh para Gubernur yang ditunjuk khalifah dan hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja.

Ø Kenyataan bahwa Dinasti Umayyah bukan merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW adalah salah satu isu yang dipakai oleh Dinasti Abbasiyah untuk mendapatkan dukungan rakyat menggulingkan kekuasaan khalifah dinasti Umayyah. Dinasti Abbasiyyah merasa mereka adalah kerabat dekat dari sang Nabi (mereka merupakan keturunan dari paman nabi Muhammad yang bernama Abbas) dan lebih berhak memegang tampuk kekuasaan.

Faktor-faktor inilah yang menghantarkan kemenangan Abu Abbas Ash Shaffah dalam sebuah perang terbuka (al Zab) melawan khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad, pada pada tahun 750 M atau 132 H.

  1. Strategi yang dilakukan Bani Abbas dalam mendirikan Daulah Abbasiyyah: Membentuk gerakan bawah tanah, menerapkan politik bersahabat, dalam gerakannya menanggalkan nama Bani Abbas dan menggunakan Bani Hasyim serta menetapkan Khurasan sebagai pusat gerakan politik Bani Abbasiyyah.
  2. Kelebihan Bagdad sehingga dijadikan pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah;

Ø Bagdad merupakan kota yang subur dan indah karena terletak di pinggir sungai Eufrat dan Tigris

Ø Bagdad sebagai pusat perdagangan menjadi tempat yang strategis sehingga mudah untuk saling berkomunikasi dengan bangsa lain

Ø Banyak terdapat bahan tambang dan sumber alam lainnya untuk keperluan hidup khalifah, petinggi pemerintahan dan seluruh warga masyarakat

  1. Berdirinya Bani Abbasiyyah tidak lepas dari peran besar Abu Abbas Ash Shaffah sebagai pendirinya. Abu Abbas As Shaffah berkepribadian tegas, berani dan cerdas sehingga dengan keberanian, ketegasan dan kecerdasan beliau dalam menyusun strategi pada akhirnya berhasil mengalahkan kekuasan Dinasti Umayyah. Disamping itu, keberhasilan yang diraih oleh Bani Abbasiyyah juga tidak terlepas dari peran para sahabat yang membantu seperti Abu Muslim Al Khurasani, merupakan sosok pemuda yang sangat cerdas dan tangkas.

5.    Di rumah         : Akan menjadi pribadi yang berani menyampaikan pendapat,dsb.

Di Sekolah: Akan menjadi pelajar yang giat/berkemauan keras meraih cita-cita, dsb

Di Masyarakat : Akan menjadi pribadi yang berani/tegas dalam kebenaran, dsb.

(Sesuai kebijakan guru).


Post a Comment for "INSTRUMEN EVALUASI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM"