INSTRUMEN EVALUASI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
TUGAS AKHIR
/ E3INSTRUMEN EVALUASIPENDIDIKAN
PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019
Nama Peserta : KUSMIARSEH, M.Pd.I
NUPTK :
1042766666300013
Nomor Peserta : 1042766666300013
Bidang Studi Sertifikasi: Sejarah
Kebudayaan Islam
Sekolah Asal : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL
BELAJAR PESERTA DIDIK
(SOAL UNTUK MENGUKUR TINGKAT BERPIKIR
TINGGI/HOTS)
- KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI HASIL
BELAJAR PESERTA DIDIK
Satuan Pendidikan : MAS. Annuriyyah Rambipuji Jember
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI (Sebelas) / Genap
Bentuk Soal : Uraian
Jumlah Soal : 5 soal
Penyusun : Kusmiarseh, M.Pd.I
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL |
NOMOR SOAL |
1. |
Menganalisis proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad |
Sejarah
Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
Disajikan informasi tentang sejarah berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad, peserta didik dapat menganalisis factor penyebab yang melatarbelakangi lahirnya
Bani Abbasiyyah di Bagdad |
L3/C4 |
1 |
Peserta didik dapat menganalis
strategi pendirian Bani Abbasiyyah di
Bagdad |
L3/C4 |
2 |
|||
Disajikan informasi tentang kota Bagdad, peserta
didik dapat menunjukkan kelebihan kota Bagdad sehingga menjadi dasar
pertimbangan pemilihan Bagdad sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah |
L3/C5 |
3 |
|||
Peserta didik dapat menganalisis ibrah atau nilai pembelajaran yang
dapat diambil dari materi sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
L3/C4 |
4 |
|||
Peserta didik dapat merencanakan aktivitas yang akan
dilakukan (di rumah, sekolah dan masyarakat) dari nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses
lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
L3/C6 |
5 |
B.
BENTUK SOAL URAIAN
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan
tepat!
1. Cermatilah informasi berikut ini!
Berdasarkan pada informasi
tersebut, analisislah factor penyebab yang melatarbelakangi berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad!.
2. Bagaimana strategi pendirian Bani Abbasiyyah di
Bagdad?
3. Bacalah dengan cermat informasi berikut ini!
Berdasar pada informasi tersebut,
mengapa Kota Bagdad dijadikan sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah?
4. Jelaskan nilai pembelajaran/ibrah yang dapat dipetik setelah memahami materi Sejarah Berdirinya
Bani Abbasiyyah di Bagdad!
5. Susunlah rencana yang akan kalian lakukan baik di
rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai pembelajaran/ibrah dari materi Sejarah Berdirinya
Bani Abbasiyyah di Bagdad!
C.
PEDOMAN PENSEKORAN/RUBRIK PENILAIAN
No. |
Aspek atau Kriteria yang dinilai |
Skor |
1 |
Menganalisa faktor penyebab lahirnya Bani Abbasiyyahdi Bagdad |
|
Jika
peserta didik menganalisa faktor penyebab lahirnya Bani
Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika
peserta didik menganalisa faktor penyebab lahirnya Bani
Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat |
2 |
|
Jika
peserta didik menganalisa faktor penyebab lahirnya tidak sesuai
dengan semestinya |
1 |
|
2 |
Menganalisa strategi berdirinya Bani Abbasiyyah di
Bagdad |
|
Jika peserta
didik menganalisa strategi berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik menganalisa strategi
berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang sempurna |
2 |
|
Jika peserta didik menganalisa strategi
berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan
semestinya. |
1 |
|
3 |
Menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai pusat pemerintahan Bani
Abbasiyyah |
|
Jika
peserta didik menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih
sebagai pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah dengan tepat |
3 |
|
Jika
peserta didik menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai
pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah namun kurang tepat |
2 |
|
Jika
peserta didik menunjukkan kelebihan Bagdad sehingga dipilih sebagai
pusat pemerintahan Bani Abbasiyyah tetapi tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
4 |
Menganalisa ibrah dari proses
lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Jika
peserta didik menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani
Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika
peserta didik menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani
Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat |
2 |
|
Jika
peserta didik menganalisa ibrah dari proses lahirnya Bani
Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
5. |
Merencanakan aktivitas
di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai pembelajaran/ibrah proses lahirnya Bani Abbasiyyah
di Bagdad |
|
Jika
peserta didik dapat Merencanakan
aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai
pembelajaran/ibrah proses lahirnya
Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap |
3 |
|
Jika
peserta didik dapat Merencanakan
aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai
pembelajaran/ibrah proses lahirnya
Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap |
2 |
|
Jika
peserta didik dapat Merencanakan
aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai
pembelajaran/ibrah proses lahirnya
Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
Skor Maksimal |
15 |
|
D. KUNCI JAWABAN
1. Berdasarkan informasi yang tersaji, dapat dianalisa
bahwa faktor penyebab yang melatar belakangi Berdirinya Bani Abbasiyyah di
Bagdad antara lain:
Ø Kekacauan bernegara Dinasti Umayyah, yang ditunjukkan
dengan perilaku korupsi yang dilakukan oleh para Gubernur yang ditunjuk
khalifah dan hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja.
Ø Kenyataan bahwa Dinasti Umayyah bukan merupakan keturunan
langsung dari Nabi Muhammad SAW
adalah salah satu isu yang dipakai oleh Dinasti Abbasiyah untuk mendapatkan dukungan rakyat menggulingkan kekuasaan khalifah
dinasti Umayyah. Dinasti Abbasiyyah
merasa mereka adalah kerabat dekat
dari sang Nabi (mereka merupakan keturunan dari paman nabi Muhammad yang
bernama Abbas) dan lebih berhak memegang tampuk kekuasaan.
Faktor-faktor inilah yang menghantarkan
kemenangan Abu Abbas Ash Shaffah dalam sebuah perang terbuka (al Zab) melawan
khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad, pada pada tahun
750 M atau 132 H.
- Strategi yang dilakukan Bani Abbas dalam mendirikan
Daulah Abbasiyyah: Membentuk gerakan bawah tanah, menerapkan politik
bersahabat, dalam gerakannya menanggalkan nama Bani Abbas dan menggunakan
Bani Hasyim serta menetapkan Khurasan sebagai pusat gerakan politik Bani
Abbasiyyah.
- Kelebihan Bagdad sehingga dijadikan pusat pemerintahan
Bani Abbasiyyah;
Ø
Bagdad
merupakan kota yang subur dan indah karena terletak di pinggir sungai Eufrat
dan Tigris
Ø
Bagdad
sebagai pusat perdagangan menjadi tempat yang strategis sehingga mudah untuk
saling berkomunikasi dengan bangsa lain
Ø
Banyak
terdapat bahan tambang dan sumber alam lainnya untuk keperluan hidup khalifah,
petinggi pemerintahan dan seluruh warga masyarakat
- Berdirinya Bani Abbasiyyah tidak
lepas dari peran besar Abu Abbas Ash
Shaffah sebagai pendirinya. Abu Abbas As Shaffah berkepribadian tegas, berani dan cerdas sehingga
dengan keberanian, ketegasan dan kecerdasan beliau dalam menyusun strategi
pada akhirnya berhasil mengalahkan kekuasan Dinasti Umayyah. Disamping
itu, keberhasilan yang diraih oleh Bani Abbasiyyah juga tidak terlepas
dari peran para sahabat yang membantu seperti Abu Muslim Al Khurasani,
merupakan sosok pemuda yang sangat cerdas dan tangkas.
5. Di rumah :
Akan menjadi pribadi yang berani menyampaikan pendapat,dsb.
Di Sekolah: Akan menjadi pelajar yang giat/berkemauan
keras meraih cita-cita, dsb
Di Masyarakat :
Akan menjadi pribadi yang berani/tegas dalam kebenaran, dsb.
(Sesuai kebijakan guru).
Post a Comment for "INSTRUMEN EVALUASI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM"