Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT MA

 SOAL UJIAN MADRASAH 

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM


1.  Sebelum kedatangan Islam, dalam masalah peribadatan dan system kepercayaan mayoritas masyarakat Mekkah menganut agama nenek moyangnya, yaitu percaya kepada dewa yang diwujudkan dalam bentuk berhala atau patung. Patung terbesar yang terletak di Ka’bah adalah…

a.      Hubal

b.      Latta

c.       Uzza

d.      Manat

e.       Dzulkhistan

2.       Perhatikan penyataan berikut!

1)     Memperbaiki akhlak

2)     Persamaan hak dan serajat diantara manusia

3)     Pendidikan sosial politik

4)     Mengubah kebiasaan bertaklid kepada nenek moyang dan meluruskan adat istiadat

5)     Mendirikan masjid

6)     Berdakwah dengan sabar, ikhlas, tegas dan tidak memaksa

7)     Pendidikan tentang kekuasaan

Pernyataan yang termasuk subtansi dakwah nabi Muhammad saw pada periode Mekkah ditunjukkan oleh nomor…

a.       1, 2, 3 dan 5

b.      1, 2, 4 dan 6

c.       2, 3, 4 dan 5

d.       3, 5, 6 dan 7

e.       4, 5, 6 dan 7

3.       Turunnya wahyu kedua berupa Surah al-Muddasir ayat 1-7, membuat hati nabi Muhammad saw menjadi semakin mantap dan yakin untuk memulai dakwahnya. Kemudian beliau memutuskan untuk berdakwah secara rahasia (siriyyah) sementara waktu. Dakwah nabi saw secara rahasia ini pertama kali ditunjukkan kepada…

a.      Keluarga

b.       Sahabat baik

c.       Teman dekat

d.       Kerabat beliau

e.       Kaum Quraisy

4.       Masuk Islamnya Umar bin Khattab dan Hamzah bin Abdul Muthalib membuat kaum Quraisy semakin meradang. Puncaknya, mereka melakukan pemboikotan terhadap kaum muslimin dalam berbagai bidang kehidupan. Berikut tindakan yang dilakukan Nabi Muhammad saw setelah mengetahui pemboikotan tersebut adalah…

a.      Memerintahkan mereka untuk berhijrah ke Madinah

b.       Memerintahkan mereka bersembunyi dari gangguan kaum Quraisy

c.       Menyerahkan mereka kepada kaum Quraisy

d.       Memberik mereka pilihan antara memeluk Islam atau tetap memeluk agama Watsani

e.       Memerintahkan mereka untuk meninggalkan ajaran Islam

5.       Di Madinah pra Islam, banyak terdapat suku yang saling bermusuhan. Suku yang kuat mengalahkan yang lemah. Suku yang kuat akan memiliki pengaruh lebih di Madinah. Namun semenjak kedatangan Nabi Muhammad saw banykak suku yang memutuskan untuk berdamai. Dua suku besar di Madinah yang berhasil didamaikan oleh Nabi saw adalah….

a.       Hasyim dan Muthalib

b.      Aus dan Khazraj

c.       Muhajjirin dan Anshar

d.       Tsaqif dan Aus

e.       Tihamah dan Kinanah

6.       Cermatilah strategi dakwah nabi Muhammad saw di Madinah berikut ini:

Sesampainya di Madinah, Nabi Muhammad saw melakukan beberapa kebijakan, seperti mempersaudarakan kaum muhajjirin dengan Anshar. Contohnya, Abu Bakar As-Siddiq yang berasal dari Muahjjirin dipersaudarakan dengan Kharijah bin Zuhair dari Anshar.

Ibrah yang dapat diambil dari strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode  Madinah tersebut adalah…

a.       Kita tidak boleh putus asa dalam berdakwah

b.       Berdakwah secara terus menerus

c.       Menyumbangkan sebagian harta untuk berdakwah

d.      Kita harus mempererat ukhuwah islmiyah

e.       Sabar dalam menghadapi ujian

7.       Dalam mensyiarkan dakwah Islam di Madinah, Nabi Muhammad saw beserta para sahabat mendapat perlawanan sengit dari kaum Yahudi. Namun, Nabi saw dapat menyiasatinya dengan bentuk piagam Madinah. Adapun subtansi dari piagam Madinah yang telah dibuat oleh Rasulullah saw adalah….

a.        Mengajarkan nilai toleransi terhadap penganut agama lain, dengan mengatur hubungan antara kaum muslimin dan non-muslim

b.       Meningkatkan ukhuwah Islamiyah sehingga kaum muslimin semakin kuat

c.       Pendirian negara Islam di Madinah

d.       Undang-undang yang mengatur aktivitas kaum muslimin di Madinah

e.       Peraturan yang mengutamakan kepentingan kaum muslimin di Madinah

8.       Fathu Mekkah menjadi tonggak bangkitnya umat Islam setelah melewati masa penuh tantangan dan rintangan dari kaum Quraisy. Factor keberhasilan kaum muslimin dalam peristiwa tersebut disebabkan oleh…

a.       Kaum Quraisy kalam berpengalaman dalam pertempuran

b.      Hilangnya bantuan dari golongan Yahudi terhadap kaum Quraisy

c.       Strategi pertempuran diterapkan dengan baik

d.       Tidak simbangnya jumlah pasukan kaum Quraisy

e.       Terpecah belahnya persatuan kaum Quraisy

9.       Pemilihan pemimpin setelah Rasulullah saw wafat berbeda-beda. Contohnya pemilihankhalifah setelah Umar bin Khattab dilakukan melalui pembentukan dewan. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari pemilihan khulafaurrasyidin tersebut adalah…

a.       Bekerjasama dalam berbagai bidang

b.      Pentingnya musyawaroh untuk mufakat

c.       Menjunjung tinggi kebebasan berpendapat

d.       Tidak boleh mendahulukan kepentingan orang lain

10.   Berbagai macam strategi dakwah telah dilakukan oleh khulafaurrasyidin dalam mengembangkan ajaran Islam. Seorang khalifah berinisiatif untuk menyamakan dialek dalam pembacaan al Qur’an. Hal ini dilakukan mengingat wilayah kekuasaan Islam semakin luaas dan memiliki dialek berbeda. Berikut khalifah yang menggunakan strategi dakwah tersebut adalah…

a.       Abu Bakar As-siddiq

b.       Umar bin Khattab

c.       Usman bin Affan

d.       Ali bin Abi Thalib

e.       Umar bin Abdul Aziz

11.   Di masa pemerintahannya, Abu Bakar As-Siddiq berhasil memerangi nabi-nabi palsu, kaum murtadin serta orang-orang yang membangkang dan tidak mau membayar zakat. Subtansi dakwah yang dapat diambil dari kebijakan Abu Bakar tersebut adalah…

a.      Ketegasan dalam menindak penyimpangan

b.       Menjalani kehidupan dengan bersahaja

c.       Bersikap dermawan kepada siapa saja

d.       Berani mengambil inisiatif tentang hal-hal baru

e.       Mampu membedakan antara yang hak dan batil

12.   Zaman keemasan Khulafaurrasyidin berakhir dengan penyerahan kekuasaan Islam dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan. Berikut factor lain yang melatarbelakangi berdirinya Dinasti Umayyah adalah…

a.       Belum tuntasnya pengusutan kematian Abu Bakar

b.       Perebutan tahta antarkeluarga khalifah

c.       Kebijakan khalifah Ali yang tidak memihak kepada Bani Umayyah

d.       Persatuan umat Islam yang terpecah belah

e.       Terjadinya peristiwan ‘Amul wufud

13.   Masa pemerintahan Dinasti Umayyah yang berlangsung kurang lebih selama hampir satu abad dibagi menjadi tiga fase, yakni berdiri atau pembentukan, kemajuan dan keruntuhan. Berikut pernyataan yang tidak tepat mengenai fase pembentukan masa Dinasti Umayyah adalah…

a.       Perluasan wilayah berhasil mencapai empat benua

b.       Terjadi perpaduan antara lagu warisan Arab dan seni Islam

c.       Bangunan yang didirikan dihiasi tulisan kaligrafi yang indah

d.      Terjadinya pengangkatan khalifah dalam satu tahun pemerintahan

e.       Ilmu tafsir, hadis, tariks Islam semakin berkembang

14.   Khalifah Umar bin Abdul Aziz banyak meninggalkan hasil dari usahanya selama menjabat sebagai khalifah. Diantara prestasi yang ditorehkan oleh Umar bin Abdul Aziz meliputi bidang agama, ilmu pengetahuan, sosial politik, ekonomi, militer, dakwah dan perluasan wilayah serta fiscal. Prestasi Umar bin Abdul Aziz dalam mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan yaitu…

a.       Mengader calon khalifah

b.       Membukukan al-Qur’an

c.       Membukukan hadits

d.       Mendirikan universitas Islam

e.       Membuat perpustakaan internasional

15.   Perhatikan peninggalan-peninggalan peradaban Islam berikut ini!

1)     Qasru al-Dzahab

2)     Istana Ukhaidir

3)     Masjid Jami’ Al-Umawly

4)     Qubah As-Sakhrah

5)     Masjid Samara

Berdasarkan data tersebut, peninggalan peradaban Islam pada masa Dinasti Umayyah ditunjukkan oleh nomor…

a.       1 dan 2

b.       2 dan 3

c.       2 dan 4

d.       3 dan 4

e.       4 dan 5

16.   Di masa kejayaannya, Dinasti Umayyah sering melakukan ekspansi ke berbagai penjuru negeri dalam rangka perluasan wilayah kekuasaan Islam meliputi penaklukan Asia Kecil, Afrika Utara, hingga wilayah Sindh bagian selatan. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari keberhasilan pada masa kekhalifahan Dinasti Umayyah tersebut adalah…

a.      Senantiasa belajar dari pengalaman

b.       Gigih dan bekerja keras untuk menuntut ilmu

c.       Memiliki rasa cinta akan ilmu pengetahuan

d.       Menjaga jalinan ukhuwah Islamiyah

e.       Disiplin waktu dalam kehidupan sehari-hari

17.   Setelah berkuasan kurang lebih selama Sembilan puluh tahun, Dinasti Umayyah di Damaskus mengalami kelemahan dan kehancuran. Lemahnya pemerintahan Dinasti Umayyah I terjadi hampir di semua wilayah kekuasaan. Sementara kekuatan baru muncul sebagai lawan politik. Factor penyebab runtuhnya Dinasti Umayyah I di Damaskus, antara lain terjadinya pertempuran al-Zab, yakni…

a.       Pertempuran antara pasukan Umayyah dan pasukan Fatimiyah di daerah al-Zab

b.       Penyerangan pasukan Abbasiyyah terhadap pasukan Fatimiyah di l-Zab

c.       Meninggalnya Walid bin Yazid dan Ibrahim bin Walid di daerah al-Zab

d.       Perebutan wilayah kekuasaan di daerah al-Zab anatara Dinasti Umayyah dan Abbasiyyah

e.      Pertempuran antara pasukan Umayyah dan Abbasiyyah di daerah al-Zab

18.   Masa pemerintahan Dinasti Umayyah di Andalusia terbagi menjadi enam periode. Diketahui suatu periode pemrintahan terjadi antara tahun 1013-1086 M. berikut keadaan kekhalifahan pada periode tersebut adalah…

a.       Khalifah berkedudukan sebagai an-Nashir li Dinillah (penegak agama Allah)

b.      Andalusia terpecah menjadi negara kecil di bawah pemerintahan Muluk ath-Thawaif

c.       Pembangunan masjid Cordoba dan pendirian sekolah di kota beas Andalusia

d.       Terjadi perbedaan pandangan antara khalifah di Damaskus dan Gubernur Afrika Utara

e.       Kemunculan gerakan Reconquista yang dilakukan pasukan Kristen

19.   Perhatikan beberapa peninggalan peradaban Islam berikut ini!

1)     Qashr Al-Hair Al-Gharbi

2)     Rushafat

3)     Qashr Musyatta

4)     Al Qashr al Kabir

5)     Qubah As-Sakhrah

Berdasarkan data tersebut, peninggalan peradaban Islam yang didirikan pada masa Dinasti Umayyah di Andalusia ditunjukkan oleh nomor…

a.       1 dan 2

b.       2 dan 3

c.       2 dan 4

d.       3 dan 4

e.       4 dan 5

20.   Setelah bertahan kurang lebih tujuh setengah abad, Dinasti Umayyah di Andalusia mengalami keruntuhan. Penyataan berikut yang menunjukkan factor penyebab keruntuhan Dinasti Umayyah di Andalusia adalah…

a.       Tata kota di pusat pemerintahan tidak teratur

b.       Konflik berkepanjangan dengan pasukan salib

c.       Wilayah kekuasaan yang terlampau luas

d.       Kondisi khalifah lemah ditambah moral buruk

e.      Terjadi kemerosotan ekonomi pada paruh kedua

21.   Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!

1)     Pertempuran salib

2)     Pertempuran al-Zab

3)     Suksesnya propaganda

4)     Terbunuhnya Marwan bin Muhammad

5)     Terbunuhnya Marwan bin Hakam

6)     Mengangkat Abu Muslim Al Khurasani sebagai pemimpin gerakan praktis

7)     Menjadikan al Humaymah sebagai kota penghubung

Dari pernyataan tersebut, latar belakang berdirinya Dinasti Abbasiyyah ditunjukkan pada nomor…

a.       2, 3 dan 5

b.       3, 4 dan 7

c.       3, 4 dan 6

d.       1, 5 dan 6

e.       1, 2 dan 7

22.   Pemerintahan Dinasti Abbasiyyah memiliki masa kekuasaan yang terhitung lama. Mereka berkuasa kurang lebih selama 5 abad. Hal ini menyebabkan para sejarawan membagi pemerintahannya menjadi lima fase. Kekuasaan Dinasti Abbasiyyah yang berhasil diambil alih oleh Bani Saljuk terjadi pada fase…

a.       Pertama

b.       Kedua

c.       Ketiga

d.       Keempat

e.      Kelima

23.   cermatilah pernyataan berikut!

1)     Dibentuk lembaga kepolisian (Syurthah)

2)     Semakin kentalnya unsur pengaruh Arab

3)     Diterapkannya system monarki herediter

4)     Adanya jabatan wazir atau menteri dalam pemerintahan

5)     Dipindahkannya ibu kota dari Damaskus ke Bagdad

Pernyataan yang menunjukkan perbedaan karakteristik umum system pemerintahan antara Dinasti Abbasiyyah dan Umayyah ditunjukkan oleh nomor…

a.       1 dan 2

b.       2 dan 3

c.       2 dan 4

d.       3 dan 5

e.      4 dan 5

24.   Semasa memimpin, Abu Ja’far al-Mansur membuat beberapa kebijakan dalam pemerintahannya. Khalifah al-Mansur mengangkat beberapa orang untuk menduduki sejumlah jabatan di lembaga eksekutif dan yudikatif. Di bidang pemerintahan, misalnya ia mengangkat wazir yang ditugaskan sebagai…

a.       Pengawas penjara

b.       Pelatih tentara perang

c.       Koordinator kementrian

d.       Juru bicara khalifah

e.       Pegawai keluarga khalifah

25.   Ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyyah mengalami perkembangan pesat. Banyak lahir tokoh ilmuwan muslim dengan karya-karyanya yang termasyhur hingga sekarang. Di bawah ini pasangan yang tepat antara tokoh ilmuwan dan hasil karyanya adalah…

a.       Imam Musli – Ihya’ Ulumuddin

b.       Imam Bukhari – Al-Musnad

c.       Imam ath-Thabari – Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim

d.      Imam Syafi’I – Al-Umm

e.       Imam ibnu Majah – Al-Mujtaba

26.   Berikut beberapa kota yang pernah menjadi pusat peradaban Islam.

1)     Damaskus

2)     Madinah

3)     Bagdad

4)     Makkah

5)     Samarra

6)     Bukhara

Berdasarkan data tersebut, kota yang pernah menjadi pusat peradaban Islam masa pemerintahan Dinasti Abbasiyyah ditunjukkan oleh nomor…

a.       1, 2 dan 3

b.       1, 3 dan 5

c.       2, 3 dan 4

d.       2, 4 dan 6

e.      3, 5 dan 6

27.   Pada masa Dinasti Abbasiyyah para mentri atau wazir sangat dipercaya oleh para khalifah. Namun, kepercayaan yang diberikan justru dimanfaatkan utnuk merusak hubungan diantara penguasa, bahkan sampai terjadi permusuhan antarsaudara. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari salah satu factor penyebab runtuhnya Dinasti Abbasiyyah tersebut adalah...

a.       Pemimpin harus memahami keadaan rakyatnya

b.      Pemimpin harus mampu mengontrol yang dipimpin

c.       Teliti dan jeli dalam memilih pemimpin

d.       Pemimpin wajib memiliki sikap keperwiraan

e.       Tidak mencalonkan diri sebagai pemimpin jika tidak mampu

28.   Sebagai bangsa berdarah militer, Turki Usmani lebih banyak menfokuskan kegiatan mereka dalam bidang kemiliteran. Namun, mereka juga berkiprah dalam pengembangan seni arsitektur Islam berupa bangunan yang indah. Berikut masjid peninggalan Daulah Turki Usmani yang awalnya sebuah gereja adalah…

a.       Masjid Sultan Muhammad Al-Fatih

b.       Masjid Agung Sulaiman

c.       Masjid Aya Sofia

d.       Masjid Abi Ayyub al-Anshari

e.       Masjid al-Muhammadi

29.   Karya seni terbesar yang menonjol pada masa Daulah Mughal adalah karya arsitektur yang indah dan mengagumkan. Selain arsitektur, bidang karya sastra masa daulah ini juga mengalami perkembangan pesat. Seorang sejarawan bernama Abu Fadl menulis dua kita yang berisi mengenai…

a.       Keberhasilan militer Mughal dalam memperluas wilayah

b.       Anggapan bahwa semua rakyat India dipandang sama

c.       Lahirnya konsep din-illahi yang digagas Sultan Jalaluddin Akbar

d.      Sejarah Mughal berdasarkan pemimpinnya

e.       Bangunan sejarah peninggalan masa Dinasti Mughal

30.   Pada masa Daulah Syafawi muncul ilmuwan-ilmuwan terkenal, diantaranya seorang generalis ilmu pengetahuan termasyhur saat itu yang bernama…

a.      Baha al Din Al Syirazi

b.       Baharuddin Al-Amili

c.       Muhammad Baqir

d.       Muhammad Damad

e.       Sadr al-Din Al- Syirazi

31.   Pada suatu hari seorang bapak mengajak anak laki-lakinya untuk ikut shalat shubuh berjamaah di masjid. Karena masih sangat mengantuk, anak tersebut justru tidur lagi. Sang bapak kemudian menegur dan menasehatinya agar tidak bermalas-malasan, karena malas termasuk perbuatan setan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, salah satu penyebab kemunduran umat Islam saat ini adalah…

a.       Mudah terpecah belah

b.       Hilangnya semangat berjuang

c.       Dubutakan gemerlapnya dunia

d.       Takut akan datangnya kematian

e.      Banyak meninggalkan ajaran Islam

32.   Setelah umat Islam mengalami masa kemunduran yang panjang, para tokoh Islam melakukan kegiatan pembaharuan. Berikut ini yang bukan termasuk latar belakang munculnya gerakan pembaharuan di dunia Islam adalah…

a.       Umat Islam terpecah belah dalam berbagai golongan

b.       Banyak ajaran Islam bercampur dengan ajaran atau kepercayaan lain

c.       Umat Islam berpikir tertutup atau statis

d.       Banyak umat Islam memiliki sikap hidup pasrah dan kurang berusaha

e.      Banyak umat Islam mendalami ilmu pengetahuan dan meninggalkan ilmu agama

33.   Cermatilah pernyataan berikut!

Pada masa perkembangan Ilsma abad modern terdapat tokoh pembaharu yang melakukan pembaharuan system pendidikan di Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir. Ia memasukkan filsafat dan sains sebagai mata kuliah yang harus diajarkan.

Pemikiran pembaharuan Islam tersebut dikeluarkan oleh…

a.       Ali Pasha

b.       Ahmad Khan

c.       Jamaluddin al-Afghani

d.      Muhammad Abduh

e.       Hasan al-Banna

34.   Seorang tokoh pembaharu Islam asal India, pemikiran dan perjuangannya telah memberikan sumbangan besar bagi dunia Islam secara internasional. Hingga ia mendapatkan julukan sebagai “The Founding Father of Pakistan”. Pernyataan yang tepat mengenai pemikiran tokoh pembaharu Islam tersebut dalam bidang politik adalah…

a.       Umat Islam berhak mendirikan negara sendiri

b.       System pemerintahan autokrasi harus diganti dengan demokrasi

c.       Umat Islam harus hidup dalam satu ikatan yang disebut “Ummatan Wahidah”

d.       Masyarakat harus dikelompokkan dalam satu pola tertentu

e.       Kekuasaan negara harus dibatasi oleh kontribusi yang telah dibuat

35.   Peranan para ulama Islam yang tergabung dalam berbagai organisasi akan perjuangan kemerdekaan tidak dapat diabaikan. Salah satu organisasi besar Islam yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial dan ekomoni dengan mendasarkan pada paham Ahlussunah wal Jamaah adalah….

a.       Muhammadiyah

b.       Ahmdiyah

c.       Masyumi

d.      Nahdlatul Ulama

e.       Hizbullah

36.   Berikut beberapa strategi dakwah dalam menyebarluaskan ajaran Islam

1.       Mengirimkan pasukan dipimpin oleh panglima tempur

2.       Mengadakan pertempuran untuk menaklukkan suatu wilayah

3.       Menggunakan berbagai macam kesenian sebagai sarana berdakwah

4.       Membangun pondok pesantren sebagai pusat dakwah

Berdasarkan pernyataan tersebut, strategi dakwah Islam yang sering digunakan di wilayah Indonesia ditunjukkan oleh nomor…

a.       1 dan 2

b.       1 dan 3

c.       2 dan 3

d.       2 dan 4

e.      3 dan 4

37.   Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai macam saluran dakwah. Seperti yang dilakukan oleh Syeikh Maulana Ishak. Ketika mendakwahkan ajaran Islam, ia mempersunting seorang putri raja Balmbangan lewat sebuah sayembara karena dapat menyembuhkan penyakit yang dialami sang putri. Cara Maulana Ishak menyebarkan Islam di Blambangan dapat diartikan berdakwah melalui…

a.       Pendidikan

b.       Tasawuf

c.       Kesenian

d.       Politik

e.      Pernikahan  

38.   Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar tersebut merupakan peninggalan kerajaan awal Islam di Indonesia, yakni…

a.      Kerajaan Banten

b.       Kerajaan Demak

c.       Kerajaan Pajang

d.       Kerajaan Cirebon

e.       Kerajaan Mataram

39.   Sebelum berdiri menjadi kerajaan Islam, Cirebon merupakan daerah kecil di bawah kekuasaan Pakuan Pajajaran. Peranan penting kerajaan tersebut dalam perkembangan awal Islam di Indonesia sebagai…

a.      Cikal bakal pusat penyebaran Islam di Jawa bagian Barat

b.       Pusat kekuasaan Islam di pulau Jawa

c.       Pusat penghasil rempah-rempah

d.       Pusat kegiatan perlawanan terhadap penjajah Portugis

e.       Penyebar dakwah Islam di Sumatra

40.   Cermatilah pernyataan berikut ini!

Diketahui gaya berdakwah seorang wali sanga hampir seperti ayahnya, Raden Said. Ia menggunakan karya seni sebagai media berdakwah. Contohnya ia mengarang beberapa tembang macapat, seperti Sinom dan Kinanti yang jika digali isinya mengandung ajaran Islam.

Wali sanga yang memiliki strategi dakwah tersebut adalah…

a.       Sunan Gresik

b.       Sunan Gunung Jati

c.       Sunan Giri

d.      Sunan Muria

e.       Sunan Drajat

41.   Tak hanya stategi dakwah yang berbeda, wali sanga juga memiliki lokasi dakwah yang berbeda. Meliputi Pulau Jawa bagian tengah, Timur dan Barat. Berikut wilayah dakwah wali sanga yang terletak di Jawa Tengah yaitu…

a.       Jepara-Kudus-Demak

b.       Semarang-Demak-Kudus

c.       Demak-Kudus-Rembang

d.      Demak-Kudus-Muria

e.       Jepara-Muria-Tubab

42.   Cermatilah pernyataan di bawah ini!

Sunan Kudus ahli dalam bidang tauhid, hadis, dan fikih. Beliau juga terkenal sebagai pujangga yang mengarang cerita pendek berfalsafah dan bernapsakan keagamaan. Dalam bidang kesenian, beliau dikenal sebagai pencipta Gending Asmarandana. Ibrah atau pelajarn yang dapat diambil dari strategi dakwah yang dilakukan Sunan Kudus tersebut adalah…

a.       Memperhatikan masalah-masalah sosial

b.       Turut serta dalam membangun pemerintahan

c.       Menggunakan kesenian sebagai media dakwah

d.       Bersikap toleransi terhadap tradisi local

e.      Memiliki ilmu pengetahuan yang luas

43.   KH. Hasyim Asy’ari merupakan pendiri oragnisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama. Dalam mengawal kemerdekaan, bjuga membuat sebuah fatwa yang menjadi penyemangat bagi para ulama dan santri yang tergabung dalam lascar Hizbullah dan Sabilillah. Fatwa tersebut hingga kini dikenal dengan nama…

a.       Revolusi

b.      Resolusi perjuangan

c.       Fatwa ulama

d.       Kebangkitan ulama

e.       Kebangkitan santri

44.   Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) merupakan tokoh ulama dan sastrawan termasyhur di Indonesia. Ia turut berperang aktif dalm pembangunan di berbagai bidang setelah Indonesia meraih kemerdekaannya. Di bawah ini pernyataan yang tepat mengenai peran aktif HAMKA semasa hidupnya adalah…

a.       Menjadi ketua majelis Ulama Indonesia yang kedua

b.      Terpilih sebagai wakil Muhammadiyah yang duduk dalam konstituante

c.       Berperan aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama

d.       Menerbitkan majalah Pedoman Kehidupan pada tahun 1936

e.       Terjun ke dalam politik melalui Partai Nasional Indonesia

45.   Kawasan Asia Tenggara memiliki identitas dan kekhasan. Penyebaran Islam di negara-negara Asia Tenggara berbeda dengan di wilayah Timur Tengah, Eropa dan Afrika. Pernyataan yang tepat mengenai proses masuknya Islam di Asia Tenggara adalah…

a.       Memanfaatkan keberagaman pemikiran masyarakat

b.      Masuk dengan cara damai tanpa adanya penaklukan wilayah

c.       Penyebaran dilakukan secara sembunyi-sembunyi

d.       Raja dipaksa memeluk Islam agar diikuti oleh rakyatnya

e.       Penjajahan menggunakan system kerja paksa

46.   Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Umat Islam di Thailand hanya sekitar 4% dari jumlah total populasi penduduk. Islam di Thailand mengalami kemajuan pesat pada abad ke 19 ketika…

a.       Kekuasaan Islam semakin kuat di Thailand

b.       Banyak ulama Thailand yang mendakwahkan Islam

c.       Kerajaan-kerajaan Islam mulai berdiri di Thailand

d.       Wanita-wanita pribumi dinikahi oleh para pedagang muslim

e.      Pekerja muslim dari Malaysia dan Indonesia masuk ke Thailand

47.   Perhatikan nama-nama tokoh berikut!

1)     Amr bin ‘Ash

2)     Uqbah bin Nafi’

3)     Khalil Syafii

4)     Musa bin Nushair

5)     Muamar Khadafi

6)     Khalid bin Walid

Nama-nama tokoh yang menyebarkan Islam di Afrika pada masa awal ditunjukkan nomor…

a.       1, 2, dan 3

b.       2, 3 dan 4

c.       1, 2 dan 4

d.       1, 2, dan 5

e.       1, 2 dan 6

48.   Di bawah ini organisasi Islam di Amerika Serikat yang bertugas memperjuangkan hak-hak warga muslim di Amerika Serikat adalah…

a.       Muslim Publik Affair United States of America

b.       America Society of Muslim

c.       Islamic Circle of North America

d.       Islamic Society of North America

e.       Council on American-Islamic Relations

49.   Islam pertama kali memasuki wilayah Benua Eropa pada masa pemerintahan khalifah Walid bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah. Saat itu, Islam berhasil menaklukkan Andalusia di bawah pimpinan panglima…

a.       Khalid bin Walid

b.       Usamah bin Ziyad

c.       Musa bin Nushair

d.       Amr bin ‘Ash

e.      Thariq bin Ziyad

50.   Perhatikan gambar berikut ini!



 




Bangunan masjid di di atas menjadi jejak peninggalan peradaban Islam di Benua Eropa. Masjid tersebut sekarang terletak di…

a.      Bosnia-Herzegovina

b.       Prancis

c.       Turki

d.       Jerman

e.       Rusia


Sebelum kedatangan Islam, dalam masalah peribadatan dan system kepercayaan mayoritas masyarakat Mekkah menganut agama nenek moyangnya, yaitu percaya kepada dewa yang diwujudkan dalam bentuk berhala atau patung. Patung terbesar yang terletak di Ka’bah adalah…  a.      Hubal  b.      Latta  c.       Uzza  d.      Manat  e.       Dzulkhistan  2.       Perhatikan penyataan berikut!  1)     Memperbaiki akhlak  2)     Persamaan hak dan serajat diantara manusia  3)     Pendidikan sosial politik  4)     Mengubah kebiasaan bertaklid kepada nenek moyang dan meluruskan adat istiadat  5)     Mendirikan masjid  6)     Berdakwah dengan sabar, ikhlas, tegas dan tidak memaksa  7)     Pendidikan tentang kekuasaan  Pernyataan yang termasuk subtansi dakwah nabi Muhammad saw pada periode Mekkah ditunjukkan oleh nomor…  a.       1, 2, 3 dan 5  b.      1, 2, 4 dan 6  c.       2, 3, 4 dan 5  d.       3, 5, 6 dan 7  e.       4, 5, 6 dan 7  3.       Turunnya wahyu kedua berupa Surah al-Muddasir ayat 1-7, membuat hati nabi Muhammad saw menjadi semakin mantap dan yakin untuk memulai dakwahnya. Kemudian beliau memutuskan untuk berdakwah secara rahasia (siriyyah) sementara waktu. Dakwah nabi saw secara rahasia ini pertama kali ditunjukkan kepada…  a.      Keluarga  b.       Sahabat baik  c.       Teman dekat  d.       Kerabat beliau  e.       Kaum Quraisy  4.       Masuk Islamnya Umar bin Khattab dan Hamzah bin Abdul Muthalib membuat kaum Quraisy semakin meradang. Puncaknya, mereka melakukan pemboikotan terhadap kaum muslimin dalam berbagai bidang kehidupan. Berikut tindakan yang dilakukan Nabi Muhammad saw setelah mengetahui pemboikotan tersebut adalah…  a.      Memerintahkan mereka untuk berhijrah ke Madinah  b.       Memerintahkan mereka bersembunyi dari gangguan kaum Quraisy  c.       Menyerahkan mereka kepada kaum Quraisy  d.       Memberik mereka pilihan antara memeluk Islam atau tetap memeluk agama Watsani  e.       Memerintahkan mereka untuk meninggalkan ajaran Islam  5.       Di Madinah pra Islam, banyak terdapat suku yang saling bermusuhan. Suku yang kuat mengalahkan yang lemah. Suku yang kuat akan memiliki pengaruh lebih di Madinah. Namun semenjak kedatangan Nabi Muhammad saw banykak suku yang memutuskan untuk berdamai. Dua suku besar di Madinah yang berhasil didamaikan oleh Nabi saw adalah….  a.       Hasyim dan Muthalib  b.      Aus dan Khazraj  c.       Muhajjirin dan Anshar  d.       Tsaqif dan Aus  e.       Tihamah dan Kinanah  6.       Cermatilah strategi dakwah nabi Muhammad saw di Madinah berikut ini:  Sesampainya di Madinah, Nabi Muhammad saw melakukan beberapa kebijakan, seperti mempersaudarakan kaum muhajjirin dengan Anshar. Contohnya, Abu Bakar As-Siddiq yang berasal dari Muahjjirin dipersaudarakan dengan Kharijah bin Zuhair dari Anshar.  Ibrah yang dapat diambil dari strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode  Madinah tersebut adalah…  a.       Kita tidak boleh putus asa dalam berdakwah  b.       Berdakwah secara terus menerus  c.       Menyumbangkan sebagian harta untuk berdakwah  d.      Kita harus mempererat ukhuwah islmiyah  e.       Sabar dalam menghadapi ujian  7.       Dalam mensyiarkan dakwah Islam di Madinah, Nabi Muhammad saw beserta para sahabat mendapat perlawanan sengit dari kaum Yahudi. Namun, Nabi saw dapat menyiasatinya dengan bentuk piagam Madinah. Adapun subtansi dari piagam Madinah yang telah dibuat oleh Rasulullah saw adalah….  a.        Mengajarkan nilai toleransi terhadap penganut agama lain, dengan mengatur hubungan antara kaum muslimin dan non-muslim  b.       Meningkatkan ukhuwah Islamiyah sehingga kaum muslimin semakin kuat  c.       Pendirian negara Islam di Madinah  d.       Undang-undang yang mengatur aktivitas kaum muslimin di Madinah  e.       Peraturan yang mengutamakan kepentingan kaum muslimin di Madinah  8.       Fathu Mekkah menjadi tonggak bangkitnya umat Islam setelah melewati masa penuh tantangan dan rintangan dari kaum Quraisy. Factor keberhasilan kaum muslimin dalam peristiwa tersebut disebabkan oleh…  a.       Kaum Quraisy kalam berpengalaman dalam pertempuran  b.      Hilangnya bantuan dari golongan Yahudi terhadap kaum Quraisy  c.       Strategi pertempuran diterapkan dengan baik  d.       Tidak simbangnya jumlah pasukan kaum Quraisy  e.       Terpecah belahnya persatuan kaum Quraisy  9.       Pemilihan pemimpin setelah Rasulullah saw wafat berbeda-beda. Contohnya pemilihankhalifah setelah Umar bin Khattab dilakukan melalui pembentukan dewan. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari pemilihan khulafaurrasyidin tersebut adalah…  a.       Bekerjasama dalam berbagai bidang  b.      Pentingnya musyawaroh untuk mufakat  c.       Menjunjung tinggi kebebasan berpendapat  d.       Tidak boleh mendahulukan kepentingan orang lain  10.   Berbagai macam strategi dakwah telah dilakukan oleh khulafaurrasyidin dalam mengembangkan ajaran Islam. Seorang khalifah berinisiatif untuk menyamakan dialek dalam pembacaan al Qur’an. Hal ini dilakukan mengingat wilayah kekuasaan Islam semakin luaas dan memiliki dialek berbeda. Berikut khalifah yang menggunakan strategi dakwah tersebut adalah…  a.       Abu Bakar As-siddiq  b.       Umar bin Khattab  c.       Usman bin Affan  d.       Ali bin Abi Thalib  e.       Umar bin Abdul Aziz  11.   Di masa pemerintahannya, Abu Bakar As-Siddiq berhasil memerangi nabi-nabi palsu, kaum murtadin serta orang-orang yang membangkang dan tidak mau membayar zakat. Subtansi dakwah yang dapat diambil dari kebijakan Abu Bakar tersebut adalah…  a.      Ketegasan dalam menindak penyimpangan  b.       Menjalani kehidupan dengan bersahaja  c.       Bersikap dermawan kepada siapa saja  d.       Berani mengambil inisiatif tentang hal-hal baru  e.       Mampu membedakan antara yang hak dan batil  12.   Zaman keemasan Khulafaurrasyidin berakhir dengan penyerahan kekuasaan Islam dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan. Berikut factor lain yang melatarbelakangi berdirinya Dinasti Umayyah adalah…  a.       Belum tuntasnya pengusutan kematian Abu Bakar  b.       Perebutan tahta antarkeluarga khalifah  c.       Kebijakan khalifah Ali yang tidak memihak kepada Bani Umayyah  d.       Persatuan umat Islam yang terpecah belah  e.       Terjadinya peristiwan ‘Amul wufud  13.   Masa pemerintahan Dinasti Umayyah yang berlangsung kurang lebih selama hampir satu abad dibagi menjadi tiga fase, yakni berdiri atau pembentukan, kemajuan dan keruntuhan. Berikut pernyataan yang tidak tepat mengenai fase pembentukan masa Dinasti Umayyah adalah…  a.       Perluasan wilayah berhasil mencapai empat benua  b.       Terjadi perpaduan antara lagu warisan Arab dan seni Islam  c.       Bangunan yang didirikan dihiasi tulisan kaligrafi yang indah  d.      Terjadinya pengangkatan khalifah dalam satu tahun pemerintahan  e.       Ilmu tafsir, hadis, tariks Islam semakin berkembang  14.   Khalifah Umar bin Abdul Aziz banyak meninggalkan hasil dari usahanya selama menjabat sebagai khalifah. Diantara prestasi yang ditorehkan oleh Umar bin Abdul Aziz meliputi bidang agama, ilmu pengetahuan, sosial politik, ekonomi, militer, dakwah dan perluasan wilayah serta fiscal. Prestasi Umar bin Abdul Aziz dalam mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan yaitu…  a.       Mengader calon khalifah  b.       Membukukan al-Qur’an  c.       Membukukan hadits  d.       Mendirikan universitas Islam  e.       Membuat perpustakaan internasional  15.   Perhatikan peninggalan-peninggalan peradaban Islam berikut ini!  1)     Qasru al-Dzahab  2)     Istana Ukhaidir  3)     Masjid Jami’ Al-Umawly  4)     Qubah As-Sakhrah  5)     Masjid Samara  Berdasarkan data tersebut, peninggalan peradaban Islam pada masa Dinasti Umayyah ditunjukkan oleh nomor…  a.       1 dan 2  b.       2 dan 3  c.       2 dan 4  d.       3 dan 4  e.       4 dan 5  16.   Di masa kejayaannya, Dinasti Umayyah sering melakukan ekspansi ke berbagai penjuru negeri dalam rangka perluasan wilayah kekuasaan Islam meliputi penaklukan Asia Kecil, Afrika Utara, hingga wilayah Sindh bagian selatan. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari keberhasilan pada masa kekhalifahan Dinasti Umayyah tersebut adalah…  a.      Senantiasa belajar dari pengalaman  b.       Gigih dan bekerja keras untuk menuntut ilmu  c.       Memiliki rasa cinta akan ilmu pengetahuan  d.       Menjaga jalinan ukhuwah Islamiyah  e.       Disiplin waktu dalam kehidupan sehari-hari  17.   Setelah berkuasan kurang lebih selama Sembilan puluh tahun, Dinasti Umayyah di Damaskus mengalami kelemahan dan kehancuran. Lemahnya pemerintahan Dinasti Umayyah I terjadi hampir di semua wilayah kekuasaan. Sementara kekuatan baru muncul sebagai lawan politik. Factor penyebab runtuhnya Dinasti Umayyah I di Damaskus, antara lain terjadinya pertempuran al-Zab, yakni…  a.       Pertempuran antara pasukan Umayyah dan pasukan Fatimiyah di daerah al-Zab  b.       Penyerangan pasukan Abbasiyyah terhadap pasukan Fatimiyah di l-Zab  c.       Meninggalnya Walid bin Yazid dan Ibrahim bin Walid di daerah al-Zab  d.       Perebutan wilayah kekuasaan di daerah al-Zab anatara Dinasti Umayyah dan Abbasiyyah  e.      Pertempuran antara pasukan Umayyah dan Abbasiyyah di daerah al-Zab  18.   Masa pemerintahan Dinasti Umayyah di Andalusia terbagi menjadi enam periode. Diketahui suatu periode pemrintahan terjadi antara tahun 1013-1086 M. berikut keadaan kekhalifahan pada periode tersebut adalah…  a.       Khalifah berkedudukan sebagai an-Nashir li Dinillah (penegak agama Allah)  b.      Andalusia terpecah menjadi negara kecil di bawah pemerintahan Muluk ath-Thawaif  c.       Pembangunan masjid Cordoba dan pendirian sekolah di kota beas Andalusia  d.       Terjadi perbedaan pandangan antara khalifah di Damaskus dan Gubernur Afrika Utara  e.       Kemunculan gerakan Reconquista yang dilakukan pasukan Kristen  19.   Perhatikan beberapa peninggalan peradaban Islam berikut ini!  1)     Qashr Al-Hair Al-Gharbi  2)     Rushafat  3)     Qashr Musyatta  4)     Al Qashr al Kabir  5)     Qubah As-Sakhrah  Berdasarkan data tersebut, peninggalan peradaban Islam yang didirikan pada masa Dinasti Umayyah di Andalusia ditunjukkan oleh nomor…  a.       1 dan 2  b.       2 dan 3  c.       2 dan 4  d.       3 dan 4  e.       4 dan 5  20.   Setelah bertahan kurang lebih tujuh setengah abad, Dinasti Umayyah di Andalusia mengalami keruntuhan. Penyataan berikut yang menunjukkan factor penyebab keruntuhan Dinasti Umayyah di Andalusia adalah…  a.       Tata kota di pusat pemerintahan tidak teratur  b.       Konflik berkepanjangan dengan pasukan salib  c.       Wilayah kekuasaan yang terlampau luas  d.       Kondisi khalifah lemah ditambah moral buruk  e.      Terjadi kemerosotan ekonomi pada paruh kedua  21.   Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!  1)     Pertempuran salib  2)     Pertempuran al-Zab  3)     Suksesnya propaganda  4)     Terbunuhnya Marwan bin Muhammad  5)     Terbunuhnya Marwan bin Hakam  6)     Mengangkat Abu Muslim Al Khurasani sebagai pemimpin gerakan praktis  7)     Menjadikan al Humaymah sebagai kota penghubung  Dari pernyataan tersebut, latar belakang berdirinya Dinasti Abbasiyyah ditunjukkan pada nomor…  a.       2, 3 dan 5  b.       3, 4 dan 7  c.       3, 4 dan 6  d.       1, 5 dan 6  e.       1, 2 dan 7  22.   Pemerintahan Dinasti Abbasiyyah memiliki masa kekuasaan yang terhitung lama. Mereka berkuasa kurang lebih selama 5 abad. Hal ini menyebabkan para sejarawan membagi pemerintahannya menjadi lima fase. Kekuasaan Dinasti Abbasiyyah yang berhasil diambil alih oleh Bani Saljuk terjadi pada fase…  a.       Pertama  b.       Kedua  c.       Ketiga  d.       Keempat  e.      Kelima  23.   cermatilah pernyataan berikut!  1)     Dibentuk lembaga kepolisian (Syurthah)  2)     Semakin kentalnya unsur pengaruh Arab  3)     Diterapkannya system monarki herediter  4)     Adanya jabatan wazir atau menteri dalam pemerintahan  5)     Dipindahkannya ibu kota dari Damaskus ke Bagdad  Pernyataan yang menunjukkan perbedaan karakteristik umum system pemerintahan antara Dinasti Abbasiyyah dan Umayyah ditunjukkan oleh nomor…  a.       1 dan 2  b.       2 dan 3  c.       2 dan 4  d.       3 dan 5  e.      4 dan 5  24.   Semasa memimpin, Abu Ja’far al-Mansur membuat beberapa kebijakan dalam pemerintahannya. Khalifah al-Mansur mengangkat beberapa orang untuk menduduki sejumlah jabatan di lembaga eksekutif dan yudikatif. Di bidang pemerintahan, misalnya ia mengangkat wazir yang ditugaskan sebagai…  a.       Pengawas penjara  b.       Pelatih tentara perang  c.       Koordinator kementrian  d.       Juru bicara khalifah  e.       Pegawai keluarga khalifah  25.   Ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyyah mengalami perkembangan pesat. Banyak lahir tokoh ilmuwan muslim dengan karya-karyanya yang termasyhur hingga sekarang. Di bawah ini pasangan yang tepat antara tokoh ilmuwan dan hasil karyanya adalah…  a.       Imam Musli – Ihya’ Ulumuddin  b.       Imam Bukhari – Al-Musnad  c.       Imam ath-Thabari – Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim  d.      Imam Syafi’I – Al-Umm  e.       Imam ibnu Majah – Al-Mujtaba  26.   Berikut beberapa kota yang pernah menjadi pusat peradaban Islam.  1)     Damaskus  2)     Madinah  3)     Bagdad  4)     Makkah  5)     Samarra  6)     Bukhara  Berdasarkan data tersebut, kota yang pernah menjadi pusat peradaban Islam masa pemerintahan Dinasti Abbasiyyah ditunjukkan oleh nomor…  a.       1, 2 dan 3  b.       1, 3 dan 5  c.       2, 3 dan 4  d.       2, 4 dan 6  e.      3, 5 dan 6  27.   Pada masa Dinasti Abbasiyyah para mentri atau wazir sangat dipercaya oleh para khalifah. Namun, kepercayaan yang diberikan justru dimanfaatkan utnuk merusak hubungan diantara penguasa, bahkan sampai terjadi permusuhan antarsaudara. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari salah satu factor penyebab runtuhnya Dinasti Abbasiyyah tersebut adalah...  a.       Pemimpin harus memahami keadaan rakyatnya  b.      Pemimpin harus mampu mengontrol yang dipimpin  c.       Teliti dan jeli dalam memilih pemimpin  d.       Pemimpin wajib memiliki sikap keperwiraan  e.       Tidak mencalonkan diri sebagai pemimpin jika tidak mampu  28.   Sebagai bangsa berdarah militer, Turki Usmani lebih banyak menfokuskan kegiatan mereka dalam bidang kemiliteran. Namun, mereka juga berkiprah dalam pengembangan seni arsitektur Islam berupa bangunan yang indah. Berikut masjid peninggalan Daulah Turki Usmani yang awalnya sebuah gereja adalah…  a.       Masjid Sultan Muhammad Al-Fatih  b.       Masjid Agung Sulaiman  c.       Masjid Aya Sofia  d.       Masjid Abi Ayyub al-Anshari  e.       Masjid al-Muhammadi  29.   Karya seni terbesar yang menonjol pada masa Daulah Mughal adalah karya arsitektur yang indah dan mengagumkan. Selain arsitektur, bidang karya sastra masa daulah ini juga mengalami perkembangan pesat. Seorang sejarawan bernama Abu Fadl menulis dua kita yang berisi mengenai…  a.       Keberhasilan militer Mughal dalam memperluas wilayah  b.       Anggapan bahwa semua rakyat India dipandang sama  c.       Lahirnya konsep din-illahi yang digagas Sultan Jalaluddin Akbar  d.      Sejarah Mughal berdasarkan pemimpinnya  e.       Bangunan sejarah peninggalan masa Dinasti Mughal  30.   Pada masa Daulah Syafawi muncul ilmuwan-ilmuwan terkenal, diantaranya seorang generalis ilmu pengetahuan termasyhur saat itu yang bernama…  a.      Baha al Din Al Syirazi  b.       Baharuddin Al-Amili  c.       Muhammad Baqir  d.       Muhammad Damad  e.       Sadr al-Din Al- Syirazi  31.   Pada suatu hari seorang bapak mengajak anak laki-lakinya untuk ikut shalat shubuh berjamaah di masjid. Karena masih sangat mengantuk, anak tersebut justru tidur lagi. Sang bapak kemudian menegur dan menasehatinya agar tidak bermalas-malasan, karena malas termasuk perbuatan setan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, salah satu penyebab kemunduran umat Islam saat ini adalah…  a.       Mudah terpecah belah  b.       Hilangnya semangat berjuang  c.       Dubutakan gemerlapnya dunia  d.       Takut akan datangnya kematian  e.      Banyak meninggalkan ajaran Islam  32.   Setelah umat Islam mengalami masa kemunduran yang panjang, para tokoh Islam melakukan kegiatan pembaharuan. Berikut ini yang bukan termasuk latar belakang munculnya gerakan pembaharuan di dunia Islam adalah…  a.       Umat Islam terpecah belah dalam berbagai golongan  b.       Banyak ajaran Islam bercampur dengan ajaran atau kepercayaan lain  c.       Umat Islam berpikir tertutup atau statis  d.       Banyak umat Islam memiliki sikap hidup pasrah dan kurang berusaha  e.      Banyak umat Islam mendalami ilmu pengetahuan dan meninggalkan ilmu agama  33.   Cermatilah pernyataan berikut!  Pada masa perkembangan Ilsma abad modern terdapat tokoh pembaharu yang melakukan pembaharuan system pendidikan di Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir. Ia memasukkan filsafat dan sains sebagai mata kuliah yang harus diajarkan.  Pemikiran pembaharuan Islam tersebut dikeluarkan oleh…  a.       Ali Pasha  b.       Ahmad Khan  c.       Jamaluddin al-Afghani  d.      Muhammad Abduh  e.       Hasan al-Banna  34.   Seorang tokoh pembaharu Islam asal India, pemikiran dan perjuangannya telah memberikan sumbangan besar bagi dunia Islam secara internasional. Hingga ia mendapatkan julukan sebagai “The Founding Father of Pakistan”. Pernyataan yang tepat mengenai pemikiran tokoh pembaharu Islam tersebut dalam bidang politik adalah…  a.       Umat Islam berhak mendirikan negara sendiri  b.       System pemerintahan autokrasi harus diganti dengan demokrasi  c.       Umat Islam harus hidup dalam satu ikatan yang disebut “Ummatan Wahidah”  d.       Masyarakat harus dikelompokkan dalam satu pola tertentu  e.       Kekuasaan negara harus dibatasi oleh kontribusi yang telah dibuat  35.   Peranan para ulama Islam yang tergabung dalam berbagai organisasi akan perjuangan kemerdekaan tidak dapat diabaikan. Salah satu organisasi besar Islam yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial dan ekomoni dengan mendasarkan pada paham Ahlussunah wal Jamaah adalah….  a.       Muhammadiyah  b.       Ahmdiyah  c.       Masyumi  d.      Nahdlatul Ulama  e.       Hizbullah  36.   Berikut beberapa strategi dakwah dalam menyebarluaskan ajaran Islam  1.       Mengirimkan pasukan dipimpin oleh panglima tempur  2.       Mengadakan pertempuran untuk menaklukkan suatu wilayah  3.       Menggunakan berbagai macam kesenian sebagai sarana berdakwah  4.       Membangun pondok pesantren sebagai pusat dakwah  Berdasarkan pernyataan tersebut, strategi dakwah Islam yang sering digunakan di wilayah Indonesia ditunjukkan oleh nomor…  a.       1 dan 2  b.       1 dan 3  c.       2 dan 3  d.       2 dan 4  e.      3 dan 4  37.   Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai macam saluran dakwah. Seperti yang dilakukan oleh Syeikh Maulana Ishak. Ketika mendakwahkan ajaran Islam, ia mempersunting seorang putri raja Balmbangan lewat sebuah sayembara karena dapat menyembuhkan penyakit yang dialami sang putri. Cara Maulana Ishak menyebarkan Islam di Blambangan dapat diartikan berdakwah melalui…  a.       Pendidikan  b.       Tasawuf  c.       Kesenian  d.       Politik  e.      Pernikahan    38.   Perhatikan gambar di bawah ini!     Gambar tersebut merupakan peninggalan kerajaan awal Islam di Indonesia, yakni…  a.      Kerajaan Banten  b.       Kerajaan Demak  c.       Kerajaan Pajang  d.       Kerajaan Cirebon  e.       Kerajaan Mataram  39.   Sebelum berdiri menjadi kerajaan Islam, Cirebon merupakan daerah kecil di bawah kekuasaan Pakuan Pajajaran. Peranan penting kerajaan tersebut dalam perkembangan awal Islam di Indonesia sebagai…  a.      Cikal bakal pusat penyebaran Islam di Jawa bagian Barat  b.       Pusat kekuasaan Islam di pulau Jawa  c.       Pusat penghasil rempah-rempah  d.       Pusat kegiatan perlawanan terhadap penjajah Portugis  e.       Penyebar dakwah Islam di Sumatra  40.   Cermatilah pernyataan berikut ini!  Diketahui gaya berdakwah seorang wali sanga hampir seperti ayahnya, Raden Said. Ia menggunakan karya seni sebagai media berdakwah. Contohnya ia mengarang beberapa tembang macapat, seperti Sinom dan Kinanti yang jika digali isinya mengandung ajaran Islam.  Wali sanga yang memiliki strategi dakwah tersebut adalah…  a.       Sunan Gresik  b.       Sunan Gunung Jati  c.       Sunan Giri  d.      Sunan Muria  e.       Sunan Drajat  41.   Tak hanya stategi dakwah yang berbeda, wali sanga juga memiliki lokasi dakwah yang berbeda. Meliputi Pulau Jawa bagian tengah, Timur dan Barat. Berikut wilayah dakwah wali sanga yang terletak di Jawa Tengah yaitu…  a.       Jepara-Kudus-Demak  b.       Semarang-Demak-Kudus  c.       Demak-Kudus-Rembang  d.      Demak-Kudus-Muria  e.       Jepara-Muria-Tubab  42.   Cermatilah pernyataan di bawah ini!  Sunan Kudus ahli dalam bidang tauhid, hadis, dan fikih. Beliau juga terkenal sebagai pujangga yang mengarang cerita pendek berfalsafah dan bernapsakan keagamaan. Dalam bidang kesenian, beliau dikenal sebagai pencipta Gending Asmarandana. Ibrah atau pelajarn yang dapat diambil dari strategi dakwah yang dilakukan Sunan Kudus tersebut adalah…  a.       Memperhatikan masalah-masalah sosial  b.       Turut serta dalam membangun pemerintahan  c.       Menggunakan kesenian sebagai media dakwah  d.       Bersikap toleransi terhadap tradisi local  e.      Memiliki ilmu pengetahuan yang luas  43.   KH. Hasyim Asy’ari merupakan pendiri oragnisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama. Dalam mengawal kemerdekaan, bjuga membuat sebuah fatwa yang menjadi penyemangat bagi para ulama dan santri yang tergabung dalam lascar Hizbullah dan Sabilillah. Fatwa tersebut hingga kini dikenal dengan nama…  a.       Revolusi  b.      Resolusi perjuangan  c.       Fatwa ulama  d.       Kebangkitan ulama  e.       Kebangkitan santri  44.   Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) merupakan tokoh ulama dan sastrawan termasyhur di Indonesia. Ia turut berperang aktif dalm pembangunan di berbagai bidang setelah Indonesia meraih kemerdekaannya. Di bawah ini pernyataan yang tepat mengenai peran aktif HAMKA semasa hidupnya adalah…  a.       Menjadi ketua majelis Ulama Indonesia yang kedua  b.      Terpilih sebagai wakil Muhammadiyah yang duduk dalam konstituante  c.       Berperan aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama  d.       Menerbitkan majalah Pedoman Kehidupan pada tahun 1936  e.       Terjun ke dalam politik melalui Partai Nasional Indonesia  45.   Kawasan Asia Tenggara memiliki identitas dan kekhasan. Penyebaran Islam di negara-negara Asia Tenggara berbeda dengan di wilayah Timur Tengah, Eropa dan Afrika. Pernyataan yang tepat mengenai proses masuknya Islam di Asia Tenggara adalah…  a.       Memanfaatkan keberagaman pemikiran masyarakat  b.      Masuk dengan cara damai tanpa adanya penaklukan wilayah  c.       Penyebaran dilakukan secara sembunyi-sembunyi  d.       Raja dipaksa memeluk Islam agar diikuti oleh rakyatnya  e.       Penjajahan menggunakan system kerja paksa  46.   Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Umat Islam di Thailand hanya sekitar 4% dari jumlah total populasi penduduk. Islam di Thailand mengalami kemajuan pesat pada abad ke 19 ketika…  a.       Kekuasaan Islam semakin kuat di Thailand  b.       Banyak ulama Thailand yang mendakwahkan Islam  c.       Kerajaan-kerajaan Islam mulai berdiri di Thailand  d.       Wanita-wanita pribumi dinikahi oleh para pedagang muslim  e.      Pekerja muslim dari Malaysia dan Indonesia masuk ke Thailand  47.   Perhatikan nama-nama tokoh berikut!  1)     Amr bin ‘Ash  2)     Uqbah bin Nafi’  3)     Khalil Syafii  4)     Musa bin Nushair  5)     Muamar Khadafi  6)     Khalid bin Walid  Nama-nama tokoh yang menyebarkan Islam di Afrika pada masa awal ditunjukkan nomor…  a.       1, 2, dan 3  b.       2, 3 dan 4  c.       1, 2 dan 4  d.       1, 2, dan 5  e.       1, 2 dan 6  48.   Di bawah ini organisasi Islam di Amerika Serikat yang bertugas memperjuangkan hak-hak warga muslim di Amerika Serikat adalah…  a.       Muslim Publik Affair United States of America  b.       America Society of Muslim  c.       Islamic Circle of North America  d.       Islamic Society of North America  e.       Council on American-Islamic Relations  49.   Islam pertama kali memasuki wilayah Benua Eropa pada masa pemerintahan khalifah Walid bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah. Saat itu, Islam berhasil menaklukkan Andalusia di bawah pimpinan panglima…  a.       Khalid bin Walid  b.       Usamah bin Ziyad  c.       Musa bin Nushair  d.       Amr bin ‘Ash  e.      Thariq bin Ziyad  50.   Perhatikan gambar berikut ini!               Bangunan masjid di di atas menjadi jejak peninggalan peradaban Islam di Benua Eropa. Masjid tersebut sekarang terletak di…  a.      Bosnia-Herzegovina  b.       Prancis  c.       Turki  d.       Jerman  e.       Rusia

Post a Comment for "SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT MA"