SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT MA
SOAL UJIAN MADRASAH
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
1. Sebelum kedatangan Islam, dalam masalah
peribadatan dan system kepercayaan mayoritas masyarakat Mekkah menganut agama
nenek moyangnya, yaitu percaya kepada dewa yang diwujudkan dalam bentuk berhala
atau patung. Patung terbesar yang terletak di Ka’bah adalah…
a. Hubal
b.
Latta
c.
Uzza
d.
Manat
e.
Dzulkhistan
2.
Perhatikan
penyataan berikut!
1)
Memperbaiki
akhlak
2)
Persamaan
hak dan serajat diantara manusia
3)
Pendidikan
sosial politik
4)
Mengubah
kebiasaan bertaklid kepada nenek moyang dan meluruskan adat istiadat
5)
Mendirikan
masjid
6)
Berdakwah
dengan sabar, ikhlas, tegas dan tidak memaksa
7)
Pendidikan
tentang kekuasaan
Pernyataan yang termasuk subtansi dakwah
nabi Muhammad saw pada periode Mekkah ditunjukkan oleh nomor…
a.
1, 2,
3 dan 5
b.
1, 2, 4 dan 6
c.
2, 3,
4 dan 5
d.
3, 5,
6 dan 7
e.
4, 5,
6 dan 7
3.
Turunnya
wahyu kedua berupa Surah al-Muddasir ayat 1-7, membuat hati nabi Muhammad saw
menjadi semakin mantap dan yakin untuk memulai dakwahnya. Kemudian beliau
memutuskan untuk berdakwah secara rahasia (siriyyah) sementara waktu. Dakwah
nabi saw secara rahasia ini pertama kali ditunjukkan kepada…
a.
Keluarga
b.
Sahabat
baik
c.
Teman
dekat
d.
Kerabat
beliau
e.
Kaum
Quraisy
4.
Masuk
Islamnya Umar bin Khattab dan Hamzah bin Abdul Muthalib membuat kaum Quraisy
semakin meradang. Puncaknya, mereka melakukan pemboikotan terhadap kaum
muslimin dalam berbagai bidang kehidupan. Berikut tindakan yang dilakukan Nabi
Muhammad saw setelah mengetahui pemboikotan tersebut adalah…
a.
Memerintahkan mereka untuk berhijrah ke Madinah
b.
Memerintahkan
mereka bersembunyi dari gangguan kaum Quraisy
c.
Menyerahkan
mereka kepada kaum Quraisy
d.
Memberik
mereka pilihan antara memeluk Islam atau tetap memeluk agama Watsani
e.
Memerintahkan
mereka untuk meninggalkan ajaran Islam
5.
Di
Madinah pra Islam, banyak terdapat suku yang saling bermusuhan. Suku yang kuat
mengalahkan yang lemah. Suku yang kuat akan memiliki pengaruh lebih di Madinah.
Namun semenjak kedatangan Nabi Muhammad saw banykak suku yang memutuskan untuk
berdamai. Dua suku besar di Madinah yang berhasil didamaikan oleh Nabi saw
adalah….
a.
Hasyim
dan Muthalib
b.
Aus dan Khazraj
c.
Muhajjirin
dan Anshar
d.
Tsaqif
dan Aus
e.
Tihamah
dan Kinanah
6.
Cermatilah
strategi dakwah nabi Muhammad saw di Madinah berikut ini:
Sesampainya di Madinah, Nabi Muhammad saw
melakukan beberapa kebijakan, seperti mempersaudarakan kaum muhajjirin dengan
Anshar. Contohnya, Abu Bakar As-Siddiq yang berasal dari Muahjjirin
dipersaudarakan dengan Kharijah bin Zuhair dari Anshar.
Ibrah yang dapat diambil dari strategi
dakwah Nabi Muhammad saw periode Madinah
tersebut adalah…
a.
Kita
tidak boleh putus asa dalam berdakwah
b.
Berdakwah
secara terus menerus
c.
Menyumbangkan
sebagian harta untuk berdakwah
d.
Kita harus mempererat ukhuwah islmiyah
e.
Sabar
dalam menghadapi ujian
7.
Dalam
mensyiarkan dakwah Islam di Madinah, Nabi Muhammad saw beserta para sahabat
mendapat perlawanan sengit dari kaum Yahudi. Namun, Nabi saw dapat
menyiasatinya dengan bentuk piagam Madinah. Adapun subtansi dari piagam Madinah
yang telah dibuat oleh Rasulullah saw adalah….
a.
Mengajarkan
nilai toleransi terhadap penganut agama lain, dengan mengatur hubungan antara
kaum muslimin dan non-muslim
b.
Meningkatkan
ukhuwah Islamiyah sehingga kaum muslimin semakin kuat
c.
Pendirian
negara Islam di Madinah
d.
Undang-undang
yang mengatur aktivitas kaum muslimin di Madinah
e.
Peraturan
yang mengutamakan kepentingan kaum muslimin di Madinah
8.
Fathu
Mekkah menjadi tonggak bangkitnya umat Islam setelah melewati masa penuh
tantangan dan rintangan dari kaum Quraisy. Factor keberhasilan kaum muslimin
dalam peristiwa tersebut disebabkan oleh…
a.
Kaum
Quraisy kalam berpengalaman dalam pertempuran
b.
Hilangnya bantuan dari golongan Yahudi
terhadap kaum Quraisy
c.
Strategi
pertempuran diterapkan dengan baik
d.
Tidak
simbangnya jumlah pasukan kaum Quraisy
e.
Terpecah
belahnya persatuan kaum Quraisy
9.
Pemilihan
pemimpin setelah Rasulullah saw wafat berbeda-beda. Contohnya pemilihankhalifah
setelah Umar bin Khattab dilakukan melalui pembentukan dewan. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil
dari pemilihan khulafaurrasyidin tersebut adalah…
a.
Bekerjasama
dalam berbagai bidang
b.
Pentingnya musyawaroh untuk mufakat
c.
Menjunjung
tinggi kebebasan berpendapat
d.
Tidak
boleh mendahulukan kepentingan orang lain
10.
Berbagai
macam strategi dakwah telah dilakukan oleh khulafaurrasyidin dalam
mengembangkan ajaran Islam. Seorang khalifah berinisiatif untuk menyamakan
dialek dalam pembacaan al Qur’an. Hal ini dilakukan mengingat wilayah kekuasaan
Islam semakin luaas dan memiliki dialek berbeda. Berikut khalifah yang
menggunakan strategi dakwah tersebut adalah…
a.
Abu
Bakar As-siddiq
b.
Umar
bin Khattab
c.
Usman bin Affan
d.
Ali
bin Abi Thalib
e.
Umar
bin Abdul Aziz
11.
Di
masa pemerintahannya, Abu Bakar As-Siddiq berhasil memerangi nabi-nabi palsu,
kaum murtadin serta orang-orang yang membangkang dan tidak mau membayar zakat.
Subtansi dakwah yang dapat diambil dari kebijakan Abu Bakar tersebut adalah…
a.
Ketegasan dalam menindak penyimpangan
b.
Menjalani
kehidupan dengan bersahaja
c.
Bersikap
dermawan kepada siapa saja
d.
Berani
mengambil inisiatif tentang hal-hal baru
e.
Mampu
membedakan antara yang hak dan batil
12.
Zaman
keemasan Khulafaurrasyidin berakhir dengan penyerahan kekuasaan Islam dari
Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abi Sufyan. Berikut factor lain yang
melatarbelakangi berdirinya Dinasti Umayyah adalah…
a.
Belum
tuntasnya pengusutan kematian Abu Bakar
b.
Perebutan
tahta antarkeluarga khalifah
c.
Kebijakan khalifah Ali yang tidak memihak
kepada Bani Umayyah
d.
Persatuan
umat Islam yang terpecah belah
e.
Terjadinya
peristiwan ‘Amul wufud
13.
Masa
pemerintahan Dinasti Umayyah yang berlangsung kurang lebih selama hampir satu
abad dibagi menjadi tiga fase, yakni berdiri atau pembentukan, kemajuan dan
keruntuhan. Berikut pernyataan yang tidak tepat mengenai fase pembentukan masa
Dinasti Umayyah adalah…
a.
Perluasan
wilayah berhasil mencapai empat benua
b.
Terjadi
perpaduan antara lagu warisan Arab dan seni Islam
c.
Bangunan
yang didirikan dihiasi tulisan kaligrafi yang indah
d.
Terjadinya pengangkatan khalifah dalam satu
tahun pemerintahan
e.
Ilmu
tafsir, hadis, tariks Islam semakin berkembang
14.
Khalifah
Umar bin Abdul Aziz banyak meninggalkan hasil dari usahanya selama menjabat
sebagai khalifah. Diantara prestasi yang ditorehkan oleh Umar bin Abdul Aziz
meliputi bidang agama, ilmu pengetahuan, sosial politik, ekonomi, militer,
dakwah dan perluasan wilayah serta fiscal. Prestasi Umar bin Abdul Aziz dalam
mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan yaitu…
a.
Mengader
calon khalifah
b.
Membukukan
al-Qur’an
c.
Membukukan hadits
d.
Mendirikan
universitas Islam
e.
Membuat
perpustakaan internasional
15.
Perhatikan
peninggalan-peninggalan peradaban Islam berikut ini!
1)
Qasru
al-Dzahab
2)
Istana
Ukhaidir
3)
Masjid
Jami’ Al-Umawly
4)
Qubah
As-Sakhrah
5)
Masjid
Samara
Berdasarkan data tersebut, peninggalan
peradaban Islam pada masa Dinasti Umayyah ditunjukkan oleh nomor…
a.
1 dan
2
b.
2 dan
3
c.
2 dan
4
d.
3 dan 4
e.
4 dan
5
16.
Di masa
kejayaannya, Dinasti Umayyah sering melakukan ekspansi ke berbagai penjuru
negeri dalam rangka perluasan wilayah kekuasaan Islam meliputi penaklukan Asia
Kecil, Afrika Utara, hingga wilayah Sindh bagian selatan. Ibrah atau pelajaran
yang dapat diambil dari keberhasilan pada masa kekhalifahan Dinasti Umayyah
tersebut adalah…
a.
Senantiasa belajar dari pengalaman
b.
Gigih
dan bekerja keras untuk menuntut ilmu
c.
Memiliki
rasa cinta akan ilmu pengetahuan
d.
Menjaga
jalinan ukhuwah Islamiyah
e.
Disiplin
waktu dalam kehidupan sehari-hari
17.
Setelah
berkuasan kurang lebih selama Sembilan puluh tahun, Dinasti Umayyah di Damaskus
mengalami kelemahan dan kehancuran. Lemahnya pemerintahan Dinasti Umayyah I
terjadi hampir di semua wilayah kekuasaan. Sementara kekuatan baru muncul
sebagai lawan politik. Factor penyebab runtuhnya Dinasti Umayyah I di Damaskus,
antara lain terjadinya pertempuran al-Zab, yakni…
a.
Pertempuran
antara pasukan Umayyah dan pasukan Fatimiyah di daerah al-Zab
b.
Penyerangan
pasukan Abbasiyyah terhadap pasukan Fatimiyah di l-Zab
c.
Meninggalnya
Walid bin Yazid dan Ibrahim bin Walid di daerah al-Zab
d.
Perebutan
wilayah kekuasaan di daerah al-Zab anatara Dinasti Umayyah dan Abbasiyyah
e.
Pertempuran antara pasukan Umayyah dan
Abbasiyyah di daerah al-Zab
18.
Masa
pemerintahan Dinasti Umayyah di Andalusia terbagi menjadi enam periode.
Diketahui suatu periode pemrintahan terjadi antara tahun 1013-1086 M. berikut
keadaan kekhalifahan pada periode tersebut adalah…
a.
Khalifah
berkedudukan sebagai an-Nashir li Dinillah (penegak agama Allah)
b.
Andalusia terpecah menjadi negara kecil di
bawah pemerintahan Muluk ath-Thawaif
c.
Pembangunan
masjid Cordoba dan pendirian sekolah di kota beas Andalusia
d.
Terjadi
perbedaan pandangan antara khalifah di Damaskus dan Gubernur Afrika Utara
e.
Kemunculan
gerakan Reconquista yang dilakukan pasukan Kristen
19.
Perhatikan
beberapa peninggalan peradaban Islam berikut ini!
1)
Qashr
Al-Hair Al-Gharbi
2)
Rushafat
3)
Qashr
Musyatta
4)
Al
Qashr al Kabir
5)
Qubah
As-Sakhrah
Berdasarkan data tersebut, peninggalan
peradaban Islam yang didirikan pada masa Dinasti Umayyah di Andalusia
ditunjukkan oleh nomor…
a.
1 dan
2
b.
2 dan
3
c.
2 dan 4
d.
3 dan
4
e.
4 dan
5
20.
Setelah
bertahan kurang lebih tujuh setengah abad, Dinasti Umayyah di Andalusia
mengalami keruntuhan. Penyataan berikut yang menunjukkan factor penyebab
keruntuhan Dinasti Umayyah di Andalusia adalah…
a.
Tata
kota di pusat pemerintahan tidak teratur
b.
Konflik
berkepanjangan dengan pasukan salib
c.
Wilayah
kekuasaan yang terlampau luas
d.
Kondisi
khalifah lemah ditambah moral buruk
e.
Terjadi kemerosotan ekonomi pada paruh
kedua
21.
Perhatikan
beberapa pernyataan berikut ini!
1)
Pertempuran
salib
2)
Pertempuran
al-Zab
3)
Suksesnya
propaganda
4)
Terbunuhnya
Marwan bin Muhammad
5)
Terbunuhnya
Marwan bin Hakam
6)
Mengangkat
Abu Muslim Al Khurasani sebagai pemimpin gerakan praktis
7)
Menjadikan
al Humaymah sebagai kota penghubung
Dari pernyataan tersebut, latar belakang
berdirinya Dinasti Abbasiyyah ditunjukkan pada nomor…
a.
2, 3
dan 5
b.
3, 4
dan 7
c.
3, 4 dan 6
d.
1, 5
dan 6
e.
1, 2
dan 7
22.
Pemerintahan
Dinasti Abbasiyyah memiliki masa kekuasaan yang terhitung lama. Mereka berkuasa
kurang lebih selama 5 abad. Hal ini menyebabkan para sejarawan membagi
pemerintahannya menjadi lima fase. Kekuasaan Dinasti Abbasiyyah yang berhasil
diambil alih oleh Bani Saljuk terjadi pada fase…
a.
Pertama
b.
Kedua
c.
Ketiga
d.
Keempat
e.
Kelima
23.
cermatilah
pernyataan berikut!
1)
Dibentuk
lembaga kepolisian (Syurthah)
2)
Semakin
kentalnya unsur pengaruh Arab
3)
Diterapkannya
system monarki herediter
4)
Adanya
jabatan wazir atau menteri dalam pemerintahan
5)
Dipindahkannya
ibu kota dari Damaskus ke Bagdad
Pernyataan yang menunjukkan perbedaan
karakteristik umum system pemerintahan antara Dinasti Abbasiyyah dan Umayyah
ditunjukkan oleh nomor…
a.
1 dan
2
b.
2 dan
3
c.
2 dan
4
d.
3 dan
5
e.
4 dan 5
24.
Semasa
memimpin, Abu Ja’far al-Mansur membuat beberapa kebijakan dalam
pemerintahannya. Khalifah al-Mansur mengangkat beberapa orang untuk menduduki
sejumlah jabatan di lembaga eksekutif dan yudikatif. Di bidang pemerintahan,
misalnya ia mengangkat wazir yang ditugaskan sebagai…
a.
Pengawas
penjara
b.
Pelatih
tentara perang
c.
Koordinator kementrian
d.
Juru
bicara khalifah
e.
Pegawai
keluarga khalifah
25.
Ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyyah mengalami perkembangan pesat. Banyak
lahir tokoh ilmuwan muslim dengan karya-karyanya yang termasyhur hingga
sekarang. Di bawah ini pasangan yang tepat antara tokoh ilmuwan dan hasil
karyanya adalah…
a.
Imam
Musli – Ihya’ Ulumuddin
b.
Imam
Bukhari – Al-Musnad
c.
Imam
ath-Thabari – Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim
d.
Imam Syafi’I – Al-Umm
e.
Imam
ibnu Majah – Al-Mujtaba
26.
Berikut
beberapa kota yang pernah menjadi pusat peradaban Islam.
1)
Damaskus
2)
Madinah
3)
Bagdad
4)
Makkah
5)
Samarra
6)
Bukhara
Berdasarkan data tersebut, kota yang pernah
menjadi pusat peradaban Islam masa pemerintahan Dinasti Abbasiyyah ditunjukkan
oleh nomor…
a.
1, 2
dan 3
b.
1, 3
dan 5
c.
2, 3
dan 4
d.
2, 4
dan 6
e.
3, 5 dan 6
27.
Pada
masa Dinasti Abbasiyyah para mentri atau wazir sangat dipercaya oleh para
khalifah. Namun, kepercayaan yang diberikan justru dimanfaatkan utnuk merusak
hubungan diantara penguasa, bahkan sampai terjadi permusuhan antarsaudara.
Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari salah satu factor penyebab runtuhnya
Dinasti Abbasiyyah tersebut adalah...
a.
Pemimpin
harus memahami keadaan rakyatnya
b.
Pemimpin harus mampu mengontrol yang
dipimpin
c.
Teliti
dan jeli dalam memilih pemimpin
d.
Pemimpin
wajib memiliki sikap keperwiraan
e.
Tidak
mencalonkan diri sebagai pemimpin jika tidak mampu
28.
Sebagai
bangsa berdarah militer, Turki Usmani lebih banyak menfokuskan kegiatan mereka
dalam bidang kemiliteran. Namun, mereka juga berkiprah dalam pengembangan seni
arsitektur Islam berupa bangunan yang indah. Berikut masjid peninggalan Daulah
Turki Usmani yang awalnya sebuah gereja adalah…
a.
Masjid
Sultan Muhammad Al-Fatih
b.
Masjid
Agung Sulaiman
c.
Masjid Aya Sofia
d.
Masjid
Abi Ayyub al-Anshari
e.
Masjid
al-Muhammadi
29.
Karya
seni terbesar yang menonjol pada masa Daulah Mughal adalah karya arsitektur yang
indah dan mengagumkan. Selain arsitektur, bidang karya sastra masa daulah ini
juga mengalami perkembangan pesat. Seorang sejarawan bernama Abu Fadl menulis
dua kita yang berisi mengenai…
a.
Keberhasilan
militer Mughal dalam memperluas wilayah
b.
Anggapan
bahwa semua rakyat India dipandang sama
c.
Lahirnya
konsep din-illahi yang digagas Sultan Jalaluddin Akbar
d.
Sejarah Mughal berdasarkan pemimpinnya
e.
Bangunan
sejarah peninggalan masa Dinasti Mughal
30.
Pada
masa Daulah Syafawi muncul ilmuwan-ilmuwan terkenal, diantaranya seorang
generalis ilmu pengetahuan termasyhur saat itu yang bernama…
a.
Baha al Din Al Syirazi
b.
Baharuddin
Al-Amili
c.
Muhammad
Baqir
d.
Muhammad
Damad
e.
Sadr
al-Din Al- Syirazi
31.
Pada
suatu hari seorang bapak mengajak anak laki-lakinya untuk ikut shalat shubuh
berjamaah di masjid. Karena masih sangat mengantuk, anak tersebut justru tidur
lagi. Sang bapak kemudian menegur dan menasehatinya agar tidak
bermalas-malasan, karena malas termasuk perbuatan setan. Berdasarkan ilustrasi
tersebut, salah satu penyebab kemunduran umat Islam saat ini adalah…
a.
Mudah
terpecah belah
b.
Hilangnya
semangat berjuang
c.
Dubutakan
gemerlapnya dunia
d.
Takut
akan datangnya kematian
e.
Banyak meninggalkan ajaran Islam
32.
Setelah
umat Islam mengalami masa kemunduran yang panjang, para tokoh Islam melakukan kegiatan
pembaharuan. Berikut ini yang bukan
termasuk latar belakang munculnya gerakan pembaharuan di dunia Islam adalah…
a.
Umat
Islam terpecah belah dalam berbagai golongan
b.
Banyak
ajaran Islam bercampur dengan ajaran atau kepercayaan lain
c.
Umat
Islam berpikir tertutup atau statis
d.
Banyak
umat Islam memiliki sikap hidup pasrah dan kurang berusaha
e.
Banyak umat Islam mendalami ilmu
pengetahuan dan meninggalkan ilmu agama
33.
Cermatilah
pernyataan berikut!
Pada masa perkembangan Ilsma abad modern
terdapat tokoh pembaharu yang melakukan pembaharuan system pendidikan di
Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir. Ia memasukkan filsafat dan sains sebagai
mata kuliah yang harus diajarkan.
Pemikiran pembaharuan Islam tersebut
dikeluarkan oleh…
a.
Ali
Pasha
b.
Ahmad
Khan
c.
Jamaluddin
al-Afghani
d.
Muhammad Abduh
e.
Hasan
al-Banna
34.
Seorang
tokoh pembaharu Islam asal India, pemikiran dan perjuangannya telah memberikan
sumbangan besar bagi dunia Islam secara internasional. Hingga ia mendapatkan
julukan sebagai “The Founding Father of
Pakistan”. Pernyataan yang tepat mengenai pemikiran tokoh pembaharu Islam
tersebut dalam bidang politik adalah…
a.
Umat
Islam berhak mendirikan negara sendiri
b.
System
pemerintahan autokrasi harus diganti dengan demokrasi
c.
Umat Islam harus hidup dalam satu ikatan
yang disebut “Ummatan Wahidah”
d.
Masyarakat
harus dikelompokkan dalam satu pola tertentu
e.
Kekuasaan
negara harus dibatasi oleh kontribusi yang telah dibuat
35.
Peranan
para ulama Islam yang tergabung dalam berbagai organisasi akan perjuangan
kemerdekaan tidak dapat diabaikan. Salah satu organisasi besar Islam yang
bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial dan ekomoni dengan mendasarkan
pada paham Ahlussunah wal Jamaah adalah….
a.
Muhammadiyah
b.
Ahmdiyah
c.
Masyumi
d.
Nahdlatul Ulama
e.
Hizbullah
36.
Berikut
beberapa strategi dakwah dalam menyebarluaskan ajaran Islam
1.
Mengirimkan
pasukan dipimpin oleh panglima tempur
2.
Mengadakan
pertempuran untuk menaklukkan suatu wilayah
3.
Menggunakan
berbagai macam kesenian sebagai sarana berdakwah
4.
Membangun
pondok pesantren sebagai pusat dakwah
Berdasarkan pernyataan tersebut, strategi
dakwah Islam yang sering digunakan di wilayah Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
a.
1 dan
2
b.
1 dan
3
c.
2 dan
3
d.
2 dan
4
e.
3 dan 4
37.
Islam
masuk ke Nusantara melalui berbagai macam saluran dakwah. Seperti yang
dilakukan oleh Syeikh Maulana Ishak. Ketika mendakwahkan ajaran Islam, ia
mempersunting seorang putri raja Balmbangan lewat sebuah sayembara karena dapat
menyembuhkan penyakit yang dialami sang putri. Cara Maulana Ishak menyebarkan
Islam di Blambangan dapat diartikan berdakwah melalui…
a.
Pendidikan
b.
Tasawuf
c.
Kesenian
d.
Politik
e.
Pernikahan
38.
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Gambar tersebut merupakan peninggalan
kerajaan awal Islam di Indonesia, yakni…
a.
Kerajaan Banten
b.
Kerajaan
Demak
c.
Kerajaan
Pajang
d.
Kerajaan
Cirebon
e.
Kerajaan
Mataram
39.
Sebelum
berdiri menjadi kerajaan Islam, Cirebon merupakan daerah kecil di bawah
kekuasaan Pakuan Pajajaran. Peranan penting kerajaan tersebut dalam
perkembangan awal Islam di Indonesia sebagai…
a.
Cikal bakal pusat penyebaran Islam di Jawa
bagian Barat
b.
Pusat
kekuasaan Islam di pulau Jawa
c.
Pusat
penghasil rempah-rempah
d.
Pusat
kegiatan perlawanan terhadap penjajah Portugis
e.
Penyebar
dakwah Islam di Sumatra
40.
Cermatilah
pernyataan berikut ini!
Diketahui gaya berdakwah seorang wali sanga
hampir seperti ayahnya, Raden Said. Ia menggunakan karya seni sebagai media
berdakwah. Contohnya ia mengarang beberapa tembang macapat, seperti Sinom dan
Kinanti yang jika digali isinya mengandung ajaran Islam.
Wali sanga yang memiliki strategi dakwah
tersebut adalah…
a.
Sunan
Gresik
b.
Sunan
Gunung Jati
c.
Sunan
Giri
d.
Sunan Muria
e.
Sunan
Drajat
41.
Tak
hanya stategi dakwah yang berbeda, wali sanga juga memiliki lokasi dakwah yang
berbeda. Meliputi Pulau Jawa bagian tengah, Timur dan Barat. Berikut wilayah
dakwah wali sanga yang terletak di Jawa Tengah yaitu…
a.
Jepara-Kudus-Demak
b.
Semarang-Demak-Kudus
c.
Demak-Kudus-Rembang
d.
Demak-Kudus-Muria
e.
Jepara-Muria-Tubab
42.
Cermatilah
pernyataan di bawah ini!
Sunan Kudus ahli dalam bidang tauhid,
hadis, dan fikih. Beliau juga terkenal sebagai pujangga yang mengarang cerita
pendek berfalsafah dan bernapsakan keagamaan. Dalam bidang kesenian, beliau
dikenal sebagai pencipta Gending Asmarandana. Ibrah atau pelajarn yang dapat
diambil dari strategi dakwah yang dilakukan Sunan Kudus tersebut adalah…
a.
Memperhatikan
masalah-masalah sosial
b.
Turut
serta dalam membangun pemerintahan
c.
Menggunakan
kesenian sebagai media dakwah
d.
Bersikap
toleransi terhadap tradisi local
e.
Memiliki ilmu pengetahuan yang luas
43.
KH.
Hasyim Asy’ari merupakan pendiri oragnisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni
Nahdlatul Ulama. Dalam mengawal kemerdekaan, bjuga membuat sebuah fatwa yang
menjadi penyemangat bagi para ulama dan santri yang tergabung dalam lascar
Hizbullah dan Sabilillah. Fatwa tersebut hingga kini dikenal dengan nama…
a.
Revolusi
b.
Resolusi perjuangan
c.
Fatwa
ulama
d.
Kebangkitan
ulama
e.
Kebangkitan
santri
44.
Prof.
Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) merupakan tokoh ulama dan sastrawan
termasyhur di Indonesia. Ia turut berperang aktif dalm pembangunan di berbagai
bidang setelah Indonesia meraih kemerdekaannya. Di bawah ini pernyataan yang
tepat mengenai peran aktif HAMKA semasa hidupnya adalah…
a.
Menjadi
ketua majelis Ulama Indonesia yang kedua
b.
Terpilih sebagai wakil Muhammadiyah yang
duduk dalam konstituante
c.
Berperan
aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama
d.
Menerbitkan
majalah Pedoman Kehidupan pada tahun 1936
e.
Terjun
ke dalam politik melalui Partai Nasional Indonesia
45.
Kawasan
Asia Tenggara memiliki identitas dan kekhasan. Penyebaran Islam di
negara-negara Asia Tenggara berbeda dengan di wilayah Timur Tengah, Eropa dan
Afrika. Pernyataan yang tepat mengenai proses masuknya Islam di Asia Tenggara
adalah…
a.
Memanfaatkan
keberagaman pemikiran masyarakat
b.
Masuk dengan cara damai tanpa adanya penaklukan
wilayah
c.
Penyebaran
dilakukan secara sembunyi-sembunyi
d.
Raja
dipaksa memeluk Islam agar diikuti oleh rakyatnya
e.
Penjajahan
menggunakan system kerja paksa
46.
Thailand
menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Umat
Islam di Thailand hanya sekitar 4% dari jumlah total populasi penduduk. Islam
di Thailand mengalami kemajuan pesat pada abad ke 19 ketika…
a.
Kekuasaan
Islam semakin kuat di Thailand
b.
Banyak
ulama Thailand yang mendakwahkan Islam
c.
Kerajaan-kerajaan
Islam mulai berdiri di Thailand
d.
Wanita-wanita
pribumi dinikahi oleh para pedagang muslim
e.
Pekerja muslim dari Malaysia dan Indonesia
masuk ke Thailand
47.
Perhatikan
nama-nama tokoh berikut!
1)
Amr
bin ‘Ash
2)
Uqbah
bin Nafi’
3)
Khalil
Syafii
4)
Musa
bin Nushair
5)
Muamar
Khadafi
6)
Khalid
bin Walid
Nama-nama tokoh yang menyebarkan Islam di
Afrika pada masa awal ditunjukkan nomor…
a.
1, 2,
dan 3
b.
2, 3
dan 4
c.
1, 2 dan 4
d.
1, 2,
dan 5
e.
1, 2
dan 6
48.
Di
bawah ini organisasi Islam di Amerika Serikat yang bertugas memperjuangkan
hak-hak warga muslim di Amerika Serikat adalah…
a.
Muslim Publik Affair United States of
America
b.
America Society of Muslim
c.
Islamic Circle of North America
d.
Islamic Society of North America
e.
Council
on American-Islamic Relations
49.
Islam
pertama kali memasuki wilayah Benua Eropa pada masa pemerintahan khalifah Walid
bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah. Saat itu, Islam berhasil menaklukkan
Andalusia di bawah pimpinan panglima…
a.
Khalid
bin Walid
b.
Usamah
bin Ziyad
c.
Musa
bin Nushair
d.
Amr
bin ‘Ash
e.
Thariq bin Ziyad
50. Perhatikan gambar berikut ini!
Bangunan masjid di di atas menjadi jejak
peninggalan peradaban Islam di Benua Eropa. Masjid tersebut sekarang terletak
di…
a.
Bosnia-Herzegovina
b.
Prancis
c.
Turki
d.
Jerman
e.
Rusia
Post a Comment for "SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT MA"