Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI

 

KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH


NAMA MADRASAH   : MADRASAH ALIYAH ANNURIYYAH

MATA PELAJARAN    : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

KELAS                         : XI (SEBELAS)

NO

KOMPETENSI DASAR

IPK

MATERI

INDIKATOR SOAL

LEVEL

1.

3.9 Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid

3.9.1 Menjelaskan kemunduran Islam dan tiga kerajaan besar

Kemunduran Umat Islam

Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab umat Islam mengalami kemunduran

L1

Peserta didik dapat menentukan sebab-sebab kemunduran tsalah satu dari iga kerajaan Besar Islam, yaitu Turki Usmani

L1

3.9.2 Menjelaskan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam, munculnya gerakan pembaharuan dalam Islam dan kemerdekaan negara-negara Islam dari penjajahan

Kemunduran Umat Islam

Peserta didik menyebutkan tujuan/misi penjajahan Bangsa Barat atas dunia Islam

L1

Peserta didik menyebutkan dua bentuk kegiatan perjuangan kemerdekaan negara-negara Islam dari penjajahan

L1

2.

3.10 Menganalisis tokoh-tokoh pembaaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali-Pasha, Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridlo dan Muhammad Iqbal)

3.10.1 Menjelaskan pengertian pembaruan, latar belakang pembaruan Islam dan kebangkitan Islam di beberapa negara

Gerakan pembaruan dalam Islam

Peserta didik menjelaskan pengertian pembaruan dalam dunia Islam

L1

Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang munculnya pembaruan Islam

L2

Peserta didik memberikan argumentasi tentang perbedaan renaisans Barat dan pembaruan dalam Islam

Peserta didik mengidentifikasi/menyebutkan para tokoh pembaru yang berpengaruh terhadap kebangkitan Islam di beberapa negara

L1

3.10.2 Menjelaskan biografi dan pemikiran tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam

Gerakan Pembaruan dalam Islam

Peserta didik dapat menjelaskan secara singkat dan tepat biografi salah satu tokoh pembaru Islam; Muhammad Abduh

L1

Peserta didik dapat menganalisis salah satu ide pemikiran tokoh pembaru Islam, yaitu Pan-Islamisme yang digagas oleh Jamaluddin al-Afghany

L2

Peserta didik dapat menjelaskan  ide pembaruan dari salah satu tokoh pembaru Islam; Rasyid Ridlo dalam bidang pendidikan

L2

Peserta didik dapat menyebutkan beberapa bidang pembaruan yang dilakukan oleh salah satu tokoh pembaru Islam;M. Ali Pasha

L1

Peserta didik dapat menganalisis tentang salah satu ide pemikiran pembaru Islam; Muhammad Iqbal tentang Dinamisme Islam

L3

3.11 Menganalisis nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam

3.11.1 Menjelaskan tentang nilai positif dari gerakan pembaruan dalam dunia Islam

Gerakan pembaruan Islam

Peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai positif dari gerakan pembaruan dalam dunia Islam

L1

3.11.2 Menjelaskan ibrah atau hikmah dari munculnya  gerakan pembaruan dalam dunia Islam

Peserta didik dapat menilai ibrah dari munculnya gerakan pembaruan dalam Islam

L3

 Untuk soal-soal penilaian tengah semester genap kelas XI (sebelas) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dapat anda dowload di link berikut ini:

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMSESTER GENAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI (SEBELAS)

 


Post a Comment for "KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI"