KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI
KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH
NAMA MADRASAH :
MADRASAH ALIYAH ANNURIYYAH
MATA PELAJARAN :
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS :
XI (SEBELAS)
NO |
KOMPETENSI DASAR |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL |
1. |
3.9
Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid |
3.9.1
Menjelaskan kemunduran Islam dan tiga kerajaan besar |
Kemunduran
Umat Islam |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab umat Islam mengalami
kemunduran |
L1 |
Peserta
didik dapat menentukan sebab-sebab kemunduran tsalah satu dari iga kerajaan
Besar Islam, yaitu Turki Usmani |
L1 |
||||
3.9.2
Menjelaskan penjajahan bangsa Barat atas dunia Islam, munculnya gerakan
pembaharuan dalam Islam dan kemerdekaan negara-negara Islam dari penjajahan |
Kemunduran
Umat Islam |
Peserta
didik menyebutkan tujuan/misi penjajahan Bangsa Barat atas dunia Islam |
L1 |
||
Peserta
didik menyebutkan dua bentuk kegiatan perjuangan kemerdekaan negara-negara
Islam dari penjajahan |
L1 |
||||
2. |
3.10
Menganalisis tokoh-tokoh pembaaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya
(Ali-Pasha, Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridlo dan Muhammad
Iqbal) |
3.10.1
Menjelaskan pengertian pembaruan, latar belakang pembaruan Islam dan
kebangkitan Islam di beberapa negara |
Gerakan
pembaruan dalam Islam |
Peserta
didik menjelaskan pengertian pembaruan dalam dunia Islam |
L1 |
Peserta
didik dapat menjelaskan latar belakang munculnya pembaruan Islam |
L2 |
||||
Peserta
didik memberikan argumentasi tentang perbedaan renaisans Barat dan pembaruan
dalam Islam |
|||||
Peserta
didik mengidentifikasi/menyebutkan para tokoh pembaru yang berpengaruh
terhadap kebangkitan Islam di beberapa negara |
L1 |
||||
3.10.2
Menjelaskan biografi dan pemikiran tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam |
Gerakan
Pembaruan dalam Islam |
Peserta
didik dapat menjelaskan secara singkat dan tepat biografi salah satu tokoh
pembaru Islam; Muhammad Abduh |
L1 |
||
Peserta
didik dapat menganalisis salah satu ide pemikiran tokoh pembaru Islam, yaitu
Pan-Islamisme yang digagas oleh Jamaluddin al-Afghany |
L2 |
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan ide pembaruan
dari salah satu tokoh pembaru Islam; Rasyid Ridlo dalam bidang pendidikan |
L2 |
||||
Peserta
didik dapat menyebutkan beberapa bidang pembaruan yang dilakukan oleh salah
satu tokoh pembaru Islam;M. Ali Pasha |
L1 |
||||
Peserta
didik dapat menganalisis tentang salah satu ide pemikiran pembaru Islam;
Muhammad Iqbal tentang Dinamisme Islam |
L3 |
||||
3.11
Menganalisis nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam |
3.11.1
Menjelaskan tentang nilai positif dari gerakan pembaruan dalam dunia Islam |
Gerakan
pembaruan Islam |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai positif dari gerakan pembaruan dalam
dunia Islam |
L1 |
|
3.11.2
Menjelaskan ibrah atau hikmah dari munculnya
gerakan pembaruan dalam dunia Islam |
Peserta
didik dapat menilai ibrah dari munculnya gerakan pembaruan dalam Islam |
L3 |
Post a Comment for "KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI"