Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SOAL ESAY PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI (SEBELAS) LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN

CONTOH SOAL ESAY PENILAIAN AKHIR TAHUN 
MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI (SEBELAS) 

 Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!

  1.  Identifikasikan dasar-dasar pembentukan kelompok sosial!
  2. Kemukakan pendapat bahwa perbedaan kebudayaan dapat menjadi faktor penyebab konflik!
  3. Analisislah cara pengendalian sosial untuk mengatasi dan dan menanggulangi kekerasan!
  4. Identifikasikan lima objek pemetaan sosial!
  5. Uraikan beberapa upaya pelaksanaan reintegrasi sosial!
KUNCI JAWABAN

1.       Dasar-dasar pembentukan kelompok sosial adalah sebagai berikut:

  • Faktor kepentingan yang sama, misalnya kelompok arisan, kelompok senimandan kelompok olahragawan
  • Faktor darah dan keturunan yang sama, misalnya kelompok keturunan Arab dan kelompok keturunan Cina
  • Faktor geografis/mata pencaharian, misalnya masyarakat yang tinggal di daerah pantai membentuk kelompok nelayan
  • Faktor asal yang sama, misalnya keluarga mahasiswa Jawa Barat

2.    Kepribadian seseorang dibentuk dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Tidak semua masyarakat memiliki nilai-nilai dan norma-norma yang sama. Apa yang dianggap baik oleh suatu masyarakat belum tentu sama dengan apa yang dianggap baik  oleh masyarakat lain. Sebagai contoh, seseorang yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional bertemu dengan seseorang yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai modern, maka akan terdapat perbedaan-perbedaan nilai yang dianut oleh kedua belah pihak sehingga dapat menimbulkan konflik.

3.       Berikut cara pengendalian sosial untuk mengatasi dan menanggulangi kekerasan;

  • Pengawasan, yaitu upaya mengawasi perilaku anggota masyarakat demi mencegah terjadinya tindak kekerasan. Ini dapat dilakukan oleh warga masyarakat ataupun apparat penegak hokum
  • Penindakan, yaitu pengenaan sanksi atau hukuman kepada pelaku tindak kekerasan. Tujuan penindakan adalah memberi contoh kepada warga masyarakat agar tidak meniru tindakan pelaku kekerasan dan mengurangi kemungkinan pengulangan tindak kekerasan oleh pelaku.

4.       Berikut objek-objek pemetaan sosial;

  • Letak geografis wilayah calon sasaran program
  • Sarana dan prasarana umum wilayah
  • Kelompok-kelompok sosial masyarakat serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan
  • Hubungan sosial antarkelompok terhadap program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah atau nonpemerintah

5.  Berikut beberapa upaya pelaksanaan reintegrasi sosial.

  • Membangun kepercayaan (trust building) antarpihak yang terlibat konflik. Dilakukan dengan menguatkan hubungan sossial yang pernah terjalin seperti hubungan kekeluargaan atau kekerabatan
  • Penguatan identitas bersama. Setiap kelompok yang berkonflik pasti memiliki kesamaan identitas, misalnya kesamaan latar belakang, keturunan, daerah asal, agama dan budaya. Kesamaan identitas tersebut digunakan sebagai perekat hubungan antar kedua belah pihak
  • Penguatan melalui kegiatan bersama. Masyrakat menciptakan kegiatan yang dapat diikuti dan dilaksanakan secara bersama. Contoh: menggiatkan kerja bakti atau gotong royong
  • Pembuatan kebijakan pemerintah yang proreintegrasi. Pemerintah membuat kebijakan yang medorong proses integrase sosial

 LINK TERKAIT:

SOAL PAT PILIHAN GANDA MAPEL SOSIOLOGI KELAS XI (SEBELAS)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!   Identifikasikan dasar-dasar pembentukan kelompok sosial! Kemukakan pendapat bahwa perbedaan kebudayaan dapat menjadi faktor penyebab konflik! Analisislah cara pengendalian sosial untuk mengatasi dan dan menanggulangi kekerasan! Identifikasikan lima objek pemetaan sosial! Uraikan beberapa upaya pelaksanaan reintegrasi sosial! KUNCI JAWABAN 1.       Dasar-dasar pembentukan kelompok sosial adalah sebagai berikut:  Faktor kepentingan yang sama, misalnya kelompok arisan, kelompok senimandan kelompok olahragawan Faktor darah dan keturunan yang sama, misalnya kelompok keturunan Arab dan kelompok keturunan Cina Faktor geografis/mata pencaharian, misalnya masyarakat yang tinggal di daerah pantai membentuk kelompok nelayan Faktor asal yang sama, misalnya keluarga mahasiswa Jawa Barat 2.    Kepribadian seseorang dibentuk dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Tidak semua masyarakat memiliki nilai-nilai dan norma-norma yang sama. Apa yang dianggap baik oleh suatu masyarakat belum tentu sama dengan apa yang dianggap baik  oleh masyarakat lain. Sebagai contoh, seseorang yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional bertemu dengan seseorang yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai modern, maka akan terdapat perbedaan-perbedaan nilai yang dianut oleh kedua belah pihak sehingga dapat menimbulkan konflik.  3.       Berikut cara pengendalian sosial untuk mengatasi dan menanggulangi kekerasan;  Pengawasan, yaitu upaya mengawasi perilaku anggota masyarakat demi mencegah terjadinya tindak kekerasan. Ini dapat dilakukan oleh warga masyarakat ataupun apparat penegak hokum Penindakan, yaitu pengenaan sanksi atau hukuman kepada pelaku tindak kekerasan. Tujuan penindakan adalah memberi contoh kepada warga masyarakat agar tidak meniru tindakan pelaku kekerasan dan mengurangi kemungkinan pengulangan tindak kekerasan oleh pelaku. 4.       Berikut objek-objek pemetaan sosial;  Letak geografis wilayah calon sasaran program Sarana dan prasarana umum wilayah Kelompok-kelompok sosial masyarakat serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan Hubungan sosial antarkelompok terhadap program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah atau nonpemerintah 5.  Berikut beberapa upaya pelaksanaan reintegrasi sosial.  Membangun kepercayaan (trust building) antarpihak yang terlibat konflik. Dilakukan dengan menguatkan hubungan sossial yang pernah terjalin seperti hubungan kekeluargaan atau kekerabatan Penguatan identitas bersama. Setiap kelompok yang berkonflik pasti memiliki kesamaan identitas, misalnya kesamaan latar belakang, keturunan, daerah asal, agama dan budaya. Kesamaan identitas tersebut digunakan sebagai perekat hubungan antar kedua belah pihak Penguatan melalui kegiatan bersama. Masyrakat menciptakan kegiatan yang dapat diikuti dan dilaksanakan secara bersama. Contoh: menggiatkan kerja bakti atau gotong royong Pembuatan kebijakan pemerintah yang proreintegrasi. Pemerintah membuat kebijakan yang medorong proses integrase sosial
CONTOH SOAL ESAY PAT MAPEL SOSIOLOGI
KELAS XI (SEBELAS) LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN

Post a Comment for "CONTOH SOAL ESAY PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI (SEBELAS) LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN"