Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI FASE PEMERINTAHAN DAULAH USMANI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/ Ganjil

Materi Pokok     : Daulah Usmani

ALokasi waktu:  2 JP


A.    Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.3: Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah

Kompetensi Dasar 2.3: Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.3.2 Meyakini bahwa kekuasaan adalah amanah yang wajib dilaksanakan dengan baik

Indikator Pencapaian Kompetensi

2.3.2 Menjalankan sikap amanah dalam mengemban kekuasaan

Kompetensi Dasar 3.3: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani

Kompetensi Dasar 4.3: Menilai proses lahirnya Daulah Usmani

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.3.2 Mempresentasikan proses pemerintahan pada awal berdirinya Daulah Usmani

B.    Tujuan pembelajaran:

1.     Peserta didik mampu menjelaskan tentang fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

2.     Peserta didik mampu mempresentasikan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

C.    Media/Alat/Sumber Belajar:

1.     Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board

2.     Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.    Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.     Kegiatan Pendahuluan

a.     Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.     Siswa merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya

d.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.     Kegitan Inti

a.     Siswa mengamati video tentang fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses lahirnya Daulah Usmani

d.    Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

e.     Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.     Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.     Sikap                      : Obsrevasi saat proses pembelajaran

2.     Pengetahuan           : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.     Keterampilan           :Presentasi fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani

Jember, 10 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                                          Guru Mata Pelajaran,


ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                                         KUSMIARSEH, M.Pd.I


DOWNLOAD JUGA:

Kumpulan Perangkat Pembelajaran (RPP, Materi Ajar, Media dll)

Kumpulan kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama madrasah: MAS Annuriyyah Mata Pelajaran   : SKI Kelas/Semester :XI/ Ganjil Materi Pokok	: Daulah Usmani ALokasi waktu:  2 JP   A.	Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi: Kompetensi Dasar 1.3: Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah	Kompetensi Dasar 2.3: Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah  Indikator Pencapaian Kompetensi 1.3.2 Meyakini bahwa kekuasaan adalah amanah yang wajib dilaksanakan dengan baik	Indikator Pencapaian Kompetensi 2.3.2 Menjalankan sikap amanah dalam mengemban kekuasaan Kompetensi Dasar 3.3: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani	Kompetensi Dasar 4.3: Menilai proses lahirnya Daulah Usmani Indikator Pencapaian Kompetensi 3.3.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani	Indikator Pencapaian Kompetensi 4.3.2 Mempresentasikan proses pemerintahan pada awal berdirinya Daulah Usmani B.	Tujuan pembelajaran: 1.	Peserta didik mampu menjelaskan tentang fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani 2.	Peserta didik mampu mempresentasikan fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani C.	Media/Alat/Sumber Belajar: 1.	Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board 2.	Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait D.	Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan E.	Kegiatan Pembelajaran 1.	Kegiatan Pendahuluan a.	Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran b.	Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking) c.	Siswa merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya d.	Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru 2.	Kegitan Inti a.	Siswa mengamati video tentang fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani b.	Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat) c.	Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses lahirnya Daulah Usmani d.	Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani  e.	Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain 3.	Kegiatan Penutup a.	Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani b.	Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test c.	Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya d.	Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam F.	Penilaian Pembelajaran 1.	Sikap		: Obsrevasi saat proses pembelajaran 2.	Pengetahuan	: Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 3.	Keterampilan	:Presentasi fase pemerintahan dan khalifah-khalifah yang memerintah Daulah Usmani Jember, 10 Juli 2022 Mengetahui, Kepala Madrasah, 								Guru Mata Pelajaran,   ABABAL GHUSSOH, M.Pd 						KUSMIARSEH, M.Pd.I
FASE PEMERINTAHAN DAULAH USMANI


Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI FASE PEMERINTAHAN DAULAH USMANI"