RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI KEMUNDURAN DAULAH USMANI
Nama
madrasah: MAS Annuriyyah
Mata
Pelajaran : SKI
Kelas/Semester
:XI/ Ganjil
Materi
Pokok : Daulah Usmani
ALokasi
waktu: 4 JP
A.
Kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
Kompetensi
Dasar 1.4: Menghayati karunia Allah dari perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan |
Kompetensi
Dasar 2.4: Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif |
Indikator
Pencapaian Kompetensi 1.4.2
Meyakini pentingnya menimba ilmu pengetahuan demi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan |
Indikator
Pencapaian Kompetensi 2.4.2
Mengamalkan perilaku kreatif dalam kehidupan sehari-hari |
Kompetensi
Dasar 3.4: Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Usmani |
Kompetensi
Dasar 4.4: Mengapresiasi perkembangan ilmu pengetahuan
dan peradaban pada masa Daulah Usmani |
Indikator
Pencapaian Kompetensi 3.4.2
Menjelaskan pusat-pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah Usmani serta kemunduran Daulah Usmani |
Indikator
Pencapaian Kompetensi 4.4.2
Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Usmani |
B.
Tujuan
pembelajaran:
1. Peserta
didik mampu menjelaskan tentang pusat-pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban
dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani serta kemunduran Daulah Usmani
2. Peserta
didik mampu mempresentasikan pusat-pusat peradaban dan tokoh-tokoh peradaban
dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani serta kemunduran Daulah Usmani
C.
Media/Alat/Sumber
Belajar:
1. Video
dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White
board
2. Buku
siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester
1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait
D.
Model/Strategi/metode
pembelajaran:
Cooperative
learning/information search/Ceramah,
diskusi dan penugasan
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Siswa
menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran
b. Siswa
mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)
c. Siswa
merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya
d. Siswa
menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru
2. Kegitan
Inti
a. Siswa
mengamati video tentang pusat peradaban Daulah Usmani
b. Siswa
menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)
c. Siswa menyimak
penjelasan guru tentang gambaran umum pusat-pusat peradaban dan tokoh-tokoh
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani serta kemunduran Daulah
Usmani
d. Siswa
bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang pusat-pusat
peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Usmani serta kemunduran Daulah Usmani
e. Siswa menuliskan
dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain
3. Kegiatan
Penutup
a. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang pusat-pusat peradaban dan
tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani serta
kemunduran Daulah Usmani
b. Siswa
bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan
melakukan kegiatan post test
c. Siswa
menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
d. Siswa
dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam
F.
Penilaian
Pembelajaran
1. Sikap :
Obsrevasi saat proses pembelajaran
2. Pengetahuan : Tes tulis dalam bentuk pilihan
ganda
3. Keterampilan : Mempresentasikan pusat-pusat
peradaban dan tokoh-tokoh peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Usmani serta kemunduran Daulah Usmani
Jember,
10 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
ABABAL
GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH, M.Pd.I
DOWNLOAD JUGA:
Kumpulan perangkat pembelajaran (RPP, Bahan Ajar, Media dll)
Kumpulan kisi-kisi soal dan isntrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)
![]() |
RPP SKI KELAS XI MATERI KEMUNDURAN DAULAH USMANI |
Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI KEMUNDURAN DAULAH USMANI"