Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PERADABAN MASA DAULAH USMANI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/ Ganjil

Materi Pokok     : Daulah Usmani

ALokasi waktu:  2 JP


A.    Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.4: Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar 2.4: Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.4.1  Menghayati perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

Indikator Pencapaian Kompetensi

2.4.1 Mengamalkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 3.4: Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

Kompetensi Dasar 4.4: Mengapresiasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Usmani

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4.1 Menganalisis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.4.1 Membuat info grafis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

B.    Tujuan pembelajaran:

1.     Peserta didik mampu menjelaskan tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

2.     Peserta didik mampu membuat info grafis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

C.    Media/Alat/Sumber Belajar:

1.     Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board

2.     Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.    Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.     Kegiatan Pendahuluan

a.     Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.     Siswa merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya

d.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.     Kegitan Inti

a.     Siswa mengamati video tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang gambaran umum perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

d.    Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

e.     Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.     Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.     Sikap                      : Obsrevasi saat proses pembelajaran

2.     Pengetahuan           : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.     Keterampilan           : Membuat Info grafis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

Jember, 10 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                                          Guru Mata Pelajaran,


ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                                         KUSMIARSEH, M.Pd.I


DOWNLOAD JUGA:

Kumpulan Perangkat Pembelajaran (RPP, Bahan Ajar, Media dll)

Kumpulan kisi-kisi soal dan insturmen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama madrasah: MAS Annuriyyah Mata Pelajaran   : SKI Kelas/Semester :XI/ Ganjil Materi Pokok	: Daulah Usmani ALokasi waktu:  2 JP   A.	Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi: Kompetensi Dasar 1.4: Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan	Kompetensi Dasar 2.4: Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif  Indikator Pencapaian Kompetensi 1.4.1  Menghayati perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani	Indikator Pencapaian Kompetensi 2.4.1 Mengamalkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar 3.4: Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani	Kompetensi Dasar 4.4: Mengapresiasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Usmani Indikator Pencapaian Kompetensi 3.4.1 Menganalisis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani	Indikator Pencapaian Kompetensi 4.4.1 Membuat info grafis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani B.	Tujuan pembelajaran: 1.	Peserta didik mampu menjelaskan tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani 2.	Peserta didik mampu membuat info grafis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani C.	Media/Alat/Sumber Belajar: 1.	Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board 2.	Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait D.	Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan E.	Kegiatan Pembelajaran 1.	Kegiatan Pendahuluan a.	Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran b.	Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking) c.	Siswa merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya d.	Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru 2.	Kegitan Inti a.	Siswa mengamati video tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani b.	Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat) c.	Siswa menyimak penjelasan guru tentang gambaran umum perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani d.	Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani e.	Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain 3.	Kegiatan Penutup a.	Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani b.	Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test c.	Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya d.	Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam F.	Penilaian Pembelajaran 1.	Sikap		: Obsrevasi saat proses pembelajaran 2.	Pengetahuan	: Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 3.	Keterampilan	: Membuat Info grafis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani Jember, 10 Juli 2022 Mengetahui, Kepala Madrasah, 								Guru Mata Pelajaran,   ABABAL GHUSSOH, M.Pd 						KUSMIARSEH, M.Pd.I
RPP SKI KELAS XI MATERI PERADABAN DAULAH USMANI

Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI MATERI PERADABAN MASA DAULAH USMANI"