Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI/GANJIL MATERI PROSES BERDIRINYA DAULAH ABBASIYYAH

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/ Ganjil

Materi Pokok   : Daulah Abbasiyyah

ALokasi waktu:  2 JP


A.   Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.1: Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah

Kompetensi Dasar 2.1: Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.1 Menghayati pentingnya sikap amanah

Indikator Pencapaian Kompetensi

2.1.1 Menjalankan sikap komitmen/amanah dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 3.1: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Kompetensi Dasar 4.1: Menilai proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.1.1 Membuat sinopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

B.   Tujuan pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menjelaskan tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

2.    Peserta didik mampu membuat synopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

C.   Media/Alat/Sumber Belajar:

1.    Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board

2.    Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.   Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.    Kegiatan Pendahuluan

a.    Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.    Kegitan Inti

a.    Siswa mengamati video tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

d.    Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

e.    Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.    Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.    Sikap                     : Obsrevasi saat proses pembelajaran

2.    Pengetahuan         : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.    Keterampilan         :Membuat synopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Jember, 10 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                               Guru Mata Pelajaran

ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                                KUSMIARSEH, M.Pd.I

DOWNLOAD JUGA:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama madrasah: MAS Annuriyyah Mata Pelajaran   : SKI Kelas/Semester :XI/ Ganjil Materi Pokok	: Daulah Abbasiyyah ALokasi waktu:  2 JP   A.	Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi: Kompetensi Dasar 1.1: Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah	Kompetensi Dasar 2.1: Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah  Indikator Pencapaian Kompetensi 1.1.1 Menghayati pentingnya sikap amanah	Indikator Pencapaian Kompetensi 2.1.1 Menjalankan sikap komitmen/amanah dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar 3.1: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah	Kompetensi Dasar 4.1: Menilai proses lahirnya Daulah Abbasiyyah Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1 Menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyyah	Indikator Pencapaian Kompetensi 4.1.1 Membuat sinopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah B.	Tujuan pembelajaran: 1.	Peserta didik mampu menjelaskan tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah 2.	Peserta didik mampu membuat synopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah C.	Media/Alat/Sumber Belajar: 1.	Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board 2.	Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait D.	Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan E.	Kegiatan Pembelajaran 1.	Kegiatan Pendahuluan a.	Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran b.	Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking) c.	Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru 2.	Kegitan Inti a.	Siswa mengamati video tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah b.	Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat) c.	Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah d.	Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  proses lahirnya Daulah Abbasiyyah e.	Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain 3.	Kegiatan Penutup a.	Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah b.	Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test c.	Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya d.	Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam F.	Penilaian Pembelajaran 1.	Sikap		: Obsrevasi saat proses pembelajaran 2.	Pengetahuan	: Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 3.	Keterampilan	:Membuat synopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah Jember, 10 Juli 2022 Mengetahui, Kepala Madrasah, 							Guru Mata Pelajaran,   ABABAL GHUSSOH, M.Pd 						KUSMIARSEH, M.Pd.I
RPP SKI KELAS XI/GANJIL LAHIRNYA DAULAH ABBASIYYAH

Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI/GANJIL MATERI PROSES BERDIRINYA DAULAH ABBASIYYAH"