RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI/GANJIL MATERI PROSES BERDIRINYA DAULAH ABBASIYYAH
Nama madrasah: MAS Annuriyyah
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester :XI/ Ganjil
Materi Pokok : Daulah Abbasiyyah
ALokasi waktu: 2 JP
A.
Kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar 1.1: Menghayati bahwa kekuasaan adalah
amanah |
Kompetensi Dasar 2.1: Mengamalkan sikap komitmen dalam
menjalankan amanah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi 1.1.1 Menghayati pentingnya sikap
amanah |
Indikator Pencapaian Kompetensi 2.1.1 Menjalankan sikap
komitmen/amanah dalam kehidupan sehari-hari |
Kompetensi Dasar 3.1: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah
Abbasiyyah |
Kompetensi Dasar 4.1: Menilai proses lahirnya Daulah
Abbasiyyah |
Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1 Menjelaskan proses lahirnya
Daulah Abbasiyyah |
Indikator Pencapaian Kompetensi 4.1.1 Membuat sinopsis proses lahirnya
Daulah Abbasiyyah |
B. Tujuan
pembelajaran:
1.
Peserta
didik mampu menjelaskan tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah
2.
Peserta
didik mampu membuat synopsis proses lahirnya Daulah Abbasiyyah
C. Media/Alat/Sumber
Belajar:
1.
Video
dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White
board
2.
Buku
siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester
1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait
D. Model/Strategi/metode
pembelajaran:
Cooperative learning/information
search/Ceramah, diskusi dan penugasan
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Siswa
menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran
b.
Siswa
mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)
c.
Siswa
menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru
2.
Kegitan
Inti
a.
Siswa
mengamati video tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah
b.
Siswa
menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)
c.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah
d.
Siswa
bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang proses lahirnya Daulah Abbasiyyah
e.
Siswa
menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh
kelompok lain
3.
Kegiatan
Penutup
a.
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang proses lahirnya Daulah
Abbasiyyah
b.
Siswa
bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan
melakukan kegiatan post test
c.
Siswa
menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
d.
Siswa
dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam
F. Penilaian
Pembelajaran
1.
Sikap :
Obsrevasi saat proses pembelajaran
2.
Pengetahuan : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda
3.
Keterampilan :Membuat synopsis proses lahirnya
Daulah Abbasiyyah
Jember, 10 Juli 2022
Mengetahui,
RPP SKI KELAS XI/GANJIL LAHIRNYA DAULAH ABBASIYYAH |
Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI/GANJIL MATERI PROSES BERDIRINYA DAULAH ABBASIYYAH"