Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI/GANJIL MATERI FASE PEMERINTAHAN DAULAH ABBASIYYAH

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama madrasah: MAS Annuriyyah

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :XI/ Ganjil

Materi Pokok   : Daulah Abbasiyyah

ALokasi waktu:  2 JP


A.   Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:

Kompetensi Dasar 1.1: Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah

Kompetensi Dasar 2.1: Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.2 Meyakini bahwa kekuasaan adalah amanah yang wajib dilaksanakan dengan baik

Indikator Pencapaian Kompetensi

2.1.2 Menjalankan sikap amanah dalam mengemban kekuasaan

Kompetensi Dasar 3.1: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Kompetensi Dasar 4.1: Menilai proses lahirnya Daulah Abbasiyyah

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah yang memerintah Daulah Abbasiyyah

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.1.2 Mempresentasikan fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

B.   Tujuan pembelajaran:

1.    Peserta didik mampu menjelaskan tentang Fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

2.    Peserta didik mampu mempresentasikan Fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

C.   Media/Alat/Sumber Belajar:

1.    Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board

2.    Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait

D.   Model/Strategi/metode pembelajaran:

Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan

E.    Kegiatan Pembelajaran

1.    Kegiatan Pendahuluan

a.    Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran

b.    Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking)

c.    Siswa merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya

d.    Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru

2.    Kegitan Inti

a.    Siswa mengamati video tentang fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

b.    Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat)

c.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

d.    Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

e.    Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain

3.    Kegiatan Penutup

a.   Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

b.   Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test

c.   Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

d.   Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam

F.    Penilaian Pembelajaran

1.    Sikap                     : Obsrevasi saat proses pembelajaran

2.    Pengetahuan         : Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda

3.    Keterampilan         : Presentasi fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah

Jember, 10 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                                    Guru Mata Pelajaran,


ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                                  KUSMIARSEH, M.Pd.I


DOWNLOAD JUGA:

Kumpulan perangkat pembelajaran (RPP, Materi Ajar, Media, dsb)

Kumpulan kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (UH, PTS, PAS dan PAT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama madrasah: MAS Annuriyyah Mata Pelajaran   : SKI Kelas/Semester :XI/ Ganjil Materi Pokok	: Daulah Abbasiyyah ALokasi waktu:  2 JP   A.	Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi: Kompetensi Dasar 1.1: Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah	Kompetensi Dasar 2.1: Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah  Indikator Pencapaian Kompetensi 1.1.2 Meyakini bahwa kekuasaan adalah amanah yang wajib dilaksanakan dengan baik	Indikator Pencapaian Kompetensi 2.1.2 Menjalankan sikap amanah dalam mengemban kekuasaan Kompetensi Dasar 3.1: Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyyah	Kompetensi Dasar 4.1: Menilai proses lahirnya Daulah Abbasiyyah Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.2 Menjelaskan fase pemerintahan dan khalifah yang memerintah Daulah Abbasiyyah	Indikator Pencapaian Kompetensi 4.1.2 Mempresentasikan fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah B.	Tujuan pembelajaran: 1.	Peserta didik mampu menjelaskan tentang Fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah 2.	Peserta didik mampu mempresentasikan Fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah C.	Media/Alat/Sumber Belajar: 1.	Video dan power point/LCD, Laptop, Spidol, dan White board 2.	Buku siswa SKI kelas XI Kemenag RI 2020, Buku Belajar Praktis SKI kelas XI Semester 1 terbitan Viva Pakarindo, Handout dan refrensi lain yang terkait D.	Model/Strategi/metode pembelajaran:  Cooperative learning/information search/Ceramah, diskusi dan penugasan E.	Kegiatan Pembelajaran 1.	Kegiatan Pendahuluan a.	Siswa menjawab salam guru dan berdo’a untuk memulai pelajaran b.	Siswa mersepon pertanyaan guru tentang kehadiran dan kesiapan belajar (absensi dan ice breaking) c.	Siswa merespon kegiatan review materi pada pertemuan sebelumnya d.	Siswa menyimak tujuan dan cakupan materi yang disampaikan guru 2.	Kegitan Inti a.	Siswa mengamati video tentang fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah b.	Siswa menanggapi materi pada kegiatan mengamati (bertanya dan berpendapat) c.	Siswa menyimak penjelasan guru tentang fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah d.	Siswa bekerjasama dalam kelompok secara kritis menganalisis tentang  fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah e.	Siswa menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain 3.	Kegiatan Penutup a.	Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah b.	Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan melakukan kegiatan post test c.	Siswa menerima informasi tentang materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya d.	Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan do’a bersama dan salam F.	Penilaian Pembelajaran 1.	Sikap		: Obsrevasi saat proses pembelajaran 2.	Pengetahuan	: Tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 3.	Keterampilan	: Presentasi fase pemerintahan Daulah Abbasiyyah Jember, 10 Juli 2022 Mengetahui, Kepala Madrasah, 							Guru Mata Pelajaran,   ABABAL GHUSSOH, M.Pd 						KUSMIARSEH, M.Pd.I
RPP BIDANG STUDI SKI KELAS XI
MATERI FASE PEMERINTAHAN DAULAH ABBASIYYAH


Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI SKI KELAS XI/GANJIL MATERI FASE PEMERINTAHAN DAULAH ABBASIYYAH"