Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SISI POSITIF DAN NEGATIF PERBEDAAN SOSIAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Pengaruh Stratifikasi Sosial dan Diferensiasi Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat

Sebelum membahas tentang konflik, kekerasan dan perdamaian pada awal pembelajaran di semester genap ini, terlebih dahulu kita mengidentifikasi pengaruh dari adanya perbedaan sosial baik dalam bentuk diferensiasi sosial maupun stratifikasi sosial.  Sebagaimana yang telah dipelajari pada pembahasan semester ganjil lalu, bahwa perbedaan sosial terdiri dalam dua bentuk yaitu diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial.   Dalam konsep sosiologi, diferensiasi sosial diartikan sebagai perbedaan sosial yang sifatnya horizontal atau mendatar tanpa adanya kelas tertentu. Misal perbedaan jenis kelamin, warna kulit, jenis rambut, etnik, suku dan lain sebagainya.  Sedangkan stratifikasi sosial adalah perbedaan sosial yang bersifat vertikal, contohnya perbedaan kelas ekonomi dalam masyarakat yaitu kelas bawah, menengah dan atas. Dalam sistem sosial, perbedaan yang sifatnya vertikal ini dapat kita lihat pada tata sosial masyarakat Bali yang menerapkan sistem kasta.  Perbedaan sosial baik yang bersifat horizontal maupun vertikal berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Pengaruh yang dumaksud ini dapat bersifat positif dan negatif.   Secara positif, perbedaan sosial ini dapat menjadi wadah dan sarana untuk setiap anggota masyarakat untuk saling menghargai dan saling tolong menolong antar sesama.   Tidak hanya berpengaruh positif, perbedaan sosial yang terjadi di masyarakat juga membawa pengaruh negatif diantaranya primodialisme, etnosentrisme, aliran partai dan konsolidasi.
PENGARUH STRATIFIKASI DAN DIFERENSIASI SOSIAL

Sebelum membahas tentang konflik, kekerasan dan perdamaian pada awal pembelajaran di semester genap ini, terlebih dahulu kita mengidentifikasi pengaruh dari adanya perbedaan sosial baik dalam bentuk diferensiasi sosial maupun stratifikasi sosial.

Sebagaimana yang telah dipelajari pada pembahasan semester ganjil lalu, bahwa perbedaan sosial terdiri dalam dua bentuk yaitu diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial. 

Dalam konsep sosiologi, diferensiasi sosial diartikan sebagai perbedaan sosial yang sifatnya horizontal atau mendatar tanpa adanya kelas tertentu. Misal perbedaan jenis kelamin, warna kulit, jenis rambut, etnik, suku dan lain sebagainya.

Sedangkan stratifikasi sosial adalah perbedaan sosial yang bersifat vertikal, contohnya perbedaan kelas ekonomi dalam masyarakat yaitu kelas bawah, menengah dan atas. Dalam sistem sosial, perbedaan yang sifatnya vertikal ini dapat kita lihat pada tata sosial masyarakat Bali yang menerapkan sistem kasta.

Perbedaan sosial baik yang bersifat horizontal maupun vertikal berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Pengaruh yang dimaksud ini dapat bersifat positif dan negatif. 

Secara positif, perbedaan sosial ini dapat menjadi wadah dan sarana untuk setiap anggota masyarakat untuk saling menghargai dan saling tolong menolong antar sesama. 

Tidak hanya berpengaruh positif, perbedaan sosial yang terjadi di masyarakat juga membawa pengaruh negatif diantaranya primodialisme, etnosentrisme, aliran partai dan konsolidasi.

DOWNLOAD JUGA:

Kesetaraan Sosial Lengkap PPT

Post a Comment for "SISI POSITIF DAN NEGATIF PERBEDAAN SOSIAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT"