Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FORUM DISKUSI MODEL PEMBELAJARAN SKI AKTIF DAN MENARIK

Keseluruhan yang kompleks yang ibu utarakan mulai dari pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat, serta kemampuan dan kebiasaaan lain yang diperoleh manusia sebagai bagian dari masyarakat merupakan unsur-unsur budaya dalam teori E.B Taylor.

Dengan merujuk pada teori ini, kita dapat menganalisa dengan menemukan unsur-unsur budaya yang termuat dalam buku teks Sejarah Kebudayaan Islam kurikulum madrasah 2013. Unsur-unsur budaya yang terdapat dalam buku teks tersebut, yang nantinya akan diberikan melalui proses pembelajaran. Ini bertujuan agar, masyarakat sekolah dapat menghayati dan mengamalkan unsur-unsur budaya yang termuat dalam buku teks tersebut.  Sekolah atau madrasah merupakan lingkup masyarakat dalam kompleks yang kecil, yang berperan dalam mentransfer budaya, yang merujuk pada buku teks sejarah kebudayaan, dalam konteks ini sejarah kebudayaan Islam.

Penerapan KI 1 (sikap spiritual) dan KI 2 (sosial) dapat diterapkan dengan cara siswa meneladani ketaqwaan dan akhlaq Rasulullah SAW, para sahabat, ulama' dan ilmuwan/tokoh muslim untuk dipelajari, dipahami, dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa dan memiliki sifat sosial yang tinggi.


KI 1 dan KI 2 dalam kurikulum 2013 masuk dalam ranah afektif. Sehingga  penerapannya dalam pembelajaran dalam bentuk sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh peserta didik sebagai hasil belajar. Apakah peserta didik sudah dapat mengamalkan dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari atau belum? ini dapat diukur dan diamati oleh guru melalui skala penilaian sikap bisa melalui observasi, penialain diri dan penilaian antar teman. Tugas guru di sini adalah membuat pedoman penilaian yang terdiri dari rangakain perilaku yang akan diobservasi atau dinilai sebagai hasil belajar pada KI 1 dan KI 2.

Pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk mapel SKI adalah model pembelajaran dengan pola student centered. Dalam hal ini,seorang guru harus mampu mendesain pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk melakukan aktivitas belajar secara aktif. 
Model pembelajaran dengan pola student centered haruslah didukung dengan pemilihan media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa. Pemilihan media pembelajaran akan menarik bagi siswa jika sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa. Untuk memahami karakteristik siswa,guru dapat menggalinya dengan menggunakan angket/quisioner (sebagaimana Yanga sudah dipelajari pada kelas pedagogik). Dari data tersebut,dapat digunakan sebagai dasar pemilihan media pembelajaran yang menarik.
Sebagai contoh, media yang menarik untuk pembelajaran SKI adalah media audio visual berupa video animasi tentang materi terkait,misal: kisah teladan dari para sahabat nabi. Dan model pembelajaran yang digunakan adalah saintifik. 
Tahapan konkrit pada pembelajaran:
  1. Siswa mengamati video animasi tentang keteladanan sahabat
  2. Menanya, dalam tahapan ini siswa diberikan ruang untuk bertanya dan menanggapi satu sama lain
  3. Mengumpulkan informasi tentang materi pembelajaran,dalam hal ini siswa menggali informasi dari berbagai sumber belajar tentang biografi sahabat dan yang terkait dengannya. Kegiatan ini disebut dengan gerakan literasi
  4. Mengkomunikasikan, dalam tahapan ini siswa mendiskusikan tentang materi yang dipelajari berdasarkan pada informasi yang sudah digali
  5. Menyajikan, siswa diberikan ruang untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang materi terkait
  6. Menyimpulkan, siswa diberikan kesempatan untuk menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari sebagai bentuk pemahaman atas materi tersebut (nilai formal)
Sebagai kegiatan penutup, guru memberikan ruang kepada siswa untuk menggali usawah dari sahabat dan dapat meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari (nilai fungsional), yang pada akhirnya sifat2 dari sahabat yang menjadi teladan tersebut tertanam dalam diri peserta didik yang selanjutnya menjadi perilaku yang terbiasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari (nilai esensial).



Post a Comment for "FORUM DISKUSI MODEL PEMBELAJARAN SKI AKTIF DAN MENARIK"