Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUGAS AKHIR MODUL PEDAGOGIK 1 PPG 2019

TUGAS AKHIR MODUL 1  PEMBELAJARAN ABAD 21 PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019

  

Nama Peserta                    : KUSMIARSEH, M.Pd.I

NUPTK                             : 1042766666300013

Nomor Peserta                  : 1042766666300013

Bidang Studi Sertifikasi   : Sejarah Kebudayaan Islam

Sekolah Asal                      : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan

:

Madrasah Aliyah Annuriyyah

Mata Pelajaran

:

Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester

:

XI (sebelas) / 1

Materi Pokok

:

Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

Waktu

:

2 x 45 menit

 

A.    Kompetensi Inti

No

Kompetensi Inti

1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2

Menghayati  dan  mengamalkan          perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (gotong  royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai  bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 

3

Memahami,   menerapkan,   menganalisis   pengetahuan   faktual,   konseptual,   prosedural berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  tehnologi,  seni,  budaya,  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

                                                                                                            

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3

3. 1 Menganalisis proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad

 

 3.1.1 setelah membaca peserta didik mampu mengidentifikasi pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyah di Bagdad

  3.1.2     setelah menyimak penjelasan guru peserta didik dapat menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad

3.1.3 setelah mengamati tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu menganalisa Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyah di Bagdad

 

3.2 Mengklasifikasi  fase-fase pemerintahan Bani  Abbasiyah di Bagdad

 

3.2.1 setelah membaca peserta didik mampu menyebutkan para khalifah yang berkuasa pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyyah

3.2.2  setelah menyimak penjelasan guru peserta didik dapat menjelaskan peristiwa penting pada fase-fase pemerintahan Bani  Abbasiyah di Bagdad

3.2.1 setelah mengamati tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu mengkalsifikasikan fase-fase pemerintahan Bani  Abbasiyah di Bagdad

 

 

C.    Materi Pembelarajan

1.      Konsep

a.       Berdirinya Bani Abbasiyyah

(1)   Latar Belakang Berdirinya Bani Abbasiyyah

(2)   Kronologi proses lahirnya Bani Abbasiyyah

b.      Fase-fase Pemerintahan Bani Abbasiyyah

(1)   Fase Pembentukan tahun 750 M - 847 M / 132 H - 232 H

(2)   Fase Kedua tahun 847 M - 945 M /232 H - 334 H

(3)   Fase Ketiga tahun 945 M - 1055 M / 334 H- 447 H

(4)   Fase Keempat tahun 1055 M – 1194 M / 447 H – 590 H

(5)   Fase Kelima tahun 1194 M – 1258 M / 590 H – 656 H

2.      Prosedur

Langkah-langkah dalam menganalisa Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

D.    Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran

Pendekatan           : Scientific

Model                    : Cooperative Learning

Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan

 

E.     Media dan Bahan/Alat Pembelajaran

1.      Teks Materi Proses Lahirnya Bani Abbasiyyah

2.      Video tentang lahirnya Bani Abbasiyyah

3.      LCD, Laptop dan Sound aktif

4.      Papan tulis/white board dan spidol

 

F.     Sumber Belajar

1.                Buku Pedoman Guru Mapel SKI  MA, Kemenag RI

2.               
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI

3.                Buku penunjang lainnya yang relevan

4.                Media cetak dan elektronik sesuai materi.

5.               
Laman Blogg: nderesmaningblogspot.com

6.                Lingkungan sekitar yang mendukung.

 

7.      Kegiatan/Langkah-langkah Pembelajaran

      Pertemuan Kesatu

a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan berdoa secara bersama-sama

2 menit

2

Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.

2 menit

3

Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Runtuhnya Bani Umayyah di Damaskus

4 menit

4

Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.

2 menit

 b.      Kegiatan Inti (70 menit)

No

Langkah Kegiatan

Uraian

Alokasi Waktu

1



Mengamati

1.1.Peserta didik membaca teks materi tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (membaca, rasa ingin tahu, critical Thingking dan mengidentifikasi/C2)

1.2.Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menyimak, cermat,communicative dan menganalisa/C4)

1.3.Peserta didik mengamati tayangan video tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (media, rasa ingin tahu, critical thingking dan mencermati/C5)

5 menit

2

Menanya

2.1   Peserta didik bertanya Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, berani, Creativity dan menyebutkan/C2)

2.2  Peserta didik saling mengungkapkan pendapat tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, percaya diri, communicative dan menjelaskan/C2)

2.3  Peserta didik saling bertanya dan menjawab tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, menyimak, percaya diri, mandiri, communicative, dan mencermati/C5)

5 menit

3

Mengumpulkan Informasi

3.1  Secara berkelompok, peserta didik menggali informasi dari buku bacaan tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (membaca, rasa ingin tahu, collaborative dan mengumpulkan/C5)

3.2  Secara berkelompok peserta didik menuliskan informasi yang telah diperoleh dari buku tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, mandiri, collaborative dan mengkaji ulang/C5)

15 menit

4

Mengasosiasi

4.1 Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan materi Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, menyimak, cermat, collaborative dan merumuskan/C5)

4.2  Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi (menulis, teliti, collaborative dan menyimpulkan/C4)

30 menit

5

Mengkomunikasikan

5.1  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas (membaca, berani, communicative dan menghasilkan C6)

5.2  Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya (menyimak, cermat, communicative dan menelaah/C5)

15 menit

·           Dalam kegiatan Pembelajaran sudah memunculkan 4C (Critical Thingking, Communicative, Collaborative & Creativity)

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.

5 menit

2

Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

3 menit

3

Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu Karakteristik umum sistem pemerintahan Bani Abbasiyah

 

2 menit

4

Peserta didik bersama pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama

 

2 menit

5

Peserta didik merespon ucapan salam penutup dari pendidik

 

 8.      Penilaian

 


Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan keterampilan. Nilai yang terkumpul akan direkap ke dalam Microsoft exel untuk mempermudah penilaian. Adapun rubric penilaian sebagai berikut:

 

1.     
Aspek Penilaian Afektif

a.       Teknik Penilaian                : Nontes

b.      Bentuk Instrumen             : Lembar Penilaian Diri

 

                                                      

SIKAP JUJUR

 

Nama Peserta Didik    :………………….

Kelas                           :………………….

Materi Pokok              :………………….

Tanggal                       :………………….

Petunjuk :

         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

         berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

No

Pernyataan

TP

KD

SR

SL

1

Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan

2

Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas

3

Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang

4

Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan

5

Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

Keterangan :

SL

=

Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataa Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan n

SR

=

Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

KD

=

Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

TP

=

Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

RUBRIK PENILAIAN IMAJINATIF

NO.

PERNYATAAN

SKOR

0-25

26-50

51-75

76-100

1.       

Menemukan ide baru

 

 

 

 

2.       

Ingin tahu

 

 

 

 

3.       

Melihat masalah sebagai hal yang menarik

 

 

 

 

4.       

Tidak mudah putus asa/pantang menyerah

 

 

 

 

5.       

Memecahkan masalah

 

 

 

 

Skor Maksimal

100

 

Petunjuk penyekoran:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

N=Jumlah Skor yang Diperoleh x 100

                        5

 

 
 

 

 

 

2.      Pengetahuan/kognitif

a.       Teknik Penilaian    : Tes Tulis

b.      Bentuk Instrumen : Uraian

c.       Kisi-kisi 

 

Indikator

Instrumen Penilaian

1.    Setelah membaca peserta didik mampu mengidentifikasi pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyah di Bagdad

2.    Setelah menyimak penjelasan guru peserta didik dapat menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad

3.    Setelah mengamati tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu menganalisa Sejarah Berdirinya Bani Abbasiyah di Bagdad

4.    Setelah membaca peserta didik mampu menyebutkan para khalifah yang berkuasa pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyyah

5.    Setelah menyimak penjelasan guru peserta didik dapat menjelaskan peristiwa penting pada fase-fase pemerintahan Bani  Abbasiyah di Bagdad

6.    Setelah mengamati tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu mengkalsifikasikan fase-fase pemerintahan Bani  Abbasiyah di Bagdad

 

1.      Identifikasilah pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad!

 

2.      Jelaskan peristiwa yang melatar belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

3.      Gambarkan sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

 

4.      Sebutkan para khalifah yang memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

5.      Jelaskan peristiwa penting pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 

6.      Klasifikasikan fase-fase pemrintahan Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 PEDOMAN PENSKORAN

 

No.

Aspek atau Kriteria yang dinilai

Skor

1

Mengidentifikasi pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad

 

Jika peserta didik mengidentifikasi pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik mengidentifikasi pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik hanya mengidentifikasi salah satu saja (pendiri/waktu) berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad

1

2

Menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang sempurna

2

Jika peserta didik menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan semestinya.

1

3

Menggambarkan sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Menggambarkan sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik Menggambarkan sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik Menggambarkan sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan semestinya

1

4

Menyebutkan para khalifah yang memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Menyebutkan para khalifah yang memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik Menyebutkan para khalifah yang memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik Menyebutkan para khalifah yang memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

5

Menjelaskan peristiwa penting pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Menjelaskan peristiwa penting pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat

3

Jika peserta didik Menjelaskan peristiwa penting pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat

2

Jika peserta didik Menjelaskan peristiwa penting pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

6

Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Peserta didik Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap

3

Peserta didik Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap

2

Peserta didik Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya

1

Skor Maksimal

18

N=Jumlah Skor yang diperoleh x 100

                          18


 

 

7.      Keterampilan

a.       Teknik Penilaian    : Tes Lisan

b.      Bentuk Instrumen : Uraian

No

Indikator

Butir Instrumen

1.

 

 

2.

 

 

3. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah mengamati dan memahami proses lahirnya Bani Abbasiyyah peserta didik dapat menceritakan Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad!

Setelah mengamati dan memahami Fase-fase pemerintahakan Bani Abbasiyyah, peserta didik mampu memetakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad!

Setelah mengamati dan memahami peristiwa pada setiap fase pemerintahan, peserta didik mampu menceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad

 

1)      Ceritakan kronologi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad!

 

 

 

2)      Petakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 

 

 

 

3)    Ceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad!

 

 

 

 

PEDOMAN PENSKORAN

No.

Aspek atau Kriteria yang dinilai

Skor

   1.

Menceritakan Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik dapat menceritakan Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan jelas dan lengkap

3

Jika peserta didik dapat menceritakan Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang jelas dan lengkap

2

Jika peserta didik dapat menceritakan Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang jelas dan kurang lengkap

1

2

Memetakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad

 

Jika peserta didik Memetakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap

3

Jika peserta didik Memetakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap

2

Jika peserta didik Memetakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad tida sesuai dengan semestinya

1

3

Menceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad

 

Jika peserta didik Menceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad dengan jelas dan lengkap

3

Menceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad namun kurang jelas dan lengkap

2

Menceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad namun tidak tersampaikan dengan jelas dan lengkap

1

Skor Maksimal

 

N=Jumlah Skor yang Diperoleh x 100

                           9

 

 

 

 

 

                                                                                                   Jember,  27 Juni  2019

Mengetahui,

Kepala Madrasah,                                                                    Guru Mata Pelajaran,

  

ABABAL GHUSSOH, M.Pd                                                  KUSMIARSEH, M.Pd.I

NIP:-                                                                                          NIP: -

 

Lampiran:

TEKS MATERI SEJARAH BERDIRINYA DINASTI ABBAIYYAH DI BAGDAD

Abbasiyyah berasal dari kata al Abbas, yaitu salah satu keturunan dari Bani Hasyim yang termasuk paman dari nabi Muhammad saw. Bani Hasyim merupakan mitra politik Bani Umayyah sejak zaman jahiliyyah sampai kelahiran Islam, juga pada saat Bani Umayyah berkuasa.

Posisi Bani Hasyim tersingkir dalam pemerintahan setelah berakhirnya masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Pemerintahan Islam kemudian dikuasai oleh keluarga Bani Umayyah. Bani Umayyah adalah kelompok keluarga besar atau Bani yang didirikan oleh Muawiyah bin Abi Sufyan.

Sementara itu keluarga Bani hasyim berada pada posisi di bawah dan tidak berperan sedikit pun dalam pemerintahan Bani Umayyah. Keluarga Bani Hastim merasakan keadilan ketika pemerintahan Bani Umayyah dipimpin oleh khalifah ke delapan, yaitu Umar bin Abdul Aziz. Beliau memang adil dan menghargai hak asasi manusia bagi rakyatnya.

Pada masa itu, tidak boleh seorang pun keluar dari garis undang-undang atau hokum Negara. Kebiasaan mencela keluarga Ali dilarang. Para pejabat yang melakukan keslahan harus segera dilaporkan kepada Mahkamah Tinggi yang diberi hak penuh untuk menghukum siapa pun yang bersalah.

Langkah-langka kebijakan khalifah Umar bin Abdul Aziz, yang memberlakukan persamaan hak bagi seluruh warganya, ternyata merupakan kesempatan bagi Bani Abbasiyyah menyusun kekuatan untuk merebut kekuasaan dari Bani Umayyah.

Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, kelompok yang paling gigih menentang adalah kaum khawarij dan kelompok Syi’ah yaitu kelompok pendukung keluarga Ali bin Abi Thalib. Kelompok Syi’ah bekerjasama dengan keturunan Abbas, karena kedua kelompok ini merupakan keturunan Hasyim. Perubahan sikap politik Bani Abbas ini dimotori oleh Muhammad bin Ali pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Abdul Aziz pada tahun 104 H/723 M. Dari Muhammad bin Ali lahirlah putra pertama bernama Muhammad bin Abdullah yang kemudian hari terkenal dengan nama Abu Abbas Ash Shaffah, sebagai khalifah pertama dari Daulah Bani Abbasiyyah.

Bani Abbasiyyah lahir pada tahun 750 M atau 132 H. Proses lahirnya Dinasti Abbasiyyah dimulai dari kemenangan Abu Abbas Ash Shaffah dalam sebuah perang terbuka (al Zab) melawan khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad. Abu Abbas diberi gelar Ash Shaffah karena dia pemberani dan dia mampu memainkan mata pedangnya kepada lawan politiknya. Semua lawan politiknya diperangi dan dikejar-kejar, diusir keluar wilayah kekuasaan Abbasiyyah yang baru direbut dari Bani Umayyah I.

Berdirinya Bani Abbasiyyah pada tahun 750 M berarti secara formal semua wilayah kekuasaan Islam berada di bawah pemerintahan Abbasiyyah termasuk semua bekas wilayah Bani Umayyah I kecuai wilayah Bani Umayyah yang ada di Andalusia.

Proses pengembangan peradaban yang dibangun oleh Bani Abbasiyyah begitu cepat membawa perubahan besar bagi perkembangan peradaban ilmu pengetahuan selanjutnya. Bani Abbasiyyah berdiri selama 505 tahun diperintah ileh 37 khalifah dengan mampu menciptakan peradaban yang menjadi kiblat dunia pada saat itu, peradaban yang dikenang sepanjang masa. Pada waktu itu suasana belajar kondusif, fasilitas belajar disediakan pemerinta dengan lengkap. Motivasi belajar menjadi pendorong gairahnya masyarakat untuk belajar. Masyarakat mendatangi tempat-tempat belajar seperti kuttab, madrasah maupun perguruan tinggi seperti universitas.

Universitas yang terkenal pada masa itu adalah Nizamiyah yang dibangun oleh perdana menteri Nizamul Muluk dari khalifah Harun Ar Rasyid. Khalifah Harun Ar Rasyid terkenal sebagai khaifah yang sangat cinta pada ilmu pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas belajar seperti; sekolah, perpustakaan, menyediakan guru dan gerakan terjemahan.

Abu Abbas Ash Shaffah sebagai pendiri Bani Abbasiyyah memerintah pemerintahan dengan waktu yang sangat singkat, hanya 4 tahun beliau memerintah, akan tetapi mampu menciptakan suasan dan kondisi Abbasiyyah yang steril dari keturunan Bani Umayyah sebagai lawan politik yang baru dikalahkan dan dikuasainya. Sikap tegas dan berani yang ditunjukkan oleh khalifah Abu Abbas Ash Shaffah ketika membuat kebijakan pada saat berdirinya Bani Abbasiyyah dengan berani memberantas semua keturunan Umayyah dari wilayah yang dikuasainya. Dampak dari kebijakan tersebut dapat dilihat dari suasana pusat wilayah Abbasiyyah yang baru menjadi kondusif dan perkembangan peradaban dapat dikendalikan oleh khaifah Abu Abbas Ash Shaffah.

Keberhasilan Abu Abbas menaklukkan Daulah Umayyah I ternyata mendapat dukungan besar dari tentara bayaran yang sengaja didatangkan oleh Abu Abbas, seperti Abu Muslim al Khurasani. Abu Muslim adalah relawan berkebangsaan Persia yang sengaja disewa oleh keluarga Abbasiyyah untuk membantu menaklukkan kekuasaan Bani Umayyah I.

Tugas Akhir Modul 1  Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019
Tugas Akhir Modul 1  Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019


Sumber :

https://nderesmaning.blogspot.com/2019/05/sejarah-berdirinya-dinasti-bani-abbasiyyah.html

 

Post a Comment for "TUGAS AKHIR MODUL PEDAGOGIK 1 PPG 2019"