TUGAS AKHIR MODUL PEDAGOGIK 1 PPG 2019
TUGAS AKHIR MODUL 1 PEMBELAJARAN ABAD 21 PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019
Nama
Peserta : KUSMIARSEH,
M.Pd.I
NUPTK : 1042766666300013
Nomor
Peserta :
1042766666300013
Bidang
Studi Sertifikasi : Sejarah Kebudayaan
Islam
Sekolah
Asal : MAS Annuriyyah Rambipuji Jember
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
||||||||||||||||
A. Kompetensi Inti
No |
Kompetensi
Inti |
1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya |
2 |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerja sama,
toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
3 |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4 |
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan |
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3 |
3.
1 Menganalisis proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad |
3.1.1 setelah membaca
peserta didik mampu mengidentifikasi pendiri
dan waktu berdirinya Bani Abbasiyah di Bagdad 3.1.2
setelah menyimak penjelasan guru
peserta didik dapat menjelaskan peristiwa
yang melatar belakangi proses lahirnya
Bani Abbasiyah di Bagdad 3.1.3
setelah mengamati tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu menganalisa
Sejarah Berdirinya
Bani Abbasiyah di Bagdad |
|
3.2 Mengklasifikasi fase-fase pemerintahan Bani
Abbasiyah di Bagdad |
3.2.1
setelah membaca peserta didik mampu menyebutkan para khalifah yang berkuasa pada setiap fase pemerintahan Bani
Abbasiyyah 3.2.2
setelah menyimak penjelasan guru
peserta didik dapat menjelaskan peristiwa
penting pada fase-fase pemerintahan
Bani Abbasiyah di
Bagdad 3.2.1
setelah
mengamati tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu
mengkalsifikasikan fase-fase pemerintahan Bani
Abbasiyah di Bagdad |
C. Materi Pembelarajan
1.
Konsep
a.
Berdirinya Bani Abbasiyyah
(1)
Latar Belakang Berdirinya Bani
Abbasiyyah
(2)
Kronologi proses lahirnya Bani
Abbasiyyah
b.
Fase-fase Pemerintahan Bani
Abbasiyyah
(1)
Fase Pembentukan tahun 750 M -
847 M / 132 H - 232 H
(2)
Fase Kedua tahun 847 M - 945 M
/232 H - 334 H
(3)
Fase Ketiga tahun 945 M - 1055
M / 334 H- 447 H
(4)
Fase Keempat tahun 1055 M – 1194
M / 447 H – 590 H
(5)
Fase Kelima tahun 1194 M –
1258 M / 590 H – 656 H
2.
Prosedur
Langkah-langkah
dalam menganalisa Berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad
D. Pendekatan, Model dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya
jawab dan Penugasan
E. Media dan Bahan/Alat Pembelajaran
1. Teks Materi Proses Lahirnya Bani Abbasiyyah
2. Video tentang lahirnya Bani Abbasiyyah
3. LCD, Laptop dan Sound aktif
4. Papan tulis/white
board dan spidol
F. Sumber Belajar
1.
Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI
2.
Buku Pegangan Siswa Mapel
SKI MA, Kemenag RI
3.
Buku penunjang lainnya yang relevan
4.
Media cetak dan elektronik sesuai materi.
5.
Laman Blogg: nderesmaningblogspot.com
6.
Lingkungan sekitar yang mendukung.
7. Kegiatan/Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
1 |
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan berdoa secara bersama-sama |
2 menit |
2 |
Peserta didik merespon
pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran. |
2 menit |
3 |
Peserta didik merespon
apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya
dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Runtuhnya Bani Umayyah di
Damaskus |
4 menit |
4 |
Peserta didik menerima
informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan
dipelajari. |
2 menit |
No |
Langkah
Kegiatan |
Uraian |
Alokasi
Waktu |
1 |
|
1.1.Peserta didik membaca teks materi
tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (membaca, rasa ingin tahu, critical Thingking dan
mengidentifikasi/C2) 1.2.Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menyimak, cermat,communicative dan menganalisa/C4) 1.3.Peserta didik mengamati tayangan video tentang Berdirinya Bani
Abbasiyyah (media, rasa ingin tahu, critical
thingking dan mencermati/C5) |
5 menit |
2 |
Menanya
|
2.1 Peserta didik bertanya Berdirinya Bani
Abbasiyyah (menulis, berani, Creativity
dan menyebutkan/C2) 2.2 Peserta didik
saling mengungkapkan pendapat tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis,
percaya diri, communicative dan
menjelaskan/C2) 2.3 Peserta didik
saling bertanya dan menjawab tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis,
menyimak, percaya diri, mandiri, communicative,
dan mencermati/C5) |
5 menit |
3 |
Mengumpulkan
Informasi |
3.1 Secara
berkelompok, peserta didik menggali informasi dari buku bacaan tentang
Berdirinya Bani Abbasiyyah (membaca, rasa ingin tahu, collaborative dan mengumpulkan/C5) 3.2 Secara
berkelompok peserta didik menuliskan informasi yang telah diperoleh dari buku
tentang Berdirinya Bani Abbasiyyah (menulis, mandiri, collaborative dan mengkaji ulang/C5) |
15
menit |
4 |
Mengasosiasi
|
4.1 Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan materi Berdirinya Bani Abbasiyyah
(menulis, menyimak, cermat, collaborative
dan merumuskan/C5) 4.2 Secara berkelompok, peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi (menulis, teliti, collaborative dan menyimpulkan/C4) |
30 menit |
5 |
Mengkomunikasikan |
5.1 Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya ke depan kelas (membaca, berani, communicative dan menghasilkan C6) 5.2 Kelompok lain
menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya (menyimak,
cermat, communicative dan
menelaah/C5) |
15 menit |
·
Dalam kegiatan Pembelajaran sudah
memunculkan 4C (Critical Thingking,
Communicative, Collaborative & Creativity)
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
1 |
Peserta didik bersama
pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Bersama pendidik, peserta
didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan. |
3 menit |
3 |
Peserta
didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya, yaitu Karakteristik umum sistem
pemerintahan Bani Abbasiyah |
2 menit |
4 |
Peserta
didik bersama pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
5 |
Peserta
didik merespon ucapan salam penutup dari pendidik |
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan keterampilan. Nilai yang terkumpul akan direkap ke
dalam Microsoft exel untuk
mempermudah penilaian. Adapun rubric penilaian sebagai berikut:
1.
Aspek Penilaian
Afektif
a.
Teknik
Penilaian : Nontes
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
Diri
SIKAP JUJUR
Nama
Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi
Pokok :………………….
Tanggal :………………….
Petunjuk :
•
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah
tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No |
Pernyataan |
TP |
KD |
SR |
SL |
1 |
Saya tidak menyontek pada
saat mengerjakan ulangan |
||||
2 |
Saya menyalin karya orang
lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas |
||||
3 |
Saya melaporkan kepada yang
berwenang jika menemukan barang |
||||
4 |
Saya berani mengakui
kesalahan yang saya dilakukan |
||||
5 |
Saya mengerjakan soal ujian
tanpa melihat jawaban teman yang lain |
Keterangan :
SL |
= |
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataa Selalu , apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan n |
SR |
= |
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan |
KD |
= |
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan |
TP |
= |
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan |
RUBRIK
PENILAIAN IMAJINATIF
NO. |
PERNYATAAN |
SKOR |
|||
0-25 |
26-50 |
51-75 |
76-100 |
||
1.
|
Menemukan ide baru |
|
|
|
|
2.
|
Ingin tahu |
|
|
|
|
3.
|
Melihat masalah sebagai hal yang menarik |
|
|
|
|
4.
|
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah |
|
|
|
|
5.
|
Memecahkan masalah |
|
|
|
|
Skor
Maksimal |
100 |
Petunjuk penyekoran:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
2. Pengetahuan/kognitif
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
Indikator |
Instrumen Penilaian |
1.
Setelah membaca peserta didik mampu
mengidentifikasi pendiri dan waktu berdirinya
Bani
Abbasiyah di Bagdad 2.
Setelah menyimak penjelasan guru
peserta didik dapat menjelaskan peristiwa
yang
melatar belakangi lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad 3.
Setelah mengamati
tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu menganalisa Sejarah Berdirinya
Bani Abbasiyah di Bagdad 4.
Setelah membaca
peserta didik mampu menyebutkan para khalifah
yang berkuasa pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyyah 5.
Setelah menyimak penjelasan guru
peserta didik dapat menjelaskan peristiwa
penting pada fase-fase pemerintahan
Bani Abbasiyah di
Bagdad 6.
Setelah mengamati
tayangan yang ditampilkan di LCD peserta didik mampu mengkalsifikasikan fase-fase pemerintahan Bani
Abbasiyah di Bagdad |
1. Identifikasilah pendiri dan waktu berdirinya
Bani Abbasiyyahdi Bagdad! 2. Jelaskan peristiwa yang melatar
belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad! 3. Gambarkan sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah
di Bagdad! 4. Sebutkan para khalifah yang memerintah
pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad! 5. Jelaskan peristiwa penting pada setiap
fase pemrintahan Bani Abbasiyya di Bagdad! 6. Klasifikasikan fase-fase pemrintahan
Bani Abbasiyya di Bagdad! |
No. |
Aspek atau Kriteria yang dinilai |
Skor |
1 |
Mengidentifikasi
pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad |
|
Jika peserta didik mengidentifikasi
pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik mengidentifikasi
pendiri dan waktu berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad namun kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta didik hanya
mengidentifikasi salah satu saja (pendiri/waktu) berdirinya Bani Abbasiyyahdi Bagdad |
1 |
|
2 |
Menjelaskan peristiwa yang melatar
belakangi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Jika peserta didik menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik
menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi
berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang sempurna |
2 |
|
Jika peserta didik
menjelaskan peristiwa yang melatar belakangi
berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad
tetapi tidak
sesuai dengan semestinya. |
1 |
|
3 |
Menggambarkan
sejarah berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Jika peserta didik Menggambarkan sejarah berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik Menggambarkan sejarah berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta didik Menggambarkan sejarah berdirinya Bani
Abbasiyyah di Bagdad tetapi tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
4 |
Menyebutkan para
khalifah yang memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di
Bagdad |
|
Jika peserta didik Menyebutkan para khalifah yang
memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan
tepat |
3 |
|
Jika peserta didik Menyebutkan para khalifah yang
memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad namun
kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta didik Menyebutkan para khalifah yang
memerintah pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak
sesuai dengan semestinya |
1 |
|
5 |
Menjelaskan
peristiwa penting pada setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Jika peserta didik Menjelaskan peristiwa penting pada
setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik Menjelaskan peristiwa penting pada
setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta didik Menjelaskan peristiwa penting pada
setiap fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan
semestinya |
1 |
|
6 |
Mengklasifikasikan
fase-fase pemrintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Peserta didik Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan
Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap |
3 |
|
Peserta didik Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan
Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap |
2 |
|
Peserta didik Mengklasifikasikan fase-fase pemrintahan
Bani Abbasiyyah di Bagdad tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
Skor Maksimal |
18 |
|
7. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes
Lisan
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
No |
Indikator |
Butir Instrumen |
1. 2. 3.
|
Setelah mengamati dan
memahami proses lahirnya Bani Abbasiyyah peserta didik dapat menceritakan
Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad! Setelah mengamati dan
memahami Fase-fase pemerintahakan Bani Abbasiyyah, peserta didik mampu
memetakan fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad! Setelah mengamati dan
memahami peristiwa pada setiap fase pemerintahan, peserta didik mampu
menceritakan peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan
Bani Abbasiyya di Bagdad |
1) Ceritakan
kronologi berdirinya Bani Abbasiyyah di Bagdad! 2) Petakan
fase-fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad! 3) Ceritakan
peristiwa penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya
di Bagdad! |
PEDOMAN PENSKORAN
No. |
Aspek atau Kriteria yang
dinilai |
Skor |
1. |
Menceritakan Sejarah
Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Jika peserta didik
dapat menceritakan Sejarah Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad dengan jelas
dan lengkap |
3 |
|
Jika peserta didik dapat menceritakan Sejarah
Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang jelas dan lengkap |
2 |
|
Jika peserta didik dapat menceritakan Sejarah
Lahirnya Bani Abbasiyyah di Bagdad namun kurang jelas dan kurang lengkap |
1 |
|
2 |
Memetakan fase-fase
pemerintahan Bani Abbasiyyah di Bagdad |
|
Jika
peserta didik Memetakan fase-fase pemerintahan Bani
Abbasiyyah di Bagdad dengan tepat dan lengkap |
3 |
|
Jika
peserta didik Memetakan fase-fase pemerintahan Bani
Abbasiyyah di Bagdad namun kurang tepat dan lengkap |
2 |
|
Jika
peserta didik Memetakan fase-fase pemerintahan Bani
Abbasiyyah di Bagdad tida sesuai dengan semestinya |
1 |
|
3 |
Menceritakan peristiwa
penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad |
|
Jika
peserta didik Menceritakan peristiwa penting yang
terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad dengan jelas
dan lengkap |
3 |
|
Menceritakan peristiwa
penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad
namun kurang jelas dan lengkap |
2 |
|
Menceritakan peristiwa
penting yang terjadi pada setiap fase pemerintahan Bani Abbasiyya di Bagdad
namun tidak tersampaikan dengan jelas dan lengkap |
1 |
|
Skor Maksimal |
|
|
Jember, 27 Juni 2019
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata
Pelajaran,
ABABAL GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH,
M.Pd.I
NIP:- NIP: -
Lampiran:
TEKS
MATERI SEJARAH BERDIRINYA DINASTI ABBAIYYAH DI BAGDAD
Abbasiyyah berasal dari kata al Abbas, yaitu salah satu keturunan
dari Bani Hasyim yang termasuk paman dari nabi Muhammad saw. Bani Hasyim
merupakan mitra politik Bani Umayyah sejak zaman jahiliyyah sampai kelahiran
Islam, juga pada saat Bani Umayyah berkuasa.
Posisi Bani Hasyim tersingkir dalam pemerintahan setelah
berakhirnya masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Pemerintahan Islam kemudian
dikuasai oleh keluarga Bani Umayyah. Bani Umayyah adalah kelompok keluarga
besar atau Bani yang didirikan oleh Muawiyah bin Abi Sufyan.
Sementara itu keluarga Bani hasyim berada pada posisi di bawah dan
tidak berperan sedikit pun dalam pemerintahan Bani Umayyah. Keluarga Bani
Hastim merasakan keadilan ketika pemerintahan Bani Umayyah dipimpin oleh
khalifah ke delapan, yaitu Umar bin Abdul Aziz. Beliau memang adil dan
menghargai hak asasi manusia bagi rakyatnya.
Pada masa itu, tidak boleh seorang pun keluar dari garis
undang-undang atau hokum Negara. Kebiasaan mencela keluarga Ali dilarang. Para
pejabat yang melakukan keslahan harus segera dilaporkan kepada Mahkamah Tinggi
yang diberi hak penuh untuk menghukum siapa pun yang bersalah.
Langkah-langka kebijakan khalifah Umar bin Abdul Aziz, yang
memberlakukan persamaan hak bagi seluruh warganya, ternyata merupakan
kesempatan bagi Bani Abbasiyyah menyusun kekuatan untuk merebut kekuasaan dari
Bani Umayyah.
Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, kelompok yang paling gigih
menentang adalah kaum khawarij dan kelompok Syi’ah yaitu kelompok pendukung
keluarga Ali bin Abi Thalib. Kelompok Syi’ah bekerjasama dengan keturunan
Abbas, karena kedua kelompok ini merupakan keturunan Hasyim. Perubahan sikap
politik Bani Abbas ini dimotori oleh Muhammad bin Ali pada masa pemerintahan
Khalifah Umar bin Abdul Aziz pada tahun 104 H/723 M. Dari Muhammad bin Ali
lahirlah putra pertama bernama Muhammad bin Abdullah yang kemudian hari
terkenal dengan nama Abu Abbas Ash Shaffah, sebagai khalifah pertama dari
Daulah Bani Abbasiyyah.
Bani Abbasiyyah lahir pada tahun 750 M atau 132 H. Proses lahirnya
Dinasti Abbasiyyah dimulai dari kemenangan Abu Abbas Ash Shaffah dalam sebuah
perang terbuka (al Zab) melawan khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu
Marwan bin Muhammad. Abu Abbas diberi gelar Ash Shaffah karena dia pemberani
dan dia mampu memainkan mata pedangnya kepada lawan politiknya. Semua lawan
politiknya diperangi dan dikejar-kejar, diusir keluar wilayah kekuasaan
Abbasiyyah yang baru direbut dari Bani Umayyah I.
Berdirinya Bani Abbasiyyah pada tahun 750 M berarti secara formal
semua wilayah kekuasaan Islam berada di bawah pemerintahan Abbasiyyah termasuk
semua bekas wilayah Bani Umayyah I kecuai wilayah Bani Umayyah yang ada di Andalusia.
Proses pengembangan peradaban yang dibangun oleh Bani Abbasiyyah
begitu cepat membawa perubahan besar bagi perkembangan peradaban ilmu
pengetahuan selanjutnya. Bani Abbasiyyah berdiri selama 505 tahun diperintah
ileh 37 khalifah dengan mampu menciptakan peradaban yang menjadi kiblat dunia
pada saat itu, peradaban yang dikenang sepanjang masa. Pada waktu itu suasana
belajar kondusif, fasilitas belajar disediakan pemerinta dengan lengkap.
Motivasi belajar menjadi pendorong gairahnya masyarakat untuk belajar.
Masyarakat mendatangi tempat-tempat belajar seperti kuttab, madrasah maupun
perguruan tinggi seperti universitas.
Universitas yang terkenal pada masa itu adalah Nizamiyah yang
dibangun oleh perdana menteri Nizamul Muluk dari khalifah Harun Ar Rasyid.
Khalifah Harun Ar Rasyid terkenal sebagai khaifah yang sangat cinta pada ilmu
pengetahuan, baik belajar maupun dalam hal membangun fasilitas belajar seperti;
sekolah, perpustakaan, menyediakan guru dan gerakan terjemahan.
Abu Abbas Ash Shaffah sebagai pendiri Bani Abbasiyyah memerintah
pemerintahan dengan waktu yang sangat singkat, hanya 4 tahun beliau memerintah,
akan tetapi mampu menciptakan suasan dan kondisi Abbasiyyah yang steril dari
keturunan Bani Umayyah sebagai lawan politik yang baru dikalahkan dan
dikuasainya. Sikap tegas dan berani yang ditunjukkan oleh khalifah Abu Abbas
Ash Shaffah ketika membuat kebijakan pada saat berdirinya Bani Abbasiyyah
dengan berani memberantas semua keturunan Umayyah dari wilayah yang
dikuasainya. Dampak dari kebijakan tersebut dapat dilihat dari suasana pusat
wilayah Abbasiyyah yang baru menjadi kondusif dan perkembangan peradaban dapat
dikendalikan oleh khaifah Abu Abbas Ash Shaffah.
Keberhasilan Abu Abbas menaklukkan Daulah Umayyah I ternyata mendapat dukungan besar dari tentara bayaran yang sengaja didatangkan oleh Abu Abbas, seperti Abu Muslim al Khurasani. Abu Muslim adalah relawan berkebangsaan Persia yang sengaja disewa oleh keluarga Abbasiyyah untuk membantu menaklukkan kekuasaan Bani Umayyah I.
Tugas Akhir Modul 1 Pembelajaran Abad 21 Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019 |
Sumber :
https://nderesmaning.blogspot.com/2019/05/sejarah-berdirinya-dinasti-bani-abbasiyyah.html
Post a Comment for "TUGAS AKHIR MODUL PEDAGOGIK 1 PPG 2019"