TUGAS AKHIR MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 1 MODUL PROFESIONAL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PPG 2019
TUGAS ANALISA MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 1
Pada permulaannya Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bernama Tarikh Islam, kemudian diubah menjadi Serah Islam sampai pada akhirnya menjadi Sejarah Kebudayaan Islam. Perubahan mata pelajaran ini, sebagai hasil perubahan dan pengembangan kurikulum dari waktu ke waktu. Tugas Akhir Modul 1 Kegiatan Belajar 1 Modul Profesional Sejarah Kebudayaan Islam Ppg 2019.
Munculnya Mata Pelajaran Tarikh Islam ini terdapat dalam Kurikulum 1973. Dalam struktur kurikulum 1973 mata pelajaran Tarikh Islam diberikan selama 2 jam/minggu untuk kelas I, II dan III. Kurikulum 1973 merupakan hasil dari proses penyeragaman kurikulum Madrasah yang baru diaplikasikan sejak adanya ketetapan hasil musyawaroh Kurikulum di Cibogo, Bogor pada tanggal 10 sampai dengan 20 Agustus 1970 dengan surat kepurusan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 1971. Kedudukan Mata Pelajaran Tarikh Islam dapat dilihat dalam struktur Kurikulum 1973 berikut ini: (Shaleh, 1982 dalam Modul 1 KB 1 tentang Posisi SKI dalam Kurikulum Madrasah, hal: 4)
No. |
Mata Pelajaran |
Kelas |
||
I |
II |
III |
||
I. AGAMA |
14 |
16 |
16 |
|
1. |
Al Qur’an/Tafsir |
5 |
5 |
5 |
2. |
Hadits/Musthalah |
2 |
3 |
3 |
3. |
Fiqhi/Ushulfiqhi |
3 |
4 |
4 |
4. |
Tauhid |
2 |
2 |
2 |
5. |
Tarikh Islam |
2 |
2 |
2 |
II. BAHASA ARAB |
10 |
10 |
10 |
|
6. |
Muthalaah/Muhadatsah |
2 |
2 |
2 |
7. |
Nahwu/Sorf |
4 |
4 |
4 |
8. |
Insya’ / Tarjamah |
2 |
2 |
2 |
9. |
Mahfudzat |
1 |
1 |
1 |
10. |
Imla’ / Chot |
1 |
1 |
1 |
III. UMUM |
20 |
20 |
22 |
|
11. |
Bahasa Indonesia |
3 |
3 |
3 |
12. |
Bahasa Inggris |
3 |
3 |
3 |
13. |
Ilmu Bumi |
2 |
2 |
2 |
14. |
Sejarah |
1 |
1 |
1 |
15. |
Ilmu Hayat /Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
16. |
Ilmu Alam |
1 |
1 |
1 |
17. |
Aljabar/Ukur |
3 |
3 |
3 |
18. |
a. Seni Suara |
---- |
------ |
------- |
19. |
Tata Negara/Civics |
1 |
1 |
1 |
20. |
Pendidikan Jasmani |
2 |
2 |
2 |
21. |
Administrasi |
1 |
1 |
1 |
22. |
Pendidikan/Jiwa |
--- |
--- |
--- |
Jumlah |
44 |
46 |
48 |
Mata
Pelajaran Tarikh Islam kemudian diubah namanya menjadi Sejarah Islam pada
Kurikulum 1976. Munculnya kurikulum 1976 merupakan upaya untuk lebih memperkuat
eksistensi madrasah, dimana pada saat itu A. Mukti Ali selaku Menteri Agama
mengeluarkan Keputusan Menteri Agama tentang Kurikulum Madrasah, masing-masing
nomer 73 untuk madrasah Ibtidaiyah, 74 untuk madrasah Tsanawiyah dan 75 untuk
madrasah aliyah.
Perubahan
nama mata pelajaran Tarikh Islam menjadi Sejarah Islam dapat kita lihat dalam
struktur kurikulum 1976 Madrasaha Tsanawiyah berikut ini: (Shaleh, 1982 dalam Modul 1 KB 1 tentang Posisi SKI dalam Kurikulum Madrasah,
hal: 5).
Program |
No |
Bidang Studi |
Kelas I |
Kelas II |
Kelas III |
Jumlah |
|||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||||
Umum |
1 |
Aqidah Akhlaq |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
2 |
AlQur’an Hadits |
3 |
3 |
2 |
2 |
2 |
2 |
14 |
|
3 |
Syari’ah |
2 |
2 |
3 |
3 |
3 |
3 |
16 |
|
4 |
Pendidikan Moral |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
|
5 |
Pendidikan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
|
6 |
Pendidikan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
|
Akademis |
7 |
Sejarah Islam |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
8 |
Bahasa Arab |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
24 |
|
9 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
24 |
|
10 |
Bahasa Daerah |
(2) |
(2) |
(2) |
(2) |
-- |
-- |
8 |
|
11 |
Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
24 |
|
12 |
Ilmu Pengetahuan |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
24 |
|
13 |
Matematika |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
30 |
|
14 |
Ilmu Pengetahuan |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
24 |
|
Ketrampil |
15 |
Pilihan Terikat |
3 |
- |
3 |
-- |
3 |
- |
9 |
16 |
Pilihan Bebas |
-- |
3 |
-- |
3 |
- |
3 |
9 |
|
|
|
|
43 |
43 |
43 |
43 |
43 |
258 |
|
|
|
45 |
43 |
45 |
45 |
|
|
266 |
Dalam
struktur 1976 tersebut dapat dilihat Mata Pelajaran yang awalnya Tarikh Islam
(Kurikulum 1973) beralih menjadi Sejarah Islam. Sejalan dengan perkembangan
waktu, nama mata pelajaran ini berubah lagi menjadi Sejarah dan Kebudayaan
Islam, tepatnya dalam kurikulum 1984.
Kurikulum
1984 sebagai hasil SKB (Surat Keputusan Bersama)
2 Menteri; yaitu Menteri Pendidikandan Kebudayaan Nomer 0299/U/1984 dan Menteri
Agama Nomer 45 Tahun 1984 tentang Peraturan Pembakuan Kurikulum Sekolah
Umum dan Kurikulum Madrasah (Hasbullah: 1999 dalam
Modul 1 KB 1 tentang Posisi SKI dalam Kurikulum
Madrasah.
Sebagai tindak lanjut atas SKB 2 Menteri tersebut, Menteri
Agama mengeluarkan Surat
Keputusan tentang Kurikulum Madrasah Tahun 1984. Masing
Nomer 99 untuk Madrasah
Ibtidaiyah, Nomer 100 untuk Marasah Tsanawiyah dan
Nomer 101 untuk Madrasah Aliyahhal:6).
Perubahan
nama mata pelajaran dari Sejarah Islam dalam kurikulum 1976 menjadi Sejarah dan
Kebudayaan Islam dapat kita lihat dalam struktur kurikulum 1984 Madrasah
Tsanawiyah berikut ini:
JENIS |
Kelas/Semester |
I |
II |
III |
JUMLAH |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
||||||||||
PROGRAM INTI |
A. PENDIDIKAN AGAMA : |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
2. Aqidah Akhlak |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
3. Fiqih |
4 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
14 |
||||||||
|
4. Sejarah dan Kebudayaan |
-- |
|
2 |
2 |
2 |
2 |
8 |
||||||||
|
5. Bahasa Arab |
4 |
4 |
3 |
2 |
3 |
2 |
18 |
||||||||
|
B. PENDIDIKAN DASAR UMUM |
30 % |
||||||||||||||
|
6. Pendidikan Moral Pancasila |
|
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
7. PendididikanSejarah |
-- |
2 |
-- |
2 |
-- |
2 |
6 |
||||||||
|
8. Bahasa dan Sastra |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
20 |
||||||||
|
9. Sejarah Nasional Indonesia |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
10. Pengetahuan Sosial |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
11. Biologi |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
12. Fisika |
2 |
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
12 |
||||||||
|
13. Matematika |
5 |
5 |
5 |
5 |
4 |
4 |
28 |
||||||||
|
14. Bahasa Inggris |
4 |
4 |
3 |
2 |
3 |
2 |
18 |
||||||||
|
15. Pendidikan Olahraga dan |
2 |
2 |
-- |
-- |
-- |
-- |
4 |
||||||||
|
16. Pendidikan Seni |
2 |
2 |
-- |
-- |
-- |
-- |
4 |
||||||||
17. Pendidikan Ketrampilan |
|
2 |
-- |
-- |
-- |
-- |
4 |
|||||||||
PROGRA |
C. PENDIDIKAN DASAR |
|
||||||||||||||
|
· Ketrampilan |
-- |
-- |
2 |
2 |
2 |
2 |
8 |
||||||||
|
· Kesenian |
-- |
-- |
2 |
2 |
2 |
2 |
8 |
||||||||
|
· Olah Raga |
-- |
-- |
2 |
2 |
2 |
2 |
8 |
||||||||
|
· Bahasa Daerah |
-- |
-- |
2 |
2 |
2 |
2 |
8 |
||||||||
JUMLAH |
BEBAN BELAJAR |
40 |
40 |
40 |
40 |
40 |
40 |
240 |
||||||||
BEBAN PELAJARAN |
|
15 |
16 |
17 |
18 |
17 |
18 |
|||||||||
Dalam
struktur kurikulum madrasah tahun 1984, mata pelajaran yang awalnya Sejarah
Islam dalam kurikulum 1976 berubah menjadi Sejarah dan Kebudyaan Islam, yang
selanjutnya disebut dengan SKI pada struktur kurikulum 1993. Lebih jelasnya
dapat dilihat pada tabel berikut ini. (Modul 1 KB 1, hal 7).
No. |
Mata Pelajaran |
I |
II |
III |
1. |
PPKn |
2 |
2 |
2 |
2. |
Pendidikan Agama Islam |
9 |
9 |
9 |
1 |
1 |
1 |
||
2 |
2 |
2 |
||
2 |
2 |
2 |
||
1 |
1 |
1 |
||
3 |
3 |
3 |
||
3. |
Bahasa Indonesia |
6 |
6 |
6 |
4. |
Matematika |
6 |
6 |
6 |
5. |
Ilmu Pengetahuan Alam |
6 |
6 |
6 |
6. |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
6 |
6 |
6 |
7. |
Kerajinan Tangan dan Kesenian |
2 |
2 |
2 |
8. |
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
9. |
Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
10. |
Muatan Lokal |
2 |
2 |
2 |
Jumlah |
45 |
45 |
45 |
Selanjutnya, nama SKI tidak
lagi dicantumkan sebagai akronim, melainkan ditulis secara lengkap menjadi
Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini adapat kita lihat dalam salah satu tabel
struktur kurikulum madrasah Tsanawiyah tahun 2006 atau lebih dikenal dengan KTSP.(Modul
1 KB 1, hal; 12).
K o m p o n e n |
Kelas dan Alokasi
Waktu |
Kelas dan Alokasi
Waktu |
Kelas dan Alokasi
Waktu |
VII |
VIII |
IX |
|
A. Mata Pelajaran |
|
||
1. Pendidikan Agama Islam |
|
||
a. Al-Qur'an-Hadis |
2 |
2 |
2 |
b. Akidah-Akhlak |
2 |
2 |
2 |
c. Fikih |
2 |
2 |
2 |
d. Sejarah Kebudayaan Islam |
2 |
2 |
2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
3. Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4 |
4. Bahasa Arab |
2 |
2 |
2 |
5. Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
6. Matematika |
4 |
4 |
4 |
7. Ilmu Pengetahuan Alam |
4 |
4 |
4 |
8. Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 |
4 |
4 |
9. Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan |
2 |
2 |
2 |
11. Keterampilan/TIK |
2 |
2 |
2 |
B. Muatan Lokal *) |
2 |
2 |
2 |
C. Pengembangan Diri **) |
2 |
2 |
2 |
J u m l a h |
42 |
42 |
4 |
Dengan melihat beberapa
struktur kurikulum tersebut, mulai dari struktur kurikulum 1973, 1976 sampai
struktur kurikulum madrasah tahun 1984 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
mengalami beberapa kali pergantian nama, awalnya bernama Tarikh Islam (kurikulum madrsah 1973), Sejarah Islam (kurikulum
madrasah 1976) dan Sejarah dan Kebudayaan Islam (Kurikulum Madrasah 1984), yang
selanjutnya disebut dengan mata pelajaran SKI (Kurikulum 1993), yang kemudian
ditulis secara lengkap menjadi Sejarah Kebudyaan Islam(Kurikulum Madrasah
2006/KTSP) sampai sekarang.
Dengan mendasar pada
struktur kurikulum madrasah di atas, kita dapat mengetahui perubahan nama mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan mulai permulaan sampai sekarang. Menurut analisa
saya perubahan nama mata pelajaran tersebut, bertujuan untuk lebih
menspesifikkan atau lebih merinci secara lebih khusus komptensi yang akan
dicapai dalam tujuan pembelajaran.
Penamaan “Tarikh Islam”
sebagai sebuah mata pelajaran masih dirasa umum dan terlalu luas cakupannya.
Selain itu, kata “Tarikh Islam” merupakan kata yang diadopsi dari Bahasa Arab,
yang artinya Sejarah Islam. Karena itu, pada perubahan kurikulum selanjutnya
yaitu kurikulum madrasah tahun 1976 berubah menjadi Sejarah Islam. Namun, pada
kenyataannya perubahan nama dari Tarikh Islam menjadi Sejarah Islam, hanya
sekedar berubah nama atau covernya saja. Karena, secara konten Mata Pelajaran
Sejarah Islam yang diberlakukan pada kurikulum madrasah tahun 1976 ini masih
terlalu umum dan luas cakupannya, belum terperinci secara khusus.
Sejarah Islam sebagai sebuah
Mata Pelajaran masih “ngambang” dalam mendeskripsikan kompetensi apa yang harus
dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran ini khususnya.
Tarikh Islam atau Sejarah Islam mencakup semua peristiwa perjalanan hidup kaum
muslim dari masa ke masa, baik dari segi system kehidupan maupun dalam
penyebaran agama Islam. Kemudian, karena mata pelajaran Sejarah Islam masih
dirasa umum dan terlalu luas cakupannya sehingga sulit mendeskripsikan
kompetensi secara terperinsi, maka dalam kurikulum madrasah 1984 dirubah
menjadi sejarah dan kebudayaan Islam, yang kemudian menjadi SKI kurikulum
madrasah 1993 dan ditulis lengkap sebagai Sejarah Kebudayaan Islam pada
kurikulum madrasah 2006/KTSP sampai sekarang.
Secara umum, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan
perkembangan
perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam
beribadah, bermuamalah dan
berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupan
atau menyebarkan ajaran Islam
yang dilandasi oleh akidah. Secara spesifik, mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada Madarasah Aliyah menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/hikmah
(pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani
tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial,budaya,
politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain, untuk mengembangkan kebudayaan
dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan
datang (Modul 1 KB 4 tentang Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada PMA No
165 Tahun 2014).
Tugas Akhir Modul 1 Kegiatan Belajar 1 Modul Profesional Sejarah Kebudayaan Islam Ppg 2019 |
Demikian analisa saya tentang pergantian nama Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mulai dari Tarikh Islam, Sejarah Islam, Sejarah dan Kebudyaan islam, SKI sampai menjadi Sejarah Kebudayaan Islam. Tugas Akhir Modul 1 Kegiatan Belajar 1 Modul Profesional Sejarah Kebudayaan Islam Ppg 2019.
Post a Comment for "TUGAS AKHIR MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 1 MODUL PROFESIONAL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PPG 2019"