Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IBRAH PARA TOKOH ISLAM NUSANTARA MODERN KONTEMPORER

Ibrah yang dapat kita ambil KH. Hasyim Asy'ari, KH. Ahmad Dahlan, Nurkholis Majid, H. Abdul Malik Karim Amrullah/Hamka dan KH. Abdurrahman Wahid/Gus   dan antara lain sebagai berikut:

KH. Hasyim Asy'ari KH. Ahmad Dahlan KH. Abdurahman Wahid Gus dur H. Abdul Malik KArim

Para tokoh Islam tersebut merupakan keturunan dari orang-orang yang hebat dan luar biasa, baik dari segi agama maupun keilmuannya. Karena itu, dalam konteks ini peran keluarga, terutama orang tua khususnya sangatlah penting. Keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama bagi anak-anaknya. Keluraga yang hebat pasti akan melahirkan generasi yang hebat pula, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus selalu beruapaya semaksimal mungkin menjadi figur orang tua yang dapat dijadikan teladan baik bagi anak-anaknya serta senantiasa berperan aktif dalam perkembangan pendidikan anak dalam rangka mencetak anak-anak yang sholih/sholihah dan bermanfaat bagi sekitarnya.

Semangat tinggi dalam menuntut ilmu. Para tokoh tersebut berhasil menghasilkan banyak karya yang bermanfaat, bukan secara instan namun dengan melalui proses belajar yang lama. Para tokoh tersebut memiliki semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu.Mereka belajar segala macam ilmu dari para guru yang kompeten di bidangnya. Karena itu, kita sebagai umat Islam khususnya seyogyannya mampu meneladaninya dengan cara mau terus belajar dan belajar kepada guru yang benar-benar kompeten sesuai bidang keahliannya agar tidak salah arah.

Peka terhadap realitas sosial/problematika yang terjadi dalam masyarakat. Para tokoh modernis ini merupakan para ilmuan yang kontekstualis. Kepekaan mereka terhadap realitas sosial/problematika yang terjadi dalam masyarakat senantiasa mereka respon dengan memberikan kontribusi jawaban, baik melalui karya nyata, lisan maupun tertulis. Berdasar pada hal ini, kita sebagai umat Islam khususnya seyogyanya juga memiliki kepekaan terhadap realitas/problematika yang terjadi di lingkungan masyarakat dan berupaya untuk mencari solusi yang terbaik berdasar pada kemaslahatan umat. Sebagai pendidik khususnya, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk berkarya dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.

Kepedulian tinggi terhadap pendidikan. Para tokoh Islam Nusantara modern Kontemporer memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan. Hal ini dapat kita lihat pada ide/gagasanpemikiran  yang mereka utarakan tentang pendidikan. Pemikiran tentang pendidikan, mereka prioritaskan menjadi kajian yang pertama dan utama. Para tokoh tersebut secara detil mengeluarkan gagasan pemikiran mengenai konsep pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan yang hakiki. Secara global, pemikiran para tokoh tsb mengani pendidikan adalah pendidikan merupakan sebuah proses belajar yang utuh mulai dari mengembangkan intelektualitas sampai pada tahap mengamalkannya dalam bentuk akhlak dan akal budi.

Sikap terbuka, kontekstualis, demokratis dan toleransi tinggi. Para tokoh Islam nusantara Modern kontemporer merupakan teladan yang baik dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama, terlebih dalam kehidupan masyarakat yang plural. Mereka mengajarkan pada kita bagaimana seharusnya bersikpa bijak sebagai makhluk sosial yang hidup di tengah masyarakat yang beragam. Melalui gagasan pembaharuan mereka, Islam menjadi sebuha agama yang demokratis, terbuka, kontekstualis serta memiliki toleransi tinggi. Tks.

Post a Comment for "IBRAH PARA TOKOH ISLAM NUSANTARA MODERN KONTEMPORER"