PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TUGAS PPG DALAM JABATAN TAHUN 2019
TUGAS A1
PRINSIP PENGEMBANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN PROFESI GURU
DALAM JABATAN TAHUN 2019
Nama Peserta :
KUSMIARSEH, M.Pd.I
NUPTK :
1042766666300013
Nomor Peserta :
1042766666300013
Bidang Studi Sertifikasi :
Sejarah Kebudayaan Islam
Sekolah Asal :
MAS Annuriyyah Rambipuji Jember
TUGAS A1: PRINSIP
PENGEMBANGAN RPP
Setelah mempelajari dan memahami tentang RPP,
lakukan beberapa hal sebagai berikut:
1.
Pilihlah salah satu KD dari
mata pelajaran yang Anda ampu.
2.
Berdasarkan KD tersebut
buatlah suatu RPP sesuai dengan format RPP yang berlaku
PEMBAHASAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan |
: |
Madrasah Aliyah Annuriyyah |
Mata
Pelajaran |
: |
Sejarah Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester |
: |
X (Sepuluh) / Ganjil |
Materi
Pokok |
: |
Kondisi
Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
Waktu
|
: |
4 x 45 menit/ 2 JTM |
A. Kompetensi
Inti
No |
Kompetensi Inti |
1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya |
2 |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia. |
3 |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4 |
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
1 |
1.1 Meyakini bahwa setiap
muslim memiliki kewajiban berdakwah terhadap masyarakat |
1.1.1
Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah terhadap setiap
masyarakat |
2 |
2.1 Memiliki semangat
melakukan perubahan kea rah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah
memahami kondisi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
2.1.1 Memiliki semangat melakukan perubahan
kea rah yang lebih baik sebagai implementasi dari hikmah memahami kondisi
masyarakat Mekkah sebelum Islam |
3 |
3.1 Memahami Kondisi
Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
3.1.1
Menjelaskan kondisi agama Masyarakat Mekkah sebelum Islam 3.1.2
Menjelaskan kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam 3.1.3
Menjelaskan kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam 3.1.4
Menjelaskan kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
4 |
4.1 Menceritakan Kondisi
Masyarakat Mekkah Sebelum Islam |
4.1.1 Menceritakan kondisi agama Masyarakat
Mekkah sebelum Islam 4.1.2
Menceritakan kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam 4.1.3
Menceritakan kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam 4.1.4
Menceritakan kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran melalui mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam
2.
Menjelaskan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam
3.
Menjelaskan
kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam
4.
Menjelaskan
kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam
5.
Menceritakan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam
6.
Menceritakan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam
7.
Menceritakan
kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam
8.
Menceritakan
kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam
D.
Materi Pembelajaran
Kondisi Masyarakat Mekkah
Sebelum Islam
1.
Meteri Fakta
2.
Materi Konsep
Islam
sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama. Ia adalah sesuatu peradaban yang
sempurna. Karena yang menjadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya kebudayaan
adalah agama Islam, maka kebudayaan yang ditimbulkan dinamakan kebudayaan atau
peradaban Islam. Sebelum kedatangan Islam, bangsa Arab di Mekkah khususnya
telah memiliki peradaban tersendiri, baik dalam system peribadatan, social,
ekonomi, dan politik.
Kondisi
masyarakat Mekkah, khususnya system peribadatan dan kebiasaannya merujuk pada
berbagai bentuk perilaku yang memiliki moral yang buruk. Karena itu, kondisi
yang demikian menjadikan masyarakat Mekkah pra Islam dikenal dengan sebutan
Masyarakat Jahiliyyah.
3.
Prosedur
1. Kondisi Agama dan Ekonomi Masyarakat
Mekkah Sebelum Islam
Pada
permulaanya
bangsa
Arab
Quraisy
telah
mengikuti
dan
meya-
kini ajaran agama Nabi Ibrahim
dan Nabi Ismail
yaitu agama Hanifiyah, ”hanif”artinya yang benar dan lurus. Karena itu sejak dulu, ajaran tauhid
sudah mengakar di hati masyarakat Arab. Pembauran dan pergaulan den
gan bangsa lain mempengaruhi kepercayaan mereka, tetapi seiring ber- jalannya waktu, ajaran tersebut
mengalami perubahan, penambahan dan pengurangan yang dilakukan oleh para
pengikutnya yang tidak bertang- gung jawab. Kemudian
muncul berbagai ajaran yang meragukan
dan akhir- nya
jatuh menjadi penyembah berhala yang dibawa oleh Amr bin Luay
al-Khuzai.
Keadaan
ekonomi masyarakat Arab sangat
dipengaruhi oleh kondisi dan letak geografisnya.
Bagian tengah Jazirah Arab terdiri dari tanah pe- gunungan yang tandus. Oleh sebab itu,
banyak penduduk yang hidupnya tidak menetap, mereka
tinggal di pedalaman, yaitu masyarakat Badui,
yang mata pencahariannya beternak.
Mereka berpindah-pindah dari satu lembah ke lembah yang lain mencari rumput
untuk hewan ternaknya. Bidang pertanian
dikerjakan oleh suku-suku yang bertempat tinggal di daerah-daerah subur, terutama mereka yang mendiami daerah
subur di sekitar Oase seperti Thaif . di tempat
ini mereka menanam
buah-buahan dan sayur-sayuran.
Sedangkan masyarakat Mekkah yang tinggal di perkotaan biasanya mereka
berdagang.
2.
Keadaan
Sosial dan Politik Masyarakat Mekkah Sebelum Islam
Dalam bidang
sosial politik, masyarakat Arab Jahiliyyah tidak memiliki system pemrintahan
yang mapan dan teratur. Mereka hanya mempunyai seorang pemimpin yang disebut syeikh atau amir, yang mengurusi persoalan mereka dalam masalah perang,
pembagian harta dalam pertempuran tertentu. Di luar itu, seorang syeikh tidak
berkuasa atau tidak berhak mengatur anggota kabilahnya.
Tata sosial
bangsa Arab sebelum Islam terkenal pemberani di dalam membela pendirian. Mereka
tidak mau mengubah pendirian serta tata cara hidup yang sudah menjadi
kebiasaannya, tidak mau mengalah. Namun, ada sisi kebiasaan yang baik yaitu
suka menghormati dan memuliakan tamu. Moral dan perilaku sangat rusak sehingga
disebut kaum jahiliyyah “yang bodoh” seperti berjudi, minum-minuma keras
dilakukan secara bersama-sama, bahkan tak jarang merampok sehingga sering
menimbulkan peperangan antar suku. Yang lebih buruk lagi moralnya adalah adanya
suku Arab yang mengubur bayi perempuan mereka hidu-hidup. Mereka beranggapan
bahwa anak perempuan itu tidak berguna dan hanya menyusahkan orang tua.
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model :
Cooperative Laerning
3. Metode :
Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan
F.
Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media :
1)
Media
Cetak berupa buku siswa
2)
Media
Visual berupa Gambar “Bentuk/Patung sesembahan masyarakat Mekkah sebelum
Islam”.
3)
Media
Visual berupa power point tentang
Kondisi Masyarakat Mekkah sebelum Islam.
4)
Media
Audio Visual berupa video Pembelajaran tentang “Masyarakat Arab Jahiliyyah
Sebelum Islam”
2.
Alat :
1) LCD, Laptop dan Sound aktif
2)
Papan tulis/white
board dan spidol
3.
Sumber Belajar;
1) Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI, 2014
2) Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA,
Kemenag RI,2014
3)
Buku penunjang lainnya yang relevan
4)
Media cetak dan elektronik sesuai materi.
5)
Laman Blogg: nderesmaningblogspot.com
6)
Lingkungan sekitar yang mendukung.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
No |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama |
3 menit |
2 |
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran. |
3 menit |
3 |
Peserta didik merespon
apersepsi tentang pengetahuan awal tentang Berhala dan mata pencaharian
masyarakat mekkah serta mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari,
yaitu Kondisi agama dan ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
6 menit |
4 |
Peserta didik menerima informasi dari guru melalui aplikasi power point tentang tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari. |
3 menit |
b. Kegiatan
Inti (60
menit)
No |
Langkah Kegiatan |
Uraian |
Alokasi Waktu |
1 |
Mengamati |
1.1.Peserta didik membaca teks materi tentang Kondisi agama
dan ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam (membaca, rasa ingin tahu, critical Thingking dan
mengidentifikasi/C2) 1.2.Peserta didik menyimak sekilas penjelasan guru dengan
menggunakan power point tentang Kondisi
agama dan ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam (menyimak, cermat,communicative dan menganalisa/C4) 1.3.Peserta didik mengamati gambar tentang “bentuk sesembahan
masyarakat mekkah sebelum Islam” (media, rasa ingin tahu, critical thingking dan mencermati/C5) |
5 menit |
2 |
Menanya |
2.1 Peserta didik bertanya tentang kondisi agama
dan ekonomi Mekkah sebelum Islam (menulis, berani, Creativity dan menyebutkan/C2) 2.2 Peserta didik saling mengungkapkan pendapata
tentang kondisi agama dan ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis,
percaya diri, communicative dan
menjelaskan/C2) 2.3 Peserta didik saling bertanya dan
menjawab tentang tentang kondisi agama dan ekonomi Mekkah sebelum Islam (menulis,
menyimak, percaya diri, mandiri, communicative,
dan mencermati/C5) |
5 menit |
3 |
Mengumpulkan Informasi |
3.1 Secara berkelompok, peserta didik
menggali informasi dari berbagai sumber tentang kondisi agama dan ekonomi masyarakat
Mekkah sebelum Islam (membaca, rasa ingin tahu, collaborative dan mengumpulkan/C5) 3.2 Secara berkelompok peserta didik
menuliskan informasi, kemudian mengolahnya menggunakan aplikasi Ms. Word tentang kondisi agama dan
ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis, mandiri, collaborative dan mengkaji ulang/C5) |
15 menit |
4 |
Mengasosiasi |
8.1
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan materi tentang kondisi agama dan
ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis, menyimak, cermat, collaborative dan merumuskan/C5) 8.2
Secara
berkelompok, peserta didik menyimpulkan hasil diskusi (menulis, teliti, collaborative dan menyimpulkan/C4) |
20 menit |
5 |
Mengkomunikasikan |
5.1 Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya ke depan kelas (membaca, berani, communicative dan menghasilkan C6) 5.2 Kelompok lain menanggapi dan
mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya (menyimak, cermat, communicative dan menelaah/C5) |
15 menit |
c. Kegiatan
Penutup (15 menit)
No |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan. |
5 menit |
3 |
Peserta didik menerima
informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya,
yaitu kondisi sosial dan politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
3 menit |
4 |
Peserta didik bersama
pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
5 |
Peserta didik merespon
ucapan salam penutup dari pendidik |
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
No |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta didik merespon salam guru dan berdoa secara bersama-sama |
3 menit |
2 |
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran. |
3 menit |
3 |
Peserta didik merespon
apersepsi tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya(kondisi agama dan
ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam) dan mengaitkannya dengan
pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Kondisi sosial dan politik
masyarakat Mekkah sebelum Islam |
6 menit |
4 |
Peserta didik menerima informasi dari guru melalui aplikasi power point tentang tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari |
3 menit |
b. Kegiatan
Inti (60
menit)
No |
Langkah Kegiatan |
Uraian |
Alokasi Waktu |
1 |
Mengamati |
1.1 Peserta didik membaca teks materi
tentang Kondisi sosial dan politik masyarakat Mekkah sebelum Islam (membaca,
rasa ingin tahu, critical Thingking
dan mengidentifikasi/C2) 1.2 Peserta didik menyimak sekilas
penjelasan guru dengan menggunakan power
point tentang Kondisi sosial dan politik masyarakat Mekkah sebelum Islam(menyimak,cermat,communicative dan menganalisa/C4) 1.3 Peserta didik mengamati tayangan video tentang “kondisi masyarakat
jahiliyyah” (media, rasa ingin tahu, critical
thingking dan mencermati/C5) |
5
menit |
2 |
Menanya |
2.1 Peserta didik bertanya tentang kondisi
sosial dan politik masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis, berani, Creativity dan menyebutkan/C2) 2.2 Peserta didik saling mengungkapkan
tentang kondisi sosial dan politik masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis,
percaya diri, communicative dan
menjelaskan/C2) 2.3
Peserta
didik saling bertanya dan menjawab tentang tentang kondisi sosial dan politik
masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis, menyimak, percaya diri, mandiri, communicative, dan mencermati/C5) |
5 menit |
3 |
Mengumpulkan Informasi |
3.1 Secara berkelompok, peserta didik
menggali informasi dari berbagai sumber termasuk laman blog/website yang relevan tentang kondisi sosial dan politik masyarakat
Mekkah sebelum Islam (membaca, rasa ingin tahu, collaborative dan mengumpulkan/C5) 3.2 Secara berkelompok peserta didik
menuliskan informasi yang telah diperoleh \ tentang kondisi sosial dan
politik masyarakat Mekkah sebelum Islam (menulis, mandiri, collaborative dan mengkaji ulang/C5) |
15 menit |
4 |
Mengasosiasi |
4.1 Secara berkelompok, peserta didik
mendiskusikan materi tentang kondisi sosial dan politik masyarakat Mekkah sebelum
Islam (menulis, menyimak, cermat, collaborative
dan merumuskan/C5) 4.2 Secara berkelompok, peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi (menulis, teliti, collaborative dan menyimpulkan/C4) |
20 menit |
5 |
Mengkomunikasikan |
5.1 Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya ke depan kelas (membaca, berani, communicative dan menghasilkan C6) 5.2 Kelompok lain menanggapi dan
mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya (menyimak, cermat, communicative dan menelaah/C5) |
15
menit |
c. Kegiatan
Penutup (15 menit)
No |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran. |
5 menit |
2 |
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan. |
5 menit |
3 |
Peserta didik menerima
informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya,
yaitu Subtansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw Periode Mekkah |
3 menit |
4 |
Peserta didik bersama
pendidik mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama |
2 menit |
H.
Penilaian
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan keterampilan. Nilai yang
terkumpul akan direkap ke dalam Microsoft
exel untuk mempermudah penilaian. Adapun rubric penilaian sebagai berikut:
1. Aspek
Penilaian Afektif
a.
Teknik
Penilaian : Nontes
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri
SIKAP
JUJUR
Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
Petunjuk
:
•
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari
No |
Pernyataan |
TP |
KD |
SR |
SL |
1 |
Saya tidak menyontek pada
saat mengerjakan ulangan |
||||
2 |
Saya menyalin karya orang
lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas |
||||
3 |
Saya melaporkan kepada yang
berwenang jika menemukan barang |
||||
4 |
Saya berani mengakui
kesalahan yang saya dilakukan |
||||
5 |
Saya mengerjakan soal ujian
tanpa melihat jawaban teman yang lain |
Keterangan
:
SL |
= |
Selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataa Selalu , apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan n |
SR |
= |
Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan |
KD |
= |
Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan |
TP |
= |
Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan |
RUBRIK PENILAIAN IMAJINATIF
NO. |
PERNYATAAN |
SKOR |
|||
0-25 |
26-50 |
51-75 |
76-100 |
||
1. |
Menemukan ide baru |
|
|
|
|
2. |
Ingin tahu |
|
|
|
|
3. |
Melihat masalah sebagai hal yang menarik |
|
|
|
|
4. |
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah |
|
|
|
|
5. |
Memecahkan masalah |
|
|
|
|
Skor Maksimal |
100 |
Petunjuk penyekoran:
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
|
2. Pengetahuan/kognitif
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
Indikator |
Instrumen Penilaian |
1.
Setelah
proses pembelajaran peserta didik mampu menjelaskan kondisi agama masyarakat
Mekkah sebelum Islam 2.
Setelah
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menjelaskan kondisi ekonomi
masyarakat Mekkah sebelum Islam 3. Setelah proses pembelajaran peserta
didik mampu menjelaskan kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam 4. Setelah proses pembelajaran peserta
didik mampu menjelaskan kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
1. Jelaskan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam! 2. Jelaskan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam! 3. Jelaskan
kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam! 4. Jelaskan
kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam! |
PEDOMAN PENSKORAN
No. |
Aspek atau Kriteria yang dinilai |
Skor |
1 |
Menjelaskan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta
didikmenjelaskan kondisi
agama masyarakat Mekkah sebelum Islam dengan
tepat |
3 |
|
Jika peserta
didik menjelaskan kondisi
agama masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta
didik hanya menjelaskan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam tidak sesuai semestinya |
1 |
|
2 |
Menjelaskan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta didik menjelaskan kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum
Islam dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik menjelaskan kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum
Islam namun kurang sempurna |
2 |
|
Jika peserta didik menjelaskan kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum
Islam tetapi
tidak sesuai dengan semestinya. |
1 |
|
3 |
Menjelaskan kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta didik menjelaskan kondisi sosial
masyarakat Mekkah sebelum Islam dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta didik menjelaskan kondisi sosial
masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta didik menjelaskan kondisi sosial
masyarakat Mekkah sebelum Islam tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
4 |
Menjelaskan kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta
didik menjelaskan kondisi politik masyarakat Mekkah
sebelum Islam dengan tepat |
3 |
|
Jika peserta
didik menjelaskan kondisi politik masyarakat Mekkah
sebelum Islam
namun kurang tepat |
2 |
|
Jika peserta
didik Menjelaskan kondisi politik masyarakat Mekkah
sebelum Islam tidak sesuai dengan semestinya |
1 |
|
Skor Maksimal |
12 |
|
3. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes
Lisan
b.
Bentuk Instrumen : Unjuk
Kerja
No |
Indikator |
Butir
Instrumen |
1. 2. 3. 4. |
Setelah
memahami kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam, peserta didik mampu
menceritakan kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam Setelah
memahami kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam, peserta didik mampu
menceritakan kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam Setelah
memahami kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam, peserta didik mampu
menceritakan kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam Setelah
memahami kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam, peserta didik mampu
menceritakan kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
1) Ceritakan kondisi agama
masyarakat Mekkah sebelum Islam! 2) Ceritakan kondisi ekonomi
masyarakat Mekkah sebelum Islam! 3) Ceritakan kondisi sosial
masyarakat Mekkah sebelum Islam! 4) Ceritakan kondisi politik
masyarakat Mekkah sebelum Islam! |
PEDOMAN
PENSKORAN
No. |
Aspek atau Kriteria yang dinilai |
Skor |
1. |
Menceritakan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika
peserta didik dapat menceritakan kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum
Islam dengan jelas dan lengkap |
3 |
|
Jika peserta didik dapat menceritakan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang jelas dan lengkap |
2 |
|
Jika peserta didik dapat menceritakan
kondisi agama masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang jelas dan kurang
lengkap |
1 |
|
2 |
Menceritakan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta didik Menceritakan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam dengan tepat dan lengkap |
3 |
|
Jika peserta didik Menceritakan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang tepat dan
lengkap |
2 |
|
Jika peserta didik Menceritakan
kondisi ekonomi masyarakat Mekkah sebelum Islam tidak sesuai dengan
semestinya |
1 |
|
3 |
Menceritakan
kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta didik kondisi
sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam dengan jelas dan lengkap |
3 |
|
Menceritakan
kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang jelas dan lengkap |
2 |
|
Menceritakan
kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam namun tidak tersampaikan
dengan jelas dan lengkap |
1 |
|
4 |
Menceritakan
kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam |
|
Jika peserta didik kondisi
politik masyarakat Mekkah sebelum Islam dengan jelas dan lengkap |
3 |
|
Menceritakan
kondisi politik masyarakat Mekkah sebelum Islam namun kurang jelas dan
lengkap |
2 |
|
Menceritakan
kondisi politik masyarakat Mekkah
sebelum Islam namun tidak tersampaikan dengan jelas dan lengkap |
1 |
|
Skor Maksimal |
12 |
|
Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Tugas Ppg Dalam Jabatan Tahun 2019 |
Jember, 27 Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru
Mata Pelajaran,
ABABAL GHUSSOH, M.Pd KUSMIARSEH, M.Pd.I
Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Tugas Ppg Dalam Jabatan Tahun 2019
Post a Comment for "PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TUGAS PPG DALAM JABATAN TAHUN 2019"